15 Jun 2013

White Space

WHITE SPACE

Dalam bahasa indonesia bisa diartikan ruang putih. White space mungkin tampak asing bagi orang-orang yang tidak mengerti desain atau juga bukan penikmat desain. Sebenarnya apa sih itu white space? White space adalah ruang kosong yang ada didalam suatu desain. Mungkin betul saya memang bukan seorang "desainer". Tapi saya adalah penikmat nya. Ketika melihat desain orang yang bagus, saya begitu takjub. Saya suka membaca majalah yang didesain dengan white space yang baik atau mengunjungi suatu website dengan penampilan elegan karena "white space" yang baik pula.

White space dalam desain sangatlah penting. Kenapa? Sebagai contoh nyatanya coba lihat perbandingan beberapa gambar dibawah ini. Mana yang menurut anda mudah dipahami dan kesannya simple, minimalis namun elegan dan berkelas?

konsep white space konsep white space konsep white space konsep white space
konsep white space

Ya, mungkin jawaban kita tidak jauh berbeda, yang paling atas itu terdapat whitespace yang baik ,sedangkan selebihnya tidak memperhatikan white space. Sedangkan gambar ketiga whitespacenya belum maksimal.No.1 itulah yang disebut yang memanfaatkan whitespace. White space adalah ruang kosong akan sangat membantu menyampaikan pesan secara efektif. Perlu diingat, White space tidak selamanya harus putih.

Namun kenyataannya, saat ini dalam industri percetakan baik media massa seperti koran atau majalah serta media elektronik seperti website atau juga blog banyak yang tidak lagi memperhatikan/melupakan soal white space. Mereka berpendapat setiap ruang pada media desain setiap jengkalnya sangatlah berharga. Bukan cuma media massa yang dicetak, media massa berbentuk elektronik pun tak ketinggalan luput dari pentingnya suatu white space.

Contoh nyatanya,seperti gambar disamping dari screenshot sebuah blog yang penuh dengan iklan. apakah kalian pernah mengunjungi blog atau website Seperti itu? jarak antar tulisan rapat, atau tidak memperhatikan ukuran huruf, serta jarak antar baris, dan panjang paragraf dari kiri kekanan tanpa menyisakan ruang kosong? Mereka menyadari hal tersebut dan menginginkan agar setiap ruang kosong diisi oleh konten-konten hingga penuh (biar gak mubazir tentu saja).

Mungkin wajar, karena klien (jika itu di media massa) atau juga blogger author tersebut bukanlah orang yang mengerti dan mempelajari bagaimana cara berkomunikasi melalui media visual. Seorang desainer menurut saya harus berani mengatakan "less is more" atau “Too Much is Not To Good”, kepada kliennya atau juga pembaca untuk menyampaikan pesannya lewat media tersebut.

Pertanyaannya adalah, Seberapa pentingkah white space (ruang kosong)dalam suatu desain di media massa atau juga desain website dan blog? Berikut adalah beberapa hal yang akan menjelaskan betapa sebuah ruang kosong akan sangat membantu menyampaikan pesan secara efektif :

Kesan Elegan, Bersih dan Professional

konsep white space

Menambahkan white space dalam desain anda dapat membuat desain tampak elegan. Desain akan tampak sangat anggun (jika penempatan white spacenya benar) karena berdiri di dalam area yang bersih. Semuanya akan sangat teratur dan rapi sehingga membuatnya kelihatan profesional.

Dalam desain, biasanya seorang desainer, anggaplah contohnya seorang desainer template blog yang suka mengotak atik template menggunakan terlalu banyak "style", seperti pengguanaan box-shadow berlebih, text-shadow, efek-efek tidak penting, iklan yang over limit yang menutupi artikel konten utama atau warna yang tidak matching serta layout yang tidak pas atau juga rapat tanpa jarak.

konsep white space

Hal ini tentu mengurangi keindahan, serta kesan bersih, elegan dan professional pada blog kita atau sang desainer itu sendiri. Jika pemasukan anda dari desain tersebut tentu akan berdampak pada kredibilitas anda sebagai seorang desainer baik sebagai pembuat template, maupun desain grafis.

