5 Nov 2011

Pantaskah Komodo Kita Perjuangkan ?


komodo dragon,7wonders

Siapa sih yang gak kenal hewan melata satu ini?Komodo dragon alias Varanus komodoensis ini sekarang lagi gencar-gencarnya untuk dipromosikan sebagai salah satu dari new SEVEN wonder In the worlds.Dari promosi ke media-media massa seperti televisi,koran,radio ataupun internet bahkan sampe program sms serta ikon Seagames palembang-jakarta 2011 pun diluncurkan.

By the way,dengan seluruh dukungan itu ternyata dari hasil konferensi video call dengan pihak new7wonder yang saya tonton disalah satu stasiun TV swasta semalam,ternyata,Komodo ditolak brow,yah meskipun ini belum tentu keputusan final ,tapi alasan dari new7wonder mengenai Black campaign alias kampanye item dari salah satu menteri tanah air kita serta tuduhan pemalakan oleh new7wonder pada Pemerintah menjadi salah satu reason penolakan itu.

KOMODO ITU.....

Actually,apa sih pentingnya Komodo itu kita perjuangin masuk new7wonder bagi tanah air kita?Hemm,ngomongin soal untung-untungan,of course,kita mesti tahu bahwa reptile terbesar di dunia yang hanya hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara ini dapat mendatangkan devisa negara.Darimananya Bro mendatangkan devisa negara?ya tentu aja dari sektor pariwisata lah.Reptil purbakala unik yang mempunyai massa sekitar 70 kilogram (dipenangkaran bisa mencapai 166 kg) dan panjang hingga 3 meter ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang singgah di Indonesia.

Hidup di padang rumput kering terbuka, sabana dan hutan tropis pada ketinggian rendah, biawak yang disebut penduduk setempat dengan nama ORA ini menyukai tempat panas dan kering ini. Mereka aktif pada siang hari, walaupun kadang-kadang aktif juga pada malam hari. Komodo adalah binatang yang penyendiri, berkumpul bersama hanya pada saat makan dan berkembang biak.

Reptil besar ini dapat berlari cepat hingga 20 kilometer per jam pada jarak yang pendek , berenang dengan sangat baik dan mampu menyelam sedalam 4.5 meter,serta pandai memanjat pohon menggunakan cakar mereka yang kuat.Karena tak memiliki sekat rongga badan, komodo tak dapat menghirup air atau menjilati air untuk minum (seperti kucing). Alih-alih, komodo ‘mencedok’ air dengan seluruh mulutnya, lalu mengangkat kepalanya agar air mengalir masuk ke perutnya .

UNIKNYA KOMODO ITU..

Komodo tak memiliki indera pendengaran, meski memiliki lubang telinga. Biawak ini mampu melihat hingga sejauh 300 m, namun karena retinanya hanya memiliki sel kerucut, hewan ini agaknya tak begitu baik melihat di kegelapan malam. Komodo mampu membedakan warna namun tidak seberapa mampu membedakan obyek yang tak bergerak.Komodo menggunakan lidahnya untuk mendeteksi rasa dan mencium stimuli, seperti reptil lainnya, dengan indera vomeronasal memanfaatkan organ Jacobson, suatu kemampuan yang dapat membantu navigasi pada saat gelap.

Dengan bantuan angin dan kebiasaannya menelengkan kepalanya ke kanan dan ke kiri ketika berjalan, komodo dapat mendeteksi keberadaan daging bangkai sejauh 4—9.5 kilometer.Lubang hidung komodo bukan merupakan alat penciuman yang baik karena mereka tidak memiliki sekat rongga badan. Hewan ini tidak memiliki indra perasa di lidahnya, hanya ada sedikit ujung-ujung saraf perasa di bagian belakang tenggorokan.

Sisik-sisik komodo, beberapa di antaranya diperkuat dengan tulang, memiliki sensor yang terhubung dengan saraf yang memfasilitasi rangsang sentuhan. Sisik-sisik di sekitar telinga, bibir, dagu dan tapak kaki memiliki tiga sensor rangsangan atau lebih.

anak komodo dragon,

Komodo pernah dianggap tuli ketika penelitian mendapatkan bahwa bisikan, suara yang meningkat dan teriakan ternyata tidak mengakibatkan agitasi (gangguan) pada komodo liar. Hal ini terbantah kemudian ketika karyawan Kebun Binatang London ZSL, Joan Proctor melatih biawak untuk keluar makan dengan suaranya, bahkan juga ketika ia tidak terlihat oleh si biawak.

Komodo bertahan Hidup Karena?

