2 Jul 2012

Pentingkah halaman About?

Halaman Tentang

Halo sobat yang Penting share, liburan telah tiba, Gimana kabar kalian? semoga sehat-sehat saja. Kali ini Yang Penting share akan bahas masalah about page atau halaman tentang(bahasa inggrisnya About).Apa sih halaman tentang? .

halaman tentang adalah halaman khusus yang berisi informasi siapa dibalik suatu cerita/blog/website.Kalau mau tau bagaimana bentuknya silahkan klik link "tentang" berikut ini. halaman tentang itu adalah elemen penting dalam suatu situs web atau blog. Khususnya untuk web web perusahaan, mereka tahu bahwa halaman tentang adalah sarana penghubung antara mereka dan client.

Nah didunia blogoshpere, halaman ini sering di abaikan keberadaannya. Padahal ada beberapa pertimbangan kenapa halaman tentang ini begitu penting baik di web maupun blog. Yang jelas, dari segi visitor, halaman tentang adalah halaman yang tidak mungkin bakal dilewatkan oleh visitor yang baru mengunjungi blog kita.

Saya pribadi pun demikian,ketika saya visit blog orang lain dan saya yakin saya bukan satu-satunya yang melakukan hal demikian. Pertimbangan membuat halaman tentang se-personal mungkin mencirikan kekhasan atau personality sang empunya blog. Orang sering meninggalkan blog yang anonim yang penulisnya tidak diketahui siapa orangnya, dan cenderung senang dengan para author blog yang membagi identitasnya meski tidak secara keseluruhan demi kelancaran komunikasi.

Nah secara garis besar, ada alasan kenapa halaman tentang itu sangat penting :

1. Menampilkan kesan pertama

pentingnya halaman about

Layaknya cinta pada pandangan pertama, maka visitor juga akan mencintai suatu blog dan menyukai serta rajin berkunjung jika halaman tentang ini ada.

Kesan pertama seorang visitor dari halaman tentang bisa memberi gambaran kepada visitor tentang si author, personality nya, sejarah ngeblognya ,kegalauannya, hobbynya, kesukaannya, keahliannya dan sebagainya. halaman tentang juga bisa menunjukkan eksistensi sang penulis dan tahu bahwa penulis itu masih aktif atau tidak.

2.Membangun Kepercayaan

pentingnya halaman about

Layaknya suatu persahabatan, sering kali dikalangan blogger rajin follow memfollow akan tetapi melupakan setelah beberapa minggu kemudian. Entah karena lupa alamat blog, atau mengganti alamat blog dsb. Dengan adanya halaman tentang kita bisa membangun rasa saling percaya antara author dan visitor. Visitor pun bisa meyakini tulisan dari sang author terlepas dari pro dan kontra dari tulisannya merupakan hasil berfikir kreatif sang author.

Kalau bahasa trend-nya itu kredibilitas suatu blog ada ditangan halaman tentang. Dengan menampilkan informasi personal di halaman tentang, sang visitor merasa percaya tidak ada yang disembunyikan dari sang author. Jika kita enggan menampilkan halaman tentang, percayalah visitor bakal datang dan pergi begitu saja.

3.Melibatkan Pembaca

Keterlibatan terjadi setiap kali pembaca blog bereaksi dengan menyetujui untuk update yang akan datang, meninggalkan komentar, atau berbagi dalam jaringan mereka sendiri. Dengan kata lain itu tidak hanya berakhir setelah mereka baca.Sebagai blogger, kita perlu untuk terlibat dengan pembaca dan berinteraksi dengan mereka sebanyak mungkin untuk mempertahankan kehadiran kita sebagai author. Kita perlu pembaca untuk mempercayai kita.

Dengan kata lain,kita hanya bisa melakukannya ketika kita telah melebihi harapan mereka - dengan menghilangkan ambiguitas. Jika mereka dapat menemukan sesuatu yang kita tawarkan di halaman tentang mungkin ini akan meningkatkan partisipasi mereka dan menghasilkan lebih banyak aktivitas di blog kita.

4. menunjukkan eksistensi

pentingnya halaman about

Saat ini didunia blogosphere memiliki jutaan blog, dan blog ribu dibuat setiap hari. Ketika blog sangat banyak, sangat sulit untuk meyakinkan pengunjung baru yang mungkin menjadi pembaca reguler, dan / atau pelanggan.

Nah, kalau blog kita mau tetap eksis dimata visitor, Halaman ini adalah "tiket" yang memiliki keunikan tersendiri untuk membangun dan meningkatkan kehadiran online di blog kita. Di sinilah kita memiliki kesempatan untuk menunjukkan semua orang hanya siapa kita, apa yang kita lakukan dan mengapa begitu "Berbeda". Dengan desain yang unik di halaman tentang kita, kita bisa menunjukan bahwa blog kita unik dan berbeda dan mudah untuk diingat visitor.

