24 Jun 2011

(Masih) Pentingkah Follower ??

Assalamualaikum wr.wb.
Judul postingan diatas (Masih) Pentingkah Follower ??sekiranya sedikit kontrolvesial eh Kontroversial dikalangan para Blogger terutama antara Newbie dan Master Blog. Jujur Ini bukan apa-apa,Bukan mau membuka perdebatan lebih luas tetapi ingin bertukar pemikiran dengan teman teman akan pentingnya suatu Gadget follower.

Disadari atau tidak pemikiran setiap blogger tentu berbeda,apalagi klau menyinggung masalah kasta,antara Newbie dan Master,jelas terlihat berbeda.Ya,beginilah kira-kira yang terjadi ketika Blog newbie Yang penting share adminnya ngobrol dengan seorang master blog See-Advance,saya tak mengira bahwa sebegitu newbienya saya sampai sampai masalah Follower pun diperdebatkan.Tetapi alangkah baiknya menjadikan suatu perdebatan  bisa memberi solusi bagi kita,bukan perpecahan ya toh?

Nah sobat Sharelikers sekalian sudah tahukan titik terang masalah?upps belum?Hemm begini deh,Ini dia inti dari percakapan nya,sebut saja bunga mengatakan bahwa Gadget Follower bagi blogger profesional tidak dibutuhkan,dengan alasan bisa mengurangi nilai keprofesionalan seorang Ahli  blogger. Sedangkan saya sedikit tidak sependapat dengan sahabat saya ya karena saya seorang newbie.Dengan alasan yang akan saya sampaikan berikut ini.

Oke sekarang mari kita kesampingkan perdebatan saya dengan mastah Putra.Jika boleh dibilang memang Benar,semua Blog yang udah memiliki PR tinggi dan terkenal rata-rata tidak memiliki apa itu yang namanya gadget follower.Alasannya beragam,mulai dari gadget yang sering error,mengurangi nilai keprofesioanalisme an , memperlambat load blog,dsb.Coba sobat perhatikan blog -blog besar atau bahkan WP,yang bahkan tidak menyediakan Widget Follower,memang terkesan Profesional.

Akan tetapi saya sedikit memiliki pandangan yang berbeda.Sebelumnya saya sampaikan ini cuma Opini,boleh setuju atau tidak,hal itu tentu kembali pada diri kita masing-masing ya kan?jangan ikut-ikutan adalah prinsip yang harus saya pegang teguh,begitu pula sharelikers?.Menurut saya Inti dari follower punya banyak manfaat juga yakni:

1.Sumber Traffik Blog kita

Darimana datangnya pengunjung blog sobat?Mungkin jawabannya beraneka ragam,mulai dari Social bookmark,jejaring sosial, Situs berita,koment di blog sahabat dan tak lupa dari Follower Kita.jangan lupakan,Setiap yang memfollow blog kita otomatis blog kita masuk dalam daftar bacaan follower kita,dan setiap update-an blog kita bakal dibaca oleh mereka.Memang tak banyak mungkin yang datang dari daftar bacaan,tetapi jangan anggap remeh traffiknya. walaupun sedikit,hal itu sangat berpengaruh terutama bagi blog-blog yang masih kecil seperti saya.

Buat blog yang udah Punya nama,alias terkenal,Follower berfungsi sebagai sumber referrer juga,tak ada perbedaan,walau mungkin skalanya lebih kecil tapi jangan lupakan jasa mereka yang udah memfollow sobat,karena setiap updatean dari blog sobat bakal dibaca sinopsis nya di daftar bacaan dashboard mereka.

2.Bentuk keeksisan kita di dunia Maya

Mau eksis?Tentu kita butuh support.Ingat simbiosis Mutualisme?itu pula yang terjadi saat proses follow memfollow berlangsung.Tak jarang di berbagai jejaring sosial saling meminta barter follow demi keeksisan Blognya. Semakin banyak follower berarti semakin eksis dan terkenal blog kita dimata Visitor.Semakin banyak visitor berarti pandangan publik terhadap blog kita semakin baik.Coba saja lihat blog mastah LADIDA yang punya Follower sampai 1000 an,lihat setiap postnya lebih dari puluhan comment.Bukti bahwa Ladida Eksis di dunia maya.

