29 Feb 2012

Godzilla


GODZILLA
The King Of Kaijuu

Asal Mula Nama

Sebagai Japan Freak,Yang penting share tentu sangat menyukai apa aja yang berkaitan dengan jepang,selain musik J-rock or popnya,Manga,film sinema,Kultur,Teknologi bahkan juga Legendanya.Nah,Kali ini,yang penting share ingin sekali membuat post tentang favourit saya masa kecil dulu,yups,Siapa lagi Monster kadal purba setinggi 168 kaki dengan berat 60 ribu ton,bernafas atomik,serta berduri kristal keras dan bersisik tebal yang bisa hidup didua alam ini menjadi Pionir lahirnya film-film "monster" zaman modern.

Godzilla,atau orang jepang menyebutnya Gojira,adalah hewan Kaijuu(sebutan untuk mahluk raksasa) bernafas atomik yang lahir karena kesalahan manusia alias radiasi nuklir yang menyebabkannya berevolusi menjadi mahluk raksasa setinggi gedung pencakar langit yang bisa menyemburkan sinar penghancur.Godzilla dilahirkan oleh perusahaan Tokutatsu jepang yaitu "TOHO.Ltd" yang diciptakan oleh kreator "Tomoyuki tanaka" ini ternyata mengambil dari dua ekor hewan yang menurut Tomoyuki melambangkan kekuatan dan tempat hidup sang raksasa tersebut. Adapun kedua hewan tersebut adalah gorilla dan kujira (paus).


Awal kemunculan

Dalam hal pengucapan, ada perbedaan cara yang dilakukan oleh orang barat dan Jepang. Orang Jepang biasa menyebut makhluk ini dengan sebutan "gojira". Namun, orang barat cenderung seolah-olah "mendewakan" makhluk ini dengan menyebutnya sebagai [gɑd'zɪlə]. Suku kata pertama diucapkan "god" yang mempunyai arti dewa. Hal ini mungkin disebabkan masyarakat barat menganggap makhluk raksasa fiksi ini sama hebatnya dengan King Kong, makhluk raksasa yang sebelumnya telah mereka kenal.

Godzilla atau Gojira saat ini telah mendunia dengan film-filmnya.Godzilla memulai aksinya pada film pertamanya tahun 1954. Haruo Nakajima pun mulai membangkitkan semangat penghancuran pada monster kadal ini dengan berperan sebagai suit actor. Kisah Godzilla generasi pertama ini bermula saat kapal "Eiko Maru" yang sedang berlayar di sekitar pulau Odo diserang oleh sebuah kilatan cahaya dan tenggelam. Sejak saat itu, seluruh penduduk Jepang, mulai dari ilmuwan, tentara, bahkan rakyat sipil pun berusaha menguak keberadaan kilatan cahaya misterius yang ternyata berasal dari Godzilla. Dalam film pertamanya, Godzilla berhasil meraih angka penjualan tiket sebanyak 9.160.000 buah dan meraup keuntungan sebesar 152 juta Yen.


Ironi Godzilla dan Jepang

Namun, dibalik kesuksesan film Godzilla pertama ini, terdapat sebuah isu yang cukup heboh berkaitan dengan film ini. Film ini dianggap membeberkan penderitaan Bangsa Jepang pasca Perang Dunia II, terutama peristiwa pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki. Seperti yang kita tahu, Godzilla adalah makhluk sebangsa kadal yang menjadi buas akibat pengaruh dari radiasi nuklir. Dia juga melakukan aksi penghancuran kota hingga mengakibatkan korban tewas dan kerusakan infrastruktur yang tak bisa dihitung jumlahnya. Inilah scene yang dianggap oleh banyak kritikus film, baik yang berasal dari Jepang maupun luar Jepang, sebagai pencerminan kekalahan Jepang pada Perang Dunia II.

meski demikian, Godzilla tetap mendapatkan berbagai macam pujian, khususnya di kalangan penggemar film yang bertema monster. Bahkan, film Godzilla dibuat hingga banyak sekuel. Selain itu, Toho juga memadukan Godzilla beserta monster-monster yang lain untuk menciptakan sebuah ketegangan baru. Adapun monster-monster tersebut adalah Gamera, Mothra, dan King Ghidorah dimana mereka juga memiliki film tersendiri.


