29 May 2012

Mengenang Abiem Ngesti

abiem ngesti

Abiem Ngesti

Masih ingatkah anda dengan foto disamping?. Yang jelas itu bukan foto saya ,admin Yang Penting Share,karena saya lebih ganteng dari foto itu #pedeabis. ingatkah anda pelantun lirik "tak Kenal maka nya tak sayang,tak sayang makanya tak cinta?". Itulah sepenggal lirik dari penyanyi legenda dangdut-rock Indonesia yang melantunkan lagu "pangeran dangdut" ini?. Mungkin tak sedikit dari kita yang masih merindukan suara emasnya yang rock n roll. Ya , Abiem Ngesti atau yang dikenal dengan nama "Pangeran dangdut" ini sempat menjadi idola bagi dunia musik Indonesia, termasuk idola saya waktu kecil dulu. Album albumnya yang "dahsyat" mampu merubah persepsi orang tentang musik dangdut.

Musik dangdut yang sebelumnya tidak direkomendasikan pemerintah, karena meniru-niru budaya India dan Timur Tengah. Berkat bakat dan suara Rock yang dimilikinya, Abiem dengan dorongan sang ayah sebagai pencipta lagu-lagunya itu meroket dan mengubah persepsi orang tentang dangdut. Bahkan dia bisa mengkolaborasikan musik rock,hip-hop,melow dalam satu kesatuan dangdut yang sangat fenomenal. Dan saat itulah, sang Superstar ini muncul dan meroket.

Abiem Ngesti, pelantun lagu ‘Pangeran Dangdut’ (dirilis 1992) merupakan satu2nya penyanyi anak2 yang kariernya "terus terang" meniti kariernya lewat jalur dangdut, dan sempat ngetop sebagai penyanyi dangdut remaja dengan album album selanjutnya, antara lain ‘Kugenggam dunia’ dan ‘Dahsyat’ (1995) sebagai penutup karirnya diusia yang sangat muda . Bagaimana kisah hidupnya? [Baca selanjutnya]

Album Minggu Kita dapat dikatakan sebagai program televisi paling fenomenal tahun 90-an. Diantara kita generasi kelahiran 90-an tentu mengenal sebuah program acara ini, yaitu acara yang rutin ditayangkan TVRI setiap hari minggu jam sepuluh pagi.

Begitu popular pada masa itu dengan kondisi pertelevisian Indonesia masih satu saluran dan belum menjamurnya tv swasta dan lokal. Karena saat itu acara televisi sangat terbatas, sehingga ketika ada yang fenomenal dapat menggegap gempita di seantero daerah Nusantara yang tertangkap saluran TVRI.

Abiem Ngesti adalah bintangnya. Seorang penyanyi cilik dengan stelan Rock n Roll memegang gitar berdendang, ‘Akulah pangeran dangdut yang akan… Dengan suara tinggi khas anak kecil lagunya ‘pangeran Dangdut’ menghipnotis penggemar dangdut yang merata di kalangan menengah ke bawah.

Music dangdut yang sebelumnya tidak direkomendasikan pemerintah, karena meniru-niru budaya India dan Timur Tengah. Tapi berkat kepiawaian Rhoma Irama yang berhasil merevolusi orkes melayu sehingga warna music yang kemudian dikenal Dangdut menjadi music alternative di tengah-tengah dominasi music Rock ke segenap penjuru dunia.

Album pertama “Pangeran Dangdut” berhasil membludak. Sehingga ayahandanya, Wiwien Ngesti bisa membeli mobil baru dari royalty album pertama ini. Melanjutkan kesuksesan album pertama, launcing album kedua,"Ini Dangdut".

Saat itu, disamping music Dangdut, masyarakat Indonesia pun sedang mengalami demam (trend) music Melayu aliran slow Rock. Maka peluang ini dilirik juga oleh produser yang mengorbitkan penyanyi kelahiran Kudus ini. Munculah album ketiga dengan aliran berbeda dari sebelumnya, album "Kugenggam Dunia". Pembuatan video klip lagu ini featuring Poppy Mercury, penyanyi tenar dengan lagu Surat Undangan dan Antara Jakarta dan Penang yang saat sama-sama ngetop pada jenis musiknya masing-masing.

