29 Jun 2011

Jangan Buat Google Broken Heart karena Link broken

Assalamualaikum w.r .wb
broken link
Selamat siang Pemirsa Yang penting share dimanapun saja anda berada,terima kasih anda masih menyimak berita di Yang penting share,yang meskipun gak penting penting amat buat anda tapiu kan saya cuma mau share.hohoho.Kali ini berita tidak penting datang dari Google,ada apa dengan Cinta Google ?.Ternyata,google memiliki rasa cinta terhadap Blog kita bila kita juga perhatian dan tulus sama dia.maksudnya kang?.Begini,ada beberapa Point yang bikin Google jatuh hati pada pandangan pertama cielahh pada blog kita,salah satunya minimnya atau kalau bisa tidak ada Broken Link.Whatss up broken link?.

Broken link atau yang dalam defenisi secara bahasa link patah.Link-link yang bikin Google patah hati sama blog kita.Itu menurut Yang Penting Share.Melanjutkan dari post sebelumnya dari Kesalahan Seorang Blogger part 3. Jika anda sudah menyimaknya,Broken link secara sederhana bisa diartikan sebagai link yang rusak atau tidak ditemukan halamannya ketika kita klik.

Biasanya akan muncul keterangan berupa not found, error not found, halaman tidak ditemukan, atau error not found 404. Link yang rusak/broken tersebut bisa berupa link internal (yang berasal dari blog kita sendiri) atau link eksternal (yang menuju blog/situs lain).Mungkin linknya tidak ketemu karena lagi maen petak umpet dengan google kali ya?

Link yang rusak itu tidak sebatas pada url postingan, namun bisa juga berupa url kategori, tags, ataupun page statis.Apa saja penyebab munculnya broken link pada blog?Yuk kita kenali
  • Menghapus posting/kategori/tags/page statis yang pernah dipublish sebelumnya.
Terutama jika sudah terlanjur diindeks oleh mesin pencari google. Nah, poin inilah yang saya fokuskan untuk dihilangkan pada artikel sebelumnya. Jika tidak kita hilangkan dari peng-indeks-an google, halaman posting/kategori/tags/page tersebut masih akan diindeks pada hasil pencarian dalam jangka waktu tertentu.
  • Salah menyisipkan url di dalam posting atau pada sidebar.

Termasuk pada footer dan menu navigasi. Biasanya berupa salah ketik, kurang satu karakter/huruf tertentu, kurang tanda garis miring, atau bahkan kurang tanda www (untuk blog/situs tertentu). Hal ini sebenarnya bisa diminimalisir dengan mengopy langsung url halaman yang akan disisipkan/dibuat linknya, lalu dipaste langsung ke kolom url.
  • Link eksternal yang disisipkan sudah dihapus oleh pemilik blog/situs yang bersangkutan.

Contohnya ketika anda pernah memberi tautan menuju salah satu halaman posting blog/situs lain di dalam posting anda. Istilahnya memberi trackback. Nah, karena pertimbangan tertentu, halaman tersebut ternyata kemudian dihapus oleh si pemilik blog/situs itu. Kondisi demikian akan menyebabkan terjadinya broken link pada blog anda, terutama postingan anda yang berisi backlink menuju halaman yang sudah dihapus tersebut.
  • Link eksternal yang disisipkan sudah tidak aktif atau disuspend.

Dalam hal ini jika anda pernah memberi tautan/link menuju halaman home sebuah blog atau situs. Nah, ternyata beberapa waktu kemudian blog/situs tersebut sudah tidak aktif, tutup, atau disuspend. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya broken link pada blog anda yang memuat tautan menuju halaman blog/situs tersebut. Termasuk menuju halaman postingnya
  • Perubahan struktur permalink pada blog.

Baik itu pada blog kita sendiri maupun pada permalink blog lain, di mana kita pernah memberi backlink ke salah satu halaman postingnya. Contohnya ketika kita pernah membuat link menuju sebuah halaman dengan struktur permalink lama. Nah, ketika halaman tersebut diubah permalinknya oleh sang pemilik blog/situs (dengan struktur baru), maka tentu saja link yang kita buat itu akan rusak (alias menjadi broken link)
  • Perubahan domain Blog

Gonta ganti Domain
bisa menyebabkan link Not found alias gak ditemukan .Karena itu gonta-ganti domain seperti yang pernah saya ceritakan di Beberapa kesalahan blogger part 2 tentang Gonta ganti template ibarat gonta ganti pacar.Bisa membuat Google patah hati.Apalagi Domain itu punya limit waktu,yang mana buat para newbie seperti saya tidak punya dana cukup hehehe.
Bagaimana mengecek dan menghilangkan broken link Ada beberapa solusi:simak ya gan
  • menggunakan tools pengecek broken link atau menggunakan bantuan plugin broken link checker (misal iwebtool) atau broken links remover (khusus untuk pengguna wordpress.org).  Namun setahu saya, cara pertama cuma berfungsi untuk mengecek. 
  •  Sedangkan untuk menghilangkan link yang rusak/broken, anda harus melakukannya secara manual (berdasarkan data yang anda peroleh dari hasil pengecekan tools tersebut).misal dengan mengedit link yang salah itu lagi.tetapi bila banyak capek juga sih,ya namanya juga Usaha,kalau mau Blognya dicintai Google harus berkorban dikit lah.periksa tiap postingan yang udah dipost sehari mungkin dua postingan,periksa kalau ada yang broken
  • Untuk Laman atau post yang udah kehapus,jangan panik,sobat bisa kunjungi Google Webmaster,lalu ikuti langkah2 Menghapus Link di Google Webmaster
Semoga artikel Ini bermanfaat buat para sharelikers sekalian,jangan lupa Dibookmark dan share sama teman-teman yang lainnya.tetap Yang penting share .

referensi :Kafegue.com

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

7 comments:

  1. iya, katanya kalo link di blog kita banyak yang rusak google ngindeks blog kita juga males.. malah kadang dikira malware..

    hemm.. ada caranya buat tahu ada broken link atau nggak di blog kita koq sebenernya.. cuman saya lupa. hahaha

    ReplyDelete
  2. @Gaphe hehehe betul gaphe.thanks dah kasih tambahan,hem itu lewat iwebtool bisa koq iweb tool broken link chcker

    ReplyDelete
  3. Wah.. infonya mantep nih, Master :D

    ReplyDelete
  4. @Pradisz Wardhana wah master pradis inspeksi pagi diblog ane ya?hehehe makasih dah kesini master

    ReplyDelete
  5. mengerikan juga ya .......... takut banget maklum aku hanya seorang Newbie

    ReplyDelete
  6. @DediNewsOnline.COM mengerikan banget emang Om,hem om master ngerendah lagi dah

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah sob, ane blum nemuin broken link pada blog ane

    ReplyDelete