23 Nov 2011

legend OF Moby DIck


Moby Dick

A Legend Of Sea Monster

.moby dick,melville

A Novel From Herman Melville

Herman Melville (lahir di New York City, 1 Agustus 1819 – meninggal di New York City, 28 September 1891 pada umur 72 tahun) adalah seorang novelis dan penyair asal Amerika Serikat. Novel-novel awalnya yang berkisah petualangan-petualangan di Lautan Selatan cukup populer namun jumlah pembacanya barkurang pada akhir kehidupannya.

Saat meninggal dunia, Melville hampir telah dilupakan sepenuhnya, tetapi mahakaryanya, Moby-Dick "ditemukan kembali" pada tahun-tahun selanjutnya dan ia kini dianggap sebagai salah seorang tokoh terpenting dalam dunia kesusastraan AS.

Herman Melville pernah menjadi seorang pelaut setelah gagal dalam berbagai usaha. Sebagai pelaut, dia melarikan diri dari sebuah kapal Amerika untuk menghindari keadaan-keadaan yang luar biasa kejam dan berbahaya. Dia menetap di sebuah pulau, di tengah-tengah penduduk asli di sana. Pada tahun 1844, Melville berhenti bertualang dan menulis buku.

Novel-novelnya yang pertama sangat berhasil diantaranya adalah Typee (1846) yang dibuat berdasarkan pengalaman kehidupannya di tengah-tengah penduduk asli di sebuah pulau, Omoo (1846), yang berdasarkan kehidupannya di Tahiti, dan Redburst (1848) yang berdasarkan pengalamannya dalam pelayaran pertamanya ke Inggris.

Karyanya yang berjudul White Jacket (1850) merupakan protes keras terhadap perlakuan kejam yang dialami para pelaut dalam Angkatan laut Amerika. Karyanya yang berjudul Moby Dick (1851) mula-mula tidak begitu berhasil dan tidak cukup laku untuk menghidupi dirinya dan keluarganya. Melville sempat mengalami pertumbuhan Amerika Serikat ke arah barat, yaitu ke arah Pasifik dan menjadi negara yang kuat. Kemajuan besar dalam bidang materi dan sosial terus melaju , dan hanya terhenti oleh Perang Saudara Amerika pada tahun 1860-an. Meskipun banyak pengarang besar bangsa Amerika Serikat hidup dijaman Melville, namun yang dikaguminya secara khusus hanyalah seorang yakni Nathaniel Hawthorne, dan kepada pengarang inilah dia mempersembahkan buku Moby Dick.

SINOPSIS CERITA

Pernah mendengar tentang Moby Dick? Atau sudah pernah membaca tuntas novelnya? Saya sendiri belum.Namun saya tertarik untuk mencari taunya dan saya sering menemukan film yang mengangkat tema monster raksasa ini,sekilas ada di film Tom and jerry tempo dulu serta film -film yang mengangkat tentang Paus.

moby dick

Moby Dick, seekor ikan paus putih yang telah mengambil kaki kiri Kapten Ahab, seorang pemburu ikan Paus yang menahkodai kapal Pequod. Sejak saat itulah ia menjadi dendam pada paus tersebut.

Ishmael yang tak lain adalah seorang guru yang sengaja ikut dalam tradisi para nelayan pada sebuah kota bernama New Bedford di Massachussets untuk berburu ikan paus karena rasa penasarannya. Pada suatu malam Is hmael bertemu dengan Queequeg. Ia pun Akhirnya ikut bersama di kapal milik Kapten Ahab yang ditemani dua asistennya, Starbuck dan Stuub.

Beberapa saat sebelum Ishmael mendaftar untuk ikut di kapal Kapten Ahab, Ishmael bertemu dengan seorang laki-laki tua bernama Elijjah di pelabuhan. Pria berbaju kusut dan kelihatan seperti orang gila. Dia kemudian memberitahukan kepada Ishmael bahwa akan datang saatnya engkau kau akan mencium bau daratan di tengah laut padahal di sekitarnya tidak ada daratan. Suasananya akan sunyi senyap dan Kapten Ahab akan tewas tetapi dia akan kelihatan seperti hidup dan terus memanggil seluruh awak kapalnya untuk menaklukkan Moby Dick. Semua orang akan mati, yang selamat hanya salah seorang diantara mereka.Bersamaan dengan itu Ishmael sempat melihat sosok Kapten Ahab yang dimaksudkan oleh Elijjah tadi.Diawal pelayarannya, kapal Pequod mendapatkan beberapa ekor ikan paus dalam waktu yang singkat.

