20 Jan 2012

Sejarah Nama dan Bentuk Donat

DONAT

✔Awal bolongnya Donat

history of donat,sejarah donat

onat,Bulet-bulet bolong tengahe,begitulah lirik lagu Joshua,tentang Kue unik satu ini.

Tahukah sobat yang penting share,Kalau tidak ada bocah berumur 15 tahun, mungkin bentuk kue donat tidak seperti saat ini. Bolongnya ditengah.Ya demikianlah sejarah donat.Makanan kesukaan saya dan banyak orang lainnya.

Banyak versi cerita ,ada yang mengatakan Pada tahun 1847, Hanson Crockett Gregory, bocah yang tinggal di Clam Cove, Maine, Amerika, melihat ibunya asyik membuat penganan favorit keluarga mereka, “roti goreng”, saat ibunya meletakkan roti-roti yang baru matang di piring, Hanson melihat bagian belum sematang bagian pinggir.

Pada tahun 1847, Hanson Crockett Gregory, bocah yang tinggal di Clam Cove, Maine, Amerika.Ia melihat ibunya asyik membuat penganan favorit keluarga mereka, “roti goreng”,Saat ibunya meletakkan roti-roti yang baru matang di piring, Hanson melihat bagian belum sematang bagian pinggir.

“Bagian tengah memang susah matangnya,” kata ibunya. Bocah itu kemudian mengambil pisau mencungkil bagian tengah roti sehingga membentuk sebuah lubang, dan berkata, “Nah, kita buang saja bagian tengahnya.” Dengan demikian lahirlah donat dengan lubang pun .Hanson muda kemudian tumbuh menjadi seorang nahkoda kapal niaga, dan donat dengan lubang pun menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Banyak pihak lain yang mengklaim penemu lubang kue donat. Salah satunya High Eagle, seorang kepala suku Indian Wampanoag, yang mengatakan bahwa penemu lubang itu adalah leluhurnya mereka. Namun pada Oktober 1941, National Dunking Assosiation of America (NDAA) menyatakan, penemu lubang kue donat adalah Hanson Crocket Gregory.

✔Asal Nama Donat

sejarah nama dan resep donat

Kue berbentuk bola-bola kecil bernama doughnuts atau olykoeks(kue berminyak) pertama kali disebut-sebut dalam buku History of New York oleh Washington Irving di tahun 1809.Donat dalam ejaan tradisional bahasa Inggris disebut doughnut, sedangkan orang Amerika biasa menulis donat sebagai donut atau doughnut.

Istilah donut pertama kali digunakan di dalam artikel surat kabar Los Angeles Times 10 Agustus, 1929. Penulis bernama Bailey Millard dengan berkelakar menulis kalimat "can't swallow the 'wel-dun donut' nor the ever so 'gud bred'," sebagai keluhan atas kemampuan mengeja di kalangan orang Amerika yang semakin menurun.

Penggunaan dua cara penulisan, donut atau doughnut ditemukan dalam serangkaian artikel surat kabar The New York Times tentang "National Donut Week" yang meliput World's Fair tahun 1939. Dalam 4 artikel yang dimulai tanggal 9 Oktober 1939, ejaan "donut" muncul 2 kali.

Dunkin' Donuts yang didirikan tahun 1940 dengan nama Open Kettle di Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat merupakan perusahaan tertua yang menulis donat sebagai "donut", walaupun sebenarnya perusahaan Mayflower Donut Corporation yang didirikan setelah Perang Dunia II merupakan perusahaan pertama yang menulis donat sebagai "donut".

✔Nama donat di negara lain

  • Oliebollen adalah kue gorengan asal Belanda berisi kismis atau potongan apel dengan rasa mirip donat. Oliebollen juga dikenal di Indonesia dan sering tercantum dalam buku resep kue terbitan sejak zaman dulu. Kue gorengan dengan nama kue bantal atau bolang-baling juga mempunyai rasa yang mirip donat.
  • Di Polandia dan negara bagian Amerika Serikat yang memiliki permukiman orang Polandia seperti Detroit, Michigan dan Milwaukee, Wisconsin, donat bundar berisi selai disebut Pączki dan merupakan hidangan istimewa di saat karnaval.
  • Di Lithuania dikenal sejenis donat bernama spurgos yang mirip donat Polandia dan salah satu versi yang disebut varškės spurgos menggunakan keju cottage.
  • Di Israel, donat berisi jelly yang disebut Sufganiyah (סופגניה, bentuk jamak: Sufganyot סופגניות) merupakan hidangan tradisional perayaan Hanukkah.
  • Di Perancis dan New Orleans, Louisiana dikenal kue gorengan bertabur gula halus yang disebut beignet.
  • Di Spanyol dan Amerika Latin dikenal Churro yang bertabur gula halus dan mempunyai rasa mirip donat.
  • Malasada adalah kue gorengan serupa donat di Hawaii yang mirip dengan Filhoze asal Portugal, karena memang diperkenalkan imigran asal Portugis.
  • Di Jerman, kue serupa donat dengan isi selai disebut Berliner, sedangkan di kota Berlin dikenal dengan sebutan Pfannkuchen. Di Jerman sebelah selatan, Berliner yang dikenal dengan sebutan Krapfen merupakan kue untuk menyambut festival (Karneval atau Fasching) sekaligus hidangan malam Tahun Baru di Jerman sebelah timur.
  • Di Chili yang memiliki komunitas keturunan Jerman, Berliner dikenal sebagai Berlin dan berisi selai atau karamel yang disebut manjar.

