26 Jan 2012

Kenapa Pasta Gigi namanya Odol?

odol,coolgate,asal nama pasta gigi

Kenapa Namanya Odol?

Sejarah odol

odol,coolgate,asal nama pasta gigi

Perlu sobat yang penting share ketahui,Sejarah pasta gigi dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu lewat peradaban Mesir Kuno. Ketika itu masyarakat Mesir Kuno membuat pasta gigi dengan bahan terbuat dari campuran kuku lembu jantan yang dihancurkan, tepung, batu apung, dan debu dari cangkang telur yang telah dibakar. Saat itu sikat gigi juga belum ditemukan, jadi membersihkan gigi pun dengan menggunakan jari-jari tangan.

Tidak terbayangkan bagaimana rasanya membersihkan gigi dengan ramuan tersebut di masa sekarang. Pastilah merasa jijik. Selain pada masa peradaban Mesir Kuno, ternyata orang-orang Persia pun menciptakan ramuan sejenis untuk membersihkan gigi. Cuma bedanya, mereka menambahkan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan untuk membuat pasta gigi bubuk. Penemuan bangsa Persia ini tercantum dalam naskah kuno, sekitar 1000 tahun lalu.

inovasi ODOL di berbagai Negara

Odol 'The Twin Lotus' adalah odol herbal atau yang komposisinya alami. Anda pasti biasa aja melihat odol ini karena bentuknya biasa. Ini alami tapi kalau anda tahu isinya pasti anda terkejut. Isinya adalah:

  1. Odol Coklat
    Di tahun 2005, Unilever Filipina mengeluarkan prodak limited edition yaitu odol yang berasa coklat. Odol Close up ini mungkin tidak terlalu aneh tetapi, penelitian dari Tulane University kandidat doktorArman Sadeghpour menunjukan isi dari odol ini adalah cocoa powder. dan Itu lebih efektif dari flouride di odol-odol biasa
  2. Odol Daging B*bi
    Daging b*bi menjadi makanan yang populer sekarang di Amerika sana. dan Semua orang punya produk yang terbuat dari Daging b*bi dari hanya sekedar makanan sampai prodak yang lain. Dengan odol yang berflouride yang membersihkan gigi anda, anda bisa merasakan kenikmatan rasa daging b*bi.Tapi tidak buat muslim seperti kita brow
  3. Odol Whiskey
    Ini termasuk odol yang unik. Odol ini mempunyai rasa yaitu beer. Atau rasa Whiskey. Anda bisa menikmati rasa scotch dan bourbon tanpa harus membelinya dengan beli ini aja udah bisa merasakan rasa whiskey.
  4. Two Ways Odol
    dua lubang jalan odol sangat menarik. Ini pas untuk orang yang kesulitan mengeluarkan odol dari wadahnya. Ketika si pemakai tidak bisa mendorong dari tempat ujung yang lain pemakai bisa mengeluarkan dari sisi terdekat odol. Ini sangat berguna mengeluarkan dari sisi lainya.
  5. Odol Berwana Hitam
    Odol ini ber-merkan 'Monkey'. Odol yang sangat menarik. Odol ini berisikan dari serbuk-serbuk yang alami. Ini bisa melezatkan juga menyehatkan. dan Tentunya ada black powder yang membuat odol ini berwarna hitam.
  6. Odol Lipstik
    Odol aneh ini bernamakan E-mail Diamant Rouge yang berasal dari prancis. Nah, sekarang odol yang memutihkan gigi adalah hal yang luar biasa. Bagaimana caranya odol berwana merah tua bisa memutihkan gigi?Begini caranya, odol yang berwarna merah ini mempunyai banyak clove/licorice/rasa mint, dan memberikan efek keputihan lebih dari odol biasa. Rahasianya keputihanya adalah cahya reflek dari gigi. Membuat gigi bersinar dan tidak berwarna merah sebagaimana warna odolnya
  7. Odol Sampanye
    Apabila anda lebih memilih sampanye dari pada whiskey. Odol ini pas untuk anda. Anda bisa merasakan rasa sampanye hanya $10 atau 100.000 kurang dalam rupiah.
  8. Odol Hitam dari Jepang
    Mungkin anda semua tidak tertarik dari hasil karya ini. Odol ini sangat berguna. Dari warnanya yang menggambarkan 'membersihkan' ternyata komposisinya juga membersihkan. Untuk menetralkan racun dalam tubuh juga bisa loh.
  9. Odol Es Krim
    Odol Tanner's Tasty membuat anda merasakan rasa es krim. Dibuat oleh seorang dokter gigi Janelle Holden, yang bercita-cita untuk membuat sikat gigi membersihkan tapi berkesan untuk anak-anak. Odol ini sangat enak. Ada 3 rasa dari odol es krim ini Cha Cha Chocolate(coklat),Banilla Bling dan Blingsicle yang berasakan vanilla dan jeruk

Penemu "ODOL"

odol,coolgate,asal nama pasta gigi

Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden Chemical Laboratory Lingner, yang sekarang lebih dikenal sebagai Lingner Werke AG. Inovasi pertama yang mereka ciptakan yaitu cairan pencuci mulut atau yang lazim kita kenal sekarang ini dengan sebutan mouthwash pada 1892. Karl August Lingner adalah sang penemu yang menciptakan Odol mouthwash dan dia adalah orang yang giat mengampanyekan "hidup higienis".

