24 May 2012

Maaf Blogazine Bukan Blogger Jin

Blogazine Bukan

Blognya JIN

jin blog,blogazine bukan blognya jin

Digosok gosok lampunya keluar jinnya,"kuberi satu permintaaan,Monggo". itulah sepenggal iklan Tv yang menampilkan sosok Jin alias mahluk yang bisa ngabulin permintaan apa aja dari sang majikannya. Nah apa hubungannya dengan judul,blogazine bukan blognya Jin?.Apakah yang punya blogazine itu jin gitu maksudnya? atau gimana?. Okelah saya akan bahas itu dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya #ngopas dari teks proklamasi.

Akhi-akhir ini di forum -forum maupun komentar yang ada di Yang Penting Share banyak sekali celotehan-celotehan yang minta ajarin blogazine,atau minta template blogazine, atau menunggu apdetan postnya dan sebagainya. Nah daripada itu lah saya berinisiatif membuat post ini,emang blogazine itu blog nya jin apa?. Yang cuma dalam satu malam atau satu jam bisa membuat template,unique post ataupun layout dalam hitungan jam atau satu malam ?.

Ohh tidak bisa,karena pada kenyataannya blogaziner itu cuma manusia biasa,yang gak melihara jin ataupun ngepet sama tuyul sehingga bisa bikin post hingga puluhan dalam waktu itungan menit. Kenapa?.Ada beberapa alasan yang sebenarnya sudah saya jelaskan di postingan Galau karena blogazine yang lalu. Nah diantaranya adalah berikut ini,klik untuk membaca atau langsung beropini.

  1. Konsep First
  2. Butuh waktu lama untuk memikirkan suatu konsep yang matang. Mungkin tidak semua blogazine itu perfeksionis. Tapi bagi Yang Penting SHare, antara Layout dan Isi sama pentingnya. So, jangankan untuk layout, untuk postnya aja saya mesti riset atau cari referensi-referensi yang terpercaya,kemudian diringkas dengan bahasa sendiri, barulah kemudian dilayout. Dan itu tidak cepat, saya aja minimal butuh waktu 4 jam dan terlama hingga 3 hari-an untuk bikin satu post custom yang sesuai konsep. Apalagi template?.

  3. Keterpaduan
  4. Setelah mendapat referensi yang terpercaya,langkah selanjutnya adalah konsep layout. Ini yang lebih lama,terkadang untuk memadukan warna ,jenis huruf, background, ukuran huruf/grid, efek, serta responsive yang dipakai bisa memakan waktu berhari-hari. Ya saya termasuk salah satu tipe orang yang idealis. Banyak orang berpendapat bahwa asal custom aja, yang penting dapet komentar "wah keren gan", atau "wow postingannya bagus sob".

    Tapi kalau saya pribadi tidak demikian, kepuasan layout itu karena dengan layout yang ditampilkan bisa menambah pemahaman pembaca akan isi post,bukan sekedar isi post yang asal-asalan atau nembak KW (baca :keyword), yang lagi trend dan populer saat ini.

    Makanya,untuk urusan keterpaduan antara layout, gambar, desain dan isi ini memakan waktu yang lama bagi saya, tak sebentar seperti legenda tangkuban perahu yang bikin kapal dalam satu malam,atau legenda candi prambanan /loro jonggrang yang bikin 1000 candi dalam semalam.

  5. Kendala Teknis
  6. Selain itu,kendala teknis dalam hal pembuatan layout post yang saya inginkan terkadang terhambat oleh waktu billing yang tidak terasa sudah abis karena keasyikan layout, atau juga karena mati lampu dan lupa save juga karena kendala galau dan gak mood karena kebanyakan koding dan sebagainya. Hal hal semacam ini sering melanda saya saat mesti apdet blog yang penting share ini

  7. Kendala NonTeknis
  8. Nah kalau yang ini lain lagi,terkadang penulisan custom post bisa berhari hari karena terkendala urusan dunia nyata. Maklum, saya sebagai blogaziner dan teman-teman yang lain juga seperti manusia biasa lainnya. Blog adalah hobby dan life style bagi kami,namun bukan berarti paling penting,coz kami juga punya kehidupan nyata.