✔Donat ke Indonesia

Pada tahun 1968, stan American Donut di Djakarta Fair (sekarang disebut Pekan Raya Jakarta) merupakan perintis donat yang digoreng dengan mesin otomatis. Sejak itu, American Donut memiliki tradisi tahunan membuka stan di Pekan Raya Jakarta hingga sekarang.

Pada tahun 1985, Dunkin’Donuts membuka gerai pertama di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat yang terus berkembang menjadi lebih dari 200 gerai di berbagai kota di Indonesia. Yang kemudian diikuti dengan donat-donat waralaba asing lainnya seperti Master Ring, Master Donut, dan Mister Donut,hingga J.Co

Donat produksi industri kecil biasanya dijajakan berkeliling menggunakan sepeda atau sepeda motor. Di dalam bus, pedagang asongan menjual donat kemasan kotak dengan cara unik. Donat dalam kemasan dibagi-bagikan ke pangkuan penumpang untuk kemudian dikumpulkan kembali kalau penumpang tidak berminat.

Donat jenis ini disebut juga sebagai donat kampung untuk membedakannya dengan donat-donat yang dijual di mal dan restoran

history of donat,sejarah donat

Sampai sekarang Donat menjadi favourite banyak orang dengan variasi yang beraneka ragam,donat pun sekarang ada yang tidak bolong.(doughnuts atau donut) dibuat dengan cara digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.Sekedar curhat,Aku sangat suka donat buatan ibuku,hemm jadi kangen ama donat buatannya ,tapi sayang dia jauh disana.Hehe.Hemm yummmy I like donut,And you??

Sumber Inspirasi

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

61 comments:

  1. pertamax diamankan :P

    ReplyDelete
  2. yummy, sepertinya enak yak

    eh gak nyangka juga loh kalau ternyata idenya dari ketidak sengajaan

    wih hebat hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheehe tu die ,kreativitas brow heehe ,gak sengaja bolongin kue eh malah jadi jenis baru

      Delete
  3. kalau di tempatku donat tradisional namanya jalabiya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wehh unik ya brow namanya :D jalabiya

      Delete
  4. heheh...nay suka bangeettt niih ma donaaatt, kaga bakal nolak kalo di kasiih ame bang Randy #eaaaa.. ngareepp :p

    ReplyDelete
  5. gkgkgk sini aye suapin :P wkwkwkw sama ya suka makan donat juga ternyata nay

    ReplyDelete
  6. wah, jadi ngiler nih Sob ngomongin donat.. Hehe

    Kunjungan balasan Sob, sklian follow..
    di tunggu follow backnya ya Sobat.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sob thanks udah mampir hehe silahkan dinikmatin #kalo bisa wkwkwk

      Delete
  7. siapapun penemu lobang donat
    yang penting kalo dimakan nikmat
    pasti kusantap cepat

    hehe

    ReplyDelete
  8. Ternyata...saya kira memang ada perancang atau ahli makanan yg pertama kali bikin...eh gak taunya gak sengaja...hehe. Nice share and happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya kang :D hehe gak sengaja tuh anak nyungkil tengahnya :D oke salam YANG PENTING SHARE

      Delete
  9. perasaan gak semua donat bolong tengahnya deh bang, ada yang bentuk angka delapan gitu atau malah gak bolong tengahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lah andaka baca artikelnya ampe abis gak ya?jadi ragu,kan udah dijelasin sekarang donat udah gak bolong lagi hkhk

      Delete
  10. woww owww.. yummy banged nii kliatannya.. jadi laper malem malem gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw ngeblog asyik tuh sambil makan donat sob

      Delete
  11. kalo berbau sejarah ane jagonya.donat memang sangat enak mas,hobi sejak dulu saya.pernah dulu beli di donkin doughnot 1 aja mahal,4.500 kalo gak salah.tapi rasa messisnya seperti rasa asli dari buah,kayak coklat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew ente jago apa demen sob?ati2 penggunaan katanya wkwkwk,ya lah wong harganya aja muahal

