25 Aug 2011

Inilah Tanda Malam Lailatul Qadar

Alhamdulilah Bulan Ramadhan Telah memasuki minggu-minggu terakhir,timbul perasaan gembira sekaligus sedih didalam benak Kita,disatu sisi kita gembira karena kita sebagai umat muslim yang Beriman akan menyambut hari yang Fitri (kemenangan /suci) kita ,disisi lain kita sedih karena Puasa ramadhan akan pergi meninggalkan Kita.Rasanya satu bulan tidak cukup bagi kita.Akankah kita bertemu lagi di ramadhan berikutnya?wallahualam,yakan sob?

Nah Ramadhan tentu tidak lepas dari Malam spesial yang telah dipersiapkan Yang Maha Kuasa,Bukan Malam minggu anak muda,akan tetapi malam penuh Rahmat yang penuh misteri akan kedatangannya,yakni malam lailatul Qadar.Siapa yang mengetahui kedatangannya?adakah sobat disini yang tahu?hemmm,selama ini kita mendengar bahwa Malam seribu malam Ini akan datang di Akhir Ramadhan,akan tetapi kita tidak mengetahui kapankah Bulan yang Mulia dari seribu malam ini datang secara pasti?Wallahu alam.Hanya Dia yang tahu.Akan tetapi ,Allah swt sebenarnya telah memberikan tanda-tanda kepada kita melalui Alamnya dan dikabarkan melalui Kitab Suci yang selama Ini mungkin kita Lupakan.

KEUTAMAAN MALAM LAILATUL QADAR

Sharelikers dimanapun berada, pada sepertiga terakhir dari bulan yang penuh berkah ini terdapat malam Lailatul Qadar, suatu malam yang dimuliakan oleh Allah melebihi malam-malam lainnya. Di antara kemuliaan malam tersebut adalah Allah mensifatinya dengan malam yang penuh keberkahan. Allah Ta’ala berfirman,

lailatulqadar

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ ﴿٣﴾فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ ﴿٤)
أَمْرًا مِّنْ عِندِنَا إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ ﴿٥﴾

Artinya :

”Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami. Sesungguhnya kami adalah yang mengutus rasul-rasul.”

(QS. Ad Dukhan : 3 – 5)


Ayat diatas menjelaskan Tentang Keberkahan Malam lailatul Qadar,sebagaimana di Ayat Lain Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya:“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar : 1)

Keberkahan dan kemuliaan yang dimaksud disebutkan dalam ayat selanjutnya disamping ini

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (٥)

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar : 3-5)

Dari Ketiga Ayat diatas,Dapat diambil keutamaan Malam Lailatul qadar adalah sebagai Berikut:

1.malam Penuh Keberkahan (penuh kebaikan)

2.Malam Yang Lebih Baik dari seribu Malam

3.Malam Penuh Pengampunan Dosa

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah R.A.:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Tanda-tanda Turunnya Malam Lailatul Qadar

lailatulqadar

Lailatul Qadar itu terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.”

Lalu kapan tanggal pasti lailatul qadar terjadi? Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah telah menyebutkan empat puluhan pendapat ulama dalam masalah ini.

Namun pendapat yang paling kuat dari berbagai pendapat yang ada sebagaimana dikatakan oleh beliau adalah lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun

Mungkin pada tahun tertentu terjadi pada malam kedua puluh tujuh atau mungkin juga pada tahun yang berikutnya terjadi pada malam kedua puluh lima, itu semua tergantung kehendak dan hikmah Allah Ta’ala. Hal ini dikuatkan oleh sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى تَاسِعَةٍ تَبْقَى ، فِى سَابِعَةٍ تَبْقَى ، فِى خَامِسَةٍ تَبْقَى

“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa.”

Para ulama mengatakan bahwa hikmah Allah menyembunyikan pengetahuan tanggal pasti terjadinya lailatul qadar adalah agar orang bersemangat untuk mencarinya. Hal ini berbeda jika lailatul qadar sudah ditentukan tanggal pastinya, justru nanti malah orang-orang akan bermalas-malasan

Namun,rasul pernah menyiratkan akan tanda -tanda kehadiran malam penuh berkah ini kepada sahabat Nya dulu.Mari Kita simak beberapa Hadist Rasulullah SAW mengenai Hadist tanda tanda Malam Lailatul Qadar

1. Sabda Rasulullah saw,”Lailatul qadar adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah.” Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al Bani.