Saat bebarapa wilayah Indonesia terkena gempa, lahirlah album keempat berjudul "Gempa". Album kelima, ia berduet dengan Erie Suzan dengan lagu "Ini Jaman Uang". Album keenam, "Astaghfirullah".

Melanjutkan kesuksesan album slow Rock, keluarlah album "Leila" besutan Wiwien Ngesti. Lagu Sonia. Selanjutnya ia berkreasi karya sendiri dalam lagu "Gadis Baliku" yang memadukan music Dangdut dengan Rap dengan introducing "Ole ole ole" dimana saat itu sedang gempita Piala Dunia.

Album kesembilan, "Dahsyat" rupanya sebagai album terakhir Abiem Ngesti. Berdasarkan penuturan Azhar Gunawan yang menangani pembuatan video klip lagu Dahsyat di Pantai Palabuan Ratu bahwa "Abiem betul-betul habis-habisan, meski syuting tepat di tepi jurang, Abiem tak menunjukkan rasa takut.” Dikatakan saat itu Abiem disebutkan seolah memberi isyarat ingin pamit pada penggemarnya dengan menampilkan video klip yang "sempurna".

[Baca selanjutnya]

Namun,tepat 35 hari setelah Album "dahsyat" launching , Sabtu, 19 Agustus 1995, sekitar pukul 03.30 WIB, kecelakaan merenggut nyawa Pangeran Dangdut yang belum sempat disematnya. Jalan tol Jakarta-Cikampek menjadi saksi akhir hidup dari sang bintang menghembuskan nafasnya bersama ibu, adiknya, serta sepupunya.

Menurut surat laporan Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Jakarta-Cikampek, kecelakaan tragis tersebut terjadi akibat Suzuki Carry H8207E yang dikemudikan paman korban, Kaswito, menabrak bagian belakang truk gandengan Mitsubishi yang sedang parkir di tempat istirahat kilometer 42 tol Jakarta-Cikampek. Sehingga, bagian depan mobil Carry melesak ke dalam, sedangkan truk gandengan patah tak bisa jalan.

Ayahanda korban, Wiwien Ngesti, yang tak ikut dalam mobil tersebut sangat terpukul menghadapi kejadian ini. Di kamar perawatan putrinya, Maharani, ia sempat pingsan dan beberapa kali menyebut nama-nama orang yang disayanginya sambil menangis, “Maaf Mas, jangan Tanya macam-macam dahulu pada saya. Itu akan mengingatkan saya pada korban,” ujar Wiwien kepada Citra dengan suara parau.

"Yang penting tolong beritakan permintaan maaf Abiem Ngesti dan keluarga kepada masyarakat penggemarnya," tambah Wiwien.

Menurut salah satu sanak saudara keluarga Ngesti, pada saat korban akan menuju Kudus, Wiwien sebenarnya sudah meminta kepada mereka agar kalau pulang ke Jakarta naik pesawat saja. Tetapi apa mau dikata, takdir sudah menentukan lain. Hal itulah yang selalu disesali Wiwien.

Meski julukan Pangeran Dangdut belum betul-betul disematnya secara luas, tapi di hati penggemarnya Sang Pangeran Dangdut bersemayam penuh takzim selamanya.

[Baca selanjutnya]

Abiem Ngesti yang pernah mendapat penghargaan HDX Award lewat lagu Pangeran Dangdut, menurut orang-orang terdekatnya, merupakan penyanyi yang enerjik dan gampang diajak bekerjasama. "Abiem itu bagai kutu loncat, disuruh akting apa saja mau dan berani". Ujar Azhar Gunawan yang selalu menangani pembuatan video klip Abiem.

Keunikan dari vokal abiem serta aksi panggung yang tidak dimiliki setiap penyanyi dangdut saat itu yang memperkenalkan kepadaku bagaimana asiknya musik dangdut. Sejak kepergiannya, hingga kini,lagu-lagunya tetap abadi di benak para fansnya ,bahkan hingga kini kaset-kasetnya yang langka masih diburu para penikmat lagu-lagu "dahsyatnya".

