4 Feb 2012

L'Arc~en~Ciel

laruku,yangpentingshare

L'Arc~en~Ciel


L'Arc~en~Ciel (ラルク アン シエル Raruku An Shieru, "Pelangi" dalam bahasa Prancis?adalah nama grup musik Jepang beraliran J-Rock.Band yang digawangi oleh "Hyde" Hideto Takarai(vokal), Ken "Ken Kitamura"(gitar), Tetsu "Tetsuya Ogawa"(bass), dan Yukihiro "Yukihiro Awaji"(drum) adalah favorit sang narablog Yang Penting Share ,kalo single masih tetap suka Bruno Mars.

Jika sekarang lagi demam K-Pop,gue masih menggemari band jepang,gak kepengaruh ama K-Pop karena menurut gue,jepang lebih ngandalin kualitas vokal mereka bukan hanya ketampanan atau kecantikan and gerakan tarian aja.Grup musik ini didirikan oleh Tetsu pada Februari 1991.Buat yang jombloers,untuk mengisi waktu paling asyik denger lagu band ini #promosi.

Nama "L'Arc~en~Ciel" berasal dari sebuah kata dalam bahasa Perancis yang secara harfiah berarti "lengkungan di langit" atau "pelangi", nama ini diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditonton oleh Tetsu.Di Indonesia band dengan jutaan penggemar ini beken dengan nama Laruku.

Awal terbentuknya band yang hits dengan The fourth Avenue Cafe serta Winter fall ini adalah di kota Osaka, sekitar awal tahun 1991 dua orang anak muda bernama Tetsu dan Hiro membentuk sebuah grup band. Tetsu berperan sebagai bassis berikut vokal, sementara Hiro sebagai gitaris. Pada waktu itu Hyde masih menjadi gitaris di sebuah band bernama Kiddies Bomb, yang kemudian berganti nama menjadi Jerusalem’s Rod dan Hyde berganti posisi menjadi vokalis (meskipun pada saat itu ia sama sekali tidak tertarik dengan perannya tersebut).

Pada suatu hari Tetsu menyaksikan penampilan grup band tersebut untuk kali pertama. Ketika itu ia merasa yakin bahwa Hyde adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi vokal di grup band-nya. Maka selama beberapa waktu ia terus mengikuti penampilan band tersebut, hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk mengajak Hyde dan rekannya di Jersarem’s Rod, Pero untuk bergabung dengannya. Setelah beberapa kali melakukan session, Hyde akhirnya memutuskan untuk meninggalkan band lamanya dan bergabung bersama band Tetsu. Maka terbentuklah formasi paling awal L’Arc~en~Ciel, yakni Tetsu (bass sekaligus pemimpin band), Hyde (vokal), Hiro (gitar), dan Pero (drum).

Penampilan live pertama mereka yaitu pada tanggal 30 Mei 1991 di Nanba Rockets. Bahkan ketika itu sang pemilik panggung berpikir bahwa L’Arc~en~Ciel akan menjadi sangat terkenal, dan hal itu terbukti beberapa tahun kemudian.Pada bulan Juni 1992 tanpa alasan yang jelas, Hiro mengundurkan diri tepat sebelum mereka akan memulai demo rekaman. Setelah berbagai macam persiapan yang telah mereka lakukan sebelumnya untuk rekaman, misalnya mereka telah menyewa studio dan lain sebagainya, tentu akan sangat konyol apabila mereka membatalkannya. Maka Tetsu kemudian membujuk Ken, teman masa kecilnya untuk membantu dalam pembuatan demo. Ken menyanggupinya dan pada waktu itu ia harus menghafal seluruh lagu yang akan dimasukkan ke dalam album dalam waktu yang cukup singkat, yakni 5 hari, akan tetapi ia mampu melakukannya, dan proses rekamanpun akhirnya dapat selesai dalam 3 hari.

laruku,yangpentingshare

Tanggal 30 Desember 1992 lagi-lagi L’Arc~en~Ciel harus kehilangan salah satu anggotanya. Pero mengundurkan diri tepat setelah penampilan live mereka di Osaka Music Hall. Maka kemudian Tetsu mulai mencari drummer pengganti, ia lebih memilih untuk mencarinya di Tokyo, toh pada saat itu ia pikir pada akhirnya mereka akan merantau ke Tokyo.