    Kami?lo aja kali haha . Yayaya, Okelah saya ambil contoh diri saya sendiri,terkadang saya mesti melek malam di tengah kesibukan saya sebagai guru galau,bayangin aja dari senin sampe jumat saya mesti menggalau di kursusan,sedangkan sabtu minggu saya kuliah,nah kapan waktu saya ngeblog?.ya disela-sela jam kosong itulah yang terkadang cuma dua jam atau tiga jam.

    Tak jarang saya nekad begadang ke warnet demi menyalurkan hobby saya ngeblog dan Belajar lebih giat lagi secara otodidak dari tutorial yang ada di dunia maya tentang blog sedangkan besok pagi saya mesti bangun pagi. Itulah resiko-nya dan saya tau betul itu. Itulah yang terkadang membuat post blogazine jadi lama update nya atau tidak sebentar bikinnya.

Last but not least, Yang Penting Share mewakili blogaziner-blogaziner Indonesia terkadang dibilang sombong saat ditanya cara (how to) dan bagaimana (how does) kita membuat blogazine selalu dikira mengelak atau sombong sebenarnya tidak demikian,dari penjelasan-penjelasan di atas semoga bisa membuat pandangan sobat sedikit mengerti kesulitan kami, karena blogaziner juga ingin dimengerti. Meski kami pandai koding atau mengerti sedikit sedikit tentang koding, kami juga seorang pembelajar, yang belum tentu semua dari kami mampu cara nyampaikannya dengan yang lainnya. Saya ingat betul kata tutor saya ,tidak semua guru bisa nyampaikan materi dengan baik dan benar,meskipun dia pintar melebihi albert einstein.

Nah ditambah lagi dengan kendala non-teknis yang terjadi, ternyata menjadi blogazine itu tidaklah mudah, antara resiko kesehatan (sering begadang,natap layar), resiko candu (keasyikan ngeblog), lupa mandi ,lupa waktu dan bahkan sampai lupa urusan cinta itu karena kecintaan saya terhadap dunia blog. Seperti kata bang Hendro, kode itu puisi,so ketiklah kode itu seperti kita mengarang puisi untuk sang kekasih hati, jangan meng-copynya karena akan mengurangi makna dari pengarang aslinya.

Nah sekian saja galauan saya untuk saat ini dan mungkin hingga beberaoa minggu kedepan karena saya ada kesibukan dunia nyata. So,ada pendapat dari postingan Maaf Blogazine Bukan Blogger Jin ini?

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

67 comments:

  1. Ayo beropini,baik yang sesama blogaziner maupun yang tidak hehe,silahkan dikasih tanggapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ANe tulisan di komentarny hahahahahhha ?

      Delete
    2. hahaha ya lupa ditest semalam

      Delete
    3. thank you gak usah komeng ye wkwkw

      Delete
  2. Mungkin udah jadi ciri khas kamu kali ya, kalo ngeposting itu isinya kayak makalah kuliah gini. :D
    Okelah, salam solid mas Bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gila bener lu bro oke salam solid

      Delete
  3. ini kenapa kotak komentarnya kacoooo
    entar yah karena warna tulisannya sama dengan warna backgroud jadi ane plentengin dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaahahahaha ye sorry maklum gue bikinya rada ngantuk

      Delete
  4. kayaknye ribet ye belajar blogzine, tapi kreatif bnget loe bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiiw dibilang kreatif thank youu mpok mmuachh *cium tembok

      Delete
  5. hahah yah itulahh ren spt yng q blang di post terkhir q,,,maunya singkat g ngrasa qta yng belajar ma google mpe puyeng2,,dkira smdah mmbalikan tlpak tngan kali y,weheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwk membalikkan kemplang bakar kali mift haha

      Delete
  6. rand tulian nie kok besar besar kayak fahmi tuh...? :) Ckckckckck

    ReplyDelete
  7. Suer! Makin keren ajablognya mas randy. Tulisan di atas noh yang tulisan JIN pake warna merah keren! aku mah malah jatuh cinta sama jinnya haha. bukan basa basi tapi beneran bagus! tentu banyak yang minta diajarin blogazine sama mas randy orang postingannya makin unik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan bener banget! Sesuatu yang indah emang ga instan kita dapat. perjuangannya lelah tapi hasilny BIKIN BANGGA :D