Tujuan pelayaran ini adalah menangkap paus sebanyak- banyaknya untuk dimakan dan diambil minyaknya guna bahan bakar di rumah-rumah penduduk, suatu tugas yang mulia. Namun, tujuan mulia itu berubah menjadi perburuan balas dendam Kapten Ahab. Dengan sebelah kakinya yang terbuat dari tulang paus, Kapten Ahab berteriak menjanjikan sekeping uang emas Spanyol kepada anak buahnya yang pertama kali melihat Moby Dick.

Tahun 1842,Pequod berlayar dengan tenang menelusuri pantai selatan Afrika dengan melihat peta jalur perjalanan ikan paus putih, yang telah lama Kapten Ahab pelajari. Menurut perkiraannya, ikan itu akan berada di Laut Pasifik saat bulan purnama muncul. Mereka berlayar selama berbulan-bulan dan mendapat banyak aral-rintangan. Hal inilah yang menjadi konflik antara Ahab dan Starbucks, asisten kapalnya yang menginginkan perburuan paus seperti biasanya. Namun, tak ada satupun di kapal tersebut yang dapat menandingi kharisma Kapten Ahab, sehingga mereka berhasilDipengaruhi dan terus melanjutkan perburuan paus putih tersebut. Sebuah dendam yang telah Ahab pendam selama bertahun-tahun.

Dalam perjalanannya, terjadi banyak bencana yang menjadi tanda bahwa Pencariannya telah melenceng dari tugas mulianya. Yang pertama, jatuhnya pengawas menara ke laut, yang dengan tiba-tiba lenyap seperti ditelan laut. Bersamaan dengan itu, cuaca tiba-tiba berubah. Angin enggan berhembus membawa Pequod ke tempat tujuan. Quequeg, seorang awak kapal meramalkan masa depanP equed. Ia melihat bahwa kapal tersebut akan mengalami bahaya besar yang akan menewaskan banyak orang di kapal itu.

Setelah beberapa lama di lautan, mereka akhirnya menemukan Moby Dick. Keberadaannya selalu ditandai dengan munculnya sekawanan burung camar yang mengitari sekitar tempat munculnya Moby Dick. Pada mulanya mereka tidak berhasil menangkapnya dan kehilangan jejaknya karena selama beberapa hari angin tak bertiup sehinggga memaksa mereka untuk menarik kapalnya dengan sampan. Kemudian para awak Kapten Ahab sempat putus asa karena melihat ukuran Moby Dick yang sangat besar melebihi ukuran paus yang pernah mereka taklukkan. Mereka berpendapat bahwa Moby Dick bukan paus putih biasa melainkan adalah seekor ikan paus yang suci. Lalu Kapten Ahab sebagai kapten kapal memberikan semangat kepada awaknya termasuk Starbuck yang sempat berselisih paham dengannya bahkan Starbuck sempat berniat ingin membunuhnya tapi gagal karena menyadari bahwa Ahab telah bersamanya mengarungi dan berburu paus bersamanya.

Mereka menemukan kembali Moby Dick dan Kapten Ahab berhasil menaiki punggung Moby Dick dan menancapkan tombaknya di perut Moby Dick dengan penuh emosi dan sumpah serapah. Namun usaha Kapten Ahab dan para penombak untuk membunuh Moby Dick sia-sia belaka. Dengan tubuhnya yang besar, Moby Dick menghancurkan kapal dan membuat seluruh awak kapal jatuh ke laut dan tenggelam. Kapten Ahab sendiri meninggal dengan tubuh terikat pada Moby Dick. Ishmael kemudian teringat kata-kata Elijjah tentang nasib Kapten Ahab dan seluruh awaknya yang terbukti kebenarannya. Akhirnya seluruh awak kapal Pequod tewas kecuali Ismael yang selamat berkat peti mati yang sebelumnya telah dibuat oleh Queequeg.

