6 Jan 2012

Hercule Poirot

  • Age: Unknown at death
  • Born: Belgium
  • Died: Styles Court, Essex, England
  • Marital status: Never married
  • Occupation: Private Detective
  • Telephone: Trafalgar 8137
  • Valet: George
  • Residence: 28 Whitehaven Mansions, London
  • Secretary: Felicity Lemon
  • Best partners:Captain Arthur Hastings
  • Lawyers: McNeil and Hodgson

Dia berdiri 5 kaki, tinggi 4 inci , memiliki mata hijau, dan kepala berbentuk telur (yang ia bertengger ke satu sisi). Dia memiliki rambut terhitam (dia dikenal untuk menggunakan pewarna rambut), dan kumis hitam wax nya adalah bentuk ciri kesempurnaannya. Temannya Hastings menulis bahwa Poirot pincang ketika ia berjalan. Dia selalu memakai sepatu kulit dan selalu berpakaian rapi dengan pakaian terbaik.

Ya namanya Poirot,Hercule poirot,menurut sang pencipta tokoh itu,Agatha Christie,Namanya berasal dari dua detektif fiktif lainnya pada waktu itu: Marie Belloc Lowndes 'Hercule Popeau dan Frank Howel Evans.

Dia berlaku layaknya seperti orang Inggris dan humoris. Namun, Poirot memiliki perintah yang sangat baik dari bahasa Inggris dan kadang-kadang menggunakan "keterasingan" nya di negeri orang sebagai keuntungan. Dia memiliki ego besar, dan selalu mengambil begitu saja bahwa semua orang mengakui namanya. Dia tidak mengambil hanya ada kasus yang datang, bagaimanapun, dan ia bebas mengakui bahwa dia menyukai uang. Dia bahkan memiliki sopir, seorang pria muda yang memperoleh "gaji besar", yang mengendarai Poirot Messarro Gratz, sebuah mobil mewah yang besar dan mahal.

Poirot baik dan sopan kepada mereka yang bukan penjahat, dan sangat bersimpati kepada wanita muda (ketika berbicara dengan mereka, ia menyebut diri sebagai "Papa Poirot"). Poirot dikenal juga tidak sabar, berpendirian, dan blak-blakan dengan orang lain.

Detektif Belgia ini sangat senang menyatakan alat terbesar untuk memecahkan suatu kasus kejahatan adalah process of think, berkat "sel abu-abu kecil". Dia lebih suka duduk tenang dan berpikir ketika ia memecahkan kejahatan, karena ia percaya semua kejahatan yang psikologis dan memiliki petunjuk bukanlah segalanya. Meskipun keyakinannya adalah kejahatan yang tidak diselesaikan pada bukti saja, dia tidak di atas mengintip ke dalam hal-hal pribadi orang lain (banyak yang kecewa temannya Hastings): ia telah dikenal untuk mendengarkan di pintu, bersembunyi di balik tirai, dan bahkan mencari-cari dan membongkar bukti dalam laci pakaian perempuan brow.

Hercule Poirot adalah ciptaan Agatha Christie terbesar, banyak yang mengatakan. Salah satu detektif yang paling terkenal dalam fiksi semua, ia diciptakan pada 1916 (ketika Agatha Christie menulis novel pertama Affair Misterius di Styles). Detektif Belgia muncul dalam 33 novel dan 65 cerita pendek dan merupakan satu-satunya karakter fiksi harus dihormati dengan obituari halaman depan The New York Times.

Poirot awalnya diceritakan adalah mantan polisi Belgia yang kemudian pensiun dari dunia kepolisian dan memilih menetap di Inggris.Disana,dia tinggal seorang diri,dan membujang seumur hidupnya.Meski pernah suatu saat dalam novelnya dia pernah tertarik pada seorang wanita yang bernama Countess Vera Rosakoff yang ternyata seorang pencuri permata besar.Dan dari sanalah dia agak sedikit terganggu psikologinya karena kejadian tersebut.