      Delete
    2. wkwkwkw iya mbak byk juga yg minta ajarin tapi ya begitulah kendala teknis dan nonteknis selalu menghambat,jujur saya pun sebenarnya ingin berbagi ilmu tapi karena ol dwarnet kan gak bisa fokus.Lagian saya kewarnet kadang cuma maen dua jam

      Delete
  8. ehh kok font di komentar sini pada kegedean hurufnye nehhh..... wkwkwk [pke monitor width: 1000an px neh]

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwowkw OOT udah saya benerin tuh maklum bikinnya jam 3 maleman

      Delete
  9. he,,he,, betul tuh mas bro, emang lama klo ngebuat, yang paling lama tuh ide, bukan hanya ide isi post, ide desainnya pun harus dipikirkan, he,,he,,!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tuh kan bang kita juga ngerasain hal yang sama hahaha

      Delete
  10. Wow tulisan commentnya gede buangat....
    gua sangat sangat setuju rand, BLOGAZINER bukan seorang Jin atau Apalah.
    Blogaziner tetaplah manusia biasa, Gua juga bingug sama orang-orang, yang mita di ajarin, yang minta di bikinin template? Emang Loe kira gampang boy?, Lagian juga kerajinan banget bikinin orang template Emang gua siapa Loe?
    ini adalah sebuah pencapaian rand, ga ada yang bisa langsung lompat ke anak tangga paling atas yang pasti harus naik 1 per 1 dari anak tangga dasar, bgitu pula kek Blogazine.

    Sorry kalo komentar gua panjang, lagian itu komentar juga opini gua doang. just have fun, jangan emosi bila lo (bukan lo rand!) merasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumben lu koment bener my hahahaha,ye tapi kita mesti nyikapinnya dengan hangat,gak usah make cara kekerasan atau membentak bentak hehe,menolak dengan cara halus lah

      Delete
  11. hahah massage yang malam di posting juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak boy,udah bikin duluan baru gue koment di chat hhe pas kita chat semalam gue lagi nulis ini

      Delete
  12. bang ini tulisan post fontnya yg bener dong --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. udeh2 emang kenapa? gak kebaca juga?

      Delete
  13. wuaahaha...blognya jin
    betul sih membuat suatu template blogazine saja susah apa lg disuruh ajarin blogazine...bang font komentnya gede amat yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakwkwkw ya run susah :D iye semlam gue lagi ngantuk bikinnya hahaha

      Delete
  14. hahahaa sorry all iya tadi pengaturan listnya kena juga komentar sekarang dah bener,maklum bikinnya jam 3 mlam rada ngantuk

    ReplyDelete
  15. Bang Fontnya masih kurang besar sedikit atau betulin jenisnya..
    xixixi
    biar kesannya bagus lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah udah wkwkkw thanks masukannya

      Delete
  16. kurang kebaca bang, terus kalo bisa jinnya aja yg naik turun :D
    Sama kalo boleh tau forumnya dimana ? pengen ikutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh gitu, udah saya benerin hurufnya and warnanya,soal jinnya keknya kalo before gitu ngikut gitu dianya kwwkkw gak bisa atu2 :D,oke thanks masukkannya hehe,forum apaan? ya forum2 kita sama lah,cuma kpizine ,DBP dan sebagainya gitu

      Delete
  17. agak ngebingungin masuk blogazine buat yg pertama :-(

    ReplyDelete
  18. kirain mau posting pengakuan kalau si Randy itu mirip jin, nyahahahahahaa v(^^)

    ReplyDelete
  19. Ya ampuuuuuuuuun blognyaaaaaaaah kok keren banget yah..

    Namanya juga blogazine ya xixixi..

