14 Jun 2011

Tips untuk Mengurangi Resiko Radiasi Handphone

Halo sobat sharelikers,apa kabar?.Senangnya bisa update blog setelah sekian lama agak vakkum,hehehe.Oh ya bentar ya ada yang nelpon nih..,".Halo?ini siapa?ohh maaf salah sambung,disini bukan Mbah surip,disini Randy admin YPS,owhh ya gak apa-apa,oke sama-sama,walaikum salam".Hem ada-ada aja,nelpon kok bisa salah ya?hehehe.Upps lupa deh yang mau di share?oh ya,mau share tentang bagaimana cara meminimalisir resiko radiasi dari handphone kita.

monyet nelpon
Pekan lalu, masyarakat dunia heboh atas pernyataan Badan Kesehatan Dunia atau WHO bahwa penggunaan telepon seluler pintar atau smartphone dapat meningkatkan risiko berkembangnya sel kanker( Karsinogenik ) Namun, pernyataan itu tidak serta-merta memunculkan larangan peredaran smartphone di tengah masyarakat.

Selaen bisa menjadi pemicu kanker,Radiasi Handphone juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti kesehatan sperma,kelainan DNA,Tumor otak,kerusakan gendang telinga dsb.Hii ngeri banget dah.Itu semua jarang kita sadari.Karenanya, kita sebagai konsumen harus pintar-pintar mencari akal untuk meredam dampak buruk penggunaan ponsel pintar. Setidaknya meminimalisasi pancaran radiasi.

