15 Nov 2012

Gak bosen jadi Follower ?

Gak Bosen Apa Jadi Follower?

Follower, mendengar kata itu tentunya sobat langsung tanpa mencari di google terjemahan atau kamus memikirkan arti kata itu adalah sebagai pengikut. Kata Follower memang menjadi familiar karena kehadiran jejaring sosial Twitter dan juga Blogger. Kalau di twitter biasanya orang yang baru dikenal kemudian memfollow lalu kemudian minta di follback, dengan berbagai cara, apalagi di blogger, bahkan ada yang sampai ngemis-ngemis minta di follow. Itulah salah satu fenomenanya, saya pun dulu menjadi bagian dari itu hingga kini hehe.

Sebenarnya apa sih makna dan keuntungan menjadi follower atau juga punya banyak follower?. Menurut kamus Oxford, follower itu artinya "a group of enthusiasts" atau bisa disebut juga Fans, atau sekumpulan penggemar atau memiliki ketertarikan terhadap sesuatu. Menjadi seorang follower di dunia blog serta jejaring sosial twitter membantu kita mendapatkan update terkini dari orang yang kita follow. Dan mempunyai banyak follower artinya banyak penggemar. Seorang follower tentu menyetujui serta mengakui apa yang dia gemari itu adalah baik untuknya.

Eitss, tapi tunggu dulu, yang akan saya bahas disini bukan menjadi follower dengan cara menekan tombol follow, tapi yang akan saya bahas di post ini adalah, kebiasaan "follower" yang sudah stadium akhir yang selalu mengimitasi apa yang dilakukan oleh si trendsetternya.

Contohnya follower atau fans dari artis terkenal seperti PSY gangnam style yang ngetrend baru baru ini serta boyband atau juga girlband Korea. Alhasil para fans atau follower tadi akan mengikuti apapun gaya dari sang trendsetter mereka, mulai dari gaya berbicara, gaya berbusana, gaya rambut hingga aksesories dan gaya hidup mereka menjadi pusat imitasi mereka.

Apa ruginya trendsetter?.Kegiatan "meniru" ini sebenarnya tidak bakal merugikan sang trendsetter alias yang difollow karena toh sang trendsetter di tiru dan diimitasi karena memang dia unik dan pantas di imitasi. Justru yang kasihan adalah sang follower.

Follower akut bisa dibilang fanatik akan kehilangan percaya diri, krisis mental serta menjadi tidak kreatif sehingga tidak mempunyai ciri khas pribadi karena selalu senang mengimitasi sang trendsetternya.

Yups, balik lagi ke masalah blogger. Setiap blog sejatinya mencerminkan kepribadian dan ciri khas dari sang authornya. Jika authornya adalah seorang follower narsis yang ingin mendapat pujian serta pengakuan dari publik dengan cara mengimitasi sang trendsetternya, maka itu sangat mustahil.

Menjadi follower memang menjadi salah satu bagian dari siklus dalam pencarian jati diri serta ciri khas pribadi masing-masing author blog. Akan tetapi Jika kita terus menerus menjadi follower maka kerugian materi dan waktu saja yang kita dapatkan. Bagaimana nasib follower blogger akut?. Dia akan krisis percaya diri, membuang-buang waktu dengan plagiat dari blog-blog trendsetternya, hingga akhirnya dia akan bosan sendiri terpuruk tanpa arah. Dan terkadang tidak semua yang dia imitasi itu baik bagi dirinya. Kasihan sekali bukan?. So masih inginkah menjadi follower?. Cepat lewati masa masa sebagai follower dan jadilah seorang trendsetter atau pionir dalam hal apapun dalam hidupmu.

---THE END---

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

22 comments:

  1. tak selamanya trendsetter itu memberikan efek negatif bagi para follower :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho betul banget, tapi semestinya yg follower mesti sadar diri :v , baca deh maksud dari tulisan saya itu :v

      Delete
  2. waduh,kirain psynya gangnam style mas XD
    memang ada negatifnya tapi ada juga positifnya :D

    maaf mas baru mampir lagi ke sini,setelah sekian lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya ada positif dan negatif, ya gapapa saya juga sekarang jarang mampir2 hehe

      Delete
  3. Selam yang kita follow itu bermanfaat buat kita, mungkin kita gak bakal bosan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup2 wah ternyata gak disangka ada pendatang baru nih hehe salam kenal yaa

      Delete
  4. eaaak jadi maksud postingan ini adalah itu tuuh para plagiat yahh suruh berhenti niru, kasihan tahu dirinya sendiri. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOLS emang nih post buat nyindir haha, tapi dengan cara halus gitu :v

      Delete
  5. Setubuh, eh salah deng, setujuh! :))
    Btw, apa kabar lo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaha baek brow, tapi agak capek niy gara2 PPL dan lembur di kursusan, elu apa kabar?

      Delete
  6. hahahhai....yah klo nge follow blog ini seh gpp saya bisa banyak blajar n cari inspirasi buat nulis yah intinya blajar buat nulis lah, toh saya kan newbie eheheheh

    ngemeng-ngemeng nge follow alias ngikutin gaya sesorang itu sbnrenya sih bagus tp tergantung apa yg diikutin,,,kerja kerasnya, smangat kerja keras nya, tp sbnrnya lebih bagus lg "BE YOUR SELF" dengan sgala kekurangan dan kelebihan kita apa adanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yepp dengan menjadi be your self semua itu bisa teratasi hehe, wah2 merendah padahal dewa SEO wkakwwk

      Delete
  7. wah klo post ini aku kena deh, he,,he,, karena untuk sementara mencari ciri khas diri sendiri masih dalam tahap peniruan para trendsetter yang aku suka, seperti seorang bayi awalnya dia hanya meniru orang tuanya untuk menemukan jati dirinya sendiri! He,,he,, tapi yang jadi masalah jika kita meniru selamanya tanpa ada usaha untuk menjadi diri sendiri! Mantap neh postnya sob!

    ReplyDelete
  8. Mas bro! ada gak tutorial buat css target di blog nie? Pengen belajar buat neh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bang saya gak lagi bikin tutorial oke saya jelasin dsni, css target itu intinya adalah penggunaan :target pada valuenya, sama dengan css before after, tapi tidak ada content:"" gitu
      misal
      #footer {width:0px;height:0px;overflow:hidden}
      #footer:target{width:500px;height:200px;overflow:hidden}
      nah ketika kita bikin linknya jgn lupa menggunakan ketika kita klik itu linknya maka footernya akan berubah sesuai id dengan tambahan :target tsb

      Delete
    2. Ow, sip2, makasih mas bro, ane copy dulu sekaligus dipelajari dengan yang ada di blognya fahmi, td sambil nunggu cari-cari eh dapat di blognya fahmi, udah dibuat sih tapi cuma sekedar buat belum tau fungsinya, mungkin dgn sedikit penjalasan itu bisa menjelaskan apa yang aku cari, oke, sekali lagi makasih neh mas bro!

      Delete
  9. follower, sifat temen sy dulu mas haha, imitasi dari sikap temen satu kelas yg lain haha parah xD

    warnanya keren yah, bisa nyatu :)

    ReplyDelete
  10. sekedar mampir sambi meramaikan blog ini :)

    ReplyDelete
  11. maaf bang.. baru datang lagi nih.. izin menyimak dulu yee....

    ReplyDelete
  12. nyimak bentar ya bank sambil minum kopi

    ReplyDelete
  13. fungsi follow kalo di blogger buat bisa pertamax di blog orang .. hehe .. :)
    #piss ..

    ReplyDelete