4 Jul 2012

Blogger : Dashbord lama vs Baru

Dasbor lama vs Baru

Antarmuka Blogger lama akan dihapus dalam beberapa minggu mendatang. Begitulah pengumuman sticky pada dasbord lama yang saya gunakan. Entah kenapa, setiap saya membuka akun blog saya, mata saya selalu tertuju kesana.

Ada apa gerangan? ternyata eh ternyata, bakal ada pemusnahan di blogger, apalagi kalau bukan dasbor lama yang berwarna biru dan putih ini. Apakah anda juga termasuk salah satu yang masih menggunakan interface lama ini sama seperti saya?. Tentu anda punya alasan tersendiri, sayapun demikian.

Jujur, pengumuman bakal ada penghapusan interface lama ini membuat saya khawatir, karena saya sudah jatuh cinta dengan tampilan interface yang lama dan saya lebih prefer padanya ketimbang yang baru. Kenapa? Bukannya biasanya kalau yang namanya upgrade-an lebih baik ketimbang yang lama?. Mungkin itulah yang terfikir oleh kita, semakin di upgrade semestinya lebih baik lagi, tapi menurut opini saya, ternyata mengecewakan.

Awalnya Saya akui semuanya berubah dan lebih mantap. Saya berharap setidaknya dapat lebih baik dari yang dulu . Akan tetapi Mungkin karena terbiasa digunakan, hilangnya dashbord lama akan dirasa aneh. Kemudian,dari segi user friendly, saya rasa antarmuka Blogger lama lebih user friendly.

Namun kita tidak mendapatkan manfaat dari beberapa fitur baru yang ada pada antarmuka baru.sebut saja fitur Untuk deskripsi contoh meta, pengalihan (Redirect) dan bahkan permalink pengindeksan.

Akan tetapi tetap saja, dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh dasbor baru, ku tetap prefer dengan yang lama ,ah mungkin kuterlalu setia #alah lebay. Gak itu yang sebenarnya, mungkin karena saya tipe yang tak suka gonta-ganti suasana,apalagi kalau sudah Pewe.Meski dibulan juli 2012 ini, Dasbor ini bakal ditiadakan #ngucapin goodbye sama dasbor lama, ada 4 alasan yang membuat saya balik lagi ke fitur dasbor lawas,diantaranya :


1.Desain terlalu putih dan terang bagi mata

weird dasbord

Alasan pertama ini bukan karena saya suka tema gelap-gelapan (meski dibeberapa post saya sering menggunakan warna gelap). Tapi warna putih yang dipadu tidak pas dengan warna oranye Ini nyaris tidak terlalu banyak. Meskipun menggunakan spasi adalah bagian dari konsep modern dalam desain web, skema warna dan jumlah keputihan merasa sulit untuk beradaptasi.

Saya tahu itu bukan pekerjaan mudah ketika bermain dengan warna hangat seperti oranye. Namun, dapat ditingkatkan dengan membuat warna semua font itu sedikit gelap. Ya warna oranye diatas putih gimana gitu, tak bersahabat buat mata kita.

2.Minim Navigasi dan membingungkan

weird dasbord

Saat mencobanya,mungkin kita bakal tersesat. Dengan dashboard yang lama, saya dapat beralih dari halaman ke halaman dengan mudah menggunakan tab dan menu. Sekarang, saya harus menutup editor posting pertama sebelum pindah ke halaman lain atau dashboard. Selain itu, sebagian besar link, terutama tombol gambar belum punya judul atau tips.

Selama beberapa menit pertama, saya gagal untuk kembali ke dashboard saya. Itu lucu ketika saya harus menulis blogger.com di address bar untuk sampai ke sana. Selain itu, saya tidak mengerti mengapa mereka menghapus navigasi halaman bawah. Saya dapat mengatur sampai dengan 100 posting akan di daftar postingan. Tapi dengan interface baru saya harus scroll ke atas lagi untuk melihat daftar post lawas . Itu sungguh menyebalkan.

3.Loading lambat (BW killer)

Buat kita yang fakir bandwidth dengan kuota tertentu tiap bulannya, Dasbor baru ini adalah bandwith-eater dengan loadingnya yang lambat, amat lambat. Hal ini mungkin dikarenakan Google terlalu banyak menggunakan script,jquery serta AJAX didalamnya. Iya sih menjadi sedikit lebih modern,tapi dengan performa seperti itu, saya malah menjadi pesimis.

