4 Jan 2012

Misteri Orang Pendek


MISTERI ORANG PENDEK SUMATERA

Dunia ini Penuh misteri,itulah yang bisa kita ucapkan.jangan kan diluar bumi,di dalam bumi saja masih banyak sekali yang belum diketahui oleh manusia,daratan yang terbentang,hutan yang membentang,lautan yang dalam,serta langit yang tinggi tak mampu di ketahui oleh manusia seluruhnya.Ya,tak lepas juga dari yang namanya kriptozoologi,suatu ilmu yang sangat saya gemari,yang membahas tentang misteri alam bumi kita.Nah bila di luar sana kita mendengar kata Big foot,Yeti dan semacamnya ,ternyata di Indonesia pun kita ada yang mengenal tentang "orang Pendek".

urang pendek,orang pendek kerinci,yang penting share

Orang pendek adalah makhluk cryptozoology paling termashyur di Indonesia. Konon menurut para saksi ia memiliki tubuh seperti kera, namun berjalan seperti manusia. Berbeda dengan Bigfoot di Amerika, maka Orang Pendek benar-benar sesuai dengan namanya. Makhluk ini hanya memiliki tinggi kurang dari satu meter.

Orang Pendek adalah makhluk cryptozoology yang dipercaya hidup tersebar di beberapa wilayah Sumatera seperti Bengkulu, Palembang dan Jambi. Nama-nama lain yang sering diasosiasikan dengan Orang Pendek antara lain : Atu Pendek, Ijaoe, Sedabo, Sedapa, Sindai, Uhang Pandak, Orang Letjo dan Orang Gugu. Makhluk ini memiliki tinggi hanya sekitar 70 cm, diselubungi oleh bulu gelap. Namun wajahnya relatif tidak diselimuti bulu. Kadang-kadang para saksi mendengar suara-suara aneh yang keluar dari mulutnya.

Mulanya banyak peneliti yang menduga bahwa makhluk ini sesungguhnya adalah seekor kera atau siamang. Namun deskripsi para saksi mengenai perilaku dan cara berjalannya tidak sesuai dengan perilaku kera atau siamang. Lagipula, jejak-jejak kaki yang ditemukan menunjukkan bahwa makhluk ini tidak tergolong kedalam primata yang sudah dikenal.

Ahli Cryptozoology W .Osman Hill percaya bahwa Orang Pendek masih memiliki hubungan dengan Homo Erectus dari jawa. Peneliti lain menghubungkannya dengan hobbit dari Flores. Sedangkan penduduk lokal Sumatera percaya bahwa Orang Pendek adalah makhluk yang ramah, yang hanya menyerang hewan-hewan kecil untuk makanan. Karena itu mereka menerima keberadaan makhluk ini dengan toleransi.

Legenda Orang pendek mulai terdengar sejak awal abad 20. Pada tanggal 21 Agustus 1915, Edward Jacobson menemukan sekumpulan jejak misterius di tepi danau Bento, di tenggara gunung Kerinci, Propinsi Jambi. Pemandunya yang bernama Mat Getoep mengatakan bahwa jejak sepanjang 5 inci tersebut adalah milik Orang Pendek.

Pada Desember 1917, seorang manajer perkebunan bernama Oostingh berjumpa dengan Orang Pendek di sebuah hutan dekat Bukit Kaba. Ketika makhluk itu melihatnya, ia bangkit berdiri lalu dengan tenang berjalan beberapa meter dan kemudian naik ke pohon dan menghilang.

Bukan hanya di Kerinci, penampakan makhluk ini juga sempat dilaporkan di wilayah Palembang. Seorang Belanda yang bernama Van Herwaarden menceritakan bahwa ia melihat Orang Pendek di sebuah pohon di utara Palembang pada Oktober 1923. Pertama, Herwaarden bermaksud menembaknya, namun kemudian ia melihat makhluk itu sangat mirip dengan manusia sehingga ia memutuskan untuk membiarkannya. Pengalamannya dipublikasikan di majalah Tropical Nature no.13 yang terbit tahun 1924.

Pada tahun 1924 juga, museum nasional Bogor menerima cetakan jejak yang dipercaya sebagai milik orang pendek, namun akhirnya museum berhasil mengidentifikasi bahwa jejak tersebut adalah milik beruang Melayu yang diketahui kadang memang berdiri dengan dua kaki. Para ilmuwan yang skeptis kemudian menulis keraguan mereka akan keberadaan Orang pendek.

Beberapa tahun kemudian, Museum kembali menerima bangkai yang dipercaya sebagai Orang Pendek. Penemuan ini sempat menjadi headline selama 2 hari karena adanya hadiah yang ditawarkan untuk penemuan bangkai Orang Pendek. Namun kemudian ketahuan ternyata bangkai tersebut adalah milik seekor kera yang dimodifikasi oleh penduduk lokal yang ingin mendapat hadiah.

urang pendek,orang pendek kerinci,yang penting share
Namun makhluk ini kembali mulai mendapat status internasionalnya pada tahun 1989 ketika seorang penulis Inggris bernama Deborah Martyr menemukan jejak-jejak Orang Pendek di barat daya Sumatera. Jejak-jejak tersebut setara dengan jejak anak kecil berusia 7 tahun. Ia lalu mencetak jejak tersebut dengan gips dan mengirimnya ke badan pemerintahan yang mengurus taman nasional, namun kemudian cetakan itu hilang.

Setelah 5 tahun meneliti, Martyr akhirnya melihat sendiri Orang Pendek di wilayah gunung Kerinci pada 30 September 1994. Makhluk itu terlihat sedang berjalan dengan tenang dengan dua kakinya. Setelah jarak beberapa puluh meter, makhluk itu berhenti sebentar, menoleh ke Martyr, lalu menghilang ke dalam hutan. Sejak penampakan itu, Martyr masih menjumpai makhluk itu dua kali.

Luar biasanya, walaupun Orang Pendek umumnya berhabitat di Kerinci, propinsi jambi, namun penampakan makhluk ini terjadi di hampir seluruh Sumatera.Pada tahun 1995 ketika gempa besar melanda Liwa, Lampung, beberapa penduduk lokal menyampaikan kepada para pekerja asing bahwa mereka menyaksikan Orang Pendek keluar dari hutan, mungkin takut akibat gempa besar tersebut.

urang pendek,orang pendek kerinci,yang penting share

Para peneliti kemudian mulai mendapat kemajuan ketika pada tahun 2001, sekelompok tim ekspedisi amatir dari Inggris yang dipimpin oleh Adam Davies menemukan sekumpulan jejak yang dipercaya milik Orang pendek.

Cetakan jejak kaki tersebut dikirim ke Cambridge untuk dianalisa dan hasilnya jejak tersebut adalah miliki seekor kera dengan campuran karakter gibon, orangutan, simpanse dan manusia.

Dengan adanya segudang laporan penampakan dan contoh rambut serta cetakan jejak kaki, pada September 2009 ini, sekelompok tim peneliti dari Inggris yang bernama Centre for Fortean Zoology (CFZ) berangkat menuju Kerinci untuk mencari keberadaan Orang Pendek.

Tim yang terdiri dari empat orang ini akan dibantu oleh suku pedalaman setempat (suku kubu) untuk mencari keberadaan makhluk ini. Kepala suku dan banyak dari anggota suku ini telah menyaksikan keberadaan Orang Pendek dengan mata kepala mereka sendiri.

urang pendek,orang pendek kerinci,yang penting share

Tim ini berangkat pada awal September 2009. Pada pertengahan September, mereka melaporkan bahwa mereka telah menemukan jejak kaki yang diyakini sebagai milik Orang Pendek. Bahkan dua anggota tim, Dave Archer dan Sahar Didmus mengaku melihat Orang pendek dengan mata kepala sendiri. Menurut mereka, makhluk itu awalnya bersembunyi di belakang pohon, lalu kemudian tiba-tiba berlari dengan dua kakinya masuk lebih dalam ke hutan. menurut Dave, Orang pendek memang memiliki kemiripan dengan simpanse. Bedanya makhluk ini berjalan dengan dua kaki seperti manusia.

Tim trans 7 televisi swasta pernah menurunkan tim untuk melacak keberadaan mahluk yang diyakini menjadi missing link terhadap proses evolusi manusia ini dan disiarkan pada acara apa itu saya lupa juga haha.Tapi mereka tidak mampu menemukannya sama sekali.Wallahu alam mungkin itu memang misteri Illahi.(Sumber post dan pict:Enigma ,wikipedia dan google)

~FINISH~

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

28 comments:

  1. Wew, jadi yg ini nih kembarannya om Feby? sama persis ya.....

    *kabor sebelum dilempar upil

    ReplyDelete
  2. wakakakak....kembarannya mas feby hehe

    ternyata,itulah manusia purba,memang misterius,cuman fosil doang yang di temukan.