5.Menjadi Penghubung

pentingnya halaman about

Saya yakin, setelah membaca suatu artikel, visitor yang baru saja berkunjung diblog itu sekali waktu akan mendatangi halaman tentang dan mencari kontak sang author yang bisa dihubungi. Alasannya simple, agar bisa berkomunikasi dengan sang author, baik lewat jejaring sosial seperti twitter, FB,G+, maupun kontak lainnya yang lebih personal. Dengan halaman ini, tali silaturahim antar sesama semakin luas.

Meskipun tidak setiap pembaca ingin tahu lebih banyak tentang kami, jangan mengecewakan mereka yang melakukannya tapi tak menemukannya di blog kita. Mengingat betapa banyak pembaca kita akan mengunjungi halaman ini , akan masuk akal untuk membuatnya begitu penting? Plus, Pentingnya mengetahui halaman tentang juga bisa dibuktikan melalui alat analitik (google analytic/blogger statistik), dimana kita bisa melihat kinerja halaman. Dan halaman tentang termasuk yang sering dikunjungi.

Mungkin ini sekedar opini, jika ada yang kurang mohon ditambahkan . Dan pertanyaan dari saya,Bila menurut saya halaman tentang itu penting, pentingkah bagi anda juga?.

Referensi :54blogger

label :opini

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

38 comments:

  1. dulu waktu gua pake blogspot gua buat halaman about, tapi untuk di blog yg sekarang blm kepikiran gua buat halaman about. gua pikir gak sebegitu penting halam about itu, ternyata banyak juga penting nya. ok tapi entar kalo gua pasang banyak yang fans berat dengan gua lagi randy wokwakwokwakaaoo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwawkwkwk tumben Ol nehh, kawkkw, gimana pindahannya sukses? apa bisnis laen juga ,kata bang rudy bisnis walet,iyakah #oot? hehe, anyway iya bang hahaha dulu gua pernah liat halaman about abang yang unik. Ini juga gara2 gua browsing2 baca2 diblog luar hahay, eh eh ya gua jadi salah satu fans lo bang jgn lupa ya haha

      Delete
    2. wokwokwok mantab randy!! pengen sih gua buat cuman untuk sekarang gua lagi payah untuk fokus di blog masih di pusingin dengan pindahan gua ini hehe..

      haa... butuh modal besar kalo mau bisnis sarang walet mah wekekee..

      Delete
  2. wahhh dibagian about saya hanya sedikit sob nama doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha masih untung ada sob hhe lanjutkan halamannya biar tambah jelas hehe

      Delete
  3. emang aslinya itu penting juga, buat pengunjung agar kenal terhadap kita dan dari kenal itu pengunjung akan teringat....

    tapi saya blum bikin, nanti aja kalo ada waktu... hhihihihi
    (sok sibuk)

    mampir kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul2 hehe, sep bikin lah disela2 kesibukan hehe, sep2 langsung nih visit :)

      Delete
  4. Yups emang nih yang sangat penting, namun kadang dan bahkan banyak yang gak memakai halaman tentang, Halaman tentang bisa menunjukkan eksistensi yaitu sang penulis mampu mempertanggung jawabkan apa yang ia tulis, sangat percuma walau artikelnya bagus tapi gak ada halaman tentang, gak bakal di ambil, aku nyari referensi tugas akhir gak dilarang ngambil referensi yang gak ada penulisnya, padahal banyak aku temui tulisan yang keren namun semuanya jadi sia-sia belaka! padahal kan keren klo suatu saat nama kita tercantum dalam daftar pustaka subuah tugas akhir, iya kan bro? he,,he,, Oh iya pertanyaan yang baru tuh ane belum ngerti maksudnya neh? apakah yang dimaksudkan adalah referensi dan label? klo itu yang dimaksudkan berarti tanggapanku gini bro, maap klo bukan itu maksudnya, he,,he,, Gini menurutku Referensi itu sangat penting, seperti halnya kita membuat makalah pasti ada yang namanya daftar pustaka, nah itu untuk menghindari yang namanya plagiat atau pengambilan ide orang lain, he,,he,, tapi klo ini ane masih sering langgar masih sering ngambil ide dan kreatifitas orang lain. Nah kalau soal label aku rasa gak terlalu penting, kenapa? Label dalam sebuah blog hanya menandakan kategori tulisan, tapi tergantung dari masing-masing, klo tujuannya agar pembaca lebih mudah menemukan tulisan yang sejenis, maka label itu sangatlah penting tetapi kadang itu tak menjadi patokan bagi seorang blogger kayak aku yang gak mementingkan label, karena menurutku dia bisa mencari apa lagi yang dia inginkan lewat form search! he,,he,, Oke sob itu aja, he,,he,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. He,,he,, ada yang salah tuh aku tulis, Maksudnya aku nyari referensi tugas akhir dilarang yang gak ada penulisnya. Diatas tertulis gak dilarang he,,he,, maklum cepat-cepat sebelum kata-kata yang dikepala hilang he,hhe,,

