24 Apr 2012

Pesona Wisata Bumi Selatan Sriwijaya


Buka Profil

Pesona Wisata Bumi Selatan Sriwijaya

Sumatera selatan, salah satu Provinsi yang diperhitungkan oleh Negara Kita Republik Indonesia ini, adalah tanah kelahiranku. Aku dibesarkan di salah satu kota kecil nan tenteram dan damai, yakni Kota Baturaja. Sejak Kecik (kecil :red) , ku telah diceritakan betapa tanah kelahiran ku ini adalah tanah yang kaya akan budaya, sejarah dan keindahan alam. Sumsel bukan hanya palembang.

Sumsel juga bukan hanya dikenal dari makanan khas nya saja,yakni pempek palembang yang terkenal, atau dari jembatan Ampera nya saja yang menjadi ikonnya,atau keelokan dan keramahan penduduknya saja seperti dalam lagu daerah “Kinak Oi Kinak” akan tetapi ada banyak daerah wisata yang mungkin belum diketahui oleh publik.

Nah kali ini, Yang Penting Share,sebagai putra daerah akan membahas tentang beberapa obyek wisata yang menarik dan belum banyak diketahui oleh orang banyak tepatnya di Selatan Bumi Sriwijaya yang dikenal dengan nama Ogan Komering Ulu (OKU).Apa saja itu?

Ada beragam jenis Obyek wisata yang menjadi surga wisatawan dan andalan di sumatera selatan,baik yang berasal dari peninggalan sejarah maupun legenda tertentu, wisata alam maupun wisata budaya yang ada di bumi Sriwijaya ini. Tapi, Yang Penting Share mau mengkhususkan nya pada daerah dimana tempat Yang Penting Share berpijak, yakni bagian Selatan Sumsel yang penuh misteri. Mau tau?yuk simak lebih lanjut biar tidak penasaran.

Wisata alam nan Mempesona

Bicara tentang wisata Alam Bumi selatan sriwijaya ,tentu sangat banyak obyek wisata yang tersebar di berbagai daerah disumatera selatan,dan semuanya “cinde cinde nian”( indah indah banget :red). Mulai dari Danau Ranau dan gunung seminungnya, Curup (air terjun) yang tersebar di berbagai daerah, belum lagi Gua Putri dan gua harimau, Lesung bintang, wisata air panas gemuhak dan obyek wisata nan indah lainnya. Semuanya itu ada di sumatera selatan. Mungkin ada sebagian yang sobat sudah kenal. Berikut beberapa yang menarik yang akan diulas karena keunikan sejarah, legenda serta keunikan bentuk dan penampakannya.

1.Danau Ranau dan Gunung Seminung

danau ranau

Yups, awal perjalanan wisata kali ini dimulai dari daerah selatan,tepatnya selatan sumatera selatan, ada sebuah danau vulkanik yang menjadi ikon bagi sumsel ,yakni Danau ranau dan gunung seminung. Seperti yang pernah saya post beberapa bulan lalu untuk memperkenalkannya pada dunia lewat tulisan saya, Danau ranau adalah “misteri”.

Jika ditelaah secara ilmiah,danau yang terletak di daerah OKU Selatan tepatnya daerah ranau,ini terbentuk karena gerakan tektonik seperti danau pada umumnya, tetapi keyakinan masyarakat disekitarnya meyakini danau ini adalah asal usulnya dari pohon Ara yang melegenda . Cerita Pohon Ara yan setelah ditebang ,air panas meluap dari tebangan Pohon tersebut, dan menenggelamkan lembah itu sehingga menjadi danau ranau.

Untuk menikmati danau ranau, yang terletak di Kecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan (dahulu masuk dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu).Anda harus menempuh perjalanan yang Berjarak sekitar 342 kilometer (km) dari Kota Palembang, 130 km dari Kota Baturaja, dan 50 km dari Muara Dua, ibu kota OKU Selatan, dengan jarak tempuh dengan mobil sekitar tujuh jam dari Kota Palembang. Oh ya setiap tahunnya ada festival yang diadakan didanau ini setiap akhir tahunya loh.

