6 May 2011

Khasiat Apel Untuk Kesehatan

~Assalamualaikum wr.wb.~

Mungkin kita tidak akan membantah bahwa setiap ciptaan Tuhan itu ada manfaatnya bagi Kehidupan,Seperti Kata Rasulullah,tidak ada Penyakit yang tidak ada Obatnya.

Begitu juga Hipocrates seorang tabib Yunani kuno itu, begitu populer di dunia kesehatan. pernah berkata ,Jadikan makananmu sebagai obat.Pesan itulah yang kemudian mendorong terungkapnya khasiat kesehatan oleh buah yang satu ini.Kandungan zat gizi dalam sajian 100 gr buah apel antara lain 58 kkal energi, 4 gr lemak, 3 gr protein, 14,9 gr karbohidrat, 900 IU vitamin A, 7 mg Thiamin (vitamin B1), 2 mg niacin, 5 mg vitamin C, 6 mg kalsium, 3 mg zat besi, 10 mg fosfor dan 130 mg potassium.

Menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, apel mengandung flavonoid paling banyak jika dibandingkan dengan buah - buahan yang lain. Zat ini mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker paru - paru sampai dengan 50%. Belum lagi kandungan fitokimia dalam buah apel yang berfungsi sebagai antioksidan yang melawan kolesterol jahat (LDL = Low density Lipoprotein), yang potensial menyumbat pembuluh darah. Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel-sel atau jaringan pembuluh darah. Pada saat yang bersamaan, antioksidan akan meningkatkan kolesterol baik (HDL = High Density Lipoprotein) yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kemampuan apel sebagai pencegah penyakit juga terdapat pada kandungan karoten dan pektinnya. Karoten memiliki aktifitas sebagai vitamin A dan juga antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes. Pektin juga dikenal sebagai antikolesterol karena dapat mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Makin banyak asam empedu yang berikatan dengan pektin dan terbuang ke luar tubuh maka makin banyak kolesterol yang termetabolisme.

Buah Apel atau dalam bahasa Bekennya Malus domestica Tak hanya menurunkan kolesterol, konsumsi satu buah apel sehari bisa menekan anggaran kesehatan untuk mengunjungi dokter.

“Kita semua tahu ada pepatah yang mengatakan, konsumsi sebuah apel sehari membuat dokter pergi. Ini benar-benar terbukti,” kata Dr Penny Stanway, seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Dokter keluarga itu lantas mengungkapkan beberapa khasiat buah apel:
.:.Atasi diare
Apel mengandung banyak pektin, serat yang ditemukan dalam buah, dibandingkan dengan buah lainnya. Pektin dipecah dalam usus oleh bakteri baik, membentuk lapisan pelindung bagi lapisan perut, yang bersifat menenangkan dan mencegah iritasi usus.

Apel juga bekerja melepaskan senyawa prebiotik, yang meningkatkan jumlah bakteri baik di usus, sebagai senjata melawan kuman pemicu diare. Saat diare, coba makan apel setiap beberapa jam. Konsumsi apel yang dimasak juga melembutkan selulosa, yang berguna memperlambat gerakan usus.
.::Cegah kram
Salah satu pemicu terjadinya kram adalah kurangnya kalsium, kalium magnesium, vitamin B dan C, yang semuanya terkandung dalam apel. Campur dua sendok teh cuka apel dalam segelas air tiga kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.
.::Cegah Asma
Gejala-gejala asma seperti batuk dan sesak napas terjadi akibat peradangan dan gangguan saluran udara. Pemicunya bisa udara dingin, makanan tertentu, olahraga, infeksi, cuaca dan alergi.

Studi yang dipublikasikan American Journal of Respiratory Critical Care Medicine, mengungkap, orang dewasa yang makan sedikitnya dua buah apel seminggu mengurangi risiko asma hingga sepertiga. Dalam studi terpisah, ibu yang mengonsumsi apel selama kehamilan akan mengurangi risiko asma pada anaknya.

