2 Jun 2011

Senjata Andalan SEO Kita : Inbound plus Outbond

يسميللاهيرروهمانيرروهيم

inbound,outbondlinkbuilding
Formula Senjata andalan SEO itu adalah sebutan dari saya sendiri loh.Hehehe. Jangan salah Kaprah .Sebenarnya yang dimaksud Senjata Andalan SEO ini ada Dua ,dan keduanya mempunyai fungsi Komplementer alias saling melengkapi. Apa sih Inbound dan Outbond ? kenapa dibilang saling Melengkapi dan apa pengaruhnya bagi perkembangan blog kita? .

Oke,Sebelumnya kita ambil suatu perbandingan,Ibarat dalam tubuh kita,mengalir lah cairan berwarna merah dan mengandung oxygen,hayo apa ?.ya betul ,Darah. Dan juga ada sel serupa yang warnanya putih dan fungsinya kekebalan tubuh ,itu darah Putih. Nah,seperti itulah fungsi Inbound Dan Outbond,Keduanya saling melengkapi .Inbound itu diibaratkan darah merah,dan outbond itu darah putih.Bila darah putih lebih banyak daripada darah merah,maka akan menyebabkan gangguan kesehatan bahkan Leukimia.saya pernah belajar tentang ini waktu kelas dua Sma. Hem lagi rajin-rajinnya belajar makanya ingat. Tapi kalau sekarang rasanya sedikit malas,entah kenapa.hehehe kok malah jadi curhat ya?

Balik lagi ke masalah SEO,Inbound itu bisa didefinisikan sebagai  link yang mengarah pada blog kita, dimana link tersebut berasal dari blog orang lain ataupun berasal dari blog kita sendiri. (link yang masuk) namanya juga IN=MASUK ,iya gak ?. Sedangkan  Outbound adalah  Link mempunyai pengertian sebaliknya, yaitu link yang kita arahkan kepada suatu web/situs/blog orang lain. (link yang keluar),bukan james bond loh hehehe.

Fungsinya seperti yang dijabarkan dalam bentuk analogi dengan sistem darah manusia. Disarankan bahkan di haruskan untuk memperbanyak Inbound daripada Outbound.Pertanyaan ini pernah ditanyakan sahabat Saya LADIDA yang menanyakan saya 

"kalo bikin artikel sering link ke artikel lain, jarang link ke halaman utama, apakah itu rawan mas?"

Saya harap sahabat ladida membaca artikel ini dan menemukan jawabannya dari sharing ini . Menurut para master Blog yang pernah saya wawancarai hehehe,sepertinya bukan wawancara beneran,tapi hanya sharing aja kali ya?,kata mereka sih Link Inbound lebih banyak daripada link outbond lebih baik daripada sebaliknya.Kenapa demikian ? ya karena sudah jelas,kalau link inbound itu meningkatkan keeksisan Blog kita di SERP,dan itu bagaikan membangun pondasi yang kokoh bagi blog kita.Sedangkan Google sangat tidak menyukai Link keluar yang banyak. Tetapi outbond bukan harus dihilangkan,tetapi dibatasi dan harus lebih sedikit daripada Inbound bila sobat ingin Blognya semakin manta dan selalu masuk pejwan SERP(baca:Page one Google).Nah bagaimana kah kita membangun formula inbound dan Outbond yang bisa menjadi senjata andalan blog kita ?

ada banyak cara meningkatkan inbound dan Outbond dari yang caranya halal maupun diharamkan mbah Google (white Vs black Hat SEO),silahkan sobat pilih sendiri cara apa yang sobat ingin gunakan :