Pernah saya coba, dengan menggunakan dashbor baru, sambil saya makan nasi. Ketika nasi saya sudah habis, tuh dasbor masih aja belum terload semua. Padahal saya dikenal makan paling lambat. Makanya itu yang bikin gerah. Saya memberi masukan untuk kedepannya blogger mempertimbangkan hal itu, sebaiknya kualitas desain sejalan dengan performa

4.Post dan template editor yang aneh

weird dasbord

Pada kedua editor itu,Hanya beralih antara 'menulis' dan 'HTML' modus dan bermain dengan ukuran layar Anda (Ctrl - dan Ctrl +). Lihat adakah yang berbeda?. Untuk para coders,yang menulis lewat mode html,saya dan juga beberapa dari anda mungkin juga merasa aneh untuk menggunakan Arial saat menulis dalam mode HTML.

Belum lagi pada editor html template, yang dipisahkan antara tata letak dan html, alias tidak pada satu menu tab Rancangan. Bahkan saya sempat tersesat bagaimana suatu saat kita akan mengupload template.

Untungnya, dari kesemua itu,antarmuka baru ini masih dalam mode draft (versi beta/percobaan). Jadi,harapan saya, semua blogger dapat memberi masukan juga kepada blogger sehingga kedepannya kita akan mendapatkan desain yang lebih baik dan lebih tata letak yang user friendly kalau memang sudah siap pakai untuk semua. So, untuk sementara ini, saya masih prefer dengan yang lama, bagaimana dengan anda ? Pilih yang lama atau baru?.


Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

48 comments:

  1. Bagusan yang lama dari pada baru ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho sependapat sama saya, tapi sekarang make yang mana uqhi?

      Delete
  2. ditampilan baruuu ... saat memasukkan kode sering muncul peringatan seperti gambar 4 itueee... weleh weleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe itulah yang membuat saya galau wekekeke

      Delete
    2. lohhh sampe galau juga

      Delete
    3. galau alias khawatir hehehehe

      Delete
  3. Lebh enak tampilan lawas..
    tampilan baru lebih membingungkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya membingungkan sob, kebanyakan maen overflow-y sehingga kita mesti maen scroll, nah masalah overflow ini sangat gak efisien buat blogger atau visitor yang maen make hape :)

      Delete
  4. Kalau ane lebih suka yang baru randz, coz fitur2 nya yang itu bikin betah.. tapi kekurangannya ada di Edit HTML entah mengapa kalau pake yang baru mesti di redirect
    jadinya ane bookmark halaman edit html yang lama
    beuh --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh2 jadi kerja dua kali dong? fitur2nya gak sejlan dengan baiknya loading dan bandwith eaternya :)

      Delete
  5. sayang banget tuh kalau dashbord lama di hapus, padahal lebih enteng. mendingan blogger punya 2 tampilan aja, biar usernya bisa pilih.

    #berharap mode on. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, nah ini dia opini yang saya tunggu2 sebaiknya demikian, kasian yang udah pewe sama yg lama :)

      Delete
  6. Klo aku sih udah terbiasa ama yang baru, sejak lama udah gak bisa kembali ke tampilan lama jadi udah terbiasa sih, emang ada beberapa fitur yang membuat ribet tp itu gak terlalu bermasalah buatku! he,,he,, yah moga aja kedepannya bisa lebih user friendly aja deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, ya setiap orang punya pandangan dan selera yang berbeda, enak kalo abang OL dirumah selalu kenceng, lah saya diwarnet yang angin2an,kadang cepet #pas sepi kadang lelet minta ampund

      Delete
    2. wkwkwkwk iya bro, bener juga sih, he,,he,, semoga aja kedepannya bisa lebih baik apalagi kan blogger di bawah naungan Google, perusahaan terbesar semoga bisa membuat yang lebih simpel enak untuk digunakan!

      Delete
    3. ya amin semoga aja demikian ehehe

      Delete
  7. gua lebih suka yg lama walupun gua jarang buka dasbor blogger untuk sekarang ini randy.., waktu itu pernah coba cuman kurang nyaman aja buat gua wekekee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekekeke ye bang gua juga gitu, yang baru bikin sakit mata gua haha ,putih banget, enak kalo cwek yang putih :P

