20 May 2012

JTOKU INDONESIA

jtoku poster

Heroes New Era Begin!!


Sebagai salah satu penggemar tokutatsu terutama karangan sensei Ishinomori yang legendaris, Kita sepertinya terlalu mengidolakan pahlawan super imporan dari jepang. Padahal, di tanah air kita sendiri, superhero yang menjadi pahlawan masa kanak-kanak bahkan sampai dewasa pun masih kita kagumi itu telah ada sejak dahulu kala.

Sebut saja yang real seperti si pitung pembela rakyat jelata,atau legenda seperti Gatot kaca, fiksi sains seperti godam,gundala aquanus,Pangeran mlaar atau fiksi urban seperti carok,Zantoro,wiro sableng dan sebagainya yang pernah tenar ditahun 90an kebawah. Ya ,di zamann dahulu,kitapun punya sosok legendaris pencipta tokoh-tokoh super idola kita,siapa lagi kalo bukan Wid N.S dan Hasmi

Namun Era telah berganti, Wid N.S dan Hasmi telah tiada, superheronya telah dilupakan banyak orang, bahkan banyak dari anak anak kita serta kita(penggemar toku) menggemari superhero impor macam sentai, ultraman, kamen rider, Marvel, Avengers dan sebagainya. Sebagai Dampak jangka panjangnya, anak-anak akan kehilangan rasa cinta tanah airnya dan melupakan sejarah serta budaya Indonesia.

Sang Kreator

jtoku poster,gatot kaca

Sejak zaman nya Wid N.S yang telah membuat buku komiknya superhero indonesia, sepertinya geliat superhero Indonesia meredup setelah ekspansi superhero-superhero impor. Bahkan banyak diantara mangaka (penulis manga) Indonesia mengadopsi gaya manga dari luar. Hal ini membuat ciri khas Indonesia bisa menghilang.

Di saat krisis ini muncul, lahirlah seorang jenius yang mampu menciptakan atmosfer baru bagi dunia superhero indonesia,namanya Nawa Rie Eda , Sang kreator dibalik JTOKU (Jogjakarta Tokutatsu). Sejak Yang Penting Share menemukan file-file video teaser film ciptaan JTOKU, Saya masih mencari info tentang sang misterius yang ada dibalik nama pena Nawa Rie Eda ini.Layaknya manga jepang, Indonesia memasuki era Heiseinya.

Dalam perjalananya,Nawa Rie Eda ini dikenal dengan Spesialisasi :ilustrasi manual, disainer grafis, dan disainer kostum fiksi/robotik/heroes/monster/creatures/maskot ini mampu menggarap tokoh-tokoh superhero baik yang baru maupun lama kemudian lahir kembali. Superhero-superhero nya itu mampu menyedot perhatian saya dan sebagian besar publik,bahkan sempat masuk koran Yogyakarta. Meski banyak cacian yang datang terhadap dia, rasanya saya liat tidak ada sedikitpun tanda-tanda beliau akan mundur. Yah,namanya juga sebagai pionir,tentunya cibiran dan membandingkan dengan creator luar menjadi hal yang biasa.Semestinya kita sebagai orang indonesia bangga dan mendukung beliau dalam mengembangkan animasi anak bangsa lewat fiksi superhero nya ini.

Misi Yang Besar

Educate Indonesian's Generation to build imagination through science fiction and Indonesian superhero spirit
Mendidik generasi Bangsa ,membangun imajinasi melalui fiksi ilmiah dan "semangat" superhero Indonesia.
(Nawa Rie Eda)
jtoku guntorbot,lec

JTOKU, berasal dari kata J=JOGJA, dan TOKU yang merupakan kependekan dari bahasa Jepang Tokusatsu (Tokushu Satsuei) yang berarti trik pengambilan gambar dengan kostum dan spesial efek, atau akrab disebut dengan film live-action, bukan animasi/kartun.