Cara Meningkatkan Inbound Berkualitas
  1. Mencari backlink berkualitas
  2. Saling bertukar link dan banner
  3. Mencari backlinks dari web directory..(bila ingin cepat naik page rank disarankan malah untuk submit ke web  yang sudah punya PR 3 atau 4)
  4. Dengan membuat banyak blog dummy/Menautkan suatu posting dengan posting lainnya dengan link dan anchor text yang relevan bisa dengan manual atau smart link
  5. Saling betukar link dan banner.(bila ingin cepat naik page rank disarankan malah untuk bertukar link dengan yang sudah punya PR 3 atau 4)
  6. Kita dapat membuat link yang mengarah kepada blog kita sendiri atau bahkan pada postingan lain dalam satu blog yang kita anggap mempunyai backlink yang bagus.
Cara meningkatkan Outbound berkualitas
  1. Perhatikan penggunaan Anchor Text-nya (teks yang dipergunakan untuk menempelkan link dalam postingan kita) saat menempelka link sahabat 
  2. Usahakan menggunakan Anchor text berupa kata kunci (keyword) yang berbeda-beda.
  3. Hindari penggunaan anchor text dengan menggunakan teks yang sama dengan alamat URL blog. Sebagai contoh, alamat URL blog ini adalah http://ypsrandy.blogspot.com/2011/06/senjataandalan-seo-inbound-plus-outbond.html. Jika kita ingin membuat link terhadap URL tersebut, usahakan untuk tidak menggunakan alamat URL tersebut sebagai anchor textnya, kita dapat menggunakan anchor text Meningkatkan Inbound dan Outbound untuk SEO, atau keyword lain yang relevan.
  4. Usahakan menggunakan anchor text berupa keyword yang sesuai dengan tema blog kita, atau kategori  postingan kita.
  5. Usahakan menggunakan anchor text berupa keyword yang sesuai dengan tema blog kita, atau kategori  postingan kita.
  6. Usahakan untuk membuat Outbound Link pada setiap halaman postingan.terutama untuk pencantuman sumber/referrensi
Demikianlah artikel tentang formula Jitu Senjata SEO :Outbond plus Inbound ini,semoga bisa bermanfaat.Dan bila ada para master SEO yang kesasar disini dan baca Artikel ini sambil geleng-geleng kepala atau senyam-senyum bukan karena lagi denger musik tapi karena mungkin ada yang salah atau kurang,mohon dikritik ya para master blog.Maklum saja saya masih newbie dalam hal blog ngeblog,enggak seperti para master seperti Kang Rohman,O-om ataupun Mas doyok serta Kang salman. Hehehe,jelas ilmu mereka jauh diatas langit.Nah semoga sobat Ladida dan juga yang lainnya juga bisa memahami jawaban tersirat dari artikel Ini.Hehehe

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

23 comments:

  1. Hehe.. sip Mastah Randy :)

    ReplyDelete
  2. Wuih mantep bisa seo seoan kayak temen saya. Klo saya sih sma sekali ngga mudeng nih

    ReplyDelete
  3. wah, bagus mas...
    mas, lebih baik link link hasil tukar link itu di taruh di sidebar atau footer atau di halaman post?

    ReplyDelete
  4. @Pradisz Wardhanawah mastah pradisz.,jangan fitnah saya dong dengan panggilan mastah.hehehe.saya ini newbie mas

    @Nurul Imamdibwa enjoy aja mastah nurul hehehe,saya cuma posting apa yang bisa saya posting hehehe

    ReplyDelete
  5. @Tips dan Trik Blog dan Komputerpertanyaan bagus mas,.,saya kelupaan bahas nya hehe lebih baik disidebar,kalo di single post nnti dikira spam link dan link farming lohh hehe

    ReplyDelete
  6. Wokey aku comeng dah eheheheee

    ReplyDelete
  7. hmmm... sebuah situs yang besar dan menawan, saya sangat memujinya kawan. salam

    ReplyDelete
  8. wohohooo . . saddizz . . , dijelaskan dgn runtut dan sangat jelas :D

    kykmya inbound saya lebih banyak, utk outbond biasanya facebook / utk sharing saya pasang rel nofollow, kecuali outbond partner / tukar link . .

    ReplyDelete
  9. aq sama juga dengan mas nurul, blasssssssssssssss g ngerti SEO2an, bikin pusing nih pala

    ReplyDelete
  10. Materi dah dibahas tapi dari hasil penerapan Randy gimana?

    ReplyDelete
  11. mantab... :D
    saya suka pasang link ke artikel yang bertautan..hehe

    ReplyDelete
  12. @Tukang Pamerhehehe sama mas,.,saya suka juga

    ReplyDelete
  13. @Dhana/戴安娜lagi proses mbak namanya juga newbie hehe

    ReplyDelete
  14. @Ladida Cafehohoho sadiz ya wkwkkw
    @Yudi YuniorThanks mastah

    ReplyDelete
  15. hmmm....keren nich postingnya, ini hal dasar banget yang harus diketahui bagi kita-kita blogger pemula. makasih nice infonya gan.

    ReplyDelete
  16. saya kayu jabonmampir nih,karena blog saya yang di co.cc kena banned massal,mau gak mau harus ganti domain

    ReplyDelete
  17. thx infonya om ...

    ReplyDelete
  18. all@ sama -sama makasih dah mampir semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  19. hmm, ane mau tanya :

    Usahakan untuk membuat Outbound Link pada setiap halaman postingan.terutama untuk pencantuman sumber/referrensi hmm kalo sumber/referrensi itu gk pake format link tapi berformat text berpengaruh gk ama SERP?

    mohon bales d blog ane y sob :D

    ReplyDelete
  20. cek info:yupss bro,semua berpengaruh,apalagi anchor itu lebih baik dari pada link gini bedanya
    satu nulis http://ypsrandy.blogspot.com link juga sama
    satunya nulis yang penting share tapi make link anchor,nah saya lebih milih yang kedua bro :D

    ReplyDelete
  21. ow gitu y? okok. makasi kawan :D

    ReplyDelete