3.Mempermudah Blogwalking

Tak jarang saat blogwalking sana-sini kita lupa dengan blog yang kita kunjungin sebelumnya.bayangkan bila blog sahabat itu tidak memiliki gadget follower?dan juga tidak punya buku tamu?.Tentu kita akan kesulitan untuk Bloglwalking dihari atau waktu berikutnya. Meskipun kita punya solusi Bookmark page,tentu tak sebanding dengan bahan bacaan yang disediakan Blogger dari blog yang sudah kita follow.Bayangkan bila kita yang tidak punya gadget follower,maka visitor datang dan pergi seperti hantu ,alias hanya ketika butuh saja baru berkunjung,disini tidak akan muncul rasa persaudaraan seutuhnya.Bayangkan bila kita punya sahabat yang semuanya berjumlah 200 blog  (masing2 sahabat satu blog) ,maka 200 blog itu lah yang harus dibookmark di kompi kita.ckkckckc tentu gak efektif bukan?

4.mempererat Rasa Persaudaraan Sesama Blogger

Tentu kita lebih mengutamakan Berkunjung Ke blog yang Authornya sudah kita kenal dan Isi blognya pun sudah familiar bagi kita.Bayangkan bila tidak ada satupun dari kita yang tidak punya gadget follower,tentu kita bakal pangling saat sahabat kita ganti template atau Domain. Bahkan tak jarang saya temui sahabat Blogger saya lupa dengan saya karena lama tidak gak berkunjung kesana,Bayangkan bila tidak ada follower tentu bakal jauh lebih dari itu bukan?.Follower juga membantu promosi blog kita pada sahabat blog yang lainnya.Saat mereka lihat profil kita di follower sahabat,tentu dia juga bakal tertarik untuk berkunjung ke blog kita,atau bahkan memfollow kita juga.

Okelah cukup sekian dulupostingan saya mengenai Masih pentingkah follower? .Semuanya kembali pada diri kita masing-masing. Intinya bila kita ingin dianggap profesional dengan merelakan menghapus gadget Vital gratis dari Google friend connect ini,kita harus siap-siap untuk kehilangan traffik dalam jumlah yang besar.Tetapi bila kita ingin mencari banyak teman dan sahabat maka Follower ini sangat membantu kita.So. apakah ukuran keprofesionalisme-an blogger dinilai dari Adanya gadget Follower?Mari share pendapat sobat dibawah ini.

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

12 comments:

  1. hmmm penting gg penting sih, kadang ada yang "udah follow nih, follback ya!" padahal yang saya butuhin bukan follow2an ya, tapi saran, kritik atau apalah untuk membuat saya lebih baik *idealisme*.
    pentingnya sih hmmm buat mejeng aja *hhahha saya busuk banget ya*

    ReplyDelete
  2. follower klo buat saya bisa mempermudah kita blogwalkig lewat dasbor kita tanpa susah / repot inget-inget atau catat alamat blog temen :) cuma itu aja menurut saya ....

    ReplyDelete
  3. @Fiction's World hehehe iya itu yang diharapkan dari follow-followan

    ReplyDelete
  4. @Green KLOPERER ya,masa kalo punya temen 1000 harus dicatet 1000 urlnya?gmana kalo dia ganti domain??ckckc

    ReplyDelete
  5. penting ,karen klo di blog saya komentar dtng umumnya dr flowers

    ReplyDelete
  6. Hmm.. di posting ini jelas menjelaskan ente lah yang paling benar, sebenarnya banyak yang ingin ane kritik, tapi berhubung kyanya mata udh ngantuk, susah untuk merangkai kata, youwiss laah semua nya itu memang kembali pada diri kita masing2 :D sukses selalu

    ReplyDelete
  7. menurut saya sih penting, karena itu simbol eksistensi suatu blog di dunia maya . .
    lihat saja master sperti o-om, masdoyok, dan yg lain masih dipajang followernya . .

    tapi itu kembali ke pilihan masing-masing, bukan suatu patokan bahwa follower itu penting atau tidak . .

    ReplyDelete
  8. @blogEKE yaps setuju
    @See-advance,wah bukan begitu mastah,kan saya cuma mau share aja opini saya,hehehe mangap dah bawa2 nama master
    @ladida bener masterr ladida

    ReplyDelete
  9. penting banget karena untuk ajang silaturah mi juga

    ReplyDelete
  10. Aku setuju yang Mempermudah Blogwalking
    Karna biasanya aku jalan jalan ke blog orang lewat followers itu (selain guestbook)

    ReplyDelete
  11. @GStarCreation hehehe thanks gan dah nambahin :D

    ReplyDelete