2 Mar 2012

Legenda Naga

naga

Famous Myth Creature

Europe Dragon

9 Character of Chinese dragon

Prohibit symbol

Name of Chinese Dragon

Mystical Fact

Naga, makhluk mitologi paling terkenal di dunia. Seluruh dunia memiliki legendanya masing-masing. Namun tidak bisa disangkal kalau Naga dari legenda Cina adalah yang paling menarik.Bagi bangsa Cina, naga adalah salah satu dari empat makhluk spiritual yang mendapat penghormatan tertinggi. Tiga makhluk lainnya adalah Phoenix, Qilin (Kirin) dan Kura-kura.

Kata "naga" berasal dari bahasa Cina (Tradisional: 龙; Sederhana: 龙; pinyin: Long ). Kata "naga" berasal dari δράκων Yunani (drákōn), "naga, si ular ukuran besar, air-ular", yang mungkin berasal dari kata kerja δρακεῖν (drakeîn) Namun diantara semuanya, naga adalah yang paling perkasa. Mungkinkah makhluk terbang bertubuh ular, bertanduk dan memiliki cakar itu benar-benar ada?

Di Eropa, naga selalu dilambangkan sebagai makhluk yang jahat,dengan pengecualian terutama muncul dalam fiksi modern..Naga disebutkan sebagai makhluk bersayap,dan umumnya dapat ditemukan di sarang bawah tanah, sebuah gua yang mengidentifikasi sebagai makhluk kuno bumi. Kemungkinan besar, naga dari Eropa dan Timur Tengah mitologi berasal dari pemujaan terhadap ular yang ditemukan dalam agama-agama di seluruh dunia.

Pada periode modern naga biasanya digambarkan sebagai sebuah bernapas-api besar, bersisik dan bertanduk makhluk seperti dinosaurus, dengan sayap kasar, dengan empat kaki dan ekor berotot panjang. Kadang-kadang ditunjukkan dengan sayap berbulu, puncak, surai berapi-api, gading paku mengalir di tulang belakang dan berbagai warna eksotis.

Banyak cerita modern menggambarkan naga sebagai makhluk sangat cerdas yang bisa bicara, terkait dengan (dan terkadang mengendalikan) sihir kuat. Dalam cerita-cerita darah naga sering mempunyai sifat magis: misalnya di opera Siegfried membiarkan Siegfried itu memahami bahasa Burung Hutan. Naga khas melindungi gua atau puri diisi dengan emas dan harta dan sering dikaitkan dengan pahlawan besar yang mencoba membunuh itu, namun naga dapat ditulis menjadi cerita dalam banyak cara sebagai karakter manusia.

Di dalam mitologi Cina, naga memiliki kaitan yang sangat erat dengan angka “9″. Misalnya, Naga Cina sesungguhnya memiliki 9 karakteristik yang merupakan kombinasi dari makhluk-makhluk lainnya.

  1. Ia memiliki kepala seperti unta
  2. Sisiknya seperti ikan
  3. Tanduknya seperti rusa
  4. Matanya seperti siluman
  5. Telinganya seperti lembu
  6. Lehernya seperti ular
  7. Perutnya seperti tiram
  8. Telapak kakinya seperti harimau
  9. Dan Cakarnya seperti rajawali.

Selain 9 karakteristik itu, naga di dalam mitologi Cina disebut memiliki 9 orang anak yang juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda.Ia juga memiliki 117 sisik. 81 diantaranya memiliki karakter Yang (Positif) dan 36 lainnya memiliki karakter Yin (Negatif).

Bagi masyarakat Cina, naga melambangkan kekuatan dan kekuasaan. Begitu besarnya penghormatan bangsa Cina kepada makhluk ini sehingga kaisar-kaisar yang gagah perkasa dengan bangga mengenakan gambar naga sebagai simbol mereka.

Pada umumnya, naga Cina memiliki tiga atau empat cakar di masing-masing kaki. Namun kerajaan Cina menggunakan lambang naga dengan lima cakar untuk menunjukkan kalau sang Kaisar bukan naga biasa. Lambang ini kemudian menjadi lambang ekslusif yang hanya boleh digunakan oleh sang kaisar. Siapapun yang berani menggunakan lambang naga dengan 5 cakar akan segera dihukum mati.

Dalam literatur Cina, paling tidak ditemukan lebih dari 100 nama naga yang berbeda-beda. Namun, untuk mudahnya, Naga Cina biasanya hanya digolongkan ke dalam empat jenis, yaitu: Tien Lung atau Naga Langit yang bertugas menjaga istana para dewa. Shen Lung atau Naga Spiritual yang berkuasa atas angin dan hujan Ti Lung atau Naga Bumi yang berkuasa atas air di permukaan bumiFucang Lung atau Naga dunia bawah bumi yang bertugas menjaga harta karun yang ada di dalamnya. Empat jenis naga tersebut mungkin berbau spiritual, tetapi seperti yang saya katakan di atas, masih ada sekitar 100 nama naga lainnya.