Keunikan lainnya adalah memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, dan sekitar 60 buah gigi yang bergerigi tajam sepanjang sekitar 2.5 cm, yang kerap diganti.Air liur komodo sering kali bercampur sedikit darah karena giginya hampir seluruhnya dilapisi jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan.Kondisi ini menciptakan lingkungan pertumbuhan yang ideal untuk bakteri mematikan yang hidup di mulut mereka.Ya beratus jenis bakteri tumbuh dan berkembang subur dalam mulut mereka karena mereka jarang sikat gigi,eh maksudnya karena perilaku makan mereka itu loh,air liur komodo memiliki aneka bakteri mematikan di dalamnya,lebih dari 28 bakteri Gram-negatif dan 29 Gram-positif telah diisolasi dari air liur ini. Bakteri-bakteri tersebut menyebabkan septikemia pada korbannya.

jika gigitan komodo tidak langsung membunuh mangsa dan mangsa itu dapat melarikan diri, umumnya mangsa yang sial ini akan mati dalam waktu satu minggu akibat infeksi. Bakteri yang paling mematikan di air liur komodo agaknya adalah bakteri Pasteurella multocida yang sangat mematikan; diketahui melalui percobaan dengan tikus laboratorium. Karena komodo nampaknya kebal terhadap mikrobanya sendiri, banyak penelitian dilakukan untuk mencari molekul antibakteri dengan harapan dapat digunakan untuk pengobatan manusia.Belum lagi dengan kandungan bisanya,Sebuah kelenjar yang berisi bisa yang amat beracun telah berhasil diambil dari mulut seekor komodo di Kebun Binatang Singapura, dan meyakinkan para peneliti akan kandungan bisa yang dipunyai komodo.

Musim kawin terjadi antara bulan Mei dan Agustus, dan telur komodo diletakkan pada bulan September. Selama periode ini, komodo jantan bertempur untuk mempertahankan betina dan teritorinya dengan cara "bergulat" dengan jantan lainnya sambil berdiri di atas kaki belakangnya. Komodo yang kalah akan terjatuh dan "terkunci" ke tanah.Pemenang pertarungan akan menjentikkan lidah panjangnya pada tubuh si betina untuk melihat penerimaan sang betina.

komodo dragon,7wonders

Komodo betina bersifat antagonis dan melawan dengan gigi dan cakar mereka selama awal fase berpasangan. Selanjutnya, jantan harus sepenuhnya mengendalikan betina selama bersetubuh agar tidak terluka.Perilaku lain yang diperlihatkan selama proses ini adalah jantan menggosokkan dagu mereka pada si betina, garukan keras di atas punggung dan menjilat.Kopulasi terjadi ketika jantan memasukan salah satu hemipenisnya ke kloaka betina.Komodo dapat bersifat monogamus dan membentuk "pasangan," Hemm,suatu sifat yang langka untuk kadal bro.



Sebuah sarang komodo rata-rata berisi 20 telur yang akan menetas setelah 7–8 bulan.Nah,yang membuat komodo menjadi hewan langka adalah Proses penetasan adalah usaha melelahkan untuk anak komodo, yang keluar dari cangkang telur setelah menyobeknya dengan gigi telur yang akan tanggal setelah pekerjaan berat ini selesai. Setelah berhasil menyobek kulit telur, bayi komodo dapat berbaring di cangkang telur mereka untuk beberapa jam sebelum memulai menggali keluar sarang mereka. Ketika menetas, bayi-bayi ini tak seberapa berdaya dan dapat dimangsa oleh predator.Hemm kasian kan bro,

Komodo muda menghabiskan tahun-tahun pertamanya di atas pohon, tempat mereka relatif aman dari predator, termasuk dari komodo dewasa yang kanibal, yang sekitar 10% dari makanannya adalah biawak-biawak muda yang berhasil diburu.Komodo membutuhkan tiga sampai lima tahun untuk menjadi dewasa, dan dapat hidup lebih dari 50 tahun.

So dari penjelasan diatas,saya rasa,Komodo emang pantas masuk dalam salah satu keajaiban dunia,sebagai prototype dari kehidupan purbakala dulu yang masih bertahan hidup,komodo juga Hanya ada Di Indonesia.Meskipun nantinya tidak diakui oleh New7wonder, pastinya dunia akan mengakui dengan sendirinya akan keajaiban fauna satu ini,karena tidak ada hewan serupa di wilayah dunia lainnya.Yaps,komodo tetap keajaiban dunia bagi kekayaan alam indonesia tercinta kita.

Manusia boleh aja nyiptain piramid,benteng besar china,menara pisa,eiffel,candi Borobudur, ataupun colloseum roma,

Tapi siapa sih yang bisa nyiptain komodo Lagi bila hewan langka ini nanti punah??


preferensi :http://id.wikipedia.org/wiki/Biawak_komodo

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

28 comments:

  1. saya terus promo ini broo...

    ReplyDelete
  2. bahkan 100x sms per hari.

    ReplyDelete
  3. komodo satu2nya hewan purba yg masih bertahan hidup sampai skrg,, harus di lestarikan biar gak punah, ^_^

    ReplyDelete
  4. saya terus promo ini bro,,
    bahkan 100x SMS per-hari
    ayo kita menangkan KOMODO !!