Contoh penerapan: (atas)Memaksimalkan whitespace (bawah) Tidak memperhatikan whitespace, terutama dalam hal layout dan pemilihan ukuran font

Mengarahkan pada Fokus Konten

Dalam desain grafis terdapat istilah : "segala yang terdapat didalam ruang kosong adalah penting!". Tentu saja, karena itu adalah naluri dasar bagaimana kita (manusia) melihat dan mengambil kesimpulan. Seekor domba akan mencuri perhatian jika berada pada padang rumput yang gersang sendirian. Bandingkan dengan ketika kita melihat kumpulan domba dalam kandang, kita tidak akan terfokus untuk mengenalinya satu persatu (karena terlalu banyak dan sesak).

konsep white space

Begitu juga halnya dalam pemanfaatan white space dalam desain grafis. Sebuah konten (apakah itu kumpulan teks, gambar, headline) akan mencuri fokus pembaca apabila ditempatkan secara baik didalam sebuah ruang kosong. Contoh nyata adalah penggunaan text-justify.

Jika tidak memperhatikan white space, maka yang terjadi adalah sipembaca kehilangan konsentrasi dalam memahami makna atau isi dari konten desain tersebut.

Text-justify mungkin baik untuk kolom koran, namun tidak disarankan untuk kolom yang ukurannya lebar karena bisa mengganggu konsentrasi pembaca karena harus menggerakkan mata nya dengan cepat dari kiri kekanan. bang Amdhas (Hendro Prayitno) pernah membahas tentang yang satu ini di blognya terdahulu.

Lebih Mudah Dibaca dan Dimengerti

Desain yang memanfaatkan secara benar sebuah ruang kosong (white space) akan sangat memudahkan pembaca dalam mencerna setiap detail pesan yang disampaikan (readable). Hal ini disebabkan karena kerapian dan ruang yang cukup untuk konten desain sehingga tidak saling berhimpit dan terlihat penuh sesak.

konsep white space

Seorang pembaca atau pengunjung blog tentu akan segera menutup blog anda lebih cepat dari loading blog anda jika mereka sudah tidak bisa membaca atau mengerti konten anda karena faktor layout dan white space yang buruk, dikarenakan setiap bagian saling berhimpit dan sesak oleh iklan atau efek-efek tidak penting.

Menunjukkan siapa anda

konsep white space

Balik ke desain grafis di dunia percetakan nyata, setiap bagian material media printing adalah penting dan berarti uang! "Sayang, udah bayar mahal-mahal kok dikosongin!?" mungkin itu pendapat sebagian orang tentang penggunaan white space dalam desain grafis. Tapi, disadari ataupun tidak, white space betul-betul menunjukkan siapa anda dan bagaimana perusahaan anda. Lho?

Contohnya kira-kira di ilustrasikan seperti ini : Anda bikin sebuah brosur untuk perusahaan anda Atau anda mendesain sebuah blog buat anda sendiri atau juga buat seorang klien dan sama sekali tidak memperhatikan whitespace (ruang kosong) setiap ruang media anda isi penuh dengan konten-konten yang sebenarnya bukan konten mutlak yang dibutuhkan untuk brosur tersebut. Anda merasa tidak rugi, karena telah mengisi penuh setiap ruang sisa pada desain brosur atau blog anda.

Tapi tahukah anda apa pendapat pembaca (calon konsumen)???"wah, ini perusahaan atau blog/website budgetnya bikin brosur/website pasti pas-pasan. Brosurnya dan websitenya penuh gini. Keliatan banget gak mau rugi..!!!" nah..!? Imej seperti inilah imej yang akan muncul dari calon konsumen anda. Dan hampir dapat dipastikan, dia tidak akan pernah menjadi konsumen atau visitor anda selamanya!