Abiem juga memiliki keunikan disetiap lagu-lagunya. Tak melulu dangdut ,dia punya konsep membaurkan dangdut dan rock,dangdut dan pop atau juga dangdut dan rap sehingga punya warna musik tersendiri . Dan tidak lupa,disetiap lagu yang dibawakannya tersirat pesan dakwah untuk umat manusia. hal ini sudah jarang kita temui saat ini ,lagu dangdut yang sekarang hanya mengandalkan tubuh molek ,wajah cantik meski suara pas-pasan,sehingga dangdut di anggap kampungan. Padahal, dangdut di zaman dahulu adalah salah satu media dakwah kebaikan yang dinikmati setiap lapisan masyarakat

Mungkin sudah takdirnya ,di puncak karirnya sang "pangeran dangdut" dipanggil dahulu oleh yang Maha kuasa. Hal ini bukan lah pertama kali, tentu kita masih ingat (bagi yang sudah lahir saat itu) tentang Nike Ardilla, Poppy Mercury , Andry liany, serta galang Rambu Anarki (anak iwan fals) dan yang baru baru ini Alda Risma yang saat itu masih sangat muda dan berada dipuncak karirnya,tiba -tiba meninggal karena kecelakaan ataupun gaya hidup yang salah.

Selamat jalan Abiem,post ini untuk mengenangmu, penyanyi idola ku waktu kecil. Engkaulah yang memperkenalkan dan mengubah persepsi musik dangdut yang kampungan menjadi modern. Semoga engkau tenang selalu disisinya.





  • Pangeran Dangdut (1992)
    1. Pangeran Dangdut
    2. Sang Juara
    3. Bukan Tanda Jasa
    4. Patuhi Peraturan
    5. Tante Yuli
    6. Banjir
    7. Ogah Mati
    8. Perang Lokal
    9. Renungkan
    10. Bebas Bercita-Cita
    11. Jarum Narkotika
    12. Ini Dangdut
  • Ini Dangdut
    1. Ini Dangdut
    2. Sang Juara
    3. Sadarlah
    4. Patuhi Peraturan
    5. Jakarta
    6. Perang Lokal
    7. Mohon Pamit
    8. Renungkan
    9. Mimpi
    10. Jarum Narkotika
  • Kugenggam Dunia (1993)
    1. Kugenggam Dunia Ft. Poppy Mercury
    2. Kugenggam Dunia Unduh
    3. Selamat Jalan Ibunda
    4. Mandiri
    5. Tirai Kehidupan
    6. Bunga Cinta Pertiwi
    7. Menggapai Cita-Cita
    8. Laura Da Costa
    9. Prestasi
    10. Aku Malu
    11. Suci Dalam Debu
    12. Leila
    13. Sang Juara
  • Gempa
    1. Gempa
    2. Rocker Dangdut
    3. Pengamen Kecil
    4. Satria Indonesia
    5. Mari Mengejar Cita
    6. Persatuan
    7. Musibah
    8. Akan Kuingat
    9. Air Susu Ibu
    10. Mari Bersatu Unduh
  • Ini Jaman Uang
    1. Ini Jaman Uang- Voc. Abiem Ngesti feat. Erie Susan
    2. Bukan Tanda Jasa- Voc. Abiem Ngesti
    3. Sunyi (Semuanya Rindu)- Voc. Erie Susan
    4. Metropolitan Radio Dangdut – Voc. Erie Susan
    5. Sang Juara, - Voc. Abiem Ngesti
    6. Janji Jono – Voc. Erie Susan
    7. Begini Begitu Tidak Boleh – Voc. Erie Susan
    8. Banjir – Voc. Abiem Ngesti
  • Astaghfirullah
    1. Astaghfirullah
    2. Selangit
    3. Bandar Dangdut
    4. Dangdut Sekarang
    5. Persatuan Bangsa
    6. Ribut (Kejolak Pelajar)
    7. Bayang-bayang Hitam
    8. Sebatang Kara
    9. Sandiwara
  • Leila
    1. Leila
    2. Bila Burung Camar Kembali ke Sarangnya
    3. Cinta Anak Rantau
    4. Lagu Untuk Diana
    5. Di Hati Ada Kamu Unduh
    6. Kugapai Bintang
    7. Semut Api Unduh
    8. Seiring Langkah Unduh
    9. Kan Kuraih Cintamu Unduh
  • Sonia
    1. Sonia
    2. Potret Hitam Putih
    3. Mana Mungkin
    4. Tangis Palsu
    5. Demi Persatuan Bangsa
    6. Terhina
    7. Gadis-Gadis Genit
    8. Mentari
    9. Bulan Pun Tersenyum
    10. Rekayasa Cinta
  • Gadis Baliku(kompilasi)
    1. Gadis Baliku(kompilasi -voc Abiem ngesti
    2. Rindu Lagi-voc Abiem ngesti
    3. Satu Idola-voc Abiem ngesti
    4. Ini Rindu– Voc. Farid Harja ft. Lucky Resha
    5. Singkong dan Keju– Voc. Ari Wibowo, Arie Wibowo
    6. Romantika di Amor– Voc. Farid Harja
    7. White Snake Legend-voc Abiem ngesti
    8. Pacarku-voc Abiem ngesti Cipt.
    9. Anci Larici Api Unggun– Voc. Ari Wibowo
    10. Api Unggun– Voc. Ari Wibowo
    11. Bayang-bayang Semu-voc Abiem ngesti
    12. Cintaku Nempel Terus– Voc. Novitasari
    13. Surat Undangan Unduh– Voc. Poppy Mercury
  • Dahsyat(1995)
    1. Dahsyat
    2. Janji Setan
    3. Fitrah Cinta
    4. Digoda Cinta
    5. Cerita Sang Dewa
    6. Bencana
    7. Cintanya
    8. Semua yang Percuma
    9. Tetap Kuterima
    10. Batas Kesabaran

