8 Jun 2011

Inilah Manfaat Durian yang tidak Diketahui banyak orang

Manfaat Durian Bagi Kesehatan

Anda penyuka durian seperti Yang Penting Share ? tapi takut kena kolesterol?.hemm sebaiknya sobat Anda penyuka durian seperti Yang Penting Share ? tapi takut kena kolesterol?.hemm sebaiknya sobat baca dulu postingan bermanfaat berikut ini. Durian atau nama latinnya yang beken D.zibithinus sedang musim-musimnya di daerah saya. Tapi gak tau juga dari mana asalnya,yang jelas banyak dijual dipinggir jalan,tapi sayangnya sampai saat ini Yang Penting Share cuma nyicip beberapa biji. -_-".

Selama ini Durian sering dianggap sebagai biang kerok peningkatan kolesterol dalam darah. dan katanya tidak baik bagi kesehatan jantung dan tubuh. Namun, beruntunglah mereka yang menggemari dan tidak berpantang makan King of Fruits itu. Sebab durian menurut Wikipedia yang saya baca ,sangatlah bergizi.

Tidak hanya pada daging buahnya saja, tetapi juga pada kulit dan daunnya. Namun tidak banyak orang mengetahuinya, bahkan kadangkala mereka menganggap durian adalah buah yang dapat menyebabkan penyakit. Pendapat mereka itu tidak sepenuhnya salah, karena makan buah durian dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu kadar kolesterol dalam durian juga cukup tinggi.

durian,manfaat durian

Setiap 100 g salut biji mengandung 67 g air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor(wikipedia)

Tetapi durian merupakan makanan sehat yang baik untuk tubuh jika dimakan tanpa berlebihan. Di dalam daging buah durian mengandung banyak sekali zat gizi, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin. Durian juga mengandung gula yang cukup banyak serta sifatnya panas sehingga penderita diabetes dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi durian.

Sebenarnya mengonsumsi 100 gram durian pun sudah cukup. Sebab, dalam 100 gram itu saja sudah relatif banyak gizi yang kita peroleh.Demikianlah sekian banyak manfaat durian yang akan didapatkan, selama tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.Durian terutama dipelihara orang untuk buahnya, yang umumnya dimakan (arilus atau salut bijinya) dalam keadaan segar. Salut biji ini umumnya manis dan sangat bergizi karena mengandung banyak karbohidrat, lemak, protein, dan mineral.

Apa aja sih manfaat Durian ?.Banyak kegunaan durian untuk kesehatan. Selain mengandung vitamin-vitamin di atas, kegunaan lain durian adalah:

  1. Ekstrak kulit dan buah dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan penyakit kulit.
  2. Bertentangan dengan kepercayaan populer, durian justru membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  3. Durian juga berfungsi sebagai pembersih darah.
  4. Durian mengandung banyak asam amino triptofan, yang gunanya untuk mengurangi rasa gelisah, depresi dan mengobati insomnia.
  5. Makan durian juga menimbulkan rasa bahagia karena buah ini meningkatkan kadar serotonin dalam otak.
  6. Durian mengandung banyak protein lembut, yang memungkinkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin membentuk otot.
  7. Durian juga adalah afrodisiak kelas wahid.
  8. Juga direkomendasikan sebagai sumber lemak mentah.
  9. Dapat mengatasi anemia karena durian kaya akan asam folat dan zat besi.
  10. Dapat mengatasi sembelit karena durian banyak mengandung serat. Selain itu kulit durian yang dilumatkan dan dioleskan ke perut dapat memudahkan buang air besar.
  11. Menghambat penuaan dini karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan.
  12. Meningkatkan tekanan darah yang rendah karena mengandung zat besi dan sifatnya yang panas.
  13. Mengatasi bengkak.
  14. Mengobati penyakit ruam pada kulit (kurap).
  15. Baik untuk kesehatan tulang dan persendian karena mengandung kalsium, potasium, dan berbagai vitamin B.
  16. Memelihara kesehatan tiroid karena kandungan tembaganya.
  17. Kulit durian yang dibakar lalu dijadikan abu, airnya dapat melancarkan haid, tetapi juga bersifat abortif.
  18. Buahnya dapat sebagai obat penyakit kuning.
  19. Meningkatkan nafsu makan karena mengandung niasin dan thiamin.
  20. Riboflavin (vitamin B2) dapat membantu mengatasi migrain.
  21. Dapat mengurangi stres dan depresi karena kandungan piridoksin (B6).
  22. Baik untuk kesehatan gigi karena mengandung fosfor (P).
  23. Kulit buah durian dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk.
  24. Akar dan air seduhan daun durian dapat sebagai antipiretik.
  25. Akarnya dapat untuk mengobati infeksi pada kuku.
  26. Kandungan mangaan dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.
durian,durian monthong,durian obat
Durian Classification
NameDurian
KingdomPlantae
Phylum eudicots
ClassRosids
OrdoMalvales
FamilyMalvaceae
GenusDurio
SpeciesD.zibethinus