Pada suatu hari ia melihat penampilan Sakura yang langsung menarik perhatiannya. Kemudian Tetsu mencoba mengajaknya bergabung bersama L’Arc~en~Ciel dengan cara mengirimkan demo tape kepada Sakura. Lantas Sakura pun pergi ke Osaka untuk melakukan jam session bersama mereka. Dan setelah itu ia secara resmi bergabung dengan L’Arc~en~Ciel pada 16 Januari 1993.

Namun,dimasa keemasannya,sakura malah tersandung kasus narkoba (mirip kasus sammy di Kerispatih yang memaksanya keluar dari Laruku .Yang paling terpukul dalam peristiwa ini adalah Hyde, sebab di antara rekan-rekannya yang lain ia dan Sakura merupakan sahabat yang paling dekat. Maka sejak insiden tersebut, anggota Laruku tinggal tersisa tiga orang.

Setelah kepergian Sakura, Tetsu segera mencari drummer pengganti. Suatu ketika ia mendengar Yukihiro, eks-Zi:Kill dan Die in Cries yang keduanya telah disbanded atau membubarkan diri. Tetsu tertarik dengan permainan drumnya, maka selanjutnya disusunlah rencana pendekatan oleh Tetsu. Menurut kabar yang beredar, Tetsu dan Yukihiro berkenalan lewat game Evangelion, di mana Tetsu meminta Yukihiro untuk mengajarinya permainan tersebut. Lantas Tetsu berbicara dengan Yukihiro mengenai peristiwa menyedihkan yang menimpa grup bandnya. Bak gayung bersambut, Yukihiro menawarkan bantuannya kepada Tetsu untuk proses rekaman lagu "Niji".Selama kurun waktu 1997, di Laruku, Yukihiro berperan sebagai additional player. Hingga pada 1 Januari 1998 ia secara resmi menjadi personel tetap L’Arc~en~Ciel.

laruku,yangpentingshare

L’Arc~en~Ciel muncul kembali secara resmi sejak tanggal 13 Desember 1997 dengan menggelar konser berjudul Reincarnation yang digelar di Tokyo Dome. Pada saat itu Laruku terdiri dari tiga orang personel resmi, yaitu Hyde (vokal), Tetsu (bass), Ken (gitar) dan satu personel tambahan (additional player/supported player) di posisi drummer, yakni Yukihiro.

Baru pada tanggal 1 Januari 1998, Yukihiro secara ofisial bergabung dengan L’Arc~en~Ciel menggantikan Sakura yang telah resmi keluar dari Laruku sejak 4 November 1997. Meskipun demikian, masuknya Yukihiro ke L’Arc~en~Ciel menciptakan suatu polemik di kalangan fans mereka, ada yang pro dengan kedatangan Yukihiro ada juga yang kontra. Memang cukup wajar seandainya masih banyak fans yang belum bisa menerima kepergian Sakura, sebab bagaimanapun juga Sakura telah menjadi bagian dari Laruku selama lima tahun yang bisa dikatakan tidak sebentar, bahkan ia turut mewarnai musik L’Arc~en~Ciel dengan style drumnya.

Akan tetapi ada satu hal yang patut dicatat, bahwa semenjak pergantian personel dari Sakura ke Yukihiro, terjadi transformasi image dari L’Arc-en-Ciel, yang semula penampilan mereka lebih bercorak visual yang kecewek-cewekan, secara bertahap berubah menjadi lebih maskulin.

Oh ya,dalam perjalanan karir mereka,mereka sempat berpisah dan vakum bersama karena proyek mereka masing-masing,Diawali oleh Tetsu yang membentuk band bernama TETSU69, pada tanggal 18 Juli 2001 menelurkan single pertamanya yang berjudul wonderful world (c/w tightrope). Disusul Shinkirou dan Fifteen a Half pada pertengahan tahun 2002. Single terakhirnya sebelum meluncurkan album perdananya yang berjudul Suite November adalah WHITE OUT

Yukihiro tak mau ketinggalan, bersama band bentukannya Acid Android ia telah merilis dua album, acid android dan fault selain sebuah single yang berjudul ring the noise yang dijadikan soundtrack sebuah Game yang berjudul Devil May Cry,yang sering maen game pasti hapal game ini.

