7 Apr 2013

Otodidak

Otodidak

otodidak,kreatif learning

Otodidak, sebenarnya kata ini sudah lama ingin ku jadikan sebuah postingan, tapi entah kenapa lupa terus. Daripada lupa lagi, semenjak baca artikel dari bang Andre di STUN 7 , maka ku putuskan untuk mendokumentasikan opini yang mungkin rada nyeleneh ini. Otodidak adalah suatu kata yang merujuk kepada metode belajar sendiri tanpa bimbingan yang formal. Orang-orang otodidak mampu mempelajari hal-hal dasar dari ilmu yang sedang mereka pelajari. yang menariknya dari orang otodidak, karena mereka mampu mempelajari sesuatu dengan baik dan dibarengi oleh prakteknya, sebagian dari mereka mampu mengungguli kemampuan orang yang belajar ilmu yang sama dengan cara dibimbing #tidak termasuk saya.

Bicara soal Otodidak, saya juga belajar dan mengembangkan Blog dan blogazine Yang Penting Share ini juga secara otodidak. Saya bukan jurusan IT ataupun komputer, tapi saya belajar lewat google dan dari pengalaman trial and errors yang saya lakukan. Yah, memang, orang-orang otodidak ini cenderung dipandang sebelah mata, karena mata satunya lagi sakit, karena mereka dianggap sebagai orang yang seenaknya mengeskplorasi ilmu pengetahuan atau seni, mereka dianggap anti sosial, karena gak mau berbagi ilmu atau susah menyampaikan apa yang mereka peroleh tersebut dalam rangkaian kata-kata yang sesuai dengan EYD dan grammatikal yang baik dan benar.

Namun tahukah kalian, emang benar, orang otodidak tidak bisa atau sulit menjadi "guru" bagi orang lain atas apa yang ia peroleh secara otodidak karena mereka memperolehnya secara sendiri. Saya pun mengalaminya sendiri. Saya bisa mempresentasikan mata pelajaran Bahasa Inggris kepada siswa atau teman-teman lainnya, tapi untuk blogazine, terkadang saya sendiri bingung harus menjelaskan darimana. Bukan karena saya anti sosial, tapi ya begitulah orang-orang otodidak.

Ciri-ciri orang otodidak lainnya yaitu rasa ingin tahunya gede banget, tapi bukan karena dia suka makan tahu.rasa ingin tahu gak berkutat cuma di bidangnya doang, tapi segala hal yang menarik perhatian dia bisa amat sangat membuat orang otodidak sangat penasaran. mereka tuh kalau diibaratkan seperti orang yang lagi ngebet sama seseorang yang ia kagumi, maka ia akan mencari tahu semua hal tentang orang spesial tersebut. Rela berkorban untuk hal yang disukai. kalo orang otodidak udah suka sama satu bidang ilmu, dia akan cenderung berkorban banyak hal, nih contohnya saya, yang belajar otodidak ngeblog sampe ngerelain berlama-lama diwarnet ngabisin duit dan waktu berlama-lama cuma buat nuntasin rasa ingin tahu tentang segala sesuatu tentang blog. Mereka juga Terbuka-Tapi bukan pornoaksi. Orang otodidak cenderung terbuka dengan berbagai hal baru. mereka gak akan berusaha menyangkal hal-hal yang baru dan perubahan yang terjadi. justru mereka akan lebih menyikapi positif suatu perubahan. orang otodidak lebih suka jadi demokratis #makanya cocok jadi presiden hehe.

The most important dari otodidak adalah Kreatif. gak bisa dipungkiri lagi kreatifitas adalah tiang dari otodidak, dimana rasa ingin tahu adalah atapnya. orang otodidak gak terpengaruh sama ilmu pasti dan bimbingan. mereka juga gak pernah mengenal istilah pakem dalam satu bidang ilmu. kemampuannya dalam mengeksplorasi dan mengkombinasikan berbagai macam ilmu dalam satu bidang membuatnya terus bertahan menjadi orang otodidak di bidang ilmunya.

Apakah para Otodidak ini sempurna? jawabannya tentu tidak, Nobody's perfect walaupun mereka luar biasa gak berarti tanpa kekurangan. Diantara kekurangan yang paling banyak saya amati tentang orang otodidak adalah mereka cenderung sering bikin kesalahan, atau karya yang gagal. Biasanya mereka lebih banyak melakukan kesalahan dibanding orang yang belajar dibawah bimbingan. Hal sperti ini sebenarnya bisa dimaklumin karena kita juga tahu orang otodidak belajar sesuatu dengan mempraktekannya, jadi wajar kalo banyak kesalahan, dan dari kesalahan itulah mereka belajar. mereka belajar dari proses "Trial and errors tanpa henti." Orang otodidak adalah orang yang konsisten, yang tidak akan berhenti hingga ia memuaskan rasa keingintahuan mereka, menggali potensi diri mereka tanpa mengenal batasan dan pakem kebanyakan orang. So apakah anda juga Otodidak?

April 2013

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

10 comments:

  1. oo bljr sndiri ya,

    baru baru kemaren, sy juga bljr sndiri tanpa guru pembimbing untuk ngikut olimpiade komputer, alhasil haha dapat zonk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa, namanya juga otodidak, hehe, dicoba lagi tahun depan :)

      Delete
  2. saya tidak belajar sendiri mas randi,,saya kan selalu di bimbing sama mas randi..hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemmm gak salah tu? wkwkwkw bukannya saya yang dibimbing sama master miftah :P

      Delete
  3. otodidak..
    ngomen apa ya?
    bingung.

    hwehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. komen apa ya? itu sudah komentar kwkkwwk ada2 aja oom guru ini

      Delete
  4. tapi jeleknya kalo udah mentok, misalnya saya. sering prustasi kadang bikin tidur nggk nyenak :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu yg membuat frustasi apa lagi kalau gak ada yang bisa menjawab masalah kita itu huff pusing

      Delete
    2. nah tapi kan disitulah tantangannya bukan ? hehe dengan rasa ingin tahu yang tinggi saya juga sering gak bisa tidur semalaman memikirkannya

      Delete
  5. bener banget kang...,
    ane otodidak dalam bidang blog & scurity OS...,
    kalo ditanya temen-temen pasti keder jelasinya hihihihi...

    ReplyDelete