16 Mar 2013

Introvert

ciri orang introvert

Introvert

Manusia adalah makhluk yang unik dan menyimpan kemampuan luar biasa di balik raganya yang terlihat lemah. Dengan kecerdasannya, manusia bisa menjadi pemimpin di bumi, bulan yang jaraknya sangat jauh pun bisa didatangi berkat teknologi luar angkasa yang maju. Dalam realitanya, sifat manusia itu uniknya beraneka ragam, ada orang yang pendiam, ada yang cerewet, ada yang easy-going, ada yang pemalu, ada yang wishy-washy, ada yang cuek, dan sebagainya.

Begitulah preface dari post tentang kepribadian, terutama tentang Introvert walaupun isinya juga menyangkut tentang perbandingan antara introvert dengan extrovert dan ambivert. Apa sih itu kepribadian introvert ? Aneh gak sih introvert itu? dan apa sih kelebihan orang-orang introvert?Apa ciri-ciri orang introvert? terakhir pasti anda akan bertanya, apakah saya termasuk introvert?

Apa itu Introvert?

Banyak orang yang mengaku bahwa dia itu termasuk introvert, akan tetapi, pada kenyataannya, sikap dan tingkah laku nya sama sekali bukan introvert. Nah, untuk menghindari salah pemahaman tentang introvert ini kita harus tahu terlebih dahulu apa itu introvert?

Mengutip salah satu blog, saya menemukan pengertian bahwa kepribadian introvert merupakan kepribadian manusia yang tertutup, sehingga mereka cenderung memilih untuk sendirian atau bertemu dengan sedikit orang. Orang dengan tipologi kepribadian introvert adalah orang yang mengarahkan orang ke dunia dalam. Orang Introvert lebih berpikir ke arah subjektif atau dirinya sendiri.

Bingung kan???Nah untuk lebih jelasnya, coba kita lihat dalam kehidupan nyata, Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang begitu pendiam, pemalu, dan tidak suka menceritakan masalah-masalah mereka, namun dapat menjadi seorang pendengar yang baik? Ya, kira-kira seperti itulah karakter seorang introvert. Orang introvert, umumnya tidak suka membicarakan masalah mereka (seperti curhat, misalnya), meskipun masalah yang sedang mereka hadapi sangatlah berat.

Aneh gak sih Introvert itu?

ciri orang introvert

Yah, orang cenderung akan suka menganggap bahwa seorang introvert itu aneh, sombong, membosankan, dll. Seorang introvert seringkali disibukkan dengan dirinya sendiri dan kurang peka terhadap lingkungannya. Pada akhirnya lingkungannya juga tidak dapat menerima seorang introvert dengan baik. Mereka tahu apa yang mereka mau, namun sulit untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain. Hal ini membuat orang introvert seringkali dicap sebagai orang aneh.

Padahal itu belum tentu juga loh, jangan menilai kacang dari kulitnya yah. Begitu pula seorang introvert tak jarang merasa orang lain menganggapnya seperti sampah. Oleh karena itu rata-rata orang yang berkepribadian introvert kurang menikmati keramaian. Wajar jika orang yang interovert biasanya memilih berkarir dalam bidang yang tidak banyak bertemu dengan banyak orang. Namun, apakah faktanya memang seperti itu, cobalah anda bertanya pada diri anda masing-masing?

Apa kelebihan dan kelemahan introvert?

Tipe introvert cenderung pendiam, dan agak susah bergaul. Mereka kadang suka menyendiri, atau dengan kata lain memisahkan diri mereka dari pergaulan. Bukan karena mereka anti-sosial atau tidak suka berinteraksi dengan orang lain, tipe introvert membutuhkan waktu untuk diri mereka sendiri. Orang tipe ini, biasanya tidak punya teman terlalu banyak. Namun, jika seorang introvert sudah menerima seseorang menjadi sahabatnya, persahabatan tersebut bisa berlangsung seumur hidup. Karena, orang introvert umunya adalah orang-orang yang setia.Orang introvert mendapatkan ”energi” mereka dengan cara menyendiri, melalui pemikiran dan perasaan merekalah, ”energi” mereka dapatkan.

Seperti penjelasan sebelumnya orang introvert cenderung pendiam, karena mereka lebih banyak menggunakan waktu mereka untuk berpikir daripada membicarakan hal-hal yang kurang penting. Para introvert akan berpikir lebih dahulu sebelum bicara. Mereka bahkan memikirkan apa yang akan dijawab atau direspon oleh lawan bicaranya jika ia berbicara seperti ini, atau seperti ituMeski seringkali dianggap aneh tapi tanpa mereka dunia akan kekurangan sosok ilmuwan, musisi, seniman, penyair, pembuat film, dokter, matematikawan, penulis, dan filsuf. Sosok introvert ini apabila menekuni suatu bidang bisa jadi dia akan ahli di bidang tersebut karena sifatnya yang lebih dipengaruhi oleh dunia subjektif. Mereka akan bekerja keras, sampai mereka benar-benar ’merasa’ bahwa mereka sudah bekerja, sehingga tidaklah mengherankan jika penelitian membuktikan bahwa mayoritas orang-orang yang cerdas dan kreatif berasal dari kaum introvert.

