28 Jul 2013

Fenomena Ramadhan Indonesia

Fenomena Ramadhan Indonesia

Ramadhan Bulan ini sudah masuk di pertengahan. Seperti biasanya Ramadhan di Indonesia selalu meriah setiap tahunnya. Dikarenakan bulan suci nan penuh berkah ini Cuma datang sekali dalam setahun, tidak jarang bulan Ramadhan dimeriahkan dengan fenomena budaya dan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang terkadang Cuma ada di Indonesia. Berikut beberapa fenomena yang identik dalam bulan ramadhan yang penulis ketahui diantaranya :

1.Masjid mendadak penuh

Hanya di bulan ramadhan, masjid yang di hari –hari biasanya sepi , Cuma beberapa orang yang solat tiba-tiba menjadi ramai, disetiap waktu solat tidak kurang dari 10 orang yang solat apalagi sholat tarawih, tiba-tiba masjid membludak. Namun lama-lama isinya menjadi berkurang seiring waktu berakhirnya bulan ramadhan. Satu lagi, tiba-tiba masjid setelah solat menjadi tempat istirahat / tidur berjamaah bagi beberapa orang, fenomenal

2.Petasan dan kembang api

Petasan dan kembang api selalu mewarnai Bulan ramadhan di Indonesia khususnya anak-anak dan remaja tanggung, yang menjengkelkan terkadang anak-anak tersebut menyalakan disaat sholat tarawih dan tengah malam yang tentu sangat merusak ketenangan dan kekhusyukan dalam beribadah. Namun tak dapat dipungkiri, tanpa kehadiran anak-anak dimesjid, mesjid menjadi sepi juga. Tak bisa kita pungkiri, kita pun dulu pernah jadi bagian dari anak-anak tersebut. hehe

3.Pasar Bedug dan Ngabuburit

Hanya di bulan ramadhan, kita bisa menemukan orang-orang yang berjualan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa berjejer disepanjang jalan menggoda iman orang-orang berpuasa untuk mampir dan membeli panganan untuk berbuka. Kehadiran mereka turut ikut andil terjadinya budaya ngabuburit atau menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka. Dan kedua fenomena itu baik buruknya hanya terjadi dibulan ramadhan, Fenomenal bukan?

4.Asmara subuh

Entah apa yang ada dibenak anak-anak muda ketika mereka tiba-tiba menjadi rajin bangun pagi untuk solat subuh ramai-ramai di Masjid, namun kemudian pulangnya menjadi kesempatan bagi mereka untuk berdua-duaan dengan lawan jenis. Terkadang hanya sekedar jalan bersama atau jogging dipagi hari yang tentu tidak ada hubungannya dengan ibadah puasa, dan itu Cuma terjadi di Indonesia, Fenomenal.

5.Acara TV , musik dan iklan

Di bulan Ramadhan ini acara tv dan musik tiba-tiba beralih ke Religi, para musisi berlomba-lomba menciptakan album religi yang entah kenapa hanya muncul dibulan ramadhan saja, selepas ramadhan seolah2 album tersebut tidak lagi laku. Iklan-iklan juga mendadak mengangkat tema ramadhan (yaiyalah masa ramadhan iklannya tentang tahun baru). Ada beberapa iklan yang menurut penulis hanya muncul disaat ramadhan, entah kenapa demikian.

6. Perilaku Konsumtif

Masyarakat di bulan ramadhan menjadi lebih konsumtif padahal dibulan ramadhan harga harga sembako pada naik. Mall-mall juga menggoda iman kita dengan diskon-diskonnya yang membuat kita tergoda untuk berbelanja. Masyarakat menjadi lebih konsumtif untuk membeli kebutuhan sandang dan pangan dibulan ramadhan daripada bulan lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya tangkap fenomena di bulan ramadhan di Indonesia setiap tahunnya. Bagi sebagian orang bulan ramadhan ini bagi sebagian orang menjadi waktu yang pas untuk merecharge iman, sedangkan bagi yang lainnya mempunyai efek yang bagus untuk bisnis terbalut ibadah. Nah menurut sobat, apakah ada fenomena lain yang mungkin saya lewatkan?

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

12 comments:

  1. Saya tambahin dua lagi mas.. :)
    1. Harga kebutuhan pokok melambung tinggi
    2. Jalanan ramai dengan pemudik..

    ReplyDelete
  2. apa lagi ya???? hmmm nanti sy pikirkan dulu apa" aja yg masuk fenomena di bulan ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lama-lama mikirnya, kasian Mas Randy nungguin dari kemaren.. :)

      Delete
    2. haahaha gak apa2 deh mas asal jgn sampe lebaran taun depan aja gkgkgkg

      Delete
    3. kalo tradisi kue kering???

      Delete
    4. wah kurang tau juga itu mgkin tradisi nyambut lebaran kali hehe, satu paketlah sama puasa, tapi kan yg dibahas fenomena "ramadhan"nya

      Delete
  3. Kalo daerah saya,di akhir-akhir bulan ramadhan ini jamaahnya pada pindah ke butik-butik. Jadi Masjid jadi agak sepi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha mereka pada nyiapin buat lailatul bazaar bang wkwwkwk buat lebaran

      Delete