Industri JTOKU Didirikan dan dikelola oleh Nawa Rie Eda sejak tahun 2005, dan kini membuktikan keberadaannya dengan mulai merambah Asia dan Internasional. Mengokohkan posisinya sebagai industri yang bekerja dibidang Jasa dan Merk Dagang tentang kostum dan spesial efek, dari Indonesia.Begitulah petikan dari situs resminya.

Nawa begitu Prihatin dengan NASIB SUPERHERO INDONESIA dan ditambah kerinduan tidak adanya lagi "penyelamat mimpi dan harapan anak-anak Indonesia", ditengah serbuan tokoh-tokoh superhero Jepang dan Amrik, yang malah makin membuat superhero Indonesia terpuruk, sekarat dan MATI SURI, maka JTOKU bertekad untuk kembali menghidupkan "SEMANGAT" para superhero Indonesia, mengkayakan khasanah Superhero Indonesia dalam ujud film atau apapun.

Didukung pula oleh keprihatinan terhadap dunia perfilman dan persinetronan Indonesia yang di rasa kurang mendidik, kurang menghibur, bertemakan monoton dan sama sekali tidak membimbing imajinasi anak-anak Indonesia menuju hal yang lebih baik untuk kemajuan bangsa, Nah Jtoku ini bertekad untuk membuat tontonan yang juga sekaligus tuntunan, selain menghibur, edukasi dan juga memngembangkan imajinasi hingga jauh keluar angkasa.

jtoku all heroes

Hero Jtoku ini bisa dibilang unik-unik dan banyak keinspirasi dari superhero Jepang.Ada juga dari Amerika maupun asli Indonesia. Meskipun inspirasi dari Luar, tetap Nawa rie Eda berusaha menampilkan ciri khas indonesia nya disetiap cerita.

Ada Superhero Ksatria Baja Ammar yang merupakan superhero ksatria Ayam yang terinspirasi dari kamen rider blacknya Jepang. Tak Ketinggalan pula Shadowmoon dalam versi Ayam Cemani Dark ammar yang ditampilkan sebagai musuh bebuyutannya. kisah Ksatria baja ammar ini juga ikut menyentil tentang wabah H5N1 atau flu burung yang mewabah di Dunia. Kalau flu burung mematikan, tapi justru di film ini flu burung yang bermutasi menjadi kan seseorang menjadi superhero #aneh tapi unik.

Lain lagi Ksatria Baja Ammar lain lagi Pocongman. Kisah cerita hantu bungkus satu ini memang tak pernah habisnya. Mulai dari film horrornya sampai ada yang tenar lewat nama samaran Pocongkk didunia maya. Eittss tapi tenang,Pocongman adalah hantu yang baik. Pocongman diceritakan sebagai seseorang yang berhasil menggabungkan ektoplasma dengan DNA tubuhnya sehingga merubah dirinya menjadi pocongman. Kalau pocong aslinya loncat-loncat dan gak bisa gerak tangannya,tapi yang ini beda.Musuh abadinya adalah Kingsatan (rajanya setan wkwkwk). Selintas,kisahnya mirip dengan karakter ghost rider dengan kekuatan apinya, dan kostum mirip kamen rider Fourze.

Superhero lainnya adalah LEC dan Bornman.Diceritakan bornman adalah sosok supehero yang dilahirkan hutan Borneo. Tujuannya menjaga alam dari kerusakan oleh manusia. Sedangkan LEC adalah cyborg yang berasal dari luar angkasa untuk menjaga Bumi dari serangan alien maupun cyborg luar angkasa lainnya. Ada pula Godam yang berasal dari tokoh ciptaan mangaka legendaris Indonesia, alm.Wid N.S yang dihidupkan lewat film indie nya.

Cerita pewayangan dan mitos diwakili oleh gatot kaca dan Satria Arahat.Jika arahat bertarung dalam fikiran untuk membebaskan orang-orang yang kesambet,Gatot kaca adalah seseorang yang diberi kekuatan dewa untuk mengurung kembali raksasa yang dibebaskan manusia. Dari segi keseluruhan,baik visualitas,karakter serta ciri khas indonesia,tampaknya Gatot kaca lah yang terbaik menurut aya,karena ditampilkan sesuatu yang baru dari dunia pewayangan dalam bentuk modern.