Sebaliknya, jika anda memanfaatkan betul white space dalam desain anda, Memberi 'ruang bernafas' bagi pembaca anda, dan membuatnya tampak elegan. Maka konsumen/Pembaca akan berasumsi yang positif tentang kita. Penggunaan white space yang tepat akan membuat blog/website anda mudah dikenali dan gampang diingat oleh para visitor dan membuat mereka balik lagi dan lagi.

Sebagai penutup,ini adalah opini saya sebagai "penikmat desain" tentang white space, tulisan ini terinspirasi dari mirisnya saya melihat blog yang tidak lagi memperhatikan konsep white space dalam penulisan konten.

Dan parahnya banyak blogaziner baru yang belum memahami ini dan membuat ukuran layar 100% tanpa memperhatikan white space. Konsep blogazine bukan hanya lebar halaman yang 100% saja, tapi perhatikan juga white spacenya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, salam Yang Penting Share!

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

24 comments:

  1. Anonymous6/15/2013

    mantap sob artikelnya baru tau soal white space ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sob thanks udah berkunjung

      Delete
  2. Hehehhe keren dah white space itu memang, tapi sekarang aku pakek konsep lain dulu, ntar Insya' Allah aku terapin dah konsep yang menggunakan white space itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang konsep apa yang laen jef? :D

      Delete
    2. Pakek konsep rgba() bang.... :D Aku suka pakek warna putih blur kayak di artikelnya uqi yang Trio Inspirasi kemaren.

      Delete
    3. oowwwhhhh konsep gradasi dan opacity ya? oke2 sip lanjutt

      Delete
    4. Heheheh ya bang, tapi ini mulai berganti flat design.... :D

      Delete
    5. hohoo udah ke flat desain ye?

      Delete
  3. sebenarnya kalau orang itu senang kerapian, tidak perlu tahu apa itu white space, pasti dapat mengaplikasikan dengan sendirinya... itu fakta... :)

    ReplyDelete
  4. betul, tapi sayangnya tidak banyak yang tahu, semoga post ini bisa memberi tahu hehe

    ReplyDelete
  5. baru aja kemarin2 juga aku bahas diblog satunya :D

    ReplyDelete
  6. wahhh ada yang izin baca dulu bang randy....

    ReplyDelete
  7. Malah kalo di Kopiah Putih dominan dengan white space mas.. :)
    Padahal saya baru tau sekarang ini pentingnya white space.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, q liat di kopiah putih lebih adem liatnya dan semakin elegan hehe

      Delete
  8. saya kira css white-space, ternyata bentuk dasain putih haha. Mbuat desain white begini lebih gampang dari pada full color mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lohh ketauan gak baca sampe abis, wkwkw, "white space gak mesti putih " itu berarti bukan desain putih mas, tapi memanfaatkan ruang kosong agar desainnya menjadi lebih elegan :), mas pasti langsung loncat kekotak koment nih :) hehe peace

      Delete
    2. wkwkw, namanya juga tebaktebak mas :D. Baca comment diaatasatas, baru baca postingnya hehe :D
      haha ketauan..
      Ohya mas, kayak blog saya yang satanic murder itu gak ya? kan juga putih putih, tapi masih banyak ruang kosongnya hehe

      Delete
  9. wehehe udah lama ga dtg main nih.
    halo smua

    ReplyDelete
  10. white space memang bisa menjadi salah satu hal yang membuat mata kita tidak menjadi bosan saat menikmati pemandangan yang ada :-)

    ReplyDelete
  11. hadir kembali menyapa sahabat :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bang kunjungannya hehe ya nih lama gak diapdet blognya YPS hhe maaf ya

      Delete
  12. Baru tau kalau white space itu ntuh artinya ruang kosong..
    Bener tuh kata Mas Admin White space perlu ntuh yang blognya pasang iklan ya,, dikasih jarak antara konten dan iklan biar rapih,,,

    ReplyDelete