10 May 2012

Iwak Belido Iwak Peyek Palembang


Ikan Belida ( Chitala Lopis Sp)

Memang Iwak Peyek

Halo sharelikers,Siapa yang gak kenal ikan yang satu ini?. Buat pencinta kuliner pempek palembang tentu gak asing lagi dengan Ikan yang satu ini.

Ya iwak belido (baca :ikan belida) atau ikan lopis ini adalah salah satu bahan baku dalam pembautan makanan khas palembang .

Ikan BELIDA ( Notopetrus Chitala lopis sp )adalah ikan berbentuk peyek (pipih) dan sangat kalem ketika dia sedang berenang dan berlenggak lenggok, #sexy banget dah.

Nama ikan ini belida dikatakan berasal dari kata be-lida(h) (artinya bersilat lidah),seperti orang-orang palembang yang lihai dalam berpantun. Ikan ini kalo bergerak selalu menunduk, jarang liat ke atas, seperti pepatah "jangan sekali kali memandang keatas tapi pandanglah yang dibawah".

Ya sesuai dengan dengan salah satu filosofi hidup saya, selalu melihat ke bawah jarang melihat ke atas sehingga saya kalo jalan suka nabrak #brukk. Saat ini saya mikir pantesan ga maju maju kali ya, aaah itu hanya pikiran saya sesaat, yang penting ada waktunya melihat ke bawah dan ada waktunya melihat ke atas. Melihat ke atas hanya kepada sang Illahi, Alloh SubhanahuWata'alla #mencoba bijak

Ikan Belida ini Berukuran sedang, panjang maksimum 100 cm dan berat rata-rata 0,5-1 kg, di alam asli bisa mencapai 2 - 4 Kg. Bentuk badannya pipih dengan kepala yang berukuran kecil dan di bagian tengkuknya terlihat bungkuk. Rahang atas letaknya jauh di belakang mata. Badan tertutup oleh sisik yang berukuran kecil. Sisik di bagian punggungnya berwarna kelabu sedangkan di bagian perutnya putih keperakan.

Pada bagian sisinya terdapat lingkaran putih seperti bola-bola hitam yang masing-masing dikelilingi lingkaran putih. Dengan bertambahnya umur hiasan tubuh ikan belida akan hilang dengan sendirinya dan diganti oleh garis-garis kehitaman, sistem reproduksi ikan ini dengan bertelur. Merupakan ikan air tawar yang bersifat predator atau pemangsa dan nokturnal (aktif pada malam hari).

Pada siang hari biasanya bersembunyi diantara vegetasi. Makanannya berupa anak-anak ikan dan udang. Tak jarang mangsanya berukuran lebih besar. Ikan belida jantan bertugas membuat sarang yang dibuatnya dari ranting dan daun, juga menjaga telur dan anak-anaknya. Ikan belida dapat menghirup udara dari atmosfir. Ikan karnivora ini hidup di kedalaman 2-3 meter di tempat-tempat gelap. Saat air sungai meluap, mereka naik ke rawa-rawa untuk kawin dan melepas telurnya di sana.

ikan belida ini biasanya suka dibuat mpek mpek atau kerupuk loh, ini resep mpek mpek nya, asal muasal dari makanan ini dari palembang indonesia, sangat terkanal di Indonesia,bahkan membuat saya yang gak suka makan ikan jadi suka makan pempek ikan ini.

Ikan ini sangat mudah dipancing dan karena tidak dilindungi Undang-undang,membuat ikan ini semakin langka #prihatin. Ikan yang penyebarannya di Indonesia ini di sumatera dan kalimantan ini sulit dibiakkan, karena sifatnya yang sulit beradaptasi,bertelur dalam jumlah relative kecil, perburuannya sebagai bahan baku pempek dan panganan lainnya serta sebagai peliharaan akuarium membuatnya semakin langka.

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

41 comments:

  1. wahh pertamax nihh.
    izin nyatap iwak belido nyee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan wekekek selamat pertamaxnya

      Delete
  2. Aidah laju kangen palembang nah aku garo-garo liat pempek tu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah2 kasian nian yang lagi dibandung neh wkwkwk balek oy maen2 kesini :P

      Delete
  3. baru tau iwak peyek itu iklan belido
    kalo di daerah ane yang terkenal ikan asin akakakak
    wah,mantap kayanya kalo ada di daerah ane XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana ada iwak asinnya ini bro,wwkkwk kalo ada pasti mahal buanggett

      Delete
  4. blm pernah denger tuh sama yang namanya ikan belido? asing banget di telinga, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh2 coba cek en ricek di google utk ngeyakinkan ehehe dijakarta emang gak ada brur

      Delete
  5. iwak peyek yah, itu berarti ikan pipih. aku taunya mah kerpuk peyek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bahasa kami pyek itu pipih bro hhe

      Delete
  6. peyek = belida. baru tau saya, hahaha ndeso :D
    hoo, kok langka yah?? tp untungnya masih dibiakkan. tp yg asli sedikit donk? yah, buat UU nya bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya langka bro hehe gak tau tuh pemerintah gak perhatian :D semoga ada pihak terkait UU yg baca post ini :D

      Delete
  7. Iyo lamakk bana... :D

    ReplyDelete
  8. loh fansnya namanya Sharelikers ya ? Baru tau saya
    kirimin saya dong mpek"nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente mau?pesen aja brow,gue buka jasa pengiriman pempek #just for serious order
      hehe ya sharelikers namanya #asal kasih nama

      Delete
  9. pempeknyo dijual dakmang? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijual nean wkwkwkw awak ditmpat kau ado wkawkwk

      Delete
  10. suka saya mas sama pempek, utamanya yang ada telor atau daging didalamnya:)

    Kapan-kapan tak kirim gratis yah :)

    #maunya...wkwkww

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahay ya bang enak banget wkwkw, maunya sih gratisan gitu ya?tapi gak ada yg gratis mas sekarang wkwkw,mahal aq aja disini jarang makan nya #sebulan untung2 sekali ada duit belinya

      Delete
  11. yang bikin unik ikan ini, siripnya lebih banyak berada dibawah,, sayang gak bisa dilestarikan atau dipelhara, takutnya makan kawan sendiri dia karena sifat predatornya,,hahahahahahaha

    trus kenapa judul postnya ada iwak peyek, ane kira iwak peyek 3 emak-emak menor tu,,hahahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwk iwak peyek karena ikan ini pipih bang hehe,bukan iwak peyek trio kucing garong ahahaha

      Delete
  12. pinter aja nii, manas2in nafsu makan orang..
    jadi pengen ngicip jg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwowk silahkan pesen dikasir sob wkwkw

      Delete
  13. jadi lapar neh, pagi-pagi lihat yang enak-enak

    ReplyDelete
  14. Aku juga pecinta kiuliner lho, tapi klo udah urusan ikan dan sea food, aku emank nggak ngerti karena nggak pernah makan :) ternyata ikan yang satu ini jago silat ya haha... tapi klo dari bentuknya yang ada bulet2 itemnya itu, aku kok kaya pernah liat ikan2 disawah yang model gitu... apa ya namanya??? lupa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ada disawah?wkwwk gak ada deh bang,ikan ini rata2 gede2 :D dan pipih, mgkin yg abang maksud ikan gabus kali yaahh?

      Delete
  15. waduuhhh hem2 enek bnget ne,,,trkhir mkan 1bln yng lalu ne,,,nti bli lg lahh,,,heheehehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk ayo2 dibeli ,sene pesen sama aku #promosi

      Delete
  16. Wah...
    Lagi ngetrend ya, iwak-iwak sekarang.
    Sampai2 Trio Macan punya lagu iwak peyek juga.
    Beh.. YPS ternyata gag mau kalah,.
    Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mau ngalahin iwak peyeknya trio macan

      Delete
  17. Huaa...jadi ngilerr..pengen mpe2... tanggung jawab lo bang :p

    Baru tau bahannye mpe2 dari iwak belida :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk slah gua Apaa??
      iya emang dari iwak belida

      Delete
  18. Waoooww...bikin laper aja...xixixi
    saya belum pernah nyobain ikan belido...jd pengen
    kyaknya enak tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo2 pesen sama saya, saya buka jasa pengiriman pempek nih bro hehe

      Delete
  19. weeeww mantap nih kapan" nyobaiin ahh..
    kbetulan desa saya deket juga ama Palembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gak pernah nyobain bro?kan orang palembang?hehe

      Delete
  20. tambah keren ajha nigh..

    Mas Randy ajarin dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ajarin apaaan XD ?? kalo mau belajar ctrl +U aja dihalaman ini ato make browser chrome,inspect element

      Delete
  21. Hmm... Ayas kok baru tau Ikan ginian neh Sob, bentuknya Unik dan lucu lagi!!!
    Bener2 Ikan Khasnya Palembang tuh, Ayas taunya cuma Pempek Palembang ajah.
    Jadi penasaran mo nyoban ikan Peyek ini deh... PAKETIN doooong!!!
    ^_^

    ReplyDelete