2. Rasulullah saw bersabda,yang diriwayatkan ubay Bin ka'ab,"Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadlan). Dan tanda-tandanya ialah, pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot."

3. Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke bumi daripada jumlah pepasiran.”(HR. Ibnu Khuzaimah yang sanadnya dihasankan oleh Al Bani)

4. Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya aku diperlihatkan lailatul qodr lalu aku dilupakan, ia ada di sepuluh malam terakhir. Malam itu cerah, tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyingkap bintang-bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajarnya.” (HR. Ibnu Hibban)

Terkait dengan berbagai tanda-tanda Lailatul Qodr yang disebutkan beberapa hadits, Syeikh Yusuf al Qaradhawi mengatakan,”Semua tanda tersebut tidak dapat memberikan keyakinan tentangnya dan tidak dapat memberikan keyakinan yakni bila tanda-tanda itu tidak ada berarti Lailatul Qodr tidak terjadi malam itu, karena lailatul qodr terjadi di negeri-negeri yang iklim, musim, dan cuacanya berbeda-beda. Bisa jadi ada diantara negeri-negeri muslim dengan keadaan yang tak pernah putus-putusnya turun hujan, padahal penduduk di daerah lain justru melaksanakan shalat istisqo’. Negeri-negeri itu berbeda dalam hal panas dan dingin, muncul dan tenggelamnya matahari, juga kuat dan lemahnya sinarnya. Karena itu sangat tidak mungkin bila tanda-tanda itu sama di seluruh belahan bumi ini. (Fiqih Puasa hal 177 – 178)

Karena tidak ada yang mengetahui kapan jatuhnya lailatul qodr itu kecuali Allah swt maka cara yang terbaik untuk menggapainya adalah beritikaf di sepuluh malam terakhir sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah saw dan para sahabatnya.Wallahualam

DOA DI MALAM LAILATUL QADAR

Sangat dianjurkan untuk memperbanyak do’a pada lailatul qadar, lebih-lebih do’a yang dianjurkan oleh suri tauladan kita –Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam- sebagaimana terdapat dalam hadits dari Aisyah. Beliau radhiyallahu ‘anha berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ « قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

”Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab,”Katakanlah: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).

sumber:Dari berbagai Sumber

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

28 comments:

  1. Waduw Gak Kerasa Ramadhan yg Suci akan Pergi neh..
    Kita semua Berharap akan diPertemukan Kembali Oleh-NYA... Amin.

    Emang Hikmah disembunyikannya Datangnya Lailatul Qodar agar Kita Bersemangad tuk mencarinya!!
    Yg justru diHari2 terakhir Ramadhan ini kadang Kita disibukkan Oleh Hal2 Menyambut Hari raya...Seperti MUDIK, Beli Pakaian Baru dsb..

    Dan Marilah Kita Berusaha mencarinya dimalam2 Ramadhan yg masih Tersisa ini dgn Bersemangad!!!
    MANTAAAAF...

    ReplyDelete
  2. hmm..semoga kita termasuk yang beruntung bisa mendapatkannya.. Amiin..

    ps: makin mantaf blogazinenya nih Om.. :D

    ReplyDelete
  3. bagio@wah ente pertamax bang xixixi
    ya bang sedih rsanya Bulan penuh berkah ini berlalu begitu cepat,padahal ibadah aja belum lurus,dah mau pergi lagi nih bulan
    @dokter GIgi
    Aminnnn thanks dah mampir dok :D

    ReplyDelete
  4. Iya sob, semoga ramadhan tahun depan kita masih bisa merasakannya :)

    ReplyDelete
  5. Oh, iya sekalian 1 klik disini :D

    ReplyDelete
  6. wow, keren gan tata letaknya plus ada ayat2nya, :D

    makin lama blog ini makin keren aja tampilannya

    ReplyDelete
  7. gan ane sundul sekali disini :D

    ReplyDelete
  8. Makin mantep aja blogazinenya...
    Semoga sobat randy dan kita semua termasuk yg beruntung mendapatkan malam lailatul qodar.
    Tapi biasanya menjelang akhir ramadhan puasa bisa bolong lantaran perjalan mudik atau bantuin nyokap belanja seharian kebutuhan lebaran di pasar yg masih tradisional :P