2. Goa Putri

gua Putri

Siapa yang tak kenal Goa Putri?. Goa yang dikenal dari legenda "si mata empat dan Sipahit lidah alias serunting sakti" ini sangat dikenal di nusantara,bahkan sudah difilmkan. Goa Putri terletak di desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji yang berjarak sekitar 35 km dari Ibu Kota Kabupaten. Goa Putri mempunyai kedalaman ± 150 m dengan lebar 8 – 20 m dimana didalamnya terdapat stalagmite dan stalagtit yang menyerupai tumpukan padi dan ranjang penganten, kembang dadar, pemandian putri, dan lain-lain.

batu putri

Selain berfungsi sebagai objek wisata, Goa Putri juga sebagai wisata budaya dan dan historis. Menurut legenda Goa Putri terjadi karena Si Pahit Lidah (serunting sakti) yang menyumpah Putri Barlian menjadi Batu. Wah wah,mirip legenda Si Malin kundang, tapi ini bukan karena anak durhaka,tapi galau karena ditolak cintanya makanya serunting sakti yang emang punya kesaktian mengutuk jadi batu orang lain mengutuk sang putri juga . #emang galau udah ada zaman itu kali ya?.

3.Goa Harimau

Gua harimau

Jika Dua wisata sebelumnya banyak cerita legenda,lain lagi dengan Gua Harimau. Entah kenapa dinamakan Gua Harimau?atau karena tempat ditemukannya situs kerangka manusia yang berumur ± 3.000 tahun yang lalu oleh Pusat Penelitian dan pengembangan Arkeologi Nasional Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, yang menyebabkan orang berspekulasi bahwa gua ini sarang harimau?. Goa ini terletak di desa Padang Bindu tepatnya tidak jauh dari Gua Putri.

Letaknya di Kecamatan Semidang Aji yang berjarak ± 500 meter dari Goa Putri. Dari hasil penelitian Tim Arkeologi, di Goa ini ditemukan dua kerangka manusia yang masih utuh dan beberapa kerangka yang tidak utuh lagi, serta serpihan-serpihan bebatuan yang diduga sebagai peralatan yang digunakan mereka. Selain itu pada dinding Goa Harimau terdapat beberapa gambar lukisan yang sampai sekarang masih diteliti. Apakah mereka nenek moyang kita dan juga orang pendek yang menjadi misteri ?sampai sekarang masih diteliti.

Dan masih banyak lagi obyek wisata alam andalan lainnya di bumi selatan Sriwijaya yang menjadi andalan dan tidak diketahui orang banyak, seperti lesung Bintang (bukan lesung pipit), Air panas Gemuhak, Air terjun Lematang ,dan berbagai air terjun (curup) lainnya. Serta jangan Lupakan Wisata menyenangkan lainnya serta wisata religius lainnya yakni Mesjid Islamic Centre Baturaja yang berdiri megah serta pusat-pusat hiburan dan keramaian lainnya di Selatan Palembang ini.

Wisata Budaya yang Unik

Sumatera selatan bagian selatan tepatnya daerah OKU adalah daerah yang kaya akan berbagai budaya yang berbeda yang tersatukan dalam suatu motto Sebimbing Sekundang yang artinya sehaluan dan setujuan seluruh masyarakat OKU. Ya, Daerah OKU bisa dibilang "indonesia dalam bentuk mini", karena disini perbedaan suku, agama dan budaya menjadi Pemersatu untuk mencapai satu tujuan ,yakni OKU yang damai dan sejahtera.

  1. baju teluk belango dan kurung
  2. Rumah tradisional OKU
  3. islamic centre Baturaja
  4. tari sambut

Pada Prosesi pernikahan ada tiga tahap yang dilalui,yakni :

