20 Apr 2011

Mengenal jenis-jenis Api Di Dunia

Halo Sharelikers ,apa kabarnya ?oh ya sharelikers  semua pasti tau dong yang namanya api,dan pasti pernah liat dong, entah dikompor, lilin, kembang api,  bakar sampah , rokok banyak dehh. yang lainnya cari aja sendiri .Bagi yang gak tau tuh gambarnya disamping hehehehe



Sharelikers tahu api adalah zat panas yang ditimbulkan dari benda yang terbakar, berasal dari proses oksidasi sehingga berupa energi berintensitas yang bervariasi dan memiliki bentuk cahaya (dengan panjang gelombang juga di luar spektrum visual sehingga dapat tidak terlihat oleh mata manusia) dan panas yang juga dapat menimbulkan asap.

Api (warnanya-dipengaruhi oleh intensitas cahayanya) biasanya digunakan untuk menentukan apakah suatu bahan bakar termasuk dalam tingkatan kombusi sehingga dapat digunakan untuk keperluan manusia (misal digunakan sebagai bahan bakar api unggun, perapian atau kompor gas) atau tingkat pembakar yang keras yang bersifat sangat penghancur, membakar dengan tak terkendali sehingga merugikan manusia
(misal, pembakaran pada gedung, hutan, dan sebagainya).

Penemuan cara membuat api merupakan salah satu hal yang paling berguna bagi manusia, karena dengan api, golongan Hominids (manusia dan kerabatnya seperti kera) dapat aman dari hewan buas, memasak makanan, dan mendapat sumber cahaya serta menjaga dirinya agar tetap hangat.

Macam-macam Api berdasarkan Suhunya  :

1.Api Berwarna Merah/kuning

Api berwarna merah/kuning ini biasanya bersuhu dibawah 1000 derajat celcius.api jenis ini termasuk api yang "kurang panas" dikarenakan jarang atau kurang sering digunakan di pabrik2 industri baja/material.klo di matahari,api ini berada pada bagian paling luar nya.

2.Api Berwarna Biru
api berwarna biru merupakan api yang mungkin sering kita jumpai.biasanya api ini sering kita lihat di kompor gas.rata-rata suhu api yang berwarna biru kurang dari 2000 derajat celcius.api ini berbahan bakar gas dan mengalami pembakaran sempurna.

3.Api Berwarna Putih
ini merupakan api paling panas yang diketahui.warna putihnya itu dikarenakan suhunya lebih dari 2000 derajat celcius.api ini berada di dalam inti matahari,dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari.api ini paling banyak digunakan di pabrik2 yang memproduksi material besi.

Nah selain warna diatas,api juga memiliki warna lain.warna ini bukan karena suhu,tetapi dikarenakan bahan yang dibakarWarna api pertama ditentukan oleh suhu. Dari warna merah, biru, hingga putih. Semakin panas suhunya, maka akan berubah menjadi biru lalu putih.Selain itu, zat2 tertentu juga bisa merubah warna api (buat yang udah belajar kimia boleh dicoba):









Bahan tambahan warna yang dihasilkan
Yellow Sodium Chloride (table salt) atau Sodium Carbonate
Merah/kuning
Purple Potassium Chloride
Ungu
Blue Copper Chloride
Biru
White Magnesium Sulfate
Putih
Green copper Sulfate
hijau
Orange Calcium Chloride
oranye
Mixing Powder all materials
warna warni deh

Demikianlah artikel tentang api ini semoga menambah sedikit wawasan kita.Oke salam SHaremania and Sharelikers.
(Sumber)

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

No comments:

Post a Comment