Dari sekitar 100 nama ini, terlihat kalau Naga Cina sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan makhluk spiritual. Bisa jadi, naga tersebut adalah hewan yang memiliki fisik yang nyata.Karena itu, kita harus memisahkan antara Naga Spiritual dengan Naga sebagai hewan yang nyata.

Naga digolongkan mahluk Kriptid,Sejarah negara Cina telah dimulai sejak ribuan tahun sebelum masehi. Dalam kurun waktu tersebut, para cendikiawan mendokumentasikan setiap peristiwa dalam catatan-catatan yang rapi, termasuk peristiwa terlihatnya naga di berbagai tempat di Cina.

Namun, peristiwa yang dituangkan ke dalamnya mungkin telah diinterpretasikan berdasarkan pemahaman dan kebudayaan bangsa Cina masa lampau sehingga sebagian kisah itu terdengar cukup mistis. Namun, kisah lainnya memiliki kemiripan dengan kasus perjumpaan dengan makhluk Cryptid.Ingin tahu lebih lanjut?.Nantikan Kelanjutan cerita legenda naga ini dipostingan berikutnya.

Dragon Legend

Famous Legend of Cryptozoology

source:google.com and Wikipedia

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

32 comments:

  1. eh kenapa gak ada tombol (x) close waktu salah satu artikel dibaca, malah cuman ada klik lanjut untuk membaca >,<, padahal tadi udah waw, eh mau ngelihat acak gak bisa >,< tambahin tambahin donk waktu windownya muncul ada closenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke udah tuh wkwkw thanks yaw

      Delete
    2. kali ini posting tentang naga yah, kemaren godzila.
      gw boleh req ga bang????
      kalo boleh gw req yang tentang, Buto ijo ya. akwakwkawka..

      Delete
    3. wkwowkow buto fahmi

      Delete
  2. banyak legenda tentang naga di berbagai belahan dunia , termasuk indonesia juga. Tapi apakah naga benar ada ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kagak tau juga kalo itu mah

      Delete
  3. wah komenx pake popUp juga Nih hihihi mantep btw aku baca bug di chrome td di group kok disini tentang naga..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba2 aja zhint hehe kreasi dengan css doang

      Delete
  4. wkwkw...gambar naganya ane punya....hehehhe

    ReplyDelete
  5. postingan legenda naga yang sangat menarik kawan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kwan thanks udah mampir

      Delete
  6. Gambar naganya okeh bgt dah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kebetulan nemu digoogle bik :D

      Delete
  7. Lagi lagi designya sungguh mengagumkan.
    And ndak kalah penting, ya legenda naga itu sendiri membuat nambah ilmu bagi saya.
    Thanks

    ReplyDelete
  8. awalnya bingung ama tampilan blognya sob, hahahaha.. tapi untung bisa ngeh baca lengkap artikelnya dan bisa ngomen dimari.. :D

    baru tahu dhe kalo naga itu berhubungan dengan angka 9, dan baru tahu juga kalo naga punya 117 sisik.. itu ngitung sendiri atau gimana?? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sorry om kalo rada ribet hehe :D itu berdasarkan data google aja.gimana mo ngitung ketmu aja kagak xixixi

      Delete
  9. Hahaha... naga ya? yg gua tahu sih ada dragon ball tuh film favorit waktu kecil dulu wkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkkwk zaman gue juga masih ada bang :D

      Delete
  10. Lalu apakah makhluk Cryptid itu....

    wah habis piranha, godzilla, terus naga, suka yang serem2 nih... hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha suka misteri aja bang hehe ,sebenarnya ini udah lama idenya baru bisa post sekarang

      Delete
  11. kenapa yah..belum ada tentang legenda si belo :p #eeh...

    sumpaaah...tadi bingung, kok cuma gambar eh.. liat kiri kanan baru ngeh dah <--ndesooo... hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwk emang blog ku menyesatkan para kaum hawa ya?hahha

      Delete
    2. anyway legenda sibelo udah ada di blognya sibelo,seluruh cerita hidupnya lagi lengkapp hehe

      Delete
  12. nahloh pasti nulis ini postingan sehari ga cukup hahah good bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohhoo ya tuh dua hari tepatnya wakaka

      Delete
  13. Waah... Cerita Naga yang MANTAAFF BANGET tuh Sob!!
    I Like it.. Kebetulan banget... Ayas suka banget ma Karakter2 Naga gituan..
    dKamar Ayas aja ada Gambar Naga yang Gede lagi Melingkar diatas gunung berapi.. SANGAR kan!!
    Hwehehee,,,,
    Hmm.. kalo tentang kebenaran dari keberadaan Naga di Bumi itu, Ayas kira siy
    Kagak ada deh.. menurut Ayas Naga itu tak lebih dari sekedar Imajinasi Manusia aja.
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mgkin jga bang,ayas cuma suka aja karakternya sangaaar emang hehe

      Delete
  14. Kalau Wyvern itu termasuk naga gak ya kira-kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya udah baca,keknya iya,soalnya wyvern juga kadal.tapi wyvern gak bsa terbang tinggi gan

      Delete