5 May 2013

Branding !

Apa itu Branding ?branding,desain dan logo brand

Apa sih branding itu? pertama kita bahas dulu apa itu brand. Hal ini sering terlupakan tapi sebetulnya tidak asing lagi dalam kehidupan manusia dizaman serba modern ini, Demi tuhaaaannn #teriak aryawiguna. Lihat saja disekeliling anda saat ini, bungkus rokok, bungkus makanan ringan, kopi, televisi, komputer/laptop, sikat gigi, parfum,obat nyamuk, kartu sim card, handphone, merk mobil bahkan kolor pun punya brand/merk masing-masing. Apakah brand atau merk masing-masing produk itu sama? adakah keunikan nama, logo serta keunggulan dari branding produsen produk itu masing-masing?

Masih belum jelas apa itu brand? Begini, coba sobat perhatikan, pernahkah anda pergi ke warung dan melihat donat yang dijual di situ? Berapa harganya? Dengan Rp 1000 anda bisa mendapatkan 1 potong donat. Bagaimana dengan Dunkin Donut atau J-Co? Rp 6000 kalau tidak salah, sekitar itulah. Tapi kenapa donat yang lebih mahal itu malah banyak digandrungi daripada donat yang ada diwarung-warung. Nah itulah yang dinamakan brand. Perusahaan J.co atau juga Dunkin Donut menggunakan logo unik yang mereperesentasikan produknya dan menawarkan donat berasa lebih mewah daripada donat yang ada diwarung-warung atau pasaran.

Brand atau Branding?

brand, blog branding

Masih banyak diantara kita yang sulit membedakan arti dari kedua kata diatas. Brand bisa dibilang "merk" dari suatu produk. Brand berasal dari bahasa skandinavia "Brandr" yang berarti membakar. Brand secara etimologi bisa diartikan sebagai persepsi pengalaman, harapan, terhadap suatu produk, jasa, pengalaman baik secara personal ataupun juga organisasi dari berbagai atribut baik secara nyata ataupun tidak nyata yang disimbolisasikan dalam merk dagang yang memberi pengaruh. Contoh nyata dari brand itu misalnya produk mobil menggunakan brand "Daihatsu", atau juga odol yang identik dengan "Pepsodent", sabun dengan "LUX", atau motor dengan merk "HONDA".

Sedangkan branding adalah usaha atau proses yang dilakukan secara kontinyu agar "merk" tersebut dikenali dan mendunia serta sesuai dengan sasaran yang hendak dicapai dalam rangka membesarkan nama "merk" tersebut. Apa saja branding tersebut? ada berbagai langkah yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan branding suatu produk sehingga produk itu bisa dikenal oleh orang awam dan menjadi familiar bagi mereka sehingga meningkatkan jumlah penawaran serta rating dari produk tersebut. Branding dapat menaikkan citra dari produk tersebut sehingga mempunyai nilai "lebih" dibanding dengan produk yang tidak di branding.

Strategi Branding

Perlu diketahui oleh kita, produk yang dibranding tidak hanya produk yang ada didunia nyata, tapi juga yang ada didunia maya, contohnya website serta blog. Branding menjadi sangat penting untuk memberi identitas terhadap produk atau jasa yang diberikan serta mengutamakan konsistensi sehingga brand atau merk yang diusung menjadi familiar bagi para konsumen. Tidak percaya, lihat saja Google, yahoo, facebook dan twitter yang menjadi contoh branding didunia maya. Siapa sih yang tidak tau dengan logo mereka masing-masing? Untuk konten serta keunggulan masing-masing tentu sudah menjadi rahasia umum bukan? Begitulah kira-kira proses branding berjalan.

Oke, tanpa cas-cis-cus yang berlama-lama ada beberapa strategi branding yang bisa kita gunakan, baik untuk meningkatkan rating brand produk kita yang nyata, atau juga dalam bentuk jasa atau website dalam dunia maya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Ciptakan merk

Jika anda baru akan memulai suatu usaha atau menjual suatu produk atau jasa, anda tentu harus menentukan nama merk yang tepat yang merepresentasikan produk anda dan tidak "memplagiat" nama orang lain. Ciptakan merk yang gampang diingat dan akrab bagi orang-orang. Mengapa begitu penting? Karena selain sebagai identitas produk, brand juga akan menumbuhkan loyalitas konsumen. Biasanya bila seseorang sudah cocok dan akrab dengan suatu brand, dia tidak akan mudah berpaling pada brand lain. Selain itu, bagi sebagian orang, brand juga seringkali dianggap sebagai identitas dirinya.

Contohnya saja, bagi kita orang awam , ketika kita bicara tentang mesin pencari di internet tentu sudah akrab dengan google, odol dengan merk pepsodent, hape dengan merk nokia, motor dengan nama honda, obat nyamuk dengan baygon, yah walaupun sekarang sudah banyak bertebaran merk-merk lain sebagai saingan, tapi tetap saja nama itu terdengar familiar bukan?