Dia juga dikenal sebagai orang pertama yang mengadakan International Hygiene Exhibition pada 1911. Berdirinya museum The German Hygyene Museum di Dresden pun atas inisiatif Karl. Jika kita menilik sejarah, ternyata Odol bukan yang pertama sebagai merek yang memproduksi massal pasta gigi. Di Amerika Serikat, penggunaan pasta gigi krim seperti yang sekarang kita gunakan baru ditemukan pada abad ke-19. Perusahaan Colgate yang ada di Amerika Serikat adalah perusahaan pertama yang memproduksi pasta gigi bentuk krim, lebih tepatnya oleh seorang William Colgate.

odol,coolgate,asal nama pasta gigi

Ya, nampaknya "Odol" ini diproduksi di Jerman dan terus berinovasi, tetapi berbeda dengan di Indonesia yang sudah lama tidak beredar lagi, di negara asalnya hingga saat ini pasta gigi "Odol" ini masih tetap eksis. Bahkan pasta gigi ’Odol’ ini juga dipasarkan di kawasan negara-negara Eropa seperti Ceko, Hungaria, Belanda dan sebagainya.

Pasta gigi "Odol" sudah berpuluh tahun yang lalu hilang dari peredaran di negeri kita, namun dia meninggalkan warisan kata yang masih digunakan hingga saat ini yaitu "odol" Makanya,mau apapun merk pasta giginya,orang indonesia udah terbiasa mengucapkan kata odol.Yah itulah asal mula kata "odol",semoga sobat yang penting share dapat info bermanfaat

SUMBER INSPIRASI

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

74 comments:

  1. odol daging baby?
    walahhh......

    btw tampilan blognya keren... kayak majalah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk daging baby emang bayi wkwkw?
      hmm makacih ya inilah yang dinamain blogazine :D mbak

      Delete
  2. mau banget sobat Randy odol coklat sama es krimnya, pesen dong satu wkwkwk.
    Kalau yang pake batu bata,pas masih kecil tetanggaku pake itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hkhkhhk maunya elu,.,wkwkw mahallll tauu wkwkw kagak ada disini
      @wew gak kebayang make batu bata deh wkwkw

      Delete
  3. odol es krim? odol coklat?
    hmm.... kaykanya enak tuh. bisa dimakan gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak bisa lah sob,namanya juga odol wkwkw

      Delete
  4. urang sunda juga begitu kok,, nyebutnya sering ODOL

    ReplyDelete
  5. gmn caranya agar anak-anak kita nantinya menjadi penemu2 hebat seperti mereka mas..?!??! inovator2 kelas dunia yg gak kalah sama para pendahulunya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul2 tapi sekarang generasi kami banyak terlena dengan kenikmatan dunia bang.thanks bang masukkanya

      Delete
  6. Wkwkwkwkwk judulnya ngakak namanya Kenapa Namanya Odol?
    #Niceshare... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwkkw emang lucu ya sob?disana namanya apa?

      Delete
  7. Wuih, ternyata odol jg ada sejarah2nya, bisa aka lu nyari ide postingan, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lah wkwwk semua bisa jadi ide sob :V

      Delete
  8. aduh, odol es krim kayaknya enak..
    tampilannya keren banget mas.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw jgn ditelen itu cuma odol :V
      wwkwkw thanks mas udah mampir

      Delete
  9. kirain apaan kek, eh ternyata emang kebiasaan orang indo doank yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw iya sob kebiasaan orang kita

      Delete
  10. mampir lagi disini sobat...

    ReplyDelete
  11. Seharusnya namanya itu bukan "Odol" tapi "Pepsodent". :lol:
    #Itukan merek pasta giginya, tolol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOL haha btw bukan tolol sob,emang dah kebiasaan orang kita :P

      Delete
  12. sudah lama sekali gan ya penemuan odol ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan udah lama buanget thanks ya gan udah sudi mampir

      Delete
  13. Weeh... Ternyata Odol itu merupakan Merk Pasta gigi Jerman to!!
    Sejarahnya MANTAAFFF juga yach.. udah ada sejak jaman Mesir Kuno Cuy!!
    ^_^
    Hmm,,, emang bener kalo Kita udah terbiasa nyebutin Pasta gigi dgn Odol, udah terlanjur Eksis th Namanya!!
    Walo begitu, si Odol kok malah gak diPrduksi lagi disini yach, Heran deh!!
    Coba aja kalo diProduksi lgi,, akankah si Odol bisa se'eksis Namanya???
    Hwehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm mgkin orang indonesia juga udah kebiasaan nyebut odol ketimbang yang laenn

      Delete
  14. Odol daging babi
    wah gak halal tuh bang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyalah gak halal kalo buat orang amrik bisa :D

      Delete
  15. nice post, salam kenal ya sob......