      Delete
  12. kue bunder yg bolong tengahnya kaya sundel bolong emang menggugah selera,, tp gara2 kue ini dulu gigi saya juga jadi bolong trus skrang2 ini lg kumat lagi sakitnya hahahaha,,kapoook ahhh makan donat trauma :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwk sama bang tapi saya hobby and favourit saya gak bisa lepas dari yg namanya roti2 an dan yang manis kek neng geulis #gak nyambung wkwkw

      Delete
  13. Owh, pantesan, gue kira donat itu abis digigit orang duluan baru dijual, abis tengahnya bolong gitu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. No spam please kalo minta dikunjungin jgn nyantumin link -_-"

      Delete
    2. salah bales komeng gua maaf bik mestinya bales buat jaka yg dibawah hkhkh -__-"
      ya lu kira pasti "disodok" dlu ama yg jual kan?

      Delete
  14. http://blogsite69.blogspot.com/2012/01/semarak-4-tahun-hn-community_18.html

    kunjungan balik..bantu sendol yah kawan..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. No spam please kalo minta dikunjungin jgn nyantumin link -_-"

      Delete
  15. donaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat!!!!!!!!!! jadi pengen ke J.co deh baca artikel ini. :)

    ReplyDelete
  16. Orang jawa juga memili donat yang khas, tapi gak manis justru gurih, namanya GEMBUS. HEHEHE

    ReplyDelete
    Replies
    1. owhh gitu tohh mas,hemm baru tau nih thanks infonya :D

      Delete
  17. woooww......donat......jd ngiler saya sob

    ReplyDelete
  18. wah kue donat ternyata berasal dari luar alias @import tw mas tak pikir asal dari indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ya mas dari luar :D hemm kalo di indonesia sih sebenarnya dah ada duluan tapi namanya beda :D tuh kata yang diatas gembus namanya

      Delete
  19. yang ane tau juga ni sob donat di temuakan juga oleh bajak laut, tp bagemanapun sejarahanya dan namanya donat paling enak saat di santap di pagi hari maupun sore hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi sob enak disantap kapan aja saat laper maupun enggak (cemilan)

      Delete
  20. Lapar-Lapar.. baca artikel tentang makanan. hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk lapar banget sob malem2 minggu gini

      Delete
  21. yang aku tahu, donat itu tengahnya bolong dan bentuknya bulat.
    tapi kmren nenek aku bikin donat segitiga dan bolongnya cuman separo.
    entahlah, laku atau kagak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm unik yah mas,mudah2 an laku,hehe nenek mas nyiptain yang baru tuh hehe

      Delete
  22. Anonymous1/21/2012

    maaf sebelumnya blog ini pake template apa sih sob?? Kok dalam tampilan ponsel maupun penuh berantakan banget blognya lewat opera mini yang saya pake. Jadi bingung mau koment apa tulisannya jadi ngacak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owhh gitu yah?ya emang belom q bikin responsive thanks kritikannya hehe emang make blogspot tapi belom responsve

      Delete
  23. saya tahunya cuman makan donat saja sobat, sekrang sudah tahu asala usul namanya sobat,, maksih yach sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama sobat,semoga pas makan donat sobat bisa sebarin info ini :D

      Delete
  24. Saya suka donut!
    Asalkan pakek misis cokelat, kalo yang lain gag terlalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw suka meses ya sob? saya suka selai kopi nya :P

      Delete
  25. Klo orang yahudi ini seperti begal, tapi begal ko ga di kategorikan donat ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bang beagle gak dikategorikan donat,gue baca di wikipedia,maaf baru bales abis dari liburan hkhk

      Delete
  26. gara-gara baca nigh artikel ane mau makan Donat nigh,

    wkwwk

    ReplyDelete
  27. blognya keren sob....
    kunjungan perdana nih....
    salam kenal ya....

    ReplyDelete
  28. Keren bos jadi tahu sejarah donat

    ReplyDelete
  29. Aaaaaayas Sukaaa Bangeeet Donaaaaaat!!!
    Hmm... MANTAAFFF BGT!!!
    Waah,, sejarahnya emang unik BAnget yach.. cuma gara2 tengahnya belum mateng doang.. dibolongin..jadi Donat deh!!!
    weheheee......

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantafff heweehee untung udah dibolongin duluan,kalo kagak mgkin bang bagio yang jadi penemunya hehe

      Delete
    2. mantapp kawan.. ane suka ne donat..hehe

      Delete
    3. hohoho mantaff sobb :D

      Delete
  30. hahaa.... ternyata begini toh sejarah donat...
    nice post... :)
    wah uda lama banget gak maen dimari sob dan makin keren aje blog ente.. (y)
    keep on writing and happy blogging...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya sob,oke happy blogging :D

      Delete
  31. Nice layout bro
    kayak majalah hehehe

    ReplyDelete