Analisis dan Komentar

Moby Dick, adalah sebuah novel fiksi karya Herman Melville yang ditulis pada tahun 1851, yaitu sekitar pertengahan abad ke-19 yang juga dikenal dengan sebutan “American Renaissance”. Melville sendiri merupakan salah satu pengarang aliran romantis yang menghasilkan novel- novel yang laris. Moby Dick adalah salah satu karya terbaik yang ditulis oleh Herman Melville yang juga ditampilkan dalam bentuk drama bahkan telah dibuat film layar lebarnya. Novel ini berlatar belakang sekitar tahun 1840-an di sebuah kota yang bernama New Bedford, Massachussets, Amerika.

novel moby dick

Salah satu kebiasaan masyarakat khususnya para pelaut di kota ini adalah melakukan perburuan ikan paus. Mas yakat pada kota tersebut pada hari-hari tertentu selalu menceritakan tentang bagaimana kisah Nabi Yunus a.s pada waktu ditelan oleh ikan paus dan bagaimana nabi Yunus tidak diterima oleh laut pada waktu ia menumpang pada sebuah perahu karena dia telah memperdayai seorang lelaki tua untuk naik pada perahu tersebut.

Menurut naskah kitab suci alquran(dalam hal ini melville melihat dalam injil), Nabi Yunus a.s hidup untuk beberapa lama dalam perut ikan sebelum kembali ke tanah kering lewat campur tangan Tuhan. Selain dua latar belakang yang termakhtub di atas, cerita ini mungkin juga didasari oleh pengalaman Melville sendiri sebagai pelaut, yaitu sebagai awak kapalA chusnet (1841-1842). Karya Melville ini berbeda dengan karya lain yang kebanyakan bertema tentang cinta yang pada umumnya sudah dapat kita tebak akhir dari ceritanya.

Moby Dick adalah cerita epik tentang kapal pemburu ikan paus Pequod dan Kapten Ahab yang “tak bertuhan, manusia yang berlaku seperti Tuhan,” yang memiliki
obsesi menemukan ikan paus putih Moby Dick dan itu membuat kapal dan anak buahnya menuju kehancuran. Karya ini, cerita perjalanan yang realistis, memuat banyak pemikiran atas kondisi manusia. Perburuan ikan paus, sepanjang novel ini, adalah metafora terbaik untuk pencarian pengetahuan. Deskrpsi realistis tentang ikan paus selalu ditemukan dalam novel ini, namun semua ini mengandung konotasi simbolis.

Walau bersifat filosofis, cerita ini juga tragis. Biarpun memiliki sisi kepahlawanan, Ahab mati di akhir cerita. Alam, betapapun indahnya, tetap asing dan bisa jadi mematikan. Dalam Moby Dick, Melville menuangkan pemikirannya bahwa manusia tidak dapat melawan dan mengerti alam. Moby Dick adalah suatu kenyataan kosmik yang sukar dimengerti.

Dalam Moby Dick. Tampak Melville ingin mengedepankan masalah alam, yaitu mengenai pengeksploitasian lingkungan, dalam hal ini ikan paus. Selain itu, melalui Moby Dick, Melville berhasil mengangkat tema-tema lain seperti; politik dan kepemimpinan, sebagaimana yang terlihat pada karakter Kapten Ahab sebagai pemimpin yang otoriter, serta tema religius, dan balas dendam.

Dilihat dari sisi religius, banyak nama, simbol dan tanda dalam Moby Dick yang diadopsi dari Kitab Prjanjian Lama dan Injil. Ahab, diambil dari nama raja dalam Kitab Perjanjian Lama, mengharapkan pengetahan yang bagaikan Tuhan. Nama Ishmael sang narator berasal dari Buku Genesis dalam Kitab Perjanjian Lama. Dia adalah anak nabi Ibrahim a.s dan Hagar. Ellijah pun diambil dari Kitab Injil. Selain itu, Rachel (salah satu istri patriarkh Nabi Yakub a.s) adalah nama perahu yang menyelamatkan Ishmael di akhir cerita.