Dia tidak memiliki gangguan untuk berbicara,namun menyukai ketertiban. Dia menyukai hal-hal secara tertib dan rapi(misalnya, buku disusun di rak sesuai menurut ketinggiannya) dan menyetujui bentuk yang simetris di mana-mana (tinggal Mansions Whitehaven diambil karena simetri nya). Dia membenci rumah berdebu dan kotoran dimana-mana,dan menikmati dalam ruangan daripada diluar ruangan(pemanas sentral terutama di musim dingin).

Poirot juga mempunyai nilai-nilai metode tersendiri yang memberikan andil terbesar atau alat dalam memecahkan kejahatan menggunakan "sel-sel abu-abu" dari otaknya. Dia mengejek metode seperti melacak jejak kaki, mengumpulkan abu rokok, mencari petunjuk dengan kaca pembesar, atau mengambil sidik jari,bahkan mengejek anjing pelacak polisi. Dia mengatakan kejahatan apapun dapat diselesaikan dengan hanya menempatkan potongan teka-teki dengan benar. Dia adalah seorang detektif kursi - ia harus hanya "duduk diam di kursi dan berpikir".


Seri novel Poirot dan Filmnya

Tak bisa dipungkiri,Poirot sangat lah tenar pada zamanya,saya pun tau buku novel terjemahannya sewaktu saya duduk dibangku SMA,dan saya pinjam dari perpustakaan Daerah saya.yang saya tau dan pernah baca adalah Murder on the Links (1923),Black Coffee (1998), adaptation of play by same name),Elephants Can Remember (1972),Double Sin and stories(1961),The Mystery of the Blue Train (1928) dan lainnya.

Poirot pernah difilmkan dengan diperankan oleh aktor kawakan inggris yang bernama Charles Laughton difilm The West End tahun 1928,lalu Austin trevord di ALibi (1931),Peter Ustinov di film Death on the Nile (1978),Evil Under the Sun (1982) dan Appointment with Death (1988).dan yang terbaik tentu saja David Suchet yang sukses memerani Poirot dan mendalami perannya di serial poirot sejak tahun 1989 hingga 2012 ini di ITV.

Kematiannya

Agatha cristie menulis bahwa Poirot meninggal dari komplikasi dari kondisi jantung pada akhir Curtain: Poirot's Last Case. Dia sengaja memindahkan pil amyl nitrit nya jauh dari jangkauannya, mungkin karena rasa bersalah. Dia dipaksa untuk menjadi pembunuh dalam Tirai, meskipun itu untuk kepentingan orang lain. Poirot sendiri mencatat bahwa dia ingin membunuh korbannya tak lama sebelum kematiannya sendiri sehingga dia bisa menghindari menyerah pada arogansi si pembunuh: melihat dirinya sebagai berhak untuk membunuh orang-orang yang dianggap perlu untuk menghilangkan.

Pembunuh nya sedang berburu tidak pernah tegas membunuh siapa pun, tapi halus danpenuh perhitungan, ia telah memanipulasi orang lain untuk membunuh baginya. Termasuk Poirot dengan demikian dipaksa untuk membunuh orang itu sendiri karena kalau tidak dia akan melanjutkan aksinya dan tidak pernah secara resmi dihukum. Hal ini terungkap pada akhir Tirai bahwa ia palsu kebutuhannya untuk kursi roda sehingga untuk membodohi orang untuk percaya bahwa ia menderita radang sendi, untuk memberikan kesan bahwa dia lebih lemah daripada dia. Kata-kata terakhirnya yang tercatat adalah "Cher ami!", Berbicara kepada Hastings sebagai Kapten meninggalkan kamarnya. Poirot dimakamkan di Styles, dan pemakamannya diatur oleh sahabatnya Hastings dan putrinya Hasting, Judith. Hastings beralasan, "Ini adalah tempat di mana dia tinggal ketika ia pertama kali datang ke negeri ini Dia berbaring di sini pada akhirnya.."

Sementara kematian aktual Poirot dan pemakaman terjadi di "Tirai", tahun setelah pensiun dari investigasi aktif,ternyata itu bukan kali pertama Hastings menghadiri pemakaman sahabatnya. Dalam "The Big Four" (1927) Poirot membuat dirinya pura-pura kematian dan pemakaman selanjutnya dalam rangka untuk meluncurkan serangan kejutan di novel " Big Four".