Simpel dan Bermakna

Brand asing atau pun yang terkesan asing. Namun, tak berarti nama-nama yang terkesan lokal juga tak dilirik, lho. Terpenting, pilihlah nama yang simpel, agar mudah diucapkan dan diingat. Selain itu, ada baiknya memilih nama brand yang memiliki arti tertentu. Bila tak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan nama Anda menjadi nama brand, seperti yang dilakukan brand-brand ternama. Yang terpenting adalah konsistensi dengan nama brand tersebut. Seperti yang sedang saya lakukan selama kurang lebih 4 tahun ini dengan nama "Yang penting Share! " ini. Nama ini terkesan aneh, tapi menurut saya gampang diingat. Cotnoh lainnya adalah nama facebook, Blogger, Wordpress, Toko Bagus, Kaskus dan sebagainya. Gampang diingat serta kontentnya mempunyai keunikan masing-masing.

Desain Logo

Logo dapat membantu brand yang Anda ciptakan terkesan lebih mewah dan istimewa. Dengan logo, Anda dapat membentuk sebuah komunikasi melalui tanda yang mudah dimengerti dan diingat oleh setiap orang tanpa batasan bahasa. Inilah yang nantinya akan menjadi identitas produk Anda. Logo membuat produk anda mudah diingat dan mudah dikenali. Logo yang unik membuat produk anda mudah dikenali. Tapi tetap, logo dan bentuk produk mesti bersesuaian. Gak mungkin kan produknya mobil tapi berlogo motor? Logo gak mesti rumit, tapi simpel dan penuh makna seperti logo Facebook, Twitter, Google, Nike, Adidas, Toyota, Apple serta Yang Penting Share hehe.

Target Konsumen

Anda tentu tidak tahu dibalik merk-merk terkenal saat ini mereka membangun dari level terbawah. Kenapa mereka bisa sukses? karena mereka bisa menentukan siapa target konsumen mereka dengan baik. Dengan demikian mereka terus melakukan proses branding yang mempunyai sasaran yang jelas sehingga mereka bisa membangun citra brand mereka dengan baik.

Kebanyakan dari kita, ingin membangun suatu brand sering salah sasaran. Inginnya sasarannya kelas menengah keatas tetapi kualitas yang dimiliki oleh jasa atau produk kita tidak sesuai. Seringkali kita terjebak ingin memuaskan klien yang mewah, sekaligus ingin melayani klien yang ekonomis dengan harga menengah. Kita harus realistis dalam hal menentukan target tersebut, dan tetap kita harus konsisten. Dalam dunia maya, semisal toko online, kita juga mesti realistis. Jika target kita adalah pasar dalam negeri maka kita harus benar-benar menargetkan dan isi serta penjelasan-penjelasan dalam website tersebut harus menguatkan tujuan kita.

Promosi

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah membangun brand kita dengan segenap promosi yang bisa membantu publik mengenal produk atau jasa kita lebih familiar. Untuk promosi ada beberapa tips yang bisa kita lakukan diantaranya :

  • Promosi dengan menggunakan versi trial, atau sample, atau gratis souvenir atau barang lainnya setelah membeli beberapa produk atau menggunakan beberapa kali jasa tersebut
  • Membonceng ketenaran, bisa jadi ikut berpatisipasi dalam event sosial,pameran, menggunakan ketenaran pesohor seperti artis atau juga public figure lainnya
  • Kenalkan produk anda secara konsisten dan transparan, keunggulan dari produk anda dibanding yang lainnya.
  • Manfaatkan media, seperti dunia online, blog, buat website, promosikan dengan iklan, brosur serta dari mulut kemulut
  • Ikutlah program afiliasi atau kerja sama dengan produk atau brand lain yang sudah lebih dahulu terkenal sehingga bisa mendongkrak rating produk anda
  • Tingkatkan kualitas produk atau layanan jasa, Bangun Kepercayaan, dan konsisten dengan brand yang dibangun.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, jika anda seorang blogger, analogikan saja kata produk dengan "blog" anda, sudah adakah merknya?logonya?terus sudah konsisten kah dengan nichenya?Nah kalau belum yuk branding blogmu agar blogmu lebih terkenal lagi dari eyang subur #eh

Sumber Bacaan :

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

14 comments:

  1. testing dulu maap yah bang :3

    ReplyDelete
  2. kalau blogku gimana ya dengan nichenya..? sesuaikah dengan kontennya? kalau logo itu bagiku sudah keharusan, karena setiap orang melihat logo iini pasti dia sudah bisa menebak blog siapa itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah2 gak baca yah sampe abis zin? kan sudah ada di tips terakhir perlunya konsistensi :)

      Delete
    2. kalau blogmu? hemmm itu kembali pada author masing2 tapi yg sin1aja dulu itu sudah bagus koq sdah konsisten dengan tutorial

      Delete
  3. mantaf deh postingan nya .. kunjungan malam sobat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah2 seneng sekali nih blog q selalu divisit oleh mas satu ini hehe

      Delete
  4. blog ku bingung mau diapain lagi, insyallah sudah bisa ngalahin eyang subur. wahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha berarti blog mu mau ngalahin branding eyang subur ya?

      Delete
    2. ok sipp moga2 bisa ngalahin eyang subur, blognya beristri 10 wkwkwwk aminn

      Delete
  5. saya coba sedikit sedikit mas, thanks tulisannya :)
    saya suka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn nanggung banyak2 juga enggak apa apa hehe seep sama2

      Delete