9 Jun 2013

Sudah Konsisten kah?

Sudah Konsisten kah?

Konsisten, satu kata yang bermakna sangat dalam. Konsisten bisa berarti tidak berubah-ubah, tetap, sesuai antara ucapan dan tindakan. Dewasa ini, kita sering melihat inkonsistensi yang terjadi di sekitar kita bahkan dalam diri kita sendiri tanpa kita sadari. Inkonsistensi atau tidak konsisten bisa berakibat fatal bagi kita dan orang lain. Namun dalam kenyataannya banyak yang masih melupakan kehebatan konsistensi ini.

Dalam hubungannya dengan sang Pencipta, yakni Allah SWT, konsisten berarti tetap menjalankan semua perintahnya dan larangannya tanpa ada pengecualian. Dalam hubungan sosial, konsistensi berhubungan dengan akhlak serta etika. Konsistensi antara ucapan dan tindakan bisa berbuah manis dan kepercayaan pada kita. Tapi sebaliknya, inkonsistensi bisa menghancurkan diri. Berjanji pada orang lain jika terpilih jadi anu, berkata kalau dia itu begini begitu, namun kenyataanya ketika di lain waktu tidak sesuai dengan ucapannya. Hal itu tentu berakibat fatal, misalnya ketika pemilihan umum, banyak calon wakil rakyat yang janjinya, visi dan misinya luar biasa bagusnya. Tapi pada kenyataannya tak satupun janji itu terlaksana, inkonsistensi tadi berbuah petaka. Rakyat tentu tidak mudah percaya lagi dengan mereka.

Konsistensi amat diperlukan jika kita ingin sukses dalam hidup, dalam persahabatan, karir keluarga hingga percintaan. Konsisten membuat sebuah tim bisa meraih juara, seorang pecundang menjadi pemenang, seorang yang lemah menjadi perkasa, seorang yang miskin menjadi kaya, seorang yang hina menjadi mulia. Seorang yang penakut jadi pemberani dan lain sebagainya. Konsistensi mesti diimbangi dengan moral yang baik pula tentunya.

Konsistensi bukanlah monoton. Hal itu jika kita berbicara tentang desain. Orang yang konsisten dalam desain bukan berarti desainnya harus sama terus bukan. Oke yang saya ingin katakan adalah tentang blogazine. Blogazine seperti yang pernah diucapkan rekan-rekan Kopizine, terutama Bang KimZigr, Bang Amdhas, Bang Andre dkk yang lain, Blogazine itu adalah suatu konsep unik post yang tidak akan ada matinya. Tapi tanpa konsistensi, konsep blogazine tentu juga bakal mati. Lihat saja, berapa lagi jumlah blogaziner yang masih tetap aktif membuat post unik seperti ketika blogazine sedang booming dulu. Tapi sekarang banyak teman-teman yang beralih ke konsep monoton dengan post -post biasa saja, jadi pembuat template atau tutorial atau bahkan sekarang bernafsu mencari uang dengan SEO dan Iklan yang seabrek2. Ada apa ini? Mengapa idealisme itu berubah? Apa penyebab menurunnya angka blogaziner yang masih tetap aktif dalam membuat unik post? Mungkinkah karena kelemahan Blogazine yang menyebabkan authornya berpusing ria dan masalah lainnya?Entahlah.

Ah sudahlah, mungkin saya sedang galau, entah kenapa saya terpikir untuk menulis tentang konsisten. Konsistensi itu memang sulit, tapi itu menjadi salah satu kunci untuk meraih sukses, begitu sih kata para motivator.Maafkan kalau opini saya ini salah, maklumi jika saya baru belajar menulis apa itu konsistensi.

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

9 comments:

  1. Hwehehehehe post ini terinspirasi dari link daftar blogaziner yang ane share kemaren ya bang.... :D Subhanallah langsung di post dah, memang inspirasi abang untuk menulis itu sangat besar.

    Salut dah..... Semoga apa yang abang tulis ini benar-benar dari lubuk yang paling dalam, hanya diri sendiri yang tak mungkin orang lain kan mengerti. *Eh nyanyi.. wkwkwkw
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg mana ya? haha aq cuma terinspirasi dari banyaknya blogaziner2 yang sudah pindah haluan jadi tukang buat template, tutorial dan nyari duit lewat blog. Sepertinya idealisme blogazine sudah mulai luntur, makanya aq mau share, siapa tau ada yang tersadar hehe

      Delete
  2. masalah yg aku sering bingung, itu aku mau nulis apa..?? soalnya kalau nulis diblog dengan tulisan yang sediikit terasa aneh bagiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, hehe mungkin penyebab dari banyaknya blogaziner pindah haluan gara2 sulit mendapatkan inspirasi :)

      Delete
    2. iya sob bener banget bingung cari inspirasi,,,,

      Delete
    3. banyak cara untuk menemukan inspirasi bang salah satunya bisa baca post yang ini hehe
      http://ypsrandy.blogspot.com/2013/03/rahasia-kreatif.html

      Delete
  3. saya gak sabar mas kalo buat unique post, kadang mata cepet capek kalo melulu ngedit post hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sama mas, kadang ya di bela2in sampe subuh buat satu post

      Delete
  4. yang sering ku alami, dan akhirnya jadi mati blogazine dalam hidup ku... apa yang harus di tulis dan gamana desain yang pas tuk tulisan artikel tersebut...

    karena skerang ide2 sudah ada... kembali lagi ke blogazine.....

    ReplyDelete