      Delete
  8. wah, rata-rata blogger emang suka tampilan lawasnya .. iya bener banget, sependapat tuh bahwa kualitas desain sejalan dengan performa. emm, btw pernah ada notifikasi dari blogger di atas dashboard bahwa tampilan blogger lama akan dihapus dalam beberapa minggu kedepan ? mana nyatanya ? gak jadi kan ? #semoga aja ya gak jadi ... mungkin pembatalan penghapusan itu karena pihaknya masih mempertimbangkan hal itu sendiri ... tapi yakin peluncuran tampilan baru itu juga karena google saat ini gencar-gencarnya meningkatkan branding-nya ...
    #sotoymode:on ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang mesti gitu, kualitas desain mesti sejalan dengan performa :) bukan pernah ada, tapi selalu ada, cek deh #kalau make dashbord lama :) semoga diadakan pembatalan akan hal itu hehe

      Delete
  9. Ane paling gk suka sama loadnya yg lambat mas randz...
    bete jdnya..hehe

    ReplyDelete
  10. banyak jg yg ngeluh. Tp kelebihannya jg banyak di penulisan artikel, dibilah sampng kanan udah komplit propertinya hihi. Tp yg bikin emosi naik waktu ngeliat editor template u,u

    ReplyDelete
    Replies
    1. @alam ya itu dia, editor artikel di html nya suka redirect :)

      Delete
  11. ia.. jauh lebih enak yang lama.. tapi gpp lah setidaknya ada perkembangan. hehe..

    visit my blog:

    http://www.winwinshare.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. semestinya tidak merubah secara overall lah hehe sep

      Delete
  12. iyaa sama saya juga prefer ama yang lama mas

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. wah2 punya orang dipinginin nih, ya buat yg personal lah mas, masa mau nyama2in :)

      Delete
  14. Sudah lama nggak mengintip blogger mas. Saya malah nggak tahu kalau tampilannya berubah. Yang saya terakhir tahu, dashboardnya warna biru oranye :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sekarang jadi putih semua trus linknya oranye, jadi gak ada lagi variasi biru dan coklat mocha gitu, makanya bikin sakit mata

      Delete
  15. mungkin karena kurang terbiasa gan.
    saya awalnya juga begitu. tapi, ternyata lebih mengasikkan karena banyak penambahan fitur-fitur baru dan memudahkan pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan gak terbiasa juga, tapi law liat nya aja udah bikin mata gak nyaman + load lambat, fitur2 itu rasanya gak sebaik performanya,kalao masalah pengunjung itu tergantung bagaimana tulisan kita :) kalau tulisannya cuma copas dan sama persis dengan banyak blogger kan persaingan juga makin ketat

      Delete
  16. yah peringatan itu memang terus ada, dan kenapa sampe sekarang belum di hapus..? menurut saya kayaknya gara2 dasbor baru masih belum fixed :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi zin mgkin belum fixed gara2 itu hehehe, semoga kelebihan kedua dasbor bisa digabungin and kekurangannya bisa diilangin hehe

      Delete
  17. Bener, gue juga sependapat, makanya gue tetep pake tampilan lawas. Ga begitu berat soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup yup betoll banget hehe,lawas bukan berarti tertinggal ye gak?

      Delete
  18. kadang ane mikir kapan bisa punya web kaya gini :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iNIHH bukann webb tapi blog bang dan blognya saya juga gak jelas ini mahhhh kwkwkw

      Delete
  19. enakan yg lama,, :9 xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul hehe thanks dukungannya tapi lebih enak lagi tampilan yg lama fitur yg baru wekeke

      Delete
  20. Hmm.. kalo tampilannya siy lebih minimalis dari yang lama.
    Terkesan modern elegan gitu... Fiturnya juga lebih beragam.. ada efek-efek Jquerynya lagi...
    MANTAAAFFF BANGEEET!!!

    Tapi Lemotnya itu loh.... yang kadang NGALAHIN LEMOTnya Blog Ayas...
    makin bikin GEREGETAAN Ajah!!!
    Ck... CK... Ck....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bikin kita jadi geregetan semoga Blogger ama google memahami perasaan blogger galau kek kita haha, blog abang mah cepet loadnya daripada blog ayas :P

      Delete
  21. buat yang suka utak atik template, kayaknya tampilan lama masih friendly mas, saya coba pakai tampilan baru, malah saya bingung mas, mau ganti theme aja tombol edit nggak berfungsi y akhirnya kalau saya mau utak atik templae beralih ke tampilan lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha betul banget mas,. tapi sekarang malah dashbord lama udah musnah sama sekali

      Delete
  22. hehe... iya nihh.. yang lama emang lebih baik.. :D
    apalagi banyak kenangan yg uda di lewatin sama dashboard yg lama.. jadi susah buat pindah ke dashboard yg baru.. >.<

    ReplyDelete
  23. saya juga masih menggunakan dashboard lama
    "setuju deh sama kamu"
    :D

    ReplyDelete