15 Jun 2011

Lima Makanan ini bisa Picu Keracunan Loh

Halo sobat sharelikers,sering kah mendengar berita tentang orang keracunan makanan.?padahal ada dari mereka yang mengalaminya setelah makan makanan yang baik alias yang seperti biasanya.Hem kenapa ya? Mual, diare, sakit kepala, kram perut, hingga pingsan merupakan tanda-tanda seseorang mengalami keracunan makanan. Keracunan seringkali Kita disepelekan, padahal jika tidak diantisipasi dan ditangani dengan baik bisa berujung pada kematian.

Tanda disadari, makanan yang selama ini sering Kita konsumsi juga bisa memicu keracunan. Untuk menghindarinya, Kita harus tahu lima makanan yang bisa memicu keracunan, yang dilansir dari Healthmeup.com berikut.

1. Telur

telur
Tentu saja tidak semua telur beracun. Tetapi kita harus tetap waspada karena telur mudah terkontaminasi bakteri Salmonella. Terutama jika kita suka mengonsumsi telur setengah matang.Agar kita terhindar keracunan akibat mengonsumsi telur, selalu beli telur dari tempat yang bersih. Cuci dulu telur sebelum menyimpannya dalam lemari pendingin. Selalu masak telur hingga matang sebelum mengonsumsinya.Hem,saya sangat suka nih sob makan telur ckckkc,harus lebih hati-hati nih.

2. Tuna
Tuna bisa terkontaminasi scombrotoxin, yang bisa memicu sakit kepala dan kram serius. Tuna yang baru ditangkap seharusnya langsung disimpan dalam es, karena jika terlalu panas tubuhnya dapat melepaskan racun. Racun tersebut akan sulit hilang meskipun sudah dimasak. Mengonsumsi tuna setengah matang juga berisiko membuat Kita mengalami keracunan.

3. Tiram
tiram
Tiram dan kerang merupakan hewan laut yang seringkali memicu keracunan. Hal ini terkait dengan kualitas air di mana mereka berkembang biak. Jika habitat air mereka tercemar, maka kemungkinan besar tiram juga terkontaminasi. Keracunan makanan yang disebabkan oleh kerang dapat biasanya menimbulkan gejala seperti muntah, demam, dan diare.

4. Kentang dan Buah-buahan
Keracunan makanan karena mengonsumsi kentang memang jarang terjadi. Tetapi bukan tidak mungkin kentang dari varietas tertentu juga terkontaminasi bakteri atau limbah. Untuk itu, sebaiknya konsumsi kentang yang sudah dimasak dengan benar-benar matang. Selain kentang,buah-buahan yang menggunakan racun kimia pengusir hama harus lah dicuci bersih dulu sebelum dikonsumsi,agar terhindar dari keracunan.

5. Keju
keju
Keju merupakan makanan yang sangat mudah terkontaminasi bakteri seperti  Salmonellaor Listeria. Bakteri tersebut secara ekstrim bisa memicu keguguran pada wanita hamil. Tidak heran jika banyak dokter menyarankan para wanita hamil untuk tidak mengonsumsi keju pada awal kehamilan. Sebaiknya hindari mengonsumsi keju jenis blue-veined, camembert, brie dan feta. Keju dalam kemasan adalah pilihan yang paling tepat dan aman untuk dikonsumsi.

Nah sekarang udah tahukan bahwa makanan yang sehat sekalipun bisa saja menimbulkan dampak negatif pada tubuh.Semoga kita bisa lebih hati-hati dalam mengkonsumsi makanan.Oke tunggu postingan menarik berikutnya,tetap di Yang Penting share.(sumber)

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

4 comments:

  1. harus hati-hati nih dengan makanan itu

    ReplyDelete
  2. ternyata telur juga ikutan, wkwkkk . .
    iya, makasih infonya ya :D

    ReplyDelete
  3. Serem ah...
    Follow me ya...

    ReplyDelete
  4. semua makanan berbahaya kalau udah kadaluarsa...bau, warna, bentuk, rasa,...dah berubah semua...udah pasti tu makanan banyak bakterinya...:)

    ReplyDelete