Review Of Jtoku

kstria baja ammar,jtoku poster

Jtoku dalam latar belakangnya bertekad untuk membangkitkan semangat tokoh superhero indonesia lewat film indienya. Meskipun dalam tahap awal atau belum satupun yang digarap serius dan saya baca di info-infonya belum pernah menang di ajang kompetisi film Toku Asia tenggara, namun kita patut berbangga dengan kehadiran pionir ini.Kenapa?

Alasannya sudah jelas, ketidakjelasan film-film Indonesia saat ini yang didominasi film hantu yang vulgar serta sinetron-sinetron tak mendidik lah yang menyebabkan kejenuhan dunia perfilman indonesia. Harapannya JTOKU bisa memberikan angin segar pada industri perfilman Indonesia.

Meski demikian Jtoku semestinya membenahi beberapa hal jika ingin lebih maju daripada saat ini. diantranya masalah keunikan jalan cerita serta tokoh tokoh yang berperan. Kebanyakan dari teaser yang saya lihat, para pemainnya rata-rata tidak bagus sebagai pemeran film ,casting untuk pemain berbakat sangatlah dibutuhkan demi taste . Bicara soal efek sound kostum dan visualisasi,saya rasa sudah cukup keren untuk konteks Indonesia, cuma dibeberapa filmnya terdapat kesamaan atau kemiripan dengan tokoh superhero luar seperti Jepang. Ini sungguh disayangkan. Mungkin teaser video juga bukan video aslinya akan tetapi cukup bisa memberikan gambaran bagaimana konsep cerita itu nantinya.

Selanjutnya, dari segi nama .saya tidak menjudge bahwa JTOKU itu namanya rada-rada mirip jepang,meski kita tahu JTOKU itu adalah Jogja TOKU, akan tetapi akan lebih baik jika mengganti nama JTOKU diganti yang lebih indonesia. Berhubung kata "TOKU" adalah dari Jepang , maka orang yang baru pertama dengar bakal berfikir film animasi jepang. ini cuma opini, toh kembali lagi pada sang kreator jeniusnya yang mungkin punya maksud tertentu.

Film film garapan Nawa Rie Eda ini kurang perhatian dari pihak pemerintah yang sibuk mengurusi artis dan film luar negeri,sebut saja boikot lady gaga dan sebagainya. Daripada mendatangkan film dan artis luar negeri, kenapa tidak membantu JTOKU dalam hal pendanaan sehingga nantinya Indonesia punya film animasi superhero sekelas amerika dan jepang?. Ketimbang film hantu vulgar dan konser band luar dari Korea atau amerika ya gak?.

pocongman

Superhero for Indonesia

Apapun itu,kritikan dan saran para penonton mesti menjadi perhatian dari JTOKU. Meski inspirasi dari luar, karakter,cerita dan ciri khas superhero tetaplah Indonesia. Semoga JTOKU semakin kreatif menelurkan film-film superhero yang kaya akan pesan moral dan sarat budaya Indonesia, Save our children from Culture Attack, Selamatkan Indonesia dengan superheromu dari serangan budaya dari luar. Semoga JTOKU kedepannya lebih maju lagi,Yang Penting Share selalu mendukungmu. oke bagaimana dengan anda?.

