22 May 2011

Putri malu Untuk Mengatasi Insomnia /Susah Tidur


Source :wikipedia
Classification
Name  Putri malu/Mimosa pudica
KingdomPlantae
DivisioMagnoliophyta
ClassMagnoliopsida
OrdoFabales
FamiliFabaceae
SubFamilyMimosoideae
GenusMimosa
SpeciesMimosa pudica sp


Bila sobat mengalami susah tidur/insomnia, tentu hal itu bisa mengganggu aktivitas sobat khan?. Apalagi sobat mempunyai banyak aktivitas yang menanti diesok hari. Hal itu tentu dapat mengganggu produktivitas sobat dalam berakitivitas.


Sudah banyak obat ramuan Kimia yang katanya bisa menyembuhkan Insomnia. Tetapi apakah manjur? belum tentu kan?Bagaimana bila kita beralih yang alami alami saja. orang-orang dulu sudah banyak memanfaatkan alam sebagai Obat .Lalu apakah ada tanaman yang bisa menyembukan insomnia alias susah tidur ?


Tahu kan dengan Putri malu?tanaman yang sering terabaikan ini yang sering hidup dipinggir jalan sebagai semak belukar dan dianggap pengganggu atau gulma  inilah salah satu Obat bagi penderita Insomnia kelas kakap seperti saya.wkwkwk.Memang saya belum mencobanya.Tetapi saya sudah mencari banyak referensi tentang mahluk satu ini dan kegunaannya untuk kita lohh.

I.Ciri-ciri Umum

Tanaman yang nama kerennya Mimosa Pudica sp Tanaman ini memiliki bentuk daun kecil-kecil tersusun majemuk, bentuk lonjong dengan ujung lancip, warna hijau (ada yang warna kemerah-merahan). Bila daun disentuh akan menutup (sensitif plant). Bunga bulat seperti bola, warna merah muda, bertangkai.

Bila sobat belum tahu dengan tanaman satu ini,Keunikannya adalah bila daunnya disentuh, ditiup, atau dipanaskan akan segera "menutup". Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan tekanan turgor pada tulang daun. Rangsang tersebut juga bisa dirasakan daun lain yang tidak ikut tersentuh.Gerak ini disebut seismonasti, yang walaupun dipengaruhi rangsang sentuhan (tigmonasti), sebagai contoh, gerakan tigmonasti daun putri malu tidak peduli darimana arah datangnya sentuhan.

Tanaman ini juga menguncup saat matahari terbenam dan merekah kembali setelah matahari terbit.Tanaman putri malu menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memakannya. Warna daun bagian bawah tanaman putri malu berwarna lebih pucat, dengan menunjukkan warna yang pucat, hewan yang tadinya ingin memakan tumbuhan ini akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan menjadi tidak berminat lagi untuk memakannya.



II.Kegunaan 


Tanaman Gulma ini punya berbagai khasiat.Emang Tuhan YME itu tidak menciptakan mahluk yang sia-sia,semua mahluk itu pasti bermanfaat bagi yang lainnya.Menurut Drs. Alamsyah Agus, MM, seorang herbalis sekaligus terapis Natura Health Center di Depok, Jabar, putri malu mengandung melatonin, mimosin, asam pipekolinat, tanin, alkaloid, saponin, triterpenoid, sterol, polifenol, dan flavonoid. “Senyawa yang paling berkhasiat adalah melatonin yang memberi efek relaksasi pada syaraf otak kecil,” Berikut ini berbagai penyakit pada manusia:
  1. Obat Insomnia
    cara memanfaatkan :
    • Untuk memanfaatkan herba yang tumbuh liar di semak-semak ini, sebanyak 60 gram daun dan batang direbus dengan tiga gelas air. Satu setengah gelas air sisa rebusan kemudian diminum pada malam atau sore hari. Dari pengalamannya menangani pasien, Alamsyah mengatakan reaksi ramuan tumbuhan berduri tajam ini berkisar 10—15 menit setelah diminum, maksimal satu jam kemudian penderita sudah terlelap.