Akhirnya, metafisika ikan paus pun mengingatkan pembaca Yahudi dan Nasrani akan cerita injil serta kita Umat islam dalam alquran tentang Nabi Yunus a.s. Istilah “The White Wale” juga dapat diartikan sebagai simbol dari salah satu unsur kehidupan yang diluar kendali. Sedangkan dari sisi edukatif, Melville juga mengemukakan dalam Moby Dick mengenai adanya perbedaan pendapat mengenai penggolongan paus, apakah tergolong kedalam jenis ikan atau mamalia. Dalam Moby Dick, Ishmael berpendapat bahwa paus sejenis ikan. Namun, orang-orang pada zaman tersebut sudah banyak yang meng- kategorikan paus sebagai mamalia.

Referensi sejarah juga memperkaya cerita ini. Nama kapal Pequod berasal dari suku Indian di New England yang telah punah; jadi nama itu memberi indikasi bahwa kapal itu akan berakhir dalam kehancuran. Awak kapal Pequod mewakili seuruh suku bangsa dan macam-macam agama, menceritakan tentang ide atas Amerika sebagai keadaan pikiran yang universal dan juga sebagai tempat melebur. Akhirnya, Ahab mencontohkan versi tragis atas individualisme Amerika yang demokratis. Ia menyatakan harga dirinya sebagai seorang individu dan berani melawan kekuatan alam eksternal yang tak terelakkan.

Epilog cerita ini melunakkan kehancuran tragis kapal. Sepanjang itu, Melville menekankan pentingnya pertemanan dan komunitas manusia berbagai budaya. Setelah kapal it tenggelam, Ishmael terselamatkan oleh peti mati yang telah dinamai dan dibuat

Paus putih besar digambarkan dalam klasik Moby Herman Melville novel Dick fiktif. Tetapi sungguh, itu didasarkan pada hewan yang nyata.Paus sperma namanya,adalah paus bergigi yang hidup berkelompok. Ia memiliki otak besar yang beratnya sekitar 20 pon (9 kg)otaknya otak terbesar dari binatang manapun. Paus sperma memiliki lubang angin tunggal yang berbentuk huruf S dan sekitar 20 inci panjangnya. Blowhole ini terletak di sisi kiri depan jika kepalanya yang besar. Paus sperma memiliki lapisan setebal 4-12 inci lemak.

Paus sperma menghasilkan ambergris, zat gelap, lilin (yang berhubungan dengan kolesterol) yang diproduksi di usus yang lebih rendah, dan kadang-kadang ditemukan mengandung paruh cumi-cumi.Paus sperma adalah karnivora yang kebanyakan makan cumi-cumi raksasa yang hidup di dasar laut pada kedalaman yang besar. Mereka juga makan ikan, gurita,dan ikan lainnya. Pada tahun 1998, di lepas pantai Indonesia, 3 paus sperma yang diamati menyerang dan makan hiu langka megamouth. Seorang Paus Sperma dewasa dapat makan sekitar satu ton makanan setiap hari. Ambar dapat membantu melindungi paus sperma dari sengatan pada cumi-cumi raksasa, makanan utama. Gumpalan besar ambergris dapat dimuntahkan oleh ikan paus sperma.

Paus sperma adalah paus bergigi terbesar. Laki-laki dewasa tumbuh menjadi sekitar 50-60 kaki (17-20 m), berat sekitar 40-50 ton (36-45 ton). Wanita lebih kecil, sekitar 33-40 kaki (11-13 m), berat sekitar 14-18 ton. Jantung empat bilik dari paus sperma rata-rata beratnya sekitar £ 277 (126 kg) - sekitar sebanyak dua makhluk rata-rata manusia dewasa. Paus sperma berenang santai di permukaan sekitar 3-9 mph (4,8-14,4 kph). Mereka dapat mempertahankan kecepatan yang lebih cepat, ketika melarikan diri bahaya, dari 21-27 mph (34-43 kph) hingga satu jam.Paus sperma bernama untuk minyak spermaseti berharga (lilin) yang paus hasilkan dalam organ spermaceti (terletak di kepala).