Komentar Sebagai Pembaca

Tentu kita gak bisa mandang sebelah mata pada karya novel Agatha Christie satu ini,selain gaya bahasanya yang khas,Agatha punya ciri khas detektifnya adalah plot yang sangat rumit namun menarik untuk diikuti.kejadian demi kejadian tiap halaman begitu membuat penasaran.Terkadang cara dia menyelesaikan kasus jauh dari cara2 konvensional seperti detektif lainnya seperti Sherlock Holmes atau juga detective Conan.Yups,semua karya punya ciri khas,tergantung kita yang mengapresiasinya.Kalo penasaran silahkan baca aja ke Home pagenya aja.

Sumber:Wikipedia dan Poirot Homepage

~The End~

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

27 comments:

  1. Gue beli satu bukunya agatha cristie, ini salah satu favorit gue.. tapi sherlock holmes tetap dtektif nomor 1 di hati gw.. :D

    ReplyDelete
  2. hehehe yups emang sherlock numero uno @febstories,tapi saya sengaja ngangkat yang gak dikenal biar dikenal lagi

    ReplyDelete
  3. tulisan poirotnya menghalangi teksX bang, GImana tuh. . .??

    ReplyDelete
  4. @system of blog maksudnya??

    ReplyDelete
  5. keren bang alur ceritanya ane suka sama Detektif" beginian , paling suka Sherlock Holmes sama Conan hehehe.

    ReplyDelete
  6. iya tuh tulisan poirotnya menghalangin tulisan lainnya.

    ReplyDelete
  7. wahh rapih banget mas randy... sip...

    ReplyDelete
  8. rapih banget mas randy... ^_^d

    ReplyDelete
  9. @mbah qopet hehe berarti pencinta novel misteri gini juga ya?
    ya tuh udah dibenerin hehe thanks ya

    ReplyDelete
  10. baru tahu nih orang ...
    tapi kira-kira, dia tahu aku gak yaa ...

    ReplyDelete
  11. @adjie hohoho gak tau kawan tuh ada nopenya silahkan hubungi dia wkawkwk

    ReplyDelete
  12. @mbak cory makasih hehe btw gak dibaca atuh?

    ReplyDelete
  13. eaa :D dteng negok dlu sob..

    ReplyDelete
  14. Kisah tentang detektif, memang sangat seru. Penuh dengan kasus yang sulit untuk dipecahkan.

    ReplyDelete
  15. @sigalau silahkan diliat2 tapi jgn bawa plang ya hehe
    @danyf5habibi yoi sob gue dmen ama cerita yg penuh kejutan gak kayak sinetron udah gak mutu hehe

    ReplyDelete
  16. detektif mantab daahh
    coba cerita detektif conan lebih seruu gan jiahahahha

    ReplyDelete
  17. detektif mantab daahh
    coba cerita detektif conan lebih seruu gan jiahahahha

    ReplyDelete
  18. @setiawan hahaa ya gan ntar lain waktu :D

    ReplyDelete
  19. @setiawan coba dulu gan baca novel ini seru koq belom baca ya mana tau

    ReplyDelete
  20. Baru tau nih ada detectif namanya hercule poirot,selama ini yang aku tahu cuma sherlock holmes

    ReplyDelete
  21. Baru tau disini tentang Poirot ini,.
    Hehehe..
    OOT bagt ya?

    ReplyDelete
  22. Agatha Christie :D novelis luar dengan buku-buku konspirasinya yanghebat :D

    ReplyDelete
  23. @musa hehe makanya kukasih tau,biar tau,thanks udah mampir
    @kopiah putih gak koq gak OOT thanks udah mampir
    @andaka,ya mas andaka,saya suka novel2nya,apalagi ms.Maple hehe

    ReplyDelete
  24. buku terkenal tuh,kenapa di indonesia belum ada ya?.

    ReplyDelete
  25. @trisna udah ada sob,yg terjemahan saya aja udah bacanya koq hehe

    ReplyDelete
  26. seharusnya itu tulisan di buat milingkar juga ngikutin gambar nya foto atas, pasti lebih keren

    ReplyDelete
  27. @rizkyzone hemm males edit lagi bang hehe makasih masukkannya hehe

    ReplyDelete