Hyde, sang vokalis, dianggap sebagai personel Laruku yang paling sukses dalam bersolo karier. Dimulai dengan peluncuran single pertamanya berjudul evergreen, ia kemudian merilis dua single lainnya, yakni angel’s tale dan Shallow Sleep yang selanjutnya dikompilasikan dalam album yang diberi judul Roentgen dan Roentgen~english ensemble~. Belum puas juga, ia kembali melemparkan dua single Hello dan HORIZON berturut-turut pada Juni dan November 2003.

Ken yang mulanya adem-adem saja akhirnya tersulut juga untuk melakukan kerja solo. Ia membentuk sebuah band yang dinamakannya Sons of All Pussys atau sering disingkat menjadi S.O.A.P. Yang menarik, dalam band tersebut, Ken kembali reuni-an dengan Sakura, eks-drummer L’Arc~en~Ciel. Bersama S.O.A.P, dari sejak Februari 2002 hingga Juli 2004, ia sudah mengeluarkan tiga mini album, di antaranya GRACE, gimme A guitar, dan high serta sebuah single yang judulnya Paradise.

Setelah vakum selama tiga tahun dengan spekulasi tentang kemungkinan bubarnya band ini, L’Arc~en~Ciel mengejutkan fans mereka dengan mengumumkan sebuah seri dari tujuh konser yang diberi judul Shibuya Seven Days, yang diikuti dengan perilisan single baru mereka. Berada di peringkat atas tangga lagu dan dipakai sebagai lagu pembuka animasi Fullmetal Alchemist,READY STEADY GOdijual di bulan Februari 2004. Mengikuti perilisan single berikutnya, L’Arc~en~Ciel kemudian merilis album yang banyak ditunggu-tunggu, SMILE, pada tanggal 31 Maret.

Laruku telah menjadi beken di seluruh negara dunia berkat ciri khas mereka,bahkan mungkin J-rock Indonesia pun terinspirasi dari mereka.Yang penting share bukan hanya fans,tapi juga sangat menyukai musik mereka,karena mereka menciptakan suatu musik yang baru dengan sentuhan mozart,rock,pop terkadang beat.Beberapa lagu yang sangat saya sukai yaitu "Drive High","Winter fall","The fourth Avenue cafe (OST samurai X)","Blurry Eyes","Dive to Blue","Niji,Sing'in the rain","Nexus 4","In the Air","Hitomi no Jyuunin","Forbidden Lover"dan yang terbaru "Chase" dan masih banyak lagi.Untuk lebih lanjut silahkan kunjungin web resmi mereka ya,atau nonton video mereka di youtube,atau download lagu-lagunya segera di google.

• • •

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

53 comments:

  1. judulnya mantap gan
    makin sip saja gan blognya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan suka juga ama musik jepang apa?

      Delete
    2. wah agan pertamax selamat yahh :D

      Delete
  2. huaaaaa...buta Nay ame lagu2 mereka, makluuum diriku lebih suka liat Vino dari pada cowok jepang, hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengerin dulu lagunya lebih bagus ketimbang indo :D

      Delete
    2. anyway emang mesti ganteng ya?wkwkwk suaranya tu loh mantap

      Delete
  3. wah pengen diajarin blogazine nih mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah mas kalo mau masuk kopizine aja :D

      Delete
  4. keknya asik yak, jepaangan yaaa. hmm perlu dikasih upil ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha asyik lah saya malah menyukai apapun yang brbau jepang :3

      Delete
  5. wah ternya sobat Randy penggemar Laruku, kirain cuman penggemar ultraman :D
    kabarnya akan konser di Indonesia bulan mei ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lah sob,ultraman itu segi shonen nya dodol -___-",ya nih pengn nonton duit kagak ada moga personel laruku liat post ini and kasih tiket gratis buat saya haahaha

      Delete
  6. busyet dah desainnya mantap abis..
    utamanya menu melingkar disamping..beh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkowkowk biasa aja mas,pengen coba yang beda

      Delete
  7. lengkap banget nih bang, tapi ngomong2 lagu jepaang mau download ah buat lomba temen saya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. download aja.ane byk sih mp3 nya malah smua lagunya ada,tapi takut kalo diupload ke 4 shared ato ke media fire di tilang SOPA ama PIPA

      Delete
  8. Replies
    1. emang pernah denger sob? o.O

      Delete
    2. Pernah dikit......hehehe....... :)

      Delete
    3. kwkwkwk dikit ya gan wkwkw dimana dengernya gan?reaksi agan?

