19 May 2011

Beberapa Kesalahan Saat Menjadi Orangtua Baru

sule nangis
Ilustrasi :gbr sule
Setiap Orang pastinya memimpikan suatu saat nanti memiliki sebuah keluarga yang bahagia,siapapun itu.Menikah dengan pasangan yang dicintainya,memiliki anak ,memiliki segalanya dll.Akan tetapi ,banyak para calon orang tua tidak Mengenal terlebih dahulu bagaimana keadaan nanti setelah memiliki anak.Tentunya akan sedikit terkejut dan mengalami shock karena baru mengalami pertama kali memiliki anak.

Tahun pertama kehidupan bayi menjadi pengalaman luar biasa dan menarik bagi setiap orangtua. Namun, jangan berharap akan segera menjadi orangtua yang sempurna dalam merawat dan mengasuh anak.Banyak orangtua baru yang merasa khawatir atas perkembangan anak. Berikut adalah beberapa kesalahan yang paling umum dilakukan orangtua baru dan bagaimana cara menghindarinya seperti dikutip Times of India.

.:Cemas atas segalanya:.
Banyak Orang tua yang baru punya bayi mengalami shock mental karena baru pertama kali merasakannya.Bayi yang muntah, mengeluarkan air liur atas menangis merupakan hal yag normal. Jangan terlalu cemas sepanjang waktu bila bayi menangis lebih lama dari biasanya atau sering mengeluarkan liur. Bila memang keadaannya mengkhawatirkan, barulah bawa anak ke dokter.
  
.:Terlalu khawatir soal tangisan:.
Jangan selalu merasa takut bila bayi menangis. Bayi memang dilahirkan untuk menangis. Meski popok masih baru dan telah memakai baju hangat, tapi bayi mungkin saja masih menangis. Jangan panik, karena tangisan adalah bagian kehidupan bayi baru lahir. Menangis adalah bentuk komunikasi pertama antara Bayi dan ibu,Bayi dengan Lingkungan barunya.Namun, jika bayi Anda menangis dan tak bisa ditenangkan dalam waktu satu jam, hubungi dokter.


.:Menangis karena haus:.
Bayi Anda akan bangun dan menangis karena haus. Jangan membangunkan bayi hanya karena berpikir mereka mungkin lapar. Bayi yang diberi ASI bisa tidur sepanjang malam. Dan jika mereka membutuhkan minum, mereka akan bangun sendiri.


.:Mengeluarkan liur dan muntah:.
Semua bayi muntah air susu atau makanan dan mulai mengeluarkan liur. Jangan berpikir ada yang tak beres hingga jarak antar muntah terjadi secara teratur. Bila bayi muntah atau meludahkan susu dalam waktu 25-30 menit sekali, kemungkinan memang ada yang tak beres dengannya. Segera hubungi dokter.
.:Kursi bayi di mobil:.
Membawa bayi berusia muda dengan mobil memang tampak menyenangkan. Tapi, pastikan Anda telah meletakkan bayi pada dudukan di mobil dengan benar. Mintalah bantuan oranglain biar tidak yakin. Lebih baik aman daripada menyesal nanti.


.:Lupa perawatan mulut:.
Hanya karena bayi belum memiliki gigi, bukan berarti mereka tidak membutuhkan perawatan mulut. Ambil kain lembut, dan usapkan pada gusi bayi. Setelah gigi mulai tumbuh, hindari memberikan bayi dengan botol di tempat tidur. Ini untuk mencegah  kerusakan rongga mulut atau dot tergigit bayi. Gunakan sikat gigi lembut ketika anak mencapai usia satu tahun.


.:Berdebat dengan pasangan:.
Menjadi orangtua adalah kemitraan suami-istri. Saat mengambil keputusan, jangan menempatkan pasangan lebih rendah atau merasa lebih tahu. Ketika sedang berfokus bagaimana mengurus bayi, jangan lupakan pasangan. Ingat, bahkan bayi berusia empat bulan pun dapat merasakan pertengkaran orangtuanya.Itu bisa menjadi Trauma dan akan sulit dihilangkan dari ingatan si bayi.


.:Mendengar semua nasihat:.
Banyak saran yang telah Anda dengar mengenai cara menggendong bayi, memberi makan, menyendawakan atau alasan bayi menangis. Jangan menerima semua saran yang Anda dengar. Bayi adalah seorang yang unik. Bisa jadi yang cocok bagi bayi lain tidak berlaku bagi bayi Anda.

Semoga Artikel tentang kesalahan saat Menjadi Ortu Baru diatas Bermanfaat.Terutama yang sudah BErkeluarga.Bagi yang belum ,seperti saya juga bisa jadi persiapan untuk masa depan ^_^

sumber :http://kosmo.vivanews.com/news/read/218668-sumber--kesalahan-para-orangtua-baru

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

3 comments:

  1. harus diketahui ini gan oleh orang tua yang baru

    ReplyDelete
  2. walaupn saya blom jadi orang tua alias masih calon orang tua (klo ada umur) hihihihi...bisa diambil kesimpulan jadi ortu emang susah,tanggung jawab yg besar,amanah yg tiada akhir dari Pemberi kehidupan ... katanya seh gtu :p :p

    ReplyDelete