Fosfor dan zat besi yang terdapat dalam durian ternyata 10 kali lebih banyak daripada buah pisang. Kandungan gizi tiap 100 gram buah durian adalah 67 gram air, 2,5 gram lemak, 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 2,5 gram protein, dan menghasilkan energi sebesar kurang lebih 520 kJ.

Walau punya banyak fungsi, bukan berarti kita harus mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang berlebih. Semua ada takarannya. Wanita hamil dan orang yang menderita hipertensi tidak dianjurkan untuk makan durian.



Pada musim raya durian, buah ini dapat dihasilkan dengan berlimpah, terutama di sentra-sentra produksinya di daerah. Secara tradisional, daging buah yang berlebih-lebihan ini biasa diawetkan dengan memasaknya bersama gula menjadi dodol durian (biasa disebut lempok), atau memfermentasikannya menjadi tempoyak. Selanjutnya, tempoyak yang rasanya masam ini biasa menjadi bahan masakan seperti sambal tempoyak, atau untuk campuran memasak ikan.

Durian pun kerap diolah menjadi campuran bahan kue-kue tradisional, seperti gelamai atau jenang. Terkadang, durian dicampurkan dalam hidangan nasi pulut (ketan) bersama dengan santan. Dalam dunia masa kini, durian (atau aromanya) biasa dicampurkan dalam permen, es krim, susu, dan berbagai jenis minuman penyegar lainnya.

Source:

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

11 comments:

  1. selain bermanfaat , durian enag dimakan juga kan sob, heheheh

    bolehkah saya menyebarkan entri ini ?

    ReplyDelete
  2. @sayaberitahu hehehe iya sob,btw boleh aja,asal jgn lupa cantum sumber

    ReplyDelete
  3. Anonymous6/09/2011

    ijin share sob..........

    ReplyDelete
  4. saya nggak mikirin manfaatnya...
    tapi lebih tertarik kelezatannya...

    dan pastinya yg disediakan alam utk manusia pastilah bernilai vitamin dan gizi

    ReplyDelete
  5. @Anonim boleh aja sob tapi cantumin link sumber

    ReplyDelete
  6. eeeh?? manfaatnya sebanyak itu? tapi saya ga suka durian. =="

    ReplyDelete
  7. @randy oktaran aiiih, sayangnya saya ga suka durian. =="
    Ngomong-ngomong soal serotonin, itu yang ada di cokelat juga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups sama tapi beda asal aja hehe

      Delete
  8. wahh.. ternyata banyak manfaat yang diperoleh dari durian bagi kesehatan..
    saya suka banget sama durian, tapi gak tahu manfaatnya. yang saya tahu hanyalah rasanya yang enak, hehe.. :D
    makasih infonya mas..

    ReplyDelete