      Delete
  9. Replies
    1. ea emang napa brow ? kurang suka ama musik jepang ya?

      Delete
  10. Mantap, mending ngeliatin nih band daripada nonton sm*sh.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tau aje lo,wkwkw sma*sh kalah jauh dari band ini ....sampe seluruh dunia termasuk amerika menyukainya loh :D

      Delete
  11. Di Forum malah udah pada ribut dari januari karena mereka mau dateng ke Indonesia hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw ya kabarnya bulan Mei ini ya brow?

      Delete
  12. wah ini pasti ngambil gambarnya pas ane udah keluar grup ini.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. gkgkgk ya ente kan dulu yang tukang gulung kabelnya #eh keceplosan wawkwkwkk

      Delete
  13. wuih perjalanan meraih kesuksesan yg panjang , penasaran sama lagunya hehe go to gole.com dulu yakk dadahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha silahkan mbah wkwkkw mantaps2 lagunya

      Delete
  14. mantap ran, di puter ya lagu request ku...wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk langsung ke youtube bang :3

      Delete
  15. Ini Band jepang yang banyak di adopsi oleh band dalam negeri. Emang mantab aksinya Sob...nice share and happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa iya kang emang mantab happy blogging too

      Delete
  16. Replies
    1. jiahhh siagan okelah selera masing 2 :P

      Delete
  17. Sumber Berita Cerita Inspirasi Motivasi Dunia Terbaru - Beritama.com2/04/2012

    mantab mas, tapi sayang saya ga pernah denger nama grup ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha masa sih mas?gugling aja pasti banyak tuh :P

      Delete
  18. saya malah belum pernah mas dengar nama band ini, maklumlah saya buka penikmat musik2 import

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mas,saya juga cuma share aja hehe kalo mas mau denger silahkan hehe

      Delete
  19. Live Mag2/04/2012

    saya cuma tahu satu lagu mereka yaitu Are You Feeling Fine. Meski saya tidak suka band2 atau boyband jepang atau korea, tapi yang satu ini lagunya memang keren. kayaknya J-rock meniru total L Arc N Ciel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang mirip banget sob ,kalo boyband ane emang kagk suka,cuma ngandelin dance tapi suara cempreng ,kalo ini mantaps coy

      Delete
  20. laruku dikit lagi ke indo mas.. asikk nontoon ah.,.

    XDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nih tapi doku kagak ada ,moga2 dikasih gratis ama laruku XD mimpi

      Delete
  21. Wow... MANTAAFFF Bangeet Sobat!!!
    Perjalanan karir Laruku yang penuh lika liku perjuangan tuh. Kisah yang mengagumkan untuk sebuah proses menuju kesuksesannya. Palagi kalo sering ditinggalkan oleh satu persatu Personelnya yg tlah mewarnai aliran musiknya gitu, emang gak mudah!!
    ^_^
    Hmm... dirmah Ayas ada lagunya cuma 4 aja, gak tau judulnya tapi Musiknya I Like it!!
    Hweehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itulah lika likunya bang sampe dia terkenal saat ini :D,wah abang ada juga ya?hemm coba disimak judulnya biar ingat :D

      Delete
  22. band ini di gawangi oleh Adjie Purbojati, yang sekarang dia sudah bangkrut dan menjadi blogger ecek-ecek. hiks ..

    ReplyDelete
  23. wkwkwk situ yang bangkrut,karena situ kan dulu tukang gulung kabel juga akwkakwkw

    ReplyDelete
  24. boyband korea ya?.wah memang bagus sebenernya,tapi ane lebih suka J-POP Mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf anda salah itukan j-rock,mgkin dibaca dulu baik2 gan

      Delete
  25. waaahhhhh komplit tenan. . . . . . :)

    ReplyDelete