[Balik Ke Awal]


Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

51 comments:

  1. Bagi siapapun yang punya koleksi lagunya yuk share dimari atau PM ke fb aq,tar aq masukin dilink discography utk bisa dishare dengan yang lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Curang, ngga pernah ada pertamax disini :S sorry ya bang cuma ngintip2 doang, ngga mood komen :(

      Delete
    2. hahaaha ada2 aja deh lu @ijal fauzi wkwkwwk koq maen intip2an seh -_- gak reponsive maaf gua gak sempet

      Delete
    3. Numpang Lewat aja deh, gk dapet pertamax

      Saya gk punya lagu"nya, tau aja baru sekarang :D

      Delete
    4. eaa gapapa sob thanks udah mampir

      Delete
  2. Mau komen apaan? wkwkw
    guwa aja belum tahu seberapa :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ya ya lu belon brojol waktu itu :P

      Delete
    2. Wkwkwkwkwk aku juga belum brojol tuh rand.... Paling-paling dalam masa pembuatan tuh..... Xixixixixixi

      Delete
    3. wkawowowk iya ente masih diproses di alam sane xixixi

      Delete
  3. kenapa ya matinya harus tragis, nike juga. Lagunya abiem ngesti emang asyik asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya guh keknya suatu kebetulan sampe2 musisi2 dulu mati muda semua :/ ambil hikmahnya aja,meski udah jadi idola dan kaya raya ,kematian dan takdir gak bisa diundur

      Delete
  4. melotot sama designnyaaa O,O .....
    drop capnya juga ga nahann :p
    keren randd :D
    males baca coz tulisannya kepanjangan -,- *jujurBanget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhkhhkk lu kan udah tau emang ciri khas gua kalo nulis itu gak bisa stop atau setengah2 hehe

      Delete
    2. Rand aku kok ndak bisa buat tombol pemicu kayak kamu ini loh? :) Ini pakek display:none apa kagak sie... Tadi aku lihat cuma menggunakan display:block terus ditambah ama z-index:10 ....?

      Bingung ane rand....... Aku tanya Zhinto ajah dia juga kagak ngerti tuh gimana caranya? Xixixixiixi bagi dunk ilmunya?