    Ini mesti ganknya fahmi juga nih. Follow aaaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, mana ada gank mbak? fahmi and saya beda mbak,wkwowk itu link dia cuma tuker link koq gak ada yg namanya gank2 an :P.
      Anyway pujiannya lebay ah hehe

      Delete
    2. bukan satu genk mbak kebetulan konsepnya blogazine juga,tapi kami ini beda2 orangnya hehe persis kek blognya beda orang beda warna :D

      Delete
    3. hahaha ya mbak :D gitu deh mbak miftah hahha

      Delete
    4. kwkwkwkwk, gank? gank kosong kalee! ini cuma konsep yang sama doang kok mba dini :D

      Delete
    5. wkwwk gak sama juga konsepnya :P

      Delete
  20. Lanjutkan buat template2 yang ajib... Blogazine Indonesia harus makin bnyak. Bagi gw, Kenikmatan membaca blog memang dari tmplate dulu, font kemudian isi. Masalah blogazine bnyak bgt, walaupun gw gak bs bikin tp gw tau apa aja problem seorang blogazine. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajibbb thanks dukungannya bik hehe,gimana proyek boni doris lo? cielah kek tau amat problemnya ahaha

      Delete
  21. Wow keren Gan... Bagus bener Sob!!!
    ^_^


    Huwaaa.... Ternyata Problem Kita samaa yach!!
    Tapi kalo soal rentang waktu apdetnya.. TETEEP AYAS yang PALING LAMAAA!!!
    Hweehee.. #Bangga

    Hmm.. emang siy menjadi Blogaziner itu Tak semudah yang dibayangkan. Dulu Ayas pernah beranggapan kalo udah jadi Blogaziner itu segalanya kayak jalan tol.... ternyata Malah Jalan yang penuh Lika Liku!!
    Meskipun begitu... JUSTRU disitulah LETAK SENSASInya yang BERBEDA dari Cara Ngeblog biasa!!


    SULIONO BANGEET kan!!!
    Hohohoho...
    #Suara Jin

    ReplyDelete
    Replies
    1. walahhh si bang bagio ikut2an nih muji2nya wkkwkw
      betool banget sulionoo deh,hehe anyway bang bagio mah termasuk cepet apdetnya

      Delete
    2. hahahaha susanto banget yaaa :p

      Delete
    3. susanto udah koit tinggal suliono

      Delete
    4. Beeeeh.... La kok bahas SULIONO siy??
      Die Tetangga Ayas loh!!!
      Wkwkwkwkwk.......

      Delete
  22. asyik juga yah pake bloggazine
    jadi pengen nyoba :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn coba2 buat anak eh blogazine koq coba2?halahh

      Delete
  23. Tambahan aja buat yang mau belajar blogazine aka custom post. You must know about CSS. Titit. Hahaha...

    ReplyDelete
  24. Anonymous5/27/2012

    kirain bakal muncul jin nya,,hahahahahaha

    tapi emang benar kata sobat, artikel udah dapat, giliran design layout nya yang susah..karena kalau menurut gw sih, sebisanya blogazine itu layoutnya jangan monoton (sok tau banget gw)..hahahaha

    dan yang pasti, blogazine itu untuk para bloger yang hobi sama ribet,,hahahahaha..piiiiiiiiiiiiiiiiissss

    ReplyDelete
  25. hkhkkhk Jinnya lagi ngambek bang wkwkw
    oohh jgn monoton kek aye ye?maklum bang gue pemula ehehe

    ReplyDelete
  26. Paling susah dari pembuatan blogazine itulah dia..IDE..

    ReplyDelete
  27. keren sih,, tapi untuk yang otaknya pas2an kayak gue,, ini sangatlah susah!!!! hahaha kalo punya panduan komplit mau dund

    ReplyDelete
  28. wah telat ngasih komeng, abis galau tingkat nusantara, hahahahaha...
    mantab dah opini-nya, memang blogaziner bukan jin, sepakat dengan itu...
    contohnya gua kalau update lama banget, buktinya saja post terkahir sampai sekarang belum juga update, tapi desain layout sudah ada hanya dengan lorem ipsum saja, wekekekeke....

    ReplyDelete
  29. Walah... ternyata kotak komentnya ngumpet :(

    two thumbs, Mas...
    emang keknya sulit ya nerangin langkah2 buat blogazine, harus langsung praktek walaupun pake metode trial n error (kalo sy kebanyakan errornya haha... mudah nyerah kalo soal bloggazine mah).

    Nyang penting tetep share template gratisan dunk... haha :D

    ReplyDelete
  30. Blogazine emang keren gan.. Efeknya dan stylenya mantap.
    Tapi gmn sih cara kerja blogazine ini? Setiap mau posting artikel apa kita harus desain dulu trus oprek2 css dan javascript? mohon pencerahannya agan yang baik hati..

    ReplyDelete