Source and Image:

Desain Post Ini Sebagai Dukungan terhadap karya Anak bangsa. Be proud of your indonesian dengan komentar dibawah ini. Postingan ini tampil terbaikdi chrome dan mozilla +7.
Copyright Design © 2012.Yang Penting Share

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

65 comments:

  1. weww jtoku emang keren, pertama kali lihat pocongman. Kualitas actingnya masih kurang oke. Yeah tak apalah. Desain gatotkaca menurutku keren abis #tsaah. Ayo terus berkarya, tunjukan Indonesia juga punya heroes yang keren, yang ceritanya ga kekanak-kanakan, ga pake ilmu magic ala jin , blangkon ajaib, kaos kaki ajaib dan ajaib ajaib lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ya guh ayo tunjukkan indonesia jga punya kualitas :D

      Delete
  2. kayak The Avengers aja ni sob *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan ini avengers nya Indonesia hehehe

      Delete
  3. Wuih mantap, kalo ada film superhero Indonesia, musuhnya gak perlu monster2 kuat. Cukup koruptor aja musuhnya, pasti susah dah di kalahin.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwowk mantaps juga kalo lawanya para koruptor,bukan cuma test kekuatan tapi juga mentalnya wkwkwk

      Delete
  4. Jiah.. hkhkhkhkh.... super hero di Indonesia dulu ada Saras008, Panji Manusia Milenium, ada lagi Pahlawan bertopeng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hkhkhhk beda bang,itukan superhero zaman baeula hkkhkh

      Delete
  5. wkwkwkw, ngakak gua sama pocongman, ckckck namanya kocak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwokwowk silahkan ngakak,ati2 keselek

      Delete
    2. kalo kuntil woman ada gak? ckckck

      Delete
  6. wah-wah, ada juga neh tuk indonesia, badahal baru aku ngomongin coba aja klo ada indonesia punya eh ternyata dah ada ini, muantraap,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk weleh kebetulan banget neh,tapi sebenarnya ini bukan hal baru bang,JToku udah ada sejak 2009 dulu :D

      Delete
  7. Replies
    1. sebelumnya sori, kali ini gue OOT. Lu bisa bantu gue kagak? Itu template yang lagi gue pake di timeline-nya kotak2, nah biar dia nampil kayak blog standar gitu gimana dah?

      Delete
    2. owhh tinggal apus aja js readmorenya brow,hehe mana passw ama emailnya PM aja ya hehe

      Delete
  8. ada ada saja nihh super heroo..
    unik2 lagii... baik bentuknya maupun namanye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya unik2 gan hehe agan jagoin yg mana?

      Delete
  9. weehh keren2 y super hero indo nya...ko wiro sableng ma si buta ri goa hantu gada ren,,hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mifth tapi ini kan zamannya heiseinya TOku Indonesia,kalo mereka mah superhero zaman showa indo wkwkkw #ngerti gak ya?

      Delete
  10. heronya mantep gan..

    ReplyDelete
  11. Hebat banget ya, super hero indo ya
    xixi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bro insya Allah bisa bertahan dan mengalahkan pamor hero luar negeri,cinta produk indonesia dong hehe

      Delete
  12. Wah,, Responsibility sama glow nya bikin ngiri euy,,,
    belum bisa and sama sekali gak ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh2 berlebihn mujinya gan,ane bisa mati ntar kwkwk peace

      Delete
  13. the avengers nya indonesia nih gan. Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ya gan wkwkkw,kalo diadu ama yg amerika menang sapa ya?

      Delete
  14. gakgakgak,nama superheronya indonesia banget hehe.....
    apalagi itu yang pocongman haha.....bikin ngakak wokokokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ngakak?wkawkwk biasa aja,tar lagi ada tuyul boy ahaha

      Delete
  15. Akhirnya Indonesia Maju....
    Lanjutkan ! Hehehe
    Yang Pocong Keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe oce gan yg pocong ye?kwkwk pesen gak?

      Delete
    2. Boleh mas pesen pocongnya 2, yg pedes karet dua ya :D

      Delete
    3. wkwkkw kret dua maksudnya? ahahahaa

      Delete
  16. kuntiwomennya mana nich..., ? sekalian nanya yang pake kostum ayam namanya apa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaha ada2 aja,gak tau blom dibuat kuntiwomennya wkwk,yg ayam itu ksatria baja ammar

      Delete
  17. Buusyeeeeeet.... Superhero Indonesia yang MANTAAAAFFFF BANGEEEET!!!
    Prok...Prok...Prok... Akhirnya ada juga Superhero dari Indonesia yang akan diTayangkan, BANGGA!!!