  1. Tahap Melamar,tahap ini adalah pihak keluarga mempelai laki-laki melamar ke keluarga mempelai perempuan dengan membawa sejumlah persyaratan. Dalam upacara ini, ada istilah “behantat bekendak” artinya menyerahkan tanda keinginan keluarga calon mempelai laki-laki yang bermaksud menyunting calon mempelai perempuan.
  2. Kemudian dilanjutkan dengan Tahap Serah-serahan. Tahap ini adalah suatu proses penyerahan barang bawaan dari keluarga laki-laki yang menandai selesainya proses lamaran. Jika keadaannya memungkinkan, calon mempelai laki-laki juga menyerahkan sejumlah uang kepada keluarga calon mempelai perempuan sebagai tanda pengikat pernikahan.
  3. lalu terakhir dengan Upacara akad nikah: Calon mempelai laki-laki diiringi oleh rombongan keluarga yang terdiri sanak keluarga, tokoh adat, datang berkunjung ke rumah calon mempelai perempuan untuk meminta dilaksanakan akad nikah. Pada prosesi ini biasanya pihak keluarga calon mempelai laki-laki membawa Jujur yaitu uang yang diminta si calon mempelai perempuan dan dinah empat berupa Keris dan seperangkat alat makan sirih untuk diserahkan kepada keluarga calon mempelai perempuan.
  • Ada juga salah satu tradisi di daerah Ogan Komering Ulu ( OKU ) yakni tradisi lama yang barangkali sekarang sudah mulai pudar. Yakni tradisi Ningkuk dikalangan pemuda dan pemudi. Ningkuk ini merupakan salah satu acara pertemuan pemuda pemudi sahabat kedua calon mempelai yang akan naik ke pelaminan dan sarana untuk menyampaikan ungkapan cinta maupun perasaan sayang diantara pemuda dan pemudi Ogan Komering Ulu.
  • Ada juga Tradisi Sebambangan. Tradisi Sebambangan ini sangat unik. Ada yang menyebutnya sebagai kawin lari, namun sebenarnya istilah ini kurang tepat. Pada dasarnya jika sudah terjadi sebambangan ini, orangtua merestui. Kendati ada sedikit hambatan biasanya adalah soal hubungan kekerabatan, atau soal usia dan kesiapan sepasang kekasih untuk hidup berkeluarga.

Suku-suku asli daerah Selatan bumi Sriwijaya ini di dominasi oleh Lubay, Ogan, Komering, Daya ,serta suku suku lainnya. Beberapa obyek menarik dari wisata budaya di Selatan Sriwijaya ini diantaranya:

  • Tari sambut sebimbing sekundang,yang digunakan untuk menyambut kedatangan tamu istimewa dari luar daerah maupun putra daerah yang sukses (atau orang penting) di rantau orang.
  • Bahasa Ogan ini termasuk bahasa melayu dialek e (e pepet) sama seperti bahasa melayu Malaysia,menjadi bahasa Ibu bagi masyarakat OKU.
  • Pada zaman dahulu di Ogan ulu terdapat aksara daerah namun sekarang aksara daerah atau penduduk setempat menyebutnya dengan surat ulu sudah tidak digunakan lagi. surat ulu ini memiliki banyak kesamaan dengan aksara Lampung. yaitu ka ga nga.
  • Meski dari berbagai etnis, 90% masyarakat OKU adalah islam. Makanya di kehidupan sehari-kita biasa dijumpai di sumatera selatan bagian selatan ini. banyak mesjid yang unik di OKU, diantaranya mesjid Kapal dengan legenda Naganya di daerah Saung Naga,serta MesjidIslamic centre yang jadi simbol keislaman OKU
  • Rumah tradisionalnya adalah Rumah Panggung, berbentuk memanjang, yang biasanya pembangunan menggunakan Kayu Unglin dan Tembesu. Selain ditandai dengan atapnya yang berbentuk limas.Akan tetapi karena sepanjang wilayah OKU adalah sungai, maka rumah tradisionalnya berbentuk rumah panggung dengan kolong dibawahnya. Kolong itu dimanfaatkan masyarakatnya untuk berternak hewan dan mencegah banjir.
  • Senjata : yang digunakan untuk membela diri masyarakat asli sebagai berikut : Keris dalam bahasa Ogan disebut ”kehis”, biasanya dimiliki secara turun te-murun dari zaman Sriwijaya dahulu.Ada juga Tumbak Lade (tombak lade) adalah sejenis Badik (Lampung), senjata ini mirip pisau dan biasanya penuh dengan karatan dan banyak racun. Tombak dalam bahasa Lubai ”kujur”.
  • Kesenian Suku asli sejak zaman nenek moyang dulu telah diapresiasikan yaitu, Seni Musik : Gitar tunggal /betembang lagu daerah, Jeliheman : yaitu cerita rakyat , be andai-andai, Muneng-munengan (Teka teki) dan Bebalas pantun.
  • Baju kurung adalah baju panjang untuk perempuan di Bumi selatan Sriwijaya, ukuran panjangnya sampai kelutut ada dibagian dadanya dibelah dan juga tidak. Pengertian kurung secara tidak langsung telah membawa arti mengurung atau menutup anggota tubuh. Cara berpakaian seperti ini sesuai dengan konsep berpakaian cara Melayu setelah kedatangan Islam, sehingga istilah ‘kurung’ diartikan sebagai baju yang longgar dan panjang.
  • Baju Teluk Belanga. Baju Teluk Belanga atau dalam bahasa Ogan disebut baju "Teluk Belange" biasanya dipakai oleh orang orang yang menjadi pejabat pemerintahan ataupun yang berpunya penghasilan banyak di Lubai. Potongan atau model baju Teluk Belanga pada bagian lehernya hanya di jahit dengan sulaman.

