2 Jun 2011

Waduh blog ku kena penalty dari sandbox,ini alasannya!

يسميللاهيرروهمانيرروهيم

Google sandbox memang bikin kita dagg-dig-dug. Kata kita sih enggak kena,tetapi karena keasyikan ngeblog,eh tau-tau blog kita hilang dari peredaran.Wah kayak apa aja,hilang dari peredaran sob.wkwkwk.

 Pastinya sakit hati dan bercampur bingung kan? kenapa blog saya tidak ada sih?.whats wrong with me?ibarat main bola,kita tuh kena hukuman penalty dari google.duhh sebaiknya Introspeksi diri deh,mungkin sobat melakukan salah satu yang dilarang oleh Google.Makanya kena sandbox.

ngomongi sandbox melulu nih kang YPS dari kemaren-kemaren.Tambah mumet saya nih.Jelasin dunkz?. Hmm,baiklah sobat sharelikers sekalian. sebenarnya udah banyak yang dapat jelasin soal sandbox satu ini. Sandbox atau disebut Penjara pasir nya Google. Meskipun blog kita udah terbilang eksis tetapi tidak jarang loh beberapa artikel bahkan Url Utama Blog tidak Muncul di SERP tanpa adanya pemberitahuan dari google. Lain kaalau emang banned permanen,ntar nerima tuh email yang isinya "hello your site is was banned By google because bla bla bla".Nah kalau sudah begini,bisa nya gigit jari,trus panik dan cari info yang banyak buat keluar dari penjaraGoogle Ini.

Untuk mengecek apakah situs web/bolog kita kena efek sandbox atau nggak ,sobat bisa buka Google lalu ketikkan kode berikut Ini
  • site:namadomain tanpa http.
    contoh : Site:ypsrandy.blogspot.com
  • site:namadomaintanpahttp/tgl/bln/judulposting
    contoh: Site:http://ypsrandy.blogspot.com/2011/06/
    tipsmenjadiwhitehatseo.html
Untuk yang pertama adalah pengecekan terhadap Homepage sobat.Untuk yang kedua adalah pengecekan untuk tiap postingan sobat.Nah disinilah yang sering terjadi,meskipun Home pagenya keindeks oleh SERP,tetapi nantinya bakal ada beberapa halaman posting yang enggak muncul alias raib alias ilang alias lenyap alias yang lain-lain deh hehehe.kalau sudah Begitu kan repot. Bagaimana cara mengatasinya ?baca di Artikel Selanjutnya ya.

Sebelum hal itu terjadi,kenali beberapa penyebab yang membuat blog kita ditelan oleh pasir Hidup (sandbox ) ini :
  1. Menulis artikel 100% copy-paste,wah ini bisa dibilang sobat sangat bernyali besar.Siap ditendang dari peredaran tuh postingan. siap bersaing sama situs-situs lainnya yang punya artikel aslinya. dan siap menanggung resiko terkena sandbox.search engine tahu lho mana postingan asli mana yang bukan dari tanggal kapan terbit postingan
  2. Menyebarkan backlink secara berlebihan. Walaupun anda mempunyai tool backlink otomatis sehingga bisa membuat backlink sebanyak-banyaknya bukan berarti anda bisa pasang backlink sesuka hati. Pasanglah backlink maksimal 300-400 backlink dalam sehari.
  3. Judul blog tidak sesuai Isi /Konten.Ini sepertinya menjadi masalah serius bila tidak segera ditanggapi. sayapun sekarang lagi berbenah untuk lebih memfokuskan isi konten biar gak terkena sandbox gituloh hehe
  4. Membuat backlink dengan satu keyword anchor. Mungkin maksud anda ingin menjadi nomor satu di google dari keyword tertentu sehingga memasang backlink dengan anchor keyword tersebut saja. tapi bila anda berlebihan tindakan anda bisa dikategorikan sebagai spam backlink. Bila anda memasang backlink misalkan komentar di blog atau link profile di forum jangan hanya menggunakan satu keyword aja.
  5. Memasang link ke website spam. Bila anda tahu bahwa website tersebut spam jangan membuat backlink ke website tersebut atau anda juga akan dikategorikan sebagai spam pula.Pepatah mengatakan,berteman dengan penjual ikan,bakal dapet amis ikan,tapi bila berteman dengan penjual minyak wangi,bakal kecipratan wanginya.hhehe nyambung gak ya??
  6. Membuat tiny text. Fungsinya sama dengan nomor lima cuma caranya text yang ditulis dibuat sangat kecil.keciiiiiiiiiiiiiiiiiil banget sampe harus pake mikroskop kali ya buat bacanya?
  7. Membuat hidden keyword. artinya text yang tertulis tidak bisa terlihat oleh pengunjung tapi bisa terindex oleh robot google caranya dengan menyamakan antara warna text dengan warna background text.(invisible text)
  8. submit url terlalu berlebihan nanti dikira spam.thats rights.Mensubmit ibarat kita minum air.Bila diminum eh dilakukan secara teratur bakal bermanfaat.tapi bila minumnya segalon sekali minum dipastikan bakal kembung tuh perut wkwkkwk
  9. Suka gonta-ganti template and Domain. Mungkin Google menilainya gini.Nih orang gak ada pendirian kali ya?atau emang hobbynya gonta-ganti template and domain?. gonta-ganti pacar aja bisa bermasalah apalagi ini.hehehe
  10. Keyword yang gak relevan dengan Isi postingan.coba deh simak tulisan-tulisan sebelumnya tentang SEO serta mengambil keyword yang sudah sangat populer.dipastikan blog sobat bakal terlempar jauh dari SERP,kecuali bila memang sudah ada pembaca setia
Nah udah tahukan kenapa beberapa artikel atau blogmu kena penalty dan Dimasukkan ke penjara Oleh google ?. Kalau sudah tahu saatnya kita bergerak. Temukan solusi untuk masalah Google sandbox kita. Gak maukan Blog kita selamanya Hilang dari peredaran ??. Semoga artikel tentang penyebab Google sandbox memberi hadiah Penalty pada kita ini memberi setetes manfaat bagi sharelikers sekalian.


Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

21 comments:

  1. ane ga paham sama point no 2 dan 4
    soalnya ane emang ga begitu ngerti sama namanya back link ,kapan2 ajarain ane ya.....

    ReplyDelete
  2. @Blog Ekegak paham nya dimana gan??backlink itu link yang mengarah ke blog kita,baik ke home atau pun ke laman posting,ente komen dengan name/url pun jadi salah satu backlink
    (saratnya blog yg dicomment dofollow)
    tukar link juga bisa gan hehehe

    ReplyDelete
  3. waah, sementara saya tadi cek belum ada yg kena kotak pasir, yg ngga terindex itu yg sengaja saya hapus dari webmaster, wkwkwkkk

    sebelum kena kotak pasir harus dilakukan pencegahan, makasih infonya bang :D

    ReplyDelete
  4. @Ladida Cafewehehe,diapus ya??jangan aja keseringan,ntar google nya ngambek,oke semoga sharingnya bermanfaat,salam sukses terus bwat ladida

    ReplyDelete
  5. blog saya masih aman :D

    ReplyDelete
  6. @Tukang Pamerhahaha ane juga masih aman wkwkwk lumayan gan judul postingan nya rada-rada njebak gitu biar banyak yang koooment hhehhe

    ReplyDelete
  7. Wow benar sekali, moga blog aku nda kena sandbox dan jangan pernah kena sandbox, AMIN. :)

    ReplyDelete
  8. @DAW-XPaminn,.,btw udah dicek apa sob??kan ada banned parsial ada banened permanen logh

    ReplyDelete
  9. kok yang disebutkan semua aq bgt yah sob

    1. Menulis artikel 100% copy-paste
    2. Suka gonta-ganti template (dah g kehitng lagi)

    yang linnya enggak bgt aq, pernah juga blog ngilang dari peredaran tp setelah ganti template semua kembali

    ReplyDelete
  10. @Rizkyzonehehee berarti kita sama mas,.,tapi itu dulu,.,ehm kalo dikenang,rasanya pengen senyum liat postingan jadul ane dulu,masih berantakan.Tapi ane bukan gak mau edit,itu sebagai kenangan dimasa lalu,sayang dihapus hehehe.biar ingat bahwa kita dulu juga begitu

    ReplyDelete
  11. yupp gan , semoga gak kena deh itu ma yang namanya sanboxx , ngeri deh

    ReplyDelete
  12. udah kucoba sob, yang site:namadomain tanpa http dan hasilnya Alhamdullilah tidak terkena hukuman penjara google ini...

    ReplyDelete
  13. Alhamdullilah aku gak kena, dan mudahan tidak akan pernah kena...

    ReplyDelete
  14. oh... makasih ya gan :D harus lebih ati-ati nih ...... aku mau tanya , konten blog kamu kira2 presentasenya berapa persen yg copas?? hehe :)

    ReplyDelete
  15. @lavhalityahemm iya mbak.,wkwkw kalo soal persentase,liat aja postingans aya mba,kalo yang masih awal2 kek bulan 2 itu rada2 copas semua tapi udah diedit dan direvisi secara bertahap hehehe.btw artikel ini bukan berarti ane yg kena loh,itu juga trik biar dibaca orang wkwkw

    ReplyDelete
  16. wah baru tahu saya mas.info yang berguna buat saya. maju trus blogger indonesia

    ReplyDelete
  17. @@dhii oke sob maju blogger indoneisa jaya hehehe

    ReplyDelete
  18. Google account ane kemarin kena Banned Mas. Ane pernah menulis artikel yang isinya menyinggung masalah kata2 mengumpat. Apa itu ya Mas kira-kira penyebabnya??soalnya kalau klik yang tidak valid saya rasa bukan penyebabnya.Mohon jawabannya Mas!! Blog saya bisa dilihat langsung Mas.

    ReplyDelete
  19. @Belajar bahasa inggris bisa jadi :D karena itu masuk TOS GA mas,saya juga pernah tuh gak muncul di post obat Ku*at makanya saya lebih ati2 maenin kata :D

    ReplyDelete