    ReplyDelete
  5. menurut saya sihh pantas untuk di perjuangkan ..

    katanya komodo adalah hewan paling purba yang masih ada skrg .. jadi kita harus ttp menjaga komodo agar tidak punah dan terus berkembang

    ReplyDelete
  6. Gua juga bingung bang, katanya TNK (taman nasional komodo) emang udah jadi keajaiban dunia sejak dulu. tapi ngga tau deh, simpang siur sih. ya karena kita orang indonesia, apa salahnya kita ikutan dukung? kalo bukan kita, siapa lagi :D

    ReplyDelete
  7. waduh, hewan ini jangan sampek punah deh, ayo masyarakat indonesia dukung terus pulau komodo agar masuk 7 keajaiban dunia, agar hewan ini bisa di pelihara oleh dunia..

    ReplyDelete
  8. Waah,,,Waaah,,, Sayang BGT kalo Komodo ini diTolak oleh New7wonder itu!!!
    Mereka kayaknya gak nyadar kalee,, betapa berharganya Hewan Purba ini terancam kepunahan!!!
    Apakah tidak ada lagi Harapan untuk memperjuangkan Komodo ini termasuk Keajaiban Baru Dunia????
    Semoga...

    ReplyDelete
  9. Andaikan tidak ada komodo, proses pencocokan BINATANG purbakala yang sudah wafat tidak akan bisa dihipotesis.

    ReplyDelete
  10. kenapa ditolak ? alasannya kurang paham dah #oon
    Misalkan nanti ga jadi 7 keajaiban dunia, indonesia harus tetap mengelola pulau komodo dengan baik agar tidak KOMODO TIDAK PUNAH

    ReplyDelete
  11. gogogo komodo btw, ente uda nge-vote blum gan? :P hehe

    ReplyDelete
  12. Hemm.. saya masih harus di pikirin lagi, buat apa kita vote ? hanya untuk pariwisata yang baik aja ? atau populer ? ternama ? hemm.. percuma, kalo duitnnya di KORUPSI ? sama aja..


    Masih banyak kok di luar sana, yang keindahannya luar biasa dari Indonesia, maaf bukannya saya gak bangga dengan negeri sendiri. Tapi memang ini opini saya :D

    ReplyDelete
  13. nah jadi tanpa ada status resmi pun komodo emang udah jadi salah satu keajaiban dunia ya :D

    ReplyDelete
  14. lavhalitya11/05/2011

    ayooo dukung komodo :) aku udah ngirim 100 sms *bahkan lebih Ketik KOMODO kirim ke 9818 *hehew dukung komodo masuk 7 keajaiban dunia *seenggaknya kebanggaan indonesia bisa jadi keanggaan dunia hehew :)

    ReplyDelete
  15. like it banget, bro' - jempolnya di sini sama di sana nih hahaha... like it!

    ReplyDelete
  16. Wah saudara lo kok di bahas disini sob, haha.. Kata gue sih patut sob, kalo pulau komodo terkenal kan INDONESIA juga bangga.. :)

    ReplyDelete
  17. thanks buat semua dukungannya,btw nikan saudara lo @feby oktarista andriawan masa lupa seh???
    @pradisz hehe ya bro kan bukan berarti komodo gak menang new7wonder indonesia berarti nyia2 kan mereka toh mereka saksi sejarah purbakala dulu yg mesti kita lestarikan

    ReplyDelete
  18. aku udah dukung Nih semoga menang ya

    ReplyDelete
  19. Efek pariwisata untuk masyarakat setempat sangat kecil apalagi untuk si komodo, biarlah dia hidup dengan aman, nyaman tanpa ada gangguan turis-turis yang pasti akan banyak berdatangan.

    ReplyDelete
  20. tapi kayaknya komodo hanya bisa peringkat kedua deh..

    ReplyDelete
  21. @bang rudi azhar ya bang heehe makanya saya buat artikel ini,meskipun tidak masuk tujuh keajaiban dunia,komodo tetap mesti dilestarikan

    ReplyDelete
  22. mantap mas desainya,betul jangan sampai punah warisan nenek moyang kita

    ReplyDelete
  23. Pantas ran,,sangat pantas..yu kita dukung bersama..

    ReplyDelete
  24. @hendro wah ada bang hendro hehe yoi bang pantes bgt buat dilestariin bukan cuma sekedar SMS ato masuk new7wonder

    ReplyDelete
  25. wow, kalimat yang diakhir itu... punya kekuatan!!

    Wajib dibaca banyak orang nih!

    Dan tema blog ini... sumpah... keren abis sob!!

    ReplyDelete
  26. wah... keren gan... ajarin donk bikin blogazine... ane masi newbie...

    ReplyDelete