Wisata kuliner


Hem ngomongin soal kuliner bikin Yang Penting share mendadak lapar nih hehe. Maklum ,capek juga nih ngetik sepanjang ini. Oh ya,” kembali ke laptop .... .”,seperti daerah bumi sriwijaya lainnya, makanan nya pun mirip atau hampir sama dengan masyarakat Bumi Sriwijaya pada umumnya. Termasuk makanan khas di Ogan Ulu banyak persamaanya dengan makanan khas di Bumi Sriwijaya. Seperti makanan pempek di Ogan Ulu juga ada,tekwan,model,dll.

Ya, Sumsel sudah sangat identik dengan yang namanya pempek,panganan yang berasal dari tepung dengan olahan ikan dan disantap dengan cuka (yang berupa campuran gula aren,cabe serta bumbu lainnya dan juga cuka asam yang telah diolah) ini begitu digemari oleh orang orang baik didalam maupun luar negeri. Akan tetapi,ternyata bukan hanya pempek loh yang jadi makanan khas Sumsel,di sumsel bagian selatan inilah terdapat kuliner yang tak kalah maknyusnya. Baik yang diolah oleh manusia ataupun disediakan alam nya yang begitu asri.Berikut diantaranya yang akrab di sekitar saya :

  • Lempok Durian, yang dibuat dari durian yang udah matang
  • Tempoyak, merupakan olahan dari durian tua yang kemudian menjadi bumbu untuk sambal menjadi sambal tempoyak
  • Lalap-lalapan juga biasa dikonsumsi oleh masyarakatnya ada lalap yang unik dari Ogan Ulu yaitu umbut uwi dalam bahasa Indonesia umbut uwi ini disebut pucuk rotan atau rotan yang masih muda. Lalapan umbut uwi ini walau terasa agak pahit namun nikmat bila, kita mengkonsumsi umbut uwi ini akan menambah nafsu makan kita.
  • Kopi Luwak, daerah Selatan Sriwijaya ini banyak ditumbuhi tanaman Kopi sehingga disana terdapat jenis kopi yang dinamakan Kopi luwak atau musang.Kenapa demikian?karena prosesnya berasal dari Kopi sisa feses dari Musang yang sengaja diambil. Dan kata mereka yang menggemarinya, Kopi itu terasa lebih nikmat dari Kopi biasa bahkan dijual mahal dipasaran. Sayang nya Yang Penting Share belum pernah mencobanya .
  • Sambal Caluk Ikan Asin.Adalah sajian bersama nasi yang tidak terlewatkan ditiap hidangan Orang Selatan Sriwijaya . sambal caluk disini adalah sambal terasi yang dicampur dengan ikan teri /asin . Tanpa sambal ini,orang Ogan berasa makan gak sedep bro.
  • Ada juga pindang ikan culi dan pepes ikan baung tempoyak yang tentunya akan menggoyang lidah Anda.
  • Buah-buahan yang menjadi ciri khas OKU adalah Duku .Hem jangan lewatkan buah yang satu ini. Oku menjadi salah satu daerah produksi yang penting untuk buah yang panen di sekitar bulan Maret hingga April ini.
  • Dari kue-kuean ada Kue "tanduk kambing"(bukan tanduk beneran,tapi olahan kue berbentuk tanduk) ,gumak,kumbu dan sebagainya.Hemm yummy yang pastinya.

Kuliner Khas OKU

  1. pempek palembang
  2. buah duku
  3. makanan khas OKu
  4. tanduk kambing food
  5. pindang
  6. kopi luwak

Ada banyak lagi Keajaiban dan keindahan yang bakal anda dapatkan dengan berkunjung ke Daerah Selatan Bumi Sriwijaya ini. Belum lagi baru baru ini Di OKU tepatnya kota Baturaja menjadi tuan Rumah MTQ tingkat Provinsi. So,tunggu apalagi?.Segera susun rencana untuk liburan di waktu yang akan datang dan persiapkan sesuatunya untuk menikmati semua yang telah dijelaskan diatas.Salam Wong Kito galo.

**************************

Note: Postingan ini ditulis Oleh Putra Daerah untuk memperkenalkan Daerah Sebimbing Sekundang tercinta dan sekaligus diikutkan dalam Lomba Blog “pesona Sumatera Selatan” yang diadakan oleh Komunitas Wong Kito.Mohon dukungannya dengan me-like tombol G+ atau share postingan ini pada teman lainnya.

Tentang Saya

Assalamualaikum, saya hanyalah Blogger biasa dibalik tulisan ini. Saya putra asli Daerah tergerak untuk mempromosikan daerah saya karena kecintaan saya terhadap daerah.

Saya seorang mahasiswa dan juga blogger. Jika sahabat Wong Kito mau berkenalan lebih lanjut dengan saya sobat bisa menghubungi saya lewat beberapa akun saya berikut ini:

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

83 comments:

  1. Saya pernah 7 tahun tinggal di Palembang, tepatnya di daerah Boom Baru didekat Sungai Musi.

    Bisa kirim pempek atau krupuk kemplang sampai ke Surabaya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahay bang bisa aja kalo ada duitnya wwkkw semuanya jadi bisa kalo ada money bang :D

      Delete
    2. ngomong2 dulu abang dipalembang kerja apa kuliah?

      Delete
    3. Saya kerja di Pertamina Plaju...he..he...he...

      Tenang, kirim aja no.rek Mandiri nanti saya transfer.

      Delete
    4. bang aq gak punya rekening :( hehe kalo emang abang minat ntar deh aq cariin temen dulu yg bisa bisnis gini hehe mau berapa bang??chat aja di fb wkwwk

      Delete
  2. Blm pernah sekali gua ke palembang... paling jauh cuma ke cirebon. ckckckck.......... makannya kayaknya enak2 tuh jadi laper gue........
    yang punya blog pelit ga nyediain makanan di blognya.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk tuh silahkan dinikmatin gambarnya hahha sorry bro kalo mo pempek ke palembang aja yee :P

      Delete
    2. Jauh di mata dekat di hati.... :)

      Delete
  3. mau. mau. mau banget nyicip kopi luwaknya. uhuuy ;D

    ReplyDelete
  4. nah kau,, jingok'i makanan laju laper aku ran,, wkwkkwk,, apolagi pempek,, ahayy,, sukses yo lombanyo,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah2 napo laju lape galo nih?ahaha,yo semoga kito sukses galo ye ?haha

      Delete
  5. knp g skalian pantai krui ren...hehehe n kulinernya ko g skalian tempoyak..wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sebenarnya byk lagi yng mo kutulis,tapi takut kepanjangan wwkwk,kalo tempoyak lah kutulis,kau be dak baco mif wkwkw

      Delete
    2. la malem mata ngantok,,dak kejingok lagi,,wkwkwk

      Delete
  6. yang Goa Putri unik juga ya ada stalagmite dan stalagtit yang kayak tumpukan padi dan ranjang penganten, kembang dadar(bentuknya kayak gmn tuh?), pemandian putri ckckck subhanallah. Kalo udh punya duit sendiri kapan2 main kesana :D

    Lempok durian kayaknya enak tuh jadi pengen T_T, BTW duku yang manis dagingnya doang bijinya pahit banget kwkwkw. Paling mantap kuliner daerahmu Pempek bang ^_^

    good luck bang jangan kalah sma Rama :P peace

    ReplyDelete
    Replies
    1. duku rupit manis, kak! bijinya kecil2! jadi ga usah cemas dengan rasa pait!