      Delete
    3. woohh itu cuma make css target bray hehe caranya gini
      div#qopet{width:0px;height:0px;overflow:hidden}
      div#qopet:target{width:100%;height:auto;display:block}
      nah bikin tombol pemicunya a href='#qopet' gitu

      Delete
  5. wah ngeri juga ya brrrr aku suka ngeri kalau baca ttg kecelakaan tapi kalau naik motor kok tetep aaja masih balap2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee mesti hati2 zin coz yg namanya maut itu gak tentu datangnya kapan :D

      Delete
    2. Ya pak ustadz saya Insya' Allah bisa menerima dakwah dari anda..... Xixixixixixi Ada pak ustadz baru ini...

      Ustadz Randy Oktari Ckckckckck @Pissssss............

      Delete
    3. ckckckcck ya udah sono bikin lagu trus nyanyi biar bsa dakwah juga kakkwkwkw

      Delete
  6. wkwkwkwk.... siapa ntuhh abiem...
    wahh ternyata artis lama...
    kurang kenal saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu artis lama hhehe.gimana mo kenal mgkin lu belum lahir dia udah gak ada :D

      Delete
  7. Pernah denger namanya sekilas tapi baru tau ceritanya setelah mampir dimari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seep denger dimana mbak?hehe

      Delete
    2. denger dari mana aja boleeeh hahaha

      Delete
    3. Darimanapun dengernya,,, minumnya tetap teh botol sosro?

      Eh rand aku tadi buka blog kamu dengan layar ukuran kecil... Kok aneh banget ya tampilan post ini jadinya? :) Xixixixixi

      Delete
  8. gimana mau ngoleksi lagu lagunya,
    liat aja baru sekarang bang, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq juga kagak ada bro.makanya sapa yg punya share disni hehe

      Delete
  9. mantep bro,,heheh tlet lg w,,wkwkw

    ReplyDelete
  10. saya suka nih postingan aplagi efek2nya sob keren

    bukanya ini artis jaman hong gw aja gak tau ini mungkin bolum lahir saya

    ReplyDelete
  11. wah, wah, wah,,, ketahuan nih, adminnya suka dangdut ,, hehe .. abiem ngesti ? hmmm, malah baru tahu nih bang, jadi tambah pengetahuanku .. hehe ,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weekksss gak sob,gua cuma suka lagu2 nya abiem secara overall dangdut gua kurang suka :D

      Delete
  12. Sumpah saya gk kenal dengan abiem ngesti....
    lagian saya jg gg suka dangdut mas...hehehe
    Km suka dangdut yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak suka dangdutttt -___-" saya cuma suka suara abiem aja yg rock n roll

      Delete
    2. wuahaha....saya kirain gara2 suka dangdut

      Delete
    3. Sama seperti ane, kagak tahu menahu tentang dangdut.... eh ternyata bang randy idolanya Abiem ini yow..... Emang kamu lahir tahun berapa rand? :)

      Delete
    4. lahir taun berapa ya? kasih tau gak ya? hahha yg jelas pas udah ada abiem saya umur 5 taunan lahh haha

      Delete
  13. kagak kenal saya sob,, katrok amat ane,, #hedeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadehhh kenapa bisa bang?lahir taun berapaan?apa dulu kagak denger radio?wkawkkw

      Delete
  14. Hmm.. Jujur neh Ayas emang baru tau Penyanyi ini disini Sob!!
    Heran juga siy, Ayas inget-2 lagi kok ya baru tau lagunya juga disini...Hmmmm
    ^_^
    Melihat cerita suksesnya Penyanyi ini emang sangat Luar Biasa banget!
    Masih muda sudah Ngetop dengan julukan Pangeran Dangdut.. SALUUT!!
    Tapi rupanya kesuksesannya hanya sampai diUsianya yang begitu muda saja,
    Alloh SWT telah mentakdirkannya seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bang sayang banget padahal kalo masih idup,mgkin rhoma irama bisa kalah ama dia hkhkhhk

      Delete
  15. Wow..gayanya Abiem..
    almarhum yang penyanyi dangdut itu kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh mpