20 Feb 2012

Piranha,Setan dari Amazon

Piranha,Devil Of amazon

Mata yang besar bulat merah, dilengkapi dengan gigi segitiga yang runcing pada ujung ujungnya, ikan piranha.Inilah salah satu sosok penghuni lembah Amazon di Amerika Selatan yang termashur itu.Film tentang keganasan ikan inipun sudah banyak versi yang telah dirilis.

Keganasannya tidak diragukan lagi, bahkan suku Indian yang biasanya dibekali bermacam ilmu magic pun memilih meninggalkan tempat bila bertemu gerombolan ikan ini.

Ikan setan, sebutan yang diberikan suku Indian untuk ikan yang sanggup menyisakan belulang seekor bison yang menyebrang sungai amazone hanya dalam hitungan menit ini. Karena keganasannya itulah, ikan piranha dilarang masuk ke Indonesia tanpa tujuan yang jelas.

Di Jakarta, ikan piranha dapat dilihat pada aquarium raksasa Sea World Indonesia di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Disini juga terlihat betapa cepatnya ikan ini melahap makanan.

Serrasasalmus sp atau piranha sebenarnya termasuk golongan ikan penakut. Carnivor ini memiliki tingkatan stres yang tinggi dan gampang mati. Untuk pertahanan hidupnya, ikan ini membentuk kelompok besar.Ya,ikan ini hidup berkelompok,bila soliter,maka dia gampang stess dan penakut.Diperkirakan ada puluhan spesies piranha yang hidup di sepanjang sungai Amazon, Amerika Selatan. Beberapa spesies mencapai berat 5 kilogram, mirip kembaranya ikan bawal tawar. Berapa spesies lainya bahkan hidup sebagai herbivora atau pemakan tumbuhan.

Di beberapa belahan bumi terdapat beberapa spesies yang mirip dengan piranha. Di Indonesia, ikan ini sekilas mirip ikan bawal air tawar.Secara visual sulit membedakan ikan bawal air tawar yang berwarna merah ini dengan piranha yang juga berwarna merah. Sebagaimana lazimnya ikan air tawar daging piranha juga enak dimakan. Namun justru piranha merah yang hanya mempunyai berat 600 sampai 700 gram inilah yang paling terkenal keganasanya.

Sepintas ikan piranha merah yang terkenal paling ganas ini tidak memperlihatkan sifat yang agresif. Gerakannya terbatas dan kaku. Namun ketika menemukan makanan, kelompok ikan ini dengan sangat cepat menyerbunya.

Bagi para hobiis dengan keindahan ikan hias, harus mengubur impiannya untuk memelihara ikan ini secara legal. Karena sampai saat ini pemerintah Indonesia masih melarang masuknya ikan piranha ke Indonesia.

Namun di situs internet ada yang menawarkan ikan piranha dengan harga yang relatif murah. Untuk ikan ukuran 8 hingga 9 centimeter, ditawarkan seharga 20 ribu rupiah per ekor. Ada kalanya hobiis member makanan yang lebih besar sebagai seperi cicak, burung dan tokek karena ingin menyaksikan keganasan sang ikan. Ikan piranha mampu mengindera lawannya dari gerakan dan riak air serta bau. Indera tersebut bernama lateral line system.

Itu sebabnya jika seekor mangsa sudah terkoyak dan mengeluarkan darah, kawanan ikan piranha akan semakin banyak datang untuk mendekat

Kepada para hobiis mungkin ada baiknya mematuhi larangan pemerintah memelihara ikan piranha. Karena bukan tidak mungkin, ikan ganas ini akan menjadi predator baru di Indonesia bagi mahluk hidup lainnya, bila sampai terlepas ke sungai.

gambar dan sumber:google

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

54 comments:

  1. wihh.. ngeri juga yahh liatnya.. hehe.... gimana yahh rasanya di gigit sma giginya yg tajem n runcing itu.. wkwkwkwkk... ga kebayang dehh :D
    nice unique post masbro ^^,

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ampe digigit nya awkwkwk

      Delete
  2. Serem amat giginya, gigi piranha kalo di liat-liat kayak Mbahqopet ya? akakwakwak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajiakakak gila bener disamain ama mbah qopet

      Delete
  3. aku nyimak ajha Gan solnya taku ama gambarnya

    Kaburrrr

    ReplyDelete
  4. ini makanannya marsupilami :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups hehe film marsupilami sayang gak ada lagi ya guh hehee

      Delete
  5. referensinya cuman segitu? kurang kurang kurang :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. -__________- wkwkwk kurang apanya?google itu semuanya kakwkwk
      btw komenntya gaje deh