      Delete
    2. @Mbah qopet maen dong kesini kalo mau makan kulinernya wkwwk,ntar lagi kan libur panjang coba ambil kuliah di UNSRI aja ?hehe deket dari sini
      @hadi yup betul,duku rupit mantepp

      Delete
    3. @Hadi, klo ditempat saya bijinya gede2 haha :D

      @Rand, masa lulus SMP langsung kuliah --"

      Delete
  7. Pempek asli palembang sma Pempek kotaku beda jauh rasanya, mantep yg aslinya

    btw ada yg aneh nih, pas kotak profil di tutup tulisan posting yg bagian kiri agak kepotong :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wah2 iya mbah yg asli emang lebih enak hehe
      masa kepotong?emang gimana kepotongnya? ckckck mesti dibenahin lagi nih thanks infonya

      Delete
  8. banyak ya objek wisatanya, ayo Ran undang saya ke palembang :D transport dll lu yang bayarin bwahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo2 wkwkwk bayarin make apa?daun?wkwkkw piss bro haha

      Delete
  9. hmhmh baru tahu aye kalau kopi luwak minuman khas daerah kamu btw aku suka banget yang namanya pempekk, kapan2 kirim ya kopi luwak ke daerahku? wkwkw

    Ya udah ranz
    moga sukses aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk ntar diekspor juga deh ksana wkwkw,ntar lagi musim kopi mo mesen berapa karung?hahaha oke thanks udah dukung ya ^^

      Delete
  10. bener oi, selama ibni yang dikenal dari Sumsel cuma Plembang, padahal kan masih banyak ye? xixixix aku Wong Linggau! Numpang lewat be ye! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahay dak papo numpang mejeng wkwkw,kau ikut jugo dak lomba ni?

      Delete
  11. wow, indah sekali sob, dan salah satu tokoh favorit saya lahir di kota itu sob, mungkin pernah mendengar Norman Edwin ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya tau siapa dia,pendaki yang tekenal itu kan?dia wartawan Kompas yang meninggal di Gunung Aconcagua Argentina? turut berduka cita atas kematian idola mu :)

      Delete
  12. setiap saya mendengar kata sriwijaya atau sumsel...saya keingetan ama pempeknya....dlu pernah makan....tp sekarang gg pernah lg....haduhh jd laperr..wkwkw,btw sukses bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuuhh sayangnya gambar diatas gak bisa dimakan ya?hehe pesen aja sini sama saya wkwkwkw

      Delete
    2. andaikan saya punya rekening sih saya bakalan pesan mas...wkwkwk

      Delete
    3. apalagi sya wkwkw aduhh ssah jadi orang pinggiran

      Delete
  13. Hem indah banget bang, moga menang ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya zin emang indah maen2 kesini ya :D aminn

      Delete
  14. thank bos dah mampir.....semoga menang

    ReplyDelete
  15. Yahhh aku acungkan jempolll dehh buat kreatifitas blogmu yang super duper keren :) mantap gan. Pengen makannannya laper nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe biasa aja brow hehe ayo ayo yg laper2 maen kesini #tidak termasuk biaya perjalanan ye

      Delete
  16. Eh, ikan culi tuh yg gimana sih? sumpah gw baru dnger.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga bik,ikan sungai yang jelas wkwkw

      Delete
  17. palembang memang kota yang sangat indah ya gan,"walaupun saya belum pernah ke sana" wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk emang tau dari mana indahnya sob?dari tv ya??

      Delete
    2. hahaha iya di acara si bolang hahaha

      Delete
    3. ahaha ya bener banget tuh wwkwkw

      Delete
  18. Jadi, pengin berkunjung ke Sumatra, Sob.

    Komen balik, ya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maen aja dong sob, memang tinggal dipulau apa?
      oke seep

      Delete
  19. Hehehehehe berkunjung menunggu post terbaru? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan ini yg baru dehh wkwkw,pasti cuma numpang lewat

      Delete
    2. Jefry cuma mau nampang di blog lo tuh rand. kckwkwkwkwkwk

      Delete
    3. iya nihh numpang beken doang wkwkwk

      Delete
  20. ehhh... yg mana lagi tuh Goa Harimau...
    baru kali ini sy tau ada yg namanya goa harimau di indonesia...
    ehhh... di acara tipi2 pun ga pernah sy dngr yg namanya goa harimauu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk masa baru tau gan?ya yg didaerah saya nih,emang lagi hangat2nya situs arkeologi didaerah goa harimau

      Delete
  21. wah menraik sepertinya, ngomongin makanan, sepertinya empek empek itu enak, kirain cuma empek empek aja, ternyata ada yang lain ya. boleh dah di kirim, heheh. nice gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ngmongin makanan mah sangat asyik dan bikin kita laper trus hehe.Boleh ja,mau pesen berapa?hehe asal gocekmu cukup gak ada masalah :)

      Delete
  22. goa putri sepertinya menarik tu, boleh dah kapan kapan di rencanaain ke sana. enak sepertinya.. ada budaya di dalamnya ternyata, mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupss,Goa putri itu sangat menarik lohh,hehe sep ditunggu kedatangannya :)

      Delete
    2. ente yang bayarin ya gan. heheh. boleh ga?