Lalu, tindakan pencegahan apa yang dapat sobat lakukan untuk menghindari dampak negatif ponsel tersebut? Berikut beberapa tips seperti dilansir dari Shine.
  •  Pilih ponsel yang memancarkan sedikit radiasi
Setiap ponsel memiliki frekuensi radio dan SAR (specific absorption rate) yang berbeda-beda. SAR merupakan jumlah radiasi yang diterima tubuh. Pilihlah ponsel yang memiliki SAR kurang dari atau sama dengan 1,6 watt per kilogram.Ada beberapa merk handphone yang tingkat emisinya rendah,sobat bisa cari di Mbah Google
  • Gunakan headset atau aktifkan speaker
Menurut Environmental Working Group, headset dapat meminimalisasikan radiasi ponsel. Penggunaan headset atau speaker memungkinkan ponsel sobat jauh dari kepala sehingga dapat mengurangi penyerapan radiasi pada tubuh.Headset bisa kita gunakan saat bepergian jauh,dan Speaker saat kita di rumah,jangan sekali-kali pake speaker pas dikeramaian,bisa bikin heboh tuh nelpon pake speaker,wkwkwk.
  • Gunakan sarung /pelindung hape yang mampu menyerap radiasi
Ada beberapa produk sarung yang dapat mengurangi radiasi ponsel seperti iPhone 4 Bounching case.sarung hape (kondom) bisa meredam radiasi yang dipancarkan oleh handphone
  •  Jangan melakukan panggilan saat sinyal buruk
Ketika sinyal rendah, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mengirim informasi melalui gelombang udara daripada ketika mendapatkan cukup sinyal. Ini mengakibatkan meningkatnya tingkatan radiasi ponsel.atau ketika sobat sedang berkendara di dalam mobil yang melaju sangat cepat (kereta api juga termasuk). Hal ini secara otomatis akan memicu kekuatan sinyal hingga maksimum, karena ponsel berusaha terhubung ke antena relay yang baru.
  •  Sms lebih baik ketimbang nelpon
Saat mengirim pesan frekuensi radio yang dibutuhkan lebih kecil dibandingkan saat menelepon. Jadi, kirim pesan jika pembicaraan secara langsung tidak diperlukan.Bila hobi sobat adalah SMS-an, ini saatnya sobat memaksimalkan hobi sobat Mengirim teks membatasi durasi paparan radiasi, dan menjaga jarak ponsel dari kepala dan tubuh kita. Namun perhatikan juga, pria sebaiknya tidak SMS-an sambil memangku ponsel. Jumlah studi yang menemukan kerusakan vitalitas dan motilitas (sperma yang dapat bergerak sendiri secara spontan) sperma dilaporkan meningkat. Bisa jadi, hal ini pun tak akan baik pengaruhnya pada rahim.
  • Jangan lama-lama.
Menelepon sebaiknya tidak usah terlalu lama. Cukup untuk membuat janji dengan klien, atau mengingatkan anak untuk makan, misalnya. Jika sobat ingin ngobrol dengan teman SD lama yang baru ketemu di Facebook, sebaiknya gunakan telepon rumah. Atau, ketemuan saja di rumah atau di tempat ngopi. Lebih puas, kan? Jangan lupa, risiko tumor otak dimulai pada tingkat paparan kumulatif yang relatif rendah.
  • Jangan mengantungi hape
Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa pria yang membawa ponselnya di dalam saku celana cenderung memiliki jumlah sperma yang 25 persen lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria lain yang tidak menyimpan ponselnya di saku celana. Bagian lain dari tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda, dan jaringan testikular kemungkinan juga lebih mudah diserang.
  •  Jangan Sering bobo ama Ponsel/hape
Sobat  memang membutuhkan alarm pada ponsel untuk membantu sobat bangun pagi. Tetapi, jangan meletakkan ponsel di dekat posisi kepala sobat . Medan elektromagnetik bisa mengurangi produksi melatonin pada tubuh, dan penyapu radikal bebas yang dapat melindungi sel-sel tubuh sobat dari kerusakan DNA. Seperti sobat tahu, kerusakan DNA dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit lain.
  • Hindari ruang sempit dan sudut ruangan
Saat berada di lift, kereta, atau mobil, sebaiknya tak usah sering-sering menelepon. Lagipula, menggunakan ponsel saat mengemudi juga akan membahayakan keselamatan sobat maupun pengguna jalan raya lainnya, kan?.Jangan sekali-kali menelpon disudut ruangan,sangat berbahaya,karena radiasi yang memancar bisa jadi dua kali lipat akibat pantulan dari dinding.
  • Pilih offline mode.
Saat ponsel tidak digunakan, biasakan untuk mematikannya. Atau, atur menjadi offline, standalone, atau flight mode, yang akan mematikan transmitter-nya namun masih memungkinkan sobat untuk menggunakan ponsel untuk main game atau mendengarkan musik. Pokoknya, membuka aplikasi lain kecuali menelepon dan browsing internet.
  • Dari kuping kiri ke kuping kanan. 
Bila ada kondisi yang mengharuskan sobat menelepon, cobalah memindahkan ponsel dari telinga kiri ke telinga kanan berulang kali. Hal ini bisa membatasi paparan pada satu sisi kepala saja, yang sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko tumor otak dan kanker kelenjar ludah pada telinga yang sering digunakan untuk mendengarkan ponsel.
  • Kurangi bermain-main dengan smartphone.
Perangkat seperti BlackBerry atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada ponsel, karena mereka bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna.
  • Kurangi pemakaian dan lebih baik komunikasi langsung
Ya,Tips terakhir yang sangat ampuh adalah jangan gunakan hape,atau setidaknya gunakan saat mendesak saja,atau teman bicara kita jauh dari kita. Bila teman bicara dekat,lebih baik berkomunikasi secara langsung,empat mata gitu loh,daripada kena kanker ,baik kanker tubuh maupun kanker dompet,wkwkw.

Semoga Beberapa Tips untuk Mengurangi Resiko Radiasi Handphone diatas bisa sedikit membantu sobat dalam memanfaatkan Handphone sebagai alat komunikasi yang bermanfaat dan tidak menimbulkan masalah kesehatan pada kita.Kemajuan zaman harus kita ikuti,tapi tetap memperhatikan dampak positif dan negatifnya,jangan sampai larut dan lupa akan dampak negatifnya.Oke tunggu aja postingan berikutnya,keep blogging Di Yang Penting Share



sumber:  
  • http://kosmo.vivanews.com/news/read/225580-empat-kebiasaan-sehat-pemicu-sakit 
  • http://www.faikshare.com/2011/06/cara-menghindari-radiasi-handphone.html

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

4 comments:

  1. sibuk banget ya gan? baru kelihatan lagi...

    ReplyDelete
  2. @Dali sapari gak juga gan,emang udah mbatasin waktu online aja,malem aaj ol nya

    ReplyDelete
  3. waduh sob,,,ngantongin HP bahaya juga ya,,,buset ckkkk

    ReplyDelete