    ReplyDelete
  3. Wah,panjang banget nih ceritanya hehehe... y udah ijin nyimak dulu aj :)

    ReplyDelete
  4. haaa.... ngga kebaca tulisannya... gelaaap

    ReplyDelete
  5. @SAIAENNO : dibaca apa di scroll doang kebawah -- kok tau-2 bilang gak kebaca, coba liat & periksa lagi yg bener hehehe..

    gua suka dengan cerita ini randy, waktu itu gua sempet nonton di NGC soal orang pendek ini. sdh banyak sih saksi mata, cuman belum ada bukti-2 nya :D

    ReplyDelete
  6. kalau menurutku orang pendek itu sejenis kera, kalaupun manusia paling suku primitif

    ReplyDelete
  7. @ijal fauzi yee pemburu pertamax selamat hehe
    @riu wkwkwkwk kaboorr cepatt
    @trisna wakwwkkw peace bang ebik ^^V
    @musa oke gak apapa mau nyimak,boker dan sebagainya juga gak apa2
    @saiia enno bisa koq coba sorot satu 2 emang sengaja buat mancing pembacanya bener2 baca ato cuma numpang lewat
    @bang dhani sabar bang hehe
    ya bang itulah uniknya indonesia
    @aje hohoho bisa juga ya bisa tidak :P

    ReplyDelete
  8. wooohhh ada ya mitos kek gini... serem juga...
    hehe unik juga paragrafnya bisa kek gitu... mantap kawan :D

    ReplyDelete
  9. @cory haha iya mbak sengaja dibikin gitu biar kesannya sedikt misterius cuma make p:hover koq:P
    emang ada mbak hem mbak nya aja belom pernah denger ato baca soal ini :D

    ReplyDelete
  10. owh jadi ini saudara anda?
    pantes bisa detail dan mendalam nih postignannya

    hmm salam yak kesaudaranya

    #kabor.......

    ReplyDelete
  11. @naspard anjritt lu nas,inikan saudara elo?koq elo gak ngakuin sehh #nimpuk upil sekarung

    ReplyDelete
  12. Bentar bang kembali bentar, ambil sim yang ketinggalan

    eh kalau boleh tau tuh saudara langka banget loh, mintak nopenya juga yak biar bisa PeDeKaTe gitu

    #kabor......

    ReplyDelete
  13. #naspard haha simnya udah diambil oleh sodara ebik :P
    btw minta ama ebik kalo gak salah nopenya 000000 haha cobain aja #sok cool

    ReplyDelete
  14. yang pernah saya lihat sih orang kecil sekitar 25 sentian di pojokan kamar mandi sekolah pakai popok gitu terus mukanya kaya pake bedak tebel banget jadi keliatan putih *merinding*

    ReplyDelete
  15. Ehmmm...
    Baru tahu kalau ada orang pendek di sumatera.
    Tapi belum bisa gebayangin se-pendek apakah mereka?
    Hehe..

    ReplyDelete
  16. serem ah orang pendek di sumatra sepertinya. ane juga baru tau sih :D

    ReplyDelete
  17. busyeet deh, blogmu kereeen bgt sob.. aku jd tahu byk tentang org pendek ini, mksh sob udh dishare...

    oya, ada award spesial utkmu sob, mohon diambil ya, utk mempererat tali persahabatan blogger

    ReplyDelete
  18. Gue juga penasaran nih sama misteri ini.. :)

    ReplyDelete
  19. ajib,,baca dulu ah,,maaf nih sob kalo boleh saran warna tulisannya agak sedikit di cehain,saya bacanya susah wkwkwk "matanya agak buram"

    ReplyDelete
  20. ahhaha, lucu2,, orang pendeknya,, ehhe,

    ReplyDelete
  21. @andaka itu mah tuyull
    @kopiah putih itu hanya sebutan orang yg ada disumatera karena mereka juga masih misterius seperti bigfoot sob hehe
    @farixsan hehehe emang serem
    @penghuni 60 thanks sobat,:D moga memang bermaanfaat dan dibaca hehe oke insyaAllah
    @febri masa sih penasaran ama buyut lo #kaborrr

    ReplyDelete
  22. @blogcunayz hehe oke sarannya diterima dulu.btw kalo mau niat baca coba dicursor satu2 paragrafnya pasti kebaca deh hehe
    @rama 88 hahaha ya gitulah adanya

    ReplyDelete
  23. keren lah ni desainnya,,, mantap sangat.. :)

    ijin nyimak dulu sob. :D

    ReplyDelete
  24. nih orang masih ada di jawa tengah, tepatnya di kota kudus, dan tepatnya lagi ia tinggal di samping rumahku. Dia sering minum boneeto tp tak kunjung tinggi.

    ReplyDelete
  25. Mantab sob ceritanya ... Nice inpo sob.. maaf baru mampir tadi sibuk.. hehe

    ReplyDelete
  26. biar pendek juga orang..

    tpi lebih baik lagi kalo udah pendek blogger

    hwehehehe

    ReplyDelete
  27. @share Our knowledge ijin nyimak apaan brow?hehe lanjutkann
    @adjie hahaha ngkak dah pasti dia pengen tinggi wakwkwk
    @blackangel oke gpp thanks dah sudi mampir
    @oomguru wakwkakwk

    ReplyDelete