30 Apr 2011

Sepuluh tips Menulis Artikel Dari Para Master Blogger

Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat Pagi Dunia,selamat Pagi juga Shareliekers,Kali ini saya mau share Info Tentang cara Menulis Artikel Dari para Master Blogger.Bila sobat ingin Artikel Sobat dikenal Oleh para Visitor dan juga mempunyai ciri khas tersendiri maka ikutilah beberapa Tips Berikut Ini.

~Buatlah opini pribadi~

Artikel yang ditulis menurut opini orang per orang lebih asyik dibaca daripada pernyataan resmi sebuah perusahaan. Artikel Dengan Bahasa Gaul yang muncul bisa jadi lebih subyektif, spontan dan apa adanya. Meskipun menimbulkan pro dan kontra tetap saja hal ini menarik ditunggu kelanjutannya.

~Berikan link menuju halaman website lain/sumber~

Untuk link menuju website lain bisa berupa internal link, external link ataupun trackback, tentu saja dengan topik pembahasan yang masih relevan. Yang paling bikin sebel adalah dapat trackback dari artikel yang lagi ikutan kontes. Kalau sudah gitu, mending kita blacklist saja.Tulislah Sumber Artikel selalu,Ingat bila kita melakukan hal itu,saya rasa Orang lain akan melakukan hal yang sama pada kita.

~Sedikit tulisan tapi banyak informasi~
Ini nih yang agak sulit. Kita cenderung lebih suka basa-basi dan tidak langsung to the point. Padahal kita tahu waktu online itu mahal harganya, nggak semua blogger bisa leluasa mengambil waktu buat ngeblog.Apalagi Buat Para Visitor yang lagi buru-buru butuh bahan Materi,Biasanya Mereka Melewatkan bahasan kita yang ngalor-ngidul.Nah makanya,dikurangi aja kebiasaan itu.Mubazir sob kalau enggak dibaca,iyakan?