ciri orang introvert

Namun, seringkali seorang introvert sebagai kaum minoritas merasa dirinya berbeda dengan orang lain dan kemudian membenci dirinya sendiri atau bahkan orang lain. Dan parahnya bisa jadi kemudian menjadi seorang psikopat. Sebenarnya itu bukan sepenuhnya salah anda menjadi seorang introvert. Anda harus mulai belajar menghargai diri anda sendiri dan bangunlah komunitas atau setidaknya carilah kenalan beberapa orang introvert lainnya agar bisa saling berbagi dan membuktikan kepada orang lain bahwa anda tidaklah seperti yang mereka kira.

Introvert lebih mengacu kepada orang yang sibuk dengan apa yang ada di pikirannya dibandingkan dengan apa yang terjadi di sekelilingnya. Orang yang introvert juga akan memilih untuk menyendiri jika ingin menyegarkan hati dan pikirannya.

Ciri-ciri orang introvert

Dari beberapa fakta yang ada, biasanya para introvert itu :

  1. Tertarik dengan pikiran dan perasaannya sendiri
  2. Memerlukan teritori atau dunia mereka sendiri
  3. Perfeksionis
  4. Pendengar yang baik tapi pembicara yang buruk
  5. Tampil dengan muka pendiam
  6. Biasanya tidak mempunyai banyak teman
  7. Sulit membuat hubungan baru
  8. Orangnya susah jatuh cinta dan setia
  9. Menyukai konsentrasi dan kesunyian
  10. Tidak suka denga kunjungan yang tidak diharapkan dan tidak suka mengunjungi orang lain
  11. Bekerja dengan baik sendirian
  12. Biasanya sih pemalu
  13. Tidak suka atau tidak berani tampil di depan umum

Apakah Saya Introvert?

Jika anda sudah membaca posting ini dan meresapi apa yang ada di dalamnya dengan baik tentu anda bisa menilai apakah anda termasuk introvert atau tidak. Atau orang-orag disekitar anda ada yang introvert. Terus bagaimana cara menanggapinya? Ya, tidak ada yang salah dengan introvert, mereka adalah manusia yang normal cuma berbeda saja orientasinya. Memang ,Tak dapat dipungkiri memang kalau selama ini terdapat mitos-mitos negatif mengenai introvert yang melekat pada masyarakat, akan tetapi itu tak sepenuhnya benar.

Jika memang benar anda seorang introvert, Jika ingin membangun jaringan professional atau jaringan pertemanan sosial, media internet, mungkin merupakan sarana yang sangat baik, bagi anda. Wadah ini membuat orang introver bisa berpikir sejenak sebelum berbicara'. Internet adalah kekuatan, bagi orang introvert. Karena itulah, Internet, menjadi media yang populer bagi para introvert.

So apakah ada yang membaca artikel ini seorang introvert?

Sumber bacaan

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

15 comments:

  1. Anonymous3/16/2013

    semuanya benar mas,hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa, bener. Sy pernah merasakannya semua

      Delete
    2. Aku pernah bang itu semua, tapi aku bukan tipe introvert..... Aku itu orangnya pendengar yang baik juga pembicara yang baik.... :D Hehehehe

      Delete
    3. @Bayu hemmm ya pa?yakin nih? hhehe.,.
      @Alam wihhh berarti introvert nih :)
      @Rukun Iman berrti kamu itu amfibi eehh ambivert

      Delete
    4. Anonymous3/17/2013

      hehe ya emg kurang lebih seperti itu. hehe

      Delete
    5. amfibiert itu tengah-tengah nya yaa?

      Delete
    6. @Bayu begitu begini ya? hehe
      @Ahmad rijal Samsi hemmm bukan amfibiert, tapi ambivert hehe

      Delete
  2. dan so, ane pernah intovert pernah enggak jadi sebutannya apaan bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe yg gak jelas wkwwkk, itu namanya Ambeien eehhh salah maksudnya Ambivert

      Delete
    2. huahahaha, gimana kalau labilavert lebih keren yah 50 50 lah sama adam lambert #eh hehehe

      Delete
    3. wkwkwkwk labilaver, itu pasti elu rul,., labil antara milih jadi blogger atau programmer

      Delete
  3. wehehe klo sy sih .. kagak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah syukurlah law enggak, berarti anda extrovert dong, hehe law saya sih pribadi mengaku saya introvert

      Delete
  4. Makin keren aja nih blog nya hehe


    Nice Share Bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks bro wah saya malah udah lama vakum............
      thanks udah visit ya, blognya tuh makin dikerenin juga dong

      Delete