Keunikan Godzilla adalah suara raungannya yang khas,serta nafas atomicnya yang bisa meleburkan apa saja,bisa menyembuhkan diri sendiri setelah pertempuran,serta kemampuan fisiknya yang sangat kuat,dengan bantuan ekornya juga (ekornya juga dimanfaatkan saat berenang).Godzilla sering ditampilkan sebagai "kaiju Hero" yang mengusir Villain-villain yang berdatangan ke Jepang yang berusaha menghancurkan jepang.Namun,terkadang kerusakan yang ditimbulkan akibat pertarungannya membuat image "godzila" juga sebagai musuh manusia.Sebenarnya tujuan godzilla bertarung bukan demi manusia,tapi layaknya naluri hewan,mereka berusaha melindungi wilayah teritorialnya,demikian menurut sang kreator.

Keunikan

Ternyata,Semakin besar mahluk,semakin banyak kelemahan.Godzilla juga sama,memiliki titik lemah yang sering dimanfaatkan musuh untuk mengalahkannya,Ia rentan terhadap listrik,kadmium serta titik lemah tubuhnya berada pada kepala serta lutut dan ketiaknya.(sumber:wikipedia diterjemahkan)


Godzilla versi Amerika

Ternyata,godzilla bukan hanya diciptakan dijepang,Bahkan, berbagai macam versi Godzilla pun lahir, seperti Mecha Godzilla dan Godzilla versi Amerika Serikat.Sobat pasti mengira Godzilla versi Amerika Serikat pertama kali muncul pada film Godzilla buatan Hollywood tahun 1998. Tidak. Jauh sebelum tahun 1998, sekitar tahun 70 an, Marvel telah mengeluarkan komik yang mempunyai tokoh utama Godzilla. Marvel mendapatkan lisensi dari Toho untuk membuat versi Amerika dari Godzilla dengan syarat-syarat tertentu. Salah satu syarat utamanya adalah bentuk karakter dari Godzilla harus benar-benar berbeda dari Godzilla ciptaan Toho.


Godzilla Vs Gojira

Maka tidak heran bila bentuk Godzilla ciptaan Marvel, dimana komiknya berjudul "Godzilla, King of Monster", memiliki perbedaan yang cukup menyolok bila dibandingkan Godzilla ciptaan Toho.Menurut yang penting share, Bentuk tubuh Godzilla buatan Marvel cenderung lebih berisi, dan lebih "gemuk" bila dibandingkan dengan Godzilla-nya Toho. Bahkan, bisa dibilang bentuk Godzilla ini lebih mirip T-Rex. Selain itu, senjata utama Godzilla Amerika bukanlah sinar laser berradiasi yang berasal dari punggungnya (atomic ray), melainkan semburan api mirip naga yang berasal dari Eropa.

Itu tadi perbedaan bentuk tubuh Godzilla Amerika dibandingkan dengan Godzilla Jepang. Dari segi cerita, ternyata Godzilla Amerika juga tak bisa lepas dari pengaruh budaya lokal. Dalam beberapa komiknya, Godzilla bertemu dengan tokoh superhero tenar buatan Marvel, seperti Fantastic Four, the Avenger, dan S.H.I.E.L.D.


Sama seperti Godzilla karya Marvel, bentuk Godzilla buatan Hollywood mengalami beberapa perubahan yang bisa dikatakan sangat drastis-jauh lebih drastis dibandingkan Godzilla buatan Marvel yang notabene adalah juga merupakan hasil remake. Kalau Godzilla buatan Jepang bentuknya cenderung gemuk dan berotot, Godzilla karya Hollywood ini mempunyai bentuk tubuh yang lebih slim atau kurus. Selain itu Patrick Tatopolous, sang designer Godzilla, menambahkan kelebihan dari Godzilla ini. Adapun kelebihan tersebut adalah kemampuan berlari dengan sangat cepat.

Maka tak heran bila setiap kali kita melihat setiap gerakan Godzilla tersebut, tampak monster tersebut berlari dengan sangat cepat, walaupun ia memiliki tubuh yang sangat besar. Cukup aneh memang, namun Godzilla dengan karakteristik seperti ini mampu meraih keuntungan bahkan menembus pasar internasional dengan jumlah keuntungan bersih sekitar US$379.014.294.