      Delete
    2. Hahaha gila bang ini komentar apa post tambahan? hehe sep2 emang banyak element penting dari blog daripada widget2 gak penting ya salah satunya ya halaman ini, bisa diembed jadi widget atau jadi halaman mandiri hehe

      Delete
    3. He,,,he,,, keasikan bro, wkwkwkwk skalian kan biar makin nambah keyword di search engine, kan setiap komentar terindex tuh sama google, nah ni penting juga di bahas tentang komentar, kan banyak juga blog yang gak sediain form komentar, he,,he,, Dulu ane suka masang widget sampe rame amat, waktu kita baru ketemuan, ciee baru ketemuan,, he,,he,, kayaknya aku inget tuh mas bro protes sama templateku yang banyak efeknya, he,,he,, Yah blog seperti halnya sebuah buku, buku tanpa referensi itu hanyalah sebuah coretan belaka, begitu juga dengan blog. he,,he,, maap neh curhat lagi maklum lagi galau dengan urusan kuliahan, he,,he,,

      Delete
  5. untung saya sudah ada ....

    ReplyDelete
  6. ya, emang penting sih,, tapi masih gak sempat buatnya ... hehe ... oiya bang, btw lagi seneng ama gaya shadow inset text ya bang .. #O-O-T hahayy !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahay ya neh lagi nyoba2 text inset hehe, kenapa belom sempet?Sempet2in lah hehe

      Delete
    2. oiya nambah dikit nih bang, itu tulisan besar pojok kanan atas kalo di resolusi lbh kecil masih bentrok ya ? hehe ...

      Delete
    3. memang belom q bikin responsive wehehe

      Delete
  7. itu yg di atas ada yg takut jd artis wkowoww

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwokwowk artis tahun jebot bang hahaa,tak doain jadi artis aminnn,sapa yg takut bang? pasti bang Andre

      Delete
  8. Eh Ran, apa kabar lo? Bikinin gue header pake gmabr tuyul2 di poin ke 4 itu dong! tapi yg merah ganti biru, ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baek dy,lu aja jarang maen kesini udah sombong lu ye mentang udah jadi artis blog hehe, ohh yang itu? wani piro? haha sep2 gua editin, tar gua kirim kemana?

      Delete
    2. Ah elah, minta upah pula! :O
      Tag ke Fb gue, tolong oy, sekali-kali! :D
      Kita kan temen. :)

      Delete
    3. just pudding uy, yo kemaren lah q edit lupo ku save :3

      Delete
    4. Ngahahah laju keluar bahaso itunyo

      Delete
  9. GAK PENTING BANGET!!!

    Eits... Tunggu dulu Sob!!
    Itu anggapan Ayas waktu awal Ngeblog dulu tuh. Soalnya bikin postingan aja udah ribet apalagi bikin Halaman lagi... ( Maklum dulu Ayas masih CUPU Banget alias Kamseupay soal Blog )!!
    Tapi lama-lama Ayas bikin juga halaman Tentang gituan, meski cuma ASAL NULIS ajah!!Hwehehee...

    Naaah... baru beberapa hari ini Ayas udah bikin Halaman Tentang, meski desainnya TeTeep GAK KARUAN BANGET gitu!!
    Wkwkwkwk....

    Jadi Halaman Tentang itu... PENTING BANGEEET!!!
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. weitss super sekali bang hehe, ya awalnya saya pun berfikir demikian hwehehe mantafff dah pola pikir and opininya

      Delete
  10. 1. Tumben pakek JS untuk show hide navigasi bagian bawah tuh? -_- hehehehehe katanya anti JS?

    2. Memang begitulah halaman tentang, tapi kalau punya saya masih jelek. Tak sebagus punya kamu, apalagi punya orang-orang luar tuh gila hebat banget? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. David Desandro keren banget, ganteng lagi ndak kayak admin blog ini T_T hehhehehehe Pisssssssss (^_^)

      Delete
    2. gua lagi belajar2 js, enteng kan? karena dua js gua jadiin satu hehe, azzzz, masa gua dibandingin ama bule

      Delete
  11. Aku juga sie.. daridulu pingin bikin halaman about ntah mengapa kok selalu tertunda oleh postingan lain, wkwkwk. Tapi ku usahakan lah.. untuk membuatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sep brusahalah coz halaman about itu amat penting loh utk nunjukin who am i nya blog hehe

      Delete
  12. 1. ehh sy pernah lihat tampilan situs luar = tampilan about alfirouzz...
    2. waduhh sy blum punya halaman aboutt nih... link di hompeg aja blum adaa... huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahay ya apa? di blog mana tuu?? ,hehe bikin dong sepersonal mungkinnn

      Delete
  13. iya sob, bener banget...
    saya mau bikin halaman about ahh..
    tpi belum ada inspirasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha, ya sob semoga cepet ketemu inspirasinya

      Delete
  14. Baca-baca, ternyata halaman about penting juga. Harus mulai mikir kalimat yang bagus buat isinya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee sepp mulai difikirin, yang jels sepersonal mungkin bang hehe

      Delete