    ReplyDelete
  16. oh jadi benar2 ada yah produk namanya odol itu... hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob,odol itu mouthwash pertama sebelum pasta gigi

      Delete
  17. odol es krim... daripada untuk odol lebih enak dimakan aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwwkwk ya tul sih,tapi itulah inovasi biar mnggsok gigi makin asyik

      Delete
  18. Ternyata banyak jenis odol ya.. Baru tahu saya, hehe..
    Salam.. :)

    ReplyDelete
  19. wah gokil nih infonya.. bisa buat musingin temen-temen nih.. nice gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. musingin gimana sob?oke selamat ngerjain hehe

      Delete
  20. wah ada odol whiskey rasa bir, klo beredar disini setelah dipakai odolnya terus bawa mobil bisa2 nasibnya pemakai odol tsb kyk sih Apriani Susanti lg, nabrak2in orang, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha pemikirannya terlalu jauh brow

      Delete
  21. mampir lagi kang sambil nyikat gigi nii depan pintu :p gpp kan kang?!?!!? ada aer segayung kang buat kumur2nya?!?! *piss kang iia ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gapapa asal sikatnya bersih2 ya,hemm ada tuh masuk aja di kamarmandi aernya
      gak tau?belok kiri,lurus,belok kiri lagi trus mentok dinding ada pintu rahasia hehe

      Delete
  22. memang rata2 gitu yaa sob, nama produk pertama yang tren yang bakal jadi nama suatu produk.. contoh lainnya mah pembalut dan detergen yang sering saya dengar.. tak usah saya jelaskan, kamu pasti paham maksud saya.. hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheehe emang sob gitu :D ya sebenarnya memang dasar orang kita lath gitu hehe

      Delete
  23. blum ada yg baru yagh sob..
    blogwalking malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi kagak apdet,lagi ujian sob

      Delete
  24. ngeri gan ada daging bebiX herrrr

    ReplyDelete
  25. hahahha busettt,,benda yg simple tp gede manfaatnya ribet juga sejarahnya ,,panjang,,,dari jaan mesir kuno amp persia sgala....tp saya suka tuh ododl raasa whieskey,,,sikat semari gelelng2 dengerin musik dugem ckckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. gkgkgk mabok sambil sikat gigi bang

      Delete
  26. ternyata style komentar loe ancur juga broow ...
    wkwkwk.,.
    ternyata bukan punya gua doang.

    #maaf gak koment isi post. :D

    ReplyDelete
  27. Yek, orang Mesir nggilani yah.. masa begituan dipake odol

    Aku paling suka odol es krimnya nih gan.
    Apa bisa dimakan yaa??
    kalo ketelen aman kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat kamu apa sih yang gak aman :D wkwkwk ya tuh gila beud haha

      Delete
  28. wah karaknya udah pada dipesen smua nih odol. . . . tinggal apa yak kira2 yang masih sisa. . .???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa lol :D ada bang two ways odol belon :P

      Delete
    2. aku pesen satu ah hhahahahahahahhhaa

      Delete
  29. keren gan artikelnya...

    sebnernya gua mau komenin tampilan blog lo ni akwkawkak...

    keren...

    setiap post bisa beda... pro deh... hahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa biasa aja sob,inilah blogazine :D

      Delete
  30. nice post sobat...!, aq baru tau ni.., :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D hehe oke semoga bermanfaat

      Delete
  31. jadi begitu toh..., nice post sobat.., mf baru sempat mampir soalx aq lg ganti template.., sukses selalu ya sob.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw oke sob gapapa thanks udah berkunjung

      Delete
  32. wah, kalo odol mah saya udah tau sejarahnya tuh sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh gitu ya sob syukurlah kalo udah tau

      Delete
  33. baru tahu sejarah odol
    ternyata sudah lama sangat ya adanya :)

    ReplyDelete
  34. Wah kontras banget warnanya ,,, kuningnya ... hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho maklum om,amatiran maenin warna

      Delete
  35. hm. .. kalo saya sekarang pakenya kayu siwak. soalnya odol mengandung flouride yang sangat berbahaya,,, yang bisa membuat tulang kropos, ,,

    ReplyDelete