~Cukup 250 kata~
Kalau kurang dari 250 kata biasanya ide belum sempurna terwakili ke dalam artikel. Kalau lebih 250 kata bisa-bisa pembaca sudah tidur duluan sebelum habis baca seluruh artikel.Makanya selalu Meresume Artikel dari sumber-sumber lain,jangan dicopy mentah-mentah,ambil poin-poin yang pentingnya,kemudian rangkai dengan bahasa mu sendiri
 ~Buatlah judul yang menarik~
Judul yang menarik ibarat kail untuk memancing berlama-lama nongkrong di blog. Kalau dalam 3 detik pertama gagal, besar kemungkinan mereka segera kabur dan close the tab.Makanya,buatlah Judul yang menarik dan "beda" dari Yang lain.Pandangan Pertama Menentukan Visitor mau melanjutkan Membaca atau tidak.Iyakan?
~Membuat bullet points~
Bullet points atau numbered list mempermudah pembaca mengikuti alur pemikiran yang tertulis dalam artikel sekaligus menyerap informasi yang masuk.Biasanya Si pembaca lebih suka membaca yang seperti ini daripada membaca yang panjang-panjang berupa paragraf,Biasanya Mereka udah tidur duluan sob.
~Mempermudah pembaca men-scan tulisan~
Kebanyakan pembaca akan melihat garis besar artikel dari awal sampai akhir dulu baru baca. Ini akan dipermudah kalau kita mau menambahkan sub heading h1, h2. h3 dan seterusnya.
~Konsisten dengan gaya penulisan~
Setiap penulis artikel memiliki gaya menulis yang khas. Dan itulah yang membuat pembaca kangen dan selalu menunggu publikasi artikel Anda. Kalau nggak belum punya gaya penulisan, segera temukan identitas diri sejak sekarang.Bila tidak Ingin Kehilangan Pembaca Setia.
~Tepat memilih kata kunci~
Menebar banyak kata kunci yang tidak berhubungan dengan artikel adalah perbuatan nyepam. Pastikan kata kunci yang dipilih masih terkait dengan topik pembahasan.Suatu hrai saya pernah Membaca Di suatu artikel trik untuk meningkatkan Pengunjung dengan memasang/Menembak keyword "porno/semacamnya".Disatu sisi,Mungkin banyak para netter Yang memang Piktor/Pikiran Kotor akan tertipu,Dan mengunjungi Blog kitaNamun disisi Lain,mereka akan kecewa bila yang mereka cari tidak ditemukan Dan itu tentu akan Membuat Blog kita reputasinya Merosot,baik dimata Visitor maupun Oleh Search Engine Loh.
~Edit artikel sebelum diterbitkan~
Sebelum tekan tombol publish, usahakan mengedit terlebih dahulu. Ini untuk mengantisipasi penulisan kata-kata yang salah yang bisa menimbulkan miskomunikasi dengan pembaca.Ini pelajaran Yang berharga yang pernah saya terima dari pengalaman saya.Thanks buat sobat master blogger yang udah pernah ngasih masukkan.Kalau sobat lihat artikel-artikel sebelumnya saya pernah membuat artikel tanpa judul,nah lo trus kode urlnya akan mengambil dari kalimat awal artikel kita.Untung bila memang nyambung dengan Isi artikel,lah kalo urlnya http://assalamuaalaikum-wr-wb.html nah gimana jadinya?saya pernah mengalaminya,Jadi saya Berbagi pengalaman semoga sobat tidak Mengalami Hal yang sama.

~~~SEMOGA BERMANFAAT~~~

Sumber:http://agussiswoyo.com/2011/04/23/10-tips-menulis-artikel-blog-dari-problogger/

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

10 comments:

  1. Salam Kenal....
    Saya baru belajar membuat blog... mohon petunjuk dong dalam membuat kata kunci itu bagai mana sih? please help me.... ;-)
    Oh ya... blog anda sangat membantu saya... saya bookmark di komputer saya ;-)

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat bro...artikel ini simpel dan inilah sebenarnya yang dibutuhkan oleh kawan-kawan blogger, namun sayang banyak kawan-kawan blogger yang tidak memperhatikan ini. ok makasih atas pencerahannya. oh saya sudah update artikel validasi css dan jawab pertanyaan kamu. silahkan berkunjung kembali ke blogonol, salam persahabatan dari saya dan semangat terus bro bloggeingnya. mahesa

    ReplyDelete
  3. oh ya kalau bisa komentarnya gak usah menunggu persetujuan admin karena ini juga banyak dipermasalahkan kawan-kawan blogger bro...maaf ini hanya saran dan itu tergantung sampai dimana anda menempatkan privasi anda. kalau bisa baca juga artikel "ada apa dengan komentar di blog anda". maaf ini hanya masukan seorang sahabat. makasih dan mahesa. keep spirits and do the best

    ReplyDelete
  4. ini sangat bermanfaat sam, salam kenal..........

    ReplyDelete
  5. mantap mas bro..posting yang bermanfaat sekali..kita bisa saling memberi dan menerima...
    semoga kabar sehat selalu...salam damai dari Ambon

    ReplyDelete
  6. @Noell_vbwah sob,.,thanks ya ,maaf baru Online soalnya,oke sob salam damai dari palembang

    ReplyDelete
  7. @bloekoetoekOke sob,.thanks sarannya,.semata-mata hanya untuk menghindari spam sobb

    ReplyDelete
  8. @frankiesob kalau nembak keyword,.,itu sesuai dengan isi blog sobat,misal nih,blog sobat tentang tutorial,maka keywordnya yaitu HEader,sidebar,css,javascript,dll, kalau mau lebih tahu coba sobat bertanya pada master blog lainnya,soalnya saya juga masih newbie sob.,hhehe

    ReplyDelete
  9. Dan yang paling penting buat kita semua mulailah belajar dari sekarang membuat tulisan hasil pemikiran sendiri jangan cuma copy paste

    ReplyDelete
  10. @roomantikOke sob,thanks masukkannya.,kita boleh liat referensi lain,tetapi tetap ingat siapa yang kita contoh,jangan upa cantumin sumbernya,dan juga pakai bahasa kita sendiri,iya gak sob?

    ReplyDelete