Apel memiliki efek antiasma lebih kuat daripada makanan lainnya. Ini karena apel mengandung antioksidan tinggi yang bersifat antiinflamasi. Setiap 100 gram apel mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari jeruk dan delapan kali dari pisang. Kandungan antioksidan tertinggi ada di kulit apel.
.::Sembuhkan luka sengatan
Sari cuka apel juga bisa menyembuhkan luka akibat sengatan tawon, juga mengobati demam. Cuka apel juga merupakan obat tradisional yang efektif untuk sengatan ubur-ubur. Cuka apel bekerja menonaktifkan racun yang masuk ke dalam sel tubuh.
.::Atasi tekanan darah tinggi
Sebuah studi terhadap tikus yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa apel atau cuka apel dapat menurunkan tekanan darah. Para ilmuwan menyatakan asam asetat dalam cuka bisa mengurangi produksi dari hormon angiotensin II, yang memicu penyempitan pembuluh darah.

Apel dan cuka apel juga diketahui bisa memperlambat kenaikan gula darah setelah makan. Apel pun membantu menurunkan kolesterol. Studi di Amerika Serikat menemukan, wanita yang mengonsumsi apel kering 75 gram (setara empat apel) per hari selama enam bulan mengalami penurunan kolesterol jahat.
.:: Sehatkan gusi
Apel mengandung senyawa yang disebut tanin membantu mencegah periodontal atau penyakit gusi. Mengunyah apel secara teratur juga bisa meningkatkan kesehatan gusi, karena gerakan rahang berulang meningkatkan sirkulasi darah ke gusi.
.::Atasi cegukan
Cuka apel dapat mengembalikan keseimbangan asam lambung yang mengakibatkan kekejangan diafragma atau cegukan. Untuk mengatasi cegukan, perlahan-lahan minum satu sendok cuka apel yang telah dilarutkan dalam segelas air.
.:: Cegah osteoporosis
Kandungan flavonoid dalam apel bisa mengurangi penurunan kepadatan tulang. Sementara studi di Prancis pada 2005 menemukan senyawa phlorizin dalam apel mampu mencegah keropos tulang melalui uji coba terhadap tikus.

Apel juga mengandung zat yang mampu meningkatkan kadar estrogen. Seperti diketahui, estrogen rendah menjadi penyebab umum osteoporosis. Sedangkan kandungan pektin dalam apel akan meningkatkan keasaman lambung yang pada gilirannya meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang.

Semoga Tulisan diatas menambah wawasan kita tentang manfaat apel.Thanks udah membaca.Dan simak terus info menarik Di Yang Penting Share !


Sumber:http://kosmo.vivanews.com/news/read/215844-keajaiban-di-balik-nikmatnya-apel

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

10 comments:

  1. Mantap gan.. tambah pengetahuan saya deh setelah baca artikel diatas..
    salam kenal dari blogger ciamis..
    ^_^

    ReplyDelete
  2. @DeafileOke sob,thanks udah mampir,di follow balik langsung

    ReplyDelete
  3. Wah nanti saya juga mau post lagi buah-buahan ah :) hehe

    ReplyDelete
  4. @kang salmanwah silahkan kang hhehee,inspirasi itu

    ReplyDelete
  5. wah... tipsnya membantu sob, apalagi apel buah kesukaan saya... hehehe...

    keep blogging sahabat...

    ReplyDelete
  6. buset dah rame dan penuh warna ha,, ha,,
    salam kenal cuy,,,

    ReplyDelete
  7. @vampzwahahaha,iyakah??oke deh salam kenal juga

    ReplyDelete
  8. Wew..byk juga yah manfaat dari buah apel sob..wah bagus neh post..kebetulan anak ane jg ada pny asma..tengkyu buat postnya..hehehehe

    ReplyDelete
  9. @RENO - (Planet Ultraman)iya sob,itulah karunia Tuhan,hehehe thanks sob,moga bermanfaat

    ReplyDelete
  10. nice infonya...nambah pengetahuanku tentang khasiat apel..:)

    ReplyDelete