    ReplyDelete
  9. semoga menjadi termasuk orang orang yang beruntung kang iia :( amien.. :)

    ReplyDelete
  10. 1 klik buat THR

    lailatul qodar malam dengan malam pengampunan segala dosa kita dan menambah pahala seperti org beribadah selama 1000 bulan, jd jangan sia2kan malam yg penuh rahmat ini jangan MOLOR doank

    ReplyDelete
  11. @pradisz AMinn oke thanks dah dibalas sob :D
    @sayaberitahu cma mencoba nulis arab doang bro
    oke thanks sundulnya
    @aje wehh ya yg kuat dong namanya juga ujian :P
    @belajar photoshop AMinn
    @cekinfo thanks THRNya Aminnn

    ReplyDelete
  12. semoga aq aku juga dan kita semua bisa mendapatkamn malam laitul qadar mas

    ReplyDelete
  13. @rizkyzone Aminnn bang

    ReplyDelete
  14. Subhanallah!sesungguhnya yang mengetahui turunnya malam mulia hanya Allah,jadi kita wajib berusaha agar mendapatkannya!semangat!!Subhanallah!sesungguhnya yang mengetahui turunnya malam mulia hanya Allah,jadi kita wajib berusaha agar mendapatkannya!semangat!!

    ReplyDelete
  15. @arev tyan Aminnn semoga aja #optimis

    ReplyDelete
  16. Mampukah kita menggapainya? Selama ini kayaknya aq lbh lelap di dlm slimutku drpd menunggu datangnya malam lailatul Qadar? slimutku drpd menunggu datangnya malam lailatul Qadar?

    ReplyDelete
  17. di tinggal ama romadon tpi masih ada fitri,smoga fitri menjadi fitri

    ReplyDelete
  18. tulisan arabnya indah banget sob , ada orang lagi sujud jadi tambah keren dan mantap

    ReplyDelete
  19. iya ga terasa sudah sampai di penghujung bulan Ramadhan...
    senang bercampur gembira

    Artikel yg bagus sekali... :)

    ReplyDelete
  20. malam seribu bulan. woow, malam yang dinanti2kan oleh umat muslim di seluruh dunia

    ReplyDelete
  21. Indah sekali membacanya randz..entah apa yang ingin gua komentarin. Intinya hanya ALLAH yang memopunyai kekuasaan di langit dan seluruh alam semesta.

    Entah kapan malam itu datang semoga kita bisa menemuinya..Amin

    ReplyDelete
  22. pengen banget bs menemui malam Lailatul Qadr....
    semoga Allah memperkenankan saya (kita) untuk bertemu dgn malam penuh keberkahan itu, amin...

    ReplyDelete
  23. sob, lu kayakya pinter banget dalam menata background posting ya. berbagi donk ilmunya..
    bagi saya pribadi malam lailatul qadar adalah rahasia alloh, jadinya gak tau kapan datangnya..

    ReplyDelete
  24. @tarry Insya Allah pasti mampu mbak
    @bopfive hehehe ya bro masih ada idul fitri tapi apakah kita (diri kita) telah jadi fitri lagi?atau cuma harinya aja ?nah itu dia pertanyaannya
    @dimas satrio weh ada mas dimas thnks dah mampir
    @anisa ayu Ya mbak senang sekaligus sedih sih kalo saya
    @yudi yunior hohohoho ya omm

    ReplyDelete
  25. @bang hndro Makasih bang dah mampir,yups intinya cuma Allah yg tau bang :D kita cuma bisa jalanin aja betul gak?
    Aminn
    @avokadojuice AMinn thanks dah mampr salam kenal
    @bang aid weh bang cuma biasa aja koq,gak ada yg pinter disini bang

    ReplyDelete
  26. bikin merinding baca nya. subhanaalah. semoga kita bisa mendapatkan malam lailatul qodr dan sempga kita bisa berjumpa ramadhan taun depan. amiiinn~

    ReplyDelete
  27. semoga kita semua bisa dapet malam lailatu qodar.. terima kasih sob telah share artikel bermanfaat ini

    ReplyDelete