      Delete
  6. kila2 om landiii udah jinak beyum ya? hahahhaa :p
    ngerriii liat gigi talingnya om #eehhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang dikate saya hewan ya? wkwkw ada2 aja nih mpok

      Delete
  7. sayang kurang foto ran... kurang foto perbandingan bawal sama piranha yang lu bilang mirip.... hehehhe

    btw jangankan makhluk hidup, manusia kalo nyemplung ke sungai yang ada piranhanya, gue jamin ga bakal bisa bernapas lagi. hahhha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue masukin banyak foto ntar beratttt wwwkwk,bawal ama piranha 11-12 wwkwkk cuma beda gigi doang hahaha

      Delete
  8. Mukanya mirip sama yg buat blog ini.. :D
    Beraninya rame2 nih ternyata piranha, huh..

    ReplyDelete
  9. wkwkwwkwk manteps banget ran,,,
    gue suka banget wkwkk
    kreasi trus ran..!!

    ReplyDelete
  10. i hate ikan piranha ane dulu pernah di gigit untung gak sampe putus wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw masa sih?dimana sob digigit?wkwkwk

      Delete
  11. wekekekk ane punya piranha jawa = bawal wkwkwk , tapi jinak nggak kaya piranha asli

    ReplyDelete
  12. wekekekk ngomong-ngomong ane kebelet banget nih nonton film yg di header kwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwowkowkw cari aja mbah digugel filmnya

      Delete
  13. serem juga liat piranha sob.. haduuhh, giginy itu lho taring semua.. jauh2 dah.. kalo saya, meskipun pemerintah melegalkan, saya tetep tidak akan memelihara tu ikan.. nyawa cuma 1, ya disayang-sayang lah.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw ya juga,sayang nyawa hehe

      Delete
  14. wuihhh ngeri....hehehe apa lg pas liat tuh gambar yng diatas...hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkowkwok iya sob ngeri wkwowk

      Delete
    2. sob......ijin posting yaa tentang template sobat...heheh

      Delete
  15. untungnya sampai sekarang aq belum pernah lihat ikan piranha secara langung mas, yang biasa aja dah serem apalagi yang penguni amazon, nggak kebaang deh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang gak kebayang dah jadi santapannya kwkwkw

      Delete
  16. tampaknya ikannya lucu-lucu nih, pada ketawa...
    Wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwkwk ketawa nya aj ngeri apalagi gigitannya

      Delete
    2. kalo dimasak enak ga ya?
      hahaha

      Delete
  17. Replies
    1. -_________- dilarang promosi

      Delete
  18. Wedew... Dari namanya aja udah serem banget. Apalagi kalo ngliat diPilem2 gitu.. Ngeri Banget!!!
    Dikatakan kalo Ikan ini kalo sendirian penakut yach.. Waah.. beraninya kok Kroyokan gitu???
    Jiaah... IKAN CUPU neh!!! Wkwkwkwk
    Ayas Ngedukung banget ma Pemerintah yg nglarang memelihara Ikan ini, karna Ikan ini mengandung potensi yang Sangat Berbahaya... gak kebayang kalo ada Tangan Usil mainin tuh Ikan.. Aw...AW...AW...!!
    mending dibiarin aja dihabitat aslinya sana!!!
    Hwehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee betul tuh bang lambang seorang penakut tuh piranha hahaa
      yups mending dibiarin di amazone aja

      Delete
  19. mas randy aku, bantuin nge post templetenya yagh?

    ReplyDelete
  20. ngeri juga ceritanya

    ReplyDelete
  21. Wkwkwk ngeri juga sob
    wkwkw dikomentar atas ada yang bilang seperti mbahqopet

    ReplyDelete
  22. judulnya ngga keliatan mas randy !
    nge-blur

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sengaja efek darah gitu hehee

      Delete
  23. kebayang klo kepleset di kali yg penh ma ikan piranha waduhhhhhh bisa bisa 3 detik kaki di air cuman sisa tulang doank wkwkwkkw,,mendingan kecebur kali susu aja lah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada siabang,kwwkkwkw nyebur kesungai susu enak bang :P

      Delete
  24. mampir lagi ah
    sambil liat ikan2 yang kecil tapi ggganazz2

    ReplyDelete
  25. Ihhh seremm banget nihh ikannn untung gak ada di lombok heheeee kalo ada gak berani nyebur ke kali dahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkk gak ada koq disini gan,adanya di amrik sana

      Delete
  26. belum pernah liyat aslinya hemmm kayak ap yah..

    ReplyDelete
  27. woww.. + takut deh ma piranhaa... klo dah ngelihat lagii

    ReplyDelete