    Waaah...Ayas baru tau disini lo Sob,
    Emang Sobat yang satu ini, paling tau Informasi yang terbaru yang gak disangka2 Orang neh, SALUT!!!
    Hmm... kalo Ayas ngliat Cuplikan Videonya siy, Tokoh2nya Kereen2 banget trus Visual efeknya juga menarik kok. Tapi memang ada beberapa kemiripan sama kreasi Jepangnya. Secara Kostumnya masih berciri khas tokoh Komik Jepang, dan aksi-aksi laganya juga tuh.

    Meskipun begitu, Kreasi Superhero Indonesia ini patut Kita dukung dan pantas tuk dibanggakan. Karena sebagai pertanda kemunculan tokoh idola baru Indonesia ditengah2 gempuran budaya Asing, yang nantinya akan menjadi alternatif hiburan baru bagi Masyarakat Indonesia yang dilanda demam K-POP.!!!
    ^_^

    Beeuuh... Ayas jadi penasaran neh, kapan Pilemnya Launching???
    Apalagi tokokh2nya Indonesia banget tuh, kayak Gatotkaca ama Pocongman yang Gokil abiss!!!
    Hweheheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya jtoku ini udah lama bang tapi cuma sedikit yang tau :D,amin semoga bisa dibikin serinya biar gak penasaran,Tapi yah itulah,soal dana mkin dan dukungan dari pihak pertelevisian indonesia yg masih doyan ngejar rating dari sinetron atau juga film2 horor vulgar

      Delete
  18. Keren keren bikin ngakak juga tapi itulah indonesia penuh dengan canda tawa :) Humoris :) :D desainnya pun FULL mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkwwkk gitulah kreatif banget bang rie nawa eda itu hehe,anyway thanks ya sin :D

      Delete
  19. template blognya bagus banget deh.,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan anyway opininya gimana soal superhero itu?

      Delete
    2. Opininya ternyata supar hero itu sangat membuat aku tersepona dan tersekima? :)

      Delete
  20. keren banget bro, maju terus deh pokoknya, saya naksir sama kostum gatotkaca itu, pengen punya T_T

    btw kemarin ini blog tak buka jadi privacy? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kemaren jadiin privasi karena ada yg dibetulin lad hehe,seep thanks ada saran and kritik gak?

      Delete
    2. weh saya juga milih kalo mau diterusin ya gatot kaca itulah,soalnya asli indonesia

      Delete
    3. Wah kamu kalau pakai kostum itu pasti bagus Randf? :)

      Delete
  21. kembali hadir gan, sambil cari2 artikel baru *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat hadir lagi gan belom ada gan,hehe maklum desain bukan suatu yg gampang gan :D

      Delete
    2. Wah jangan di copas loh bang? :) CKckckckc

      Delete
  22. superhero ada reuniannya juga ya,, reuni angkatan ke berapa tuh.. rame banget kayaknya.. Hihii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gak tau gan reuni keberapa,itu superhero byk yg baru lahir gan masa udah reunian aja haha

      Delete
  23. Wah ternyata JTOku itu begitu ya? :) Walaupun aku kagak ngerti maksudnya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk kagak ngerti gimana maksudnya? adehh

      Delete
  24. Wah... Gatot Kaca, pake helem haha.. Keren xD

    ReplyDelete
  25. Hiduppp superhero indonesia.....:)

    ReplyDelete
  26. design superheronya kental banget sama garuda ya sob,, spirite nya indonesia.. maju terus dah, gw dukung dari doa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bang hehe seep makasih doanya moga didengar oleh Yang Maha Kuasa

      Delete
  27. disini juga ada super hero

    ReplyDelete
  28. keren pisan mas untuk tampilan slednya

    ReplyDelete