Paus sperma memiliki harapan hidup lebih dari 70 tahun. Diperkirakan bahwa ada paus sperma sekitar 200.000 di seluruh dunia. Paus sperma dianggap sebagai spesies yang terancam punah. Paus ini (dan banyak paus besar lainnya) sudah berakhir-diburu selama bertahun-tahun, sejak daging, minyak, dan bagian tubuh lainnya yang sangat berharga. Karena perburuan paus telah menurun dalam beberapa dekade terakhir, populasi mereka mulai pulih.

THE REAL MOBY DICK

sperm whale

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

23 comments:

  1. Busheet... Bener2 Analisis yg Lengkap BGT tentang Novel Moby Dick neh Boss.. MANTAAFFFF BGT!!!
    Ayas kok baru tew NOvel ini yach... kalo Kisah Perburun Paus Putih serupa gitu siy pernah baca dikit dulu. Hmm,,Moby Dick ini kisahnya menarik juga tuk disimak,, Kisah perburuan yg penuh Intrik, perjuangan, pantang menyerah, ambisi menggebu dan dendam yg berakhir dgn TRAGIS BGT!!!
    Kisahnya juga diambil dr KIsah2 dalam Kitab Suci,, termasuk dalam Al-Qur'an yg semakin menambah Keimanan KIta, kalo Kisah2 dalam Al-Qur'an itu benar adanya!!!
    Hmm,, jadi penasaran mo baca NOvelnya neh Sob.. Hweheheee

    Desainnya pake Bekgron Pattern yach??
    KEREEN BGT!!!
    ^__^

    ReplyDelete
  2. aku tahunya moby dick itu nama kapal utama bajak laut whitebeard di One Piece :D

    ReplyDelete
  3. liat gambarnya kok agak heran ya??

    ReplyDelete
  4. moby dick yah.....

    salut ma penjelasannya diatas...komplit..
    dan saya sering dengar neh karakter, karena banyak yang membuat versi kartunnya...

    ReplyDelete
  5. @dode selamat anda pertamaxx
    @bagi-bagi blog hahaha thanks brow selalu mampir,Oh ya kaloo mau baca novel lengkapnya ada tuh di
    http://www.princeton.edu/~batke/moby/
    selamat membaca

    ReplyDelete
  6. @fiction wahhh cewek suka nonton one piece juga tah??:P
    @said wkwkwk hayooo mikirnya apaan>???
    @endy yups brow,sering dibikin versi kartun,tapi animasinya lum ada,palingnya cuma film paus paa tuh yang bersahabat dengan anak manusia tuh logh ahhg lupa aq

    ReplyDelete
  7. posting yg keren abis, tampilan blognya jg keren abis. woowww.... jd pingin nich, sukses aja kawan

    ReplyDelete
  8. Keren Abis hebat juga orang ini :D

    ReplyDelete
  9. wah ada zintoo thanks dah mampir brow

    ReplyDelete
  10. Analisis tentang si belo kapan? hihiii

    keren banget lo mas bro, Nay setua ini baru kenal ame Moby dick *tutup muka*

    ReplyDelete
  11. @belo wah kapan yahh *siul2 pura2 gak denger
    btw kenalan dulu ama moby nih wkwwkkw

    ReplyDelete
  12. wuih dapet pengetahuan baru neh tentang karya satu ini,
    moby dick,
    ad hubungannya juga ama nabi yunus rupanya.. :)

    ReplyDelete
  13. maaf sob klo OOT ,,tp prasan bikin visitor bingung baca nyadeh ,,pembagian kolomnya kurang gimnaaa gtu,,terlalu panjang :)

    ReplyDelete
  14. moby dick kirain td nama aplikasi buat hape :P

    ReplyDelete
  15. Wih info yg muantafff!! Masih ada gak ya sekarang, kalo masih ada mau gue bikin saus tiram.. :D

    ReplyDelete
  16. @ADHIE HAHAHA IYA BRO thanks sarannya :D

    ReplyDelete
  17. @ebix emang lu kira makanan bik??wkwkwkw
    @pingit yups brow ada dikit hubungannya seh kalo diliat dari jalan ceritanya

    ReplyDelete
  18. wihh.... liat gambarnya gede banget gan, ternyata beneran ada yakk...

    ReplyDelete
  19. @immanuel oke deh moga bermanfaat

    ReplyDelete