The Next Godzilla

Meskipun film ini meraih keuntungan yang sangat fantastis, bukan berarti Godzilla versi remake ini bebas dari kritikan. Beberapa kritikus film memberi label buruk pada film ini. Salah satu titik kelemahan film ini adalah penggunaan motion capture yang dinilai kurang sempurna. Walaupun penggunaan motion capture untuk karakter Godzilla ini sudah dikerjakan dengan maksimal, hasilnya tetap saja nampak seperti orang yang mengenakan kostum.
Memang, saat ini Toho tengah menghentikan sekuel dari film Godzilla. Film Godzilla paling akhir dibuat tahun 2004, dengan judul Godzilla: Final Wars. Namun, pihak Toho mengatakan bahwa film Godzilla akan kembali hadir pada tahun 2013. Mengapa demikian lama? Pihak produser Toho beralasan bahwa mereka sedang menanti generasi baru penggemar film kaiju. Dengan demikian, mereka bisa membuat ide-ide cerita yang jauh lebih segar dan beda daripada biasanya.Just Wait And see the next godzilla,salam yang penting share

Sumber:

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

36 comments:

  1. test comen juga, nguahaha
    entar baca dulu kontras warna bikin sakit mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah tau pasti nyakitin ati dah -___-

      Delete
  2. gua salut ama yang bikin ...
    bisa nyiptain karakter seperti ini dan filmnya juga woowww...
    'bikin takuutt ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwokwk atuutt emang tapi awal kemunculannya masih imut2

      Delete
  3. ku pernah baca atau nonton di movie apa gitu atau malah ngimpi kalau di jepang ada legenda2 tentang kaijuu yang menempati daerah2 tertentu di jepang dan mnelindungi jepang gitu. Ku kira gojira dari legenda2 itu ternyata bukan toh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sih iya juga,dijepang byk legenda tentang mahluk kaijuu ini,seperti penjaga gitu ditiap mata anginnya lohh

      Delete
  4. mantabbb dah design nya... kwakwkakwakwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. koment ente lebih mantap akwkwkw

      Delete
    2. males gw bacanya, kepanjangan (jujur banget).

      Delete
    3. iya jgn jujur banget dehh -___-

      Delete
  5. wahh.. info godzilla....
    mang si godzilla tuh bener bener ____________*

    ReplyDelete
  6. KEREEN.. Godzilla emang Kreasi Monster yang SANGAR BANGET!!
    Liat Filmnya bener2 mengagumkan seperti Hewan Nyata,
    Makhluk Kadal kecil yang menjadi raksasa karna Radiasi Nuklir
    MANTAAFFF Banget tuh Sang Kreatornya!!!
    Hmmm... kayaknya banyak juga Hewan yang dijadiin Monster gara2 kena Radiasi Nuklir gitu yach...
    Komodo pernah ada gak Pilemnya Sob???

    #Desainya I Like it Sobat!!!
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mas ayas,iya begitulah kena radiasi gitu hehe ,komodo?ada tuh filmnya,judulnya comodo gitu,kena radiasi juga tapi gak segede godzilla

      Delete
  7. kren gan,,apalagi costum postnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ini cuma make custom post dari code-drop tapi edit2 dikit hehe

      Delete
  8. Kok gak ada versi Indonesia? ada tau godzila versi Indonesia. Tuh film si Komo dulu kan godzila versi Indonesia.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ada versi indo,febzilla tar awkwkw

      Delete
  9. Biasanya guwe sering lihat film yang godzilla ini :D

    ReplyDelete
  10. hahaha aku mau koment ternyata tulisan comment ada dipojok bawah kanan.

    hmm... godzilla yaa.... film pertama di bioskop yang kutonton....meski moster tapi kayaknya emang keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkowkwk,emang agak redesign kemaren mbak hehe,iya keren abis dah :D,pionir dari munculnya film2 mahluk raksasa tentunya

      Delete
  11. kunjungan malam mas..:) nice post..:)

    ReplyDelete
  12. Godzilla salah satu Film kesukaan ane nih :D ternyata begono sejarahnya, gak sabar pengen nunggu yg 2013 ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseekk saya juga gak sabar nih

      Delete
  13. Whaaa... ada unsur Gorilla-nya?

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum Bismillah Alhamdulillah | Hewan yang menakutkan sekali mas...? | Alhamdulillah Wassalamualaikum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam ya :D allhamdulilah sesuatu

      Delete
  15. keren sob blog nya ..
    salam sukses selalu ..:D

    ReplyDelete
  16. kunjungan sob ..
    salam sukses selalu ..:)

    ReplyDelete