    • Selain direbus, putri malu juga biasa dikeringkan dan dibungkus kain untuk dijadikan bantal. Aroma yang keluar dari tumbuhan kering tersebut juga mampu membuat penderita terlelap. Cara lainnya, putri malu segar dihaluskan untuk kemudian dipilis pada kening. Sebelum dilumatkan, putri malu dibersihkan dari duri-duri yang cukup tajam. Ketiga proses tersebut hanya berbeda pada cara penyiapannya saja, tidak ada perbedaan manfaat dari setiap proses.
    • Bisa juga dengan mencampur 15 gram daun putri malu dengan 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun calincing lalu direbus. Airnya kemudian diminum.

  2. Obat Bronkhitis
    Cara memanfaatkan
    • 60 gram akar putri malu dicampur 600 cc air, lalu direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum.
    • putri malu 30 gram, Akar peristrophe roxburghiana 10 gram, keduanya direbus, dibagi menjadi 2 dosis/hari.

  3. Atasi Rheumatik
    • Tumbuhan yang dalam bahasa Cina dikenal dengan nama Han Xiu Cao ini mampu mengatasi penyakit lebih berat, seperti bronkhitis, rematik, sembelit, herpes, bahkan eksim. Namun penggunaannya selalu menyertakan tanaman herbal lain. Misalnya untuk menaklukkan bronkhitis, putri malu biasa dipadukan dengan pegagan, kayu manis, atau meniran.

      Menurut Alamsyah, terdapat 114 jenis rematik, tetapi yang dapat dijinakkan oleh putri malu hanya tiga jenis, yaitu rematik sendi, rematik jantung, dan rematik tulang. Penggunaan putri malu dalam campuran ramuan untuk mengatasi ketiga jenis rematik tersebut berkisar 45—50%.

  4. Batuk Berdahak,caranya akar putri malu sebanyak 10-15 gram direbus lalu airnya diminum
  5. Ascariasis/Cacingan,Mimosa pudica 15 – 30 gram direbus, lalu airnya diminum.
  6. Sebagai obat luar, tumbuhan yang juga biasa dinamai si kejut ini digunakan untuk mengatasi eksim. Daun dan batang putri malu dilumatkan dan dicampur dengan minyak kelapa (klentik), kemudian dibalurkan di bagian tubuh yang terkena eksim.
Tetapi tak ada Yang sempurna,disamping manfaat dari tumbuhan putri malu dalam hal pengkonsumsiannya patut di perhatikan Peringatan Berikut Ini
  1. Penggunaan akar putri malu dalam dosis tinggi dapat menyebabkan keracunan dan muntah-muntah. 
  2. Ibu hamil dilarang meminum rebusan tumbuhan obat ini karena dapat menyebabkan kematian pada janin
  3. Jika digunakan berturut–turut di atas 12 hari, pada banyak kasus menyebabkan gatal atau muntah
Semoga tumbuhan disekitar kita bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin itulah pesan yang dibawa oleh gulma ini.Semoga Putri malu Untuk Mengatasi Insomnia /Susah Tidur bermanfaat bagi sahabat.



Sumber: 
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Putri_malu
  • http://www.obatherbalalami.com/2010/01/manfaat-putri-malu-sebagai-tanaman-obat.html 

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

5 comments:

  1. nih gan cara buat tab menu modern

    ReplyDelete
  2. gan.. insomnia gw parah gan... cara ne gak mempan kayaknya... apapun caranya dah gw lakuin gan... tapi gak berhasil,,, gimana donk

    ReplyDelete
  3. @ipanrockWah gan,gak sesuai konten komennya@bangjalAhh masa gan??emang dah dicoba?

    ReplyDelete
  4. sumpah baru tau saya sob....kirain to taneman ga ada manfaatnya, ada paling cuman buat iseng2 ga ada kerjaan ckkkk,,,,thanks 4 sharing, keep blogging keep do something :p

    ReplyDelete
  5. @Green KLOPERER ya ada lah ,setiap mahluk ciptaan Tuhan itu pasti punya manfaat oke keep blogging juga bro

    ReplyDelete