      Delete
  23. waw buanyak+lengkap amat sob. ane yg paling tahu dari palembang itunya pempeknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahay palembang bukan cuma pem pek yg terkenal disini sob :)

      Delete
  24. kalau saya dari dulu pengen melihat secara langsung akan keindahan bumi sumatra mas tp belum kesampaian, saya punya family didaerah sumatar didaerah rengat inhu riau

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm gapapa mas,berencana aja dulu,soal itu Allah yg nentuin hehe semangat masss,enyway aq malah gak kenal daerah riau sama sekali wkwkw

      Delete
  25. mantap-mantap tempat wisatanya, duh kalo peerintah fokus pada manajemen pariwisata ketimbang manajemen industri mungkin bisa maju indonesia ni!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bang hehe mgkin bisa lebih maju :)

      Delete
  26. Sayang, sampai saat ini aku belum pernah ke sana, tapi dari postingannya bisa memberikan gambaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gak papa pakde mgkin lain waktu pabila ada kesempatan. Jangan lupa mampir ya kalo ada kesempatan?hehe

      Delete
  27. Wuihh.. Wuiih.. Wuiih... Daerah Sobat ini begitu Mempesona banget tuh!!
    Memiliki beragam Budaya dan keelokan Alam wisata yang MANTAAAFFF BANGEET dan patut dibanggakan.
    Hmm.. Ayas jadi pengen Ngerasain kesana deh, apalagi wisata Kulinernya itu yang bikin Ngiler pengen Nyobain!!
    Aw.. Aw... Aw.... kapaaaaa yach???
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aw aw kapan nih bangg??hehe ditunggu nih kedatangannya hehe :) kulinernya apalagi mantaaffff ^^.anyway abang daerah mana?

      Delete
  28. Wah..pengen ke main ke goa itu deh. bner bgtz t, objek2 wsata slain dnau ranau krg trekspos. Saya aja bru tau pas bca dsini. Teman saya org plmbang cma ngasih info ttg danau ranau aja.hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups yg keekspos cuma danau ranau,padahal banyak banget lohh hehe :)

      Delete
  29. wah saya baru tau nie, sepertinya menari sekali. tapi sayang, jauh ya dari pulau jawa, andai deket, sudah ta jelajah nie. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe jelajah lewat google juga bisa koq sob .Kalo udah ada duitnya liburan aja kesini :)

      Delete
  30. Waa.. asli nyesel baru mampir2 kemari..
    keren2 nih.. tulisan + Desain + gambar.... semuanya.. mantab abiss..!
    LANJUTKAN!

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh2 bang acil terlalu lebay mujinya wkwkwk.Thanks bang udah berkunjung ke blog gak jelas ini

      Delete
  31. Artikelnya lengkap...toub d
    Saya kebetulan mau menjelajah ke Sumatra nih, kalau diijinkan n ada dananya...
    kebetulan Lampung mungkin jadi destinasi pertama,
    karna kebetulan sy dgr ada Lampung Fair jg c

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ya mbak tapi sebetulnya masih jauh dari sempurna sih hehe ayo mbak visit palembang :D hehe wah mbak orang sibuk nih keknya salam kenal :D

      Delete
  32. DJEMPOL buat artikelnya...
    jarang2 nemu yg kayak gini nih ^^
    tentang Lampung donk teman...
    lagi happening banget gara2 mo ada Lampung Fair nih
    Sy kebetulan penasaran sama Kiluan Dolphin..pengen banget liat lumba2 disana d

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh mbak thanks jempol gedenya hehe,hemm tentang lampung ya?aku kurang tau banyak soal lampung soalnya gak pernah ksana #jujur banget hehe,

      Delete
  33. sama dunk, saya mah berkutat di Jakarta sajah...hiks
    makanya saya lagi nyari tau daerah lainnya ^^
    lam kenal kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa ya mbak weh orang jakarta ya?kalo boleh tau blogger juga kah?oke salam kenal balik :D

      Delete
  34. Great ,.,.,.,.,
    go go go randy for your blog.,,,,,,,,,
    I always support yo....
    be confident and build up your dream,.,.,

    ReplyDelete