13 May 2012

Save The Bekantan


Monyet Bekantan

Harta Karun Alam Borneo

Sobat Yang Penting SHare pernah pergi ke dufan? hemm sayangnya saya belum pernah ahaha.Tentunya sobat tahu dengan ikon tempat hiburan dufan. Saya tahu dari mainan cindera mata yang diberi teman beberapa waktu lalu.Ya, Bekantan atau dalam nama kerennya "Nasalis larvatus" adalah sejenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis. Kalo dilihat sekilas,Monyet ini seperti monyet pada umumnya,tapi keunikannya adalah pada hidungnya yang panjang,layaknya legenda tengu dari jepang.

Ciri-ciri utama hidung panjang dan besar yang hanya ditemukan di spesies jantan. Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih tidak jelas, namun ini mungkin disebabkan oleh seleksi alam. Monyet betina lebih memilih jantan dengan hidung besar sebagai pasangannya. Karena hidungnya inilah, bekantan dikenal juga sebagai monyet Belanda #entah kenapa mungkin karena wajahnyha ituloh mirip bule wkwk . Dalam bahasa Brunei darussalam disebut bangkatan.

Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. Ukurannya dapat mencapai 75cm dengan berat mencapai 24kg. Monyet betina berukuran 60cm dengan berat 12kg. Spesies ini juga memiliki perut yang besar, sebagai hasil dari kebiasaan mengonsumsi makanannya. Selain buah-buahan dan biji-bijian, bekantan memakan aneka daun-daunan, yang menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit #mirip perut para koruptor.

beruk,bekantan

Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai di pulau Borneo (Kalimantan, Sabah, Serawak dan Brunai) seperti halnya Tomcat yang baru baru ngetrend . Spesies ini menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 monyet. Sistem sosial bekantan pada dasarnya adalah One-male group, yaitu satu kelompok terdiri dari satu jantan dewasa, beberapa betina dewasa dan anak-anaknya. Selain itu juga terdapat kelompok all-male, yang terdiri dari beberapa bekantan jantan. Jantan yang menginjak remaja akan keluar dari kelompok One-male dan bergabung dengan kelompok all-male group.

Hal itu dimungkinkan sebagai strategi bekantan untuk menghindari terjadinya inbreeding (alias kawin sedarah)#gila hewan aja beradab daripada manusia. Bekantan juga dapat berenang dengan baik, kadang-kadang terlihat berenang dari satu pulau ke pulau lain. Untuk menunjang kemampuan berenangnya, pada sela-sela jari kaki bekantan terdapat selaputnya #mirip bebek. Selain mahir berenang bekantan juga bisa menyelam dalam beberapa detik, sehingga pada hidungnya juga dilengkapi semacam katup.

Namun Kini....

beruk bekantan,endemik kalimantan

Semua Keunikan Bekantan yang merupakan maskot fauna provinsi Kalimantan Selatan diambang kepunahan. Bukan karena dijadikan maskot, ataupun juga mainan kunci #ngawur,tapi perusakan ekosistem mereka yakni hutan bakau yang berakibat hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut, serta sangat terbatasnya daerah dan populasi habitatnya, membuat banyak bekantan yang telah lari karena merasa terganggu oleh kegiatan warga sekitar, diantaranya akibat tongkang batu bara, selain karena faktor alam akibat pohon yang meranggas .

Bekantan dievaluasikan sebagai Terancam Punah di dalam IUCN Red List. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I. Dan mirisnya saat ini populasi bekantan terus berkurang dan mencapai jumlah hanya ratusan. Kita tidak tau nasib mereka nantinya, dan yang sangat di sayangkan fauna khas Asia tenggara ini gak bakal bisa dilihat oleh anak cucu kita nanti sehingga cuma jadi fatamorgana sains. So Bagaimana opini Sharelikers?

~FiN~

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

49 comments:

  1. Akibat dari perburuan liar dan juga pembabatan hutan ilegal. Dua faktor yang membuat sebuah habitat menjadi rusak dan akibatnya akan terjadi pada spesies yang ada di dalamnya. Mari selamatkan monyet Bekantan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget dan itu dia masalahnya,gimana caranya agar bsa selamat kalo manusia terlalu serakah mengambil rumah mereka ?

      Delete
    2. Rand monyetnya mirip ya.... Sama Fahmi? :) Ckckckckckc Piss maf fahmi kalau kamu baca nie? :)

      Delete
    3. Bener mas ane dukung ...

      Delete
  2. byuhhh gila itu hidung atau pisang?
    hak hak hak

    ReplyDelete
  3. hidungnya kaya roti nanas, kwkwkwkw.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini malah laen lagi XD roti nanas wkwkw pikirannya makan mulu nih naspard ama fahmi wowkowk

      Delete
  4. Yap memang harus di jaga kelestariannya, apalagi sisanya tinggal ratusan, kasian anak cucu kita gk bisa liat nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul banget sob mesti kita jaga dan lestarikan

      Delete
  5. bonyet bisa berenang ?? baru tau, biasanya monyet itu paling takut sama air, bekantan ini malah bisa berenang ke pulau lain,, bukaaaaan main ,,, ck ck ck ck

    wajib di dilestarikan ni :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang bisa renang antar pulau malah weeh hebat kan?

      Delete
  6. Waw... Bener2 Monyet yang unik berbulu KereN kayak BULE, berhidung GEDE sebagai ciri khasnya, bisa berenang, bisa Nyelam, hidup berkelompok, dan yang bikin salut neh kalo udah Dewasa bisa pindah ke Kelompok Para Jantan!!!

    Ck... Ck... Ck... Monyet aja udah ngerti Gak bole kawin sedarah gitu!!
    ....

    Hmm... BAHAYA BANGET tuh kalo sampek PUNAH Sob, udah di incer ama Pemburu tuh!!!
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iaaa bang bahaya bangett nih monyet amat uniq,kan sayang kalo sampe punah hehe,tuh pemburu yg dibawah keknya minta dijitak deh wakwkwkw

      Delete
  7. wew hidung'nya panjang banget ya gede lagi wkwkwkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan wkwkwk gede kek pisang wkwkwkw

      Delete
    2. MUngkin kayak hidungnya randy? :) Hehehehehe PIssss

      Delete
  8. he,,he,, mantap mas bro, seperti yang pernah aku posting tentang kampoengku yaitu mutiara yang tersembunyi, disitu aku katakan bahwa indonesia gak perlu untuk berlomba-lomba tuk saingan produksi industri dengan negara lain, yang perlu adalah saingan produksi pariwisata, wong alam kita kaya, nah klo gitu otooooomatiiiss keunikan alam yang kayak gini harus dijaga dan dilestarikan mas bro, iya gak! he,,he,, btw aku salut deh sama bekantan, mereka punya trik biar gak kawin sedarah eh klo kita sembarang aja diembat nanti dah didepan ortu baru tau bahwa itu sepupu he,,he,, mantrappp! Harus ngikutin trik bekantan tetapi bukan bergelantungan dipohon, wkwkwkwk pake cara sesuai dengan cara manusia aja deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups benar banget bang wkwkwwk, Subhanallah aja deh,semua ciptaaan Nya itu semuanya unik unik dan tak ada satupun yg mampu manusia tandingin ,makanya mesti kita lestarikan seblum mereka punah,betul ga?

      Delete
  9. Ternyata monyet ada yang mancung juga ya. xixixiixi baru tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwokw itu kelewat mancung dy wwkwkw

      Delete
  10. Bekantan = Baboon ? Hehe hidungnya mirip squid ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak lah bang beda jauh,kalo babon itu hidupnya di hutan afrika ama amazone ,dan buas and makan daging lah kalo ini?cuma makan pisang wkwkwk

      Delete
  11. Sangat di sayangkan sekali nih mas jika bekantan punah, karena itu kekayaan alam Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups mif,sayang banget kalo sampe punah ya kan??

      Delete
  12. weehh idung nya gede gitu ya rand haaa.., orang utan juga sudah mulai terancam punah sekarang bekantan ini juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bang kalo orang utan sampe sekarang juga masih terancanm,dan ini juga nambah daftar panjang antrian hewan2 yg bakal punah :'(

      Delete
  13. hukum alam pasti-lah berlaku..namun kita jangan menyerah kepada hukum alam..karena manusia punya kemampuan untuk mengatasi-nya...ayo save bekantan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang hukum rimba itu berlaku,tapi karena keserakahan manusia lah yang membuat hukum itu tak berlaku

      Delete
  14. Iya tuh unik bgt emang nih primata, apalagi hidungnya tuh. Mungkin nih hewan banyak diburu untuk diteliti kenapa hidungnya bisa gitu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cuma diteliti kan gak mesti dibabat abis tuh keturunannya,emang mudah apa bikinnya?wkwwkw apa lu yg mau di kawin silang by?wwkwkw peacee :P

      Delete
  15. waauuu mksih ne infonyaa,,,mirip tu yng di atas pohon ma??????bkan mirip q lo,,wahahahah

    ReplyDelete
  16. dulu orng utan,, skrng bekanteenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar apa lagi?blogazine kah?wakwkw

      Delete
  17. bekantan = baboon ? hehe hidungnya gede bgt kaya squid ..

    ReplyDelete
  18. hidungnya mancung banget sob..
    Tapi sayang habitatnya udah termasuk langka ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wowkwokw ya bro habitatnya udah mulai abis gara2 keserakahan manusia

      Delete
  19. wah suaranaya gimana yah klo widungnya kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm gimana ya?bayangin aja dah bang wkwkw

      Delete
  20. ahhahahaha... gambar yang terakhir sepertinya fotomu yah :)) *yang idunya panjang loh bukan yang megang senjata* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wanjrittt bukannya mirip kamu?wkawwkwkw

      Delete
  21. ane tinggal dikalimantan tp jujur gg pernah liat bekantan secara langsung....hehhe,saya setuju dengan postnya untuk menjaga bekantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh2 koq gak tau ada bekantan dikalimantan sehh @_@ oke deh dukung aja yahh hehe

      Delete
  22. hehehe ^^
    saya juga turut prihatin karena ini merupakan salah satu bab yang dibahas di mata pelajaranku
    #hiks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwwk jgn sedih gan tar kita bikin lagi #versi animasi aja wkwkw piss,semestinya generasi muda juga menyadari kekayaan alam ini tapi banyak yg terlena :P eaaaa

      Delete
  23. Ane sebagai orang Banjarmasin juga prihatin gan. Sekarang Bekantan yang punya idung kayak pinokio udah jarang ada. Kalau pun ada yang banyak sisa di pulau Kambang. Itupun tetap tak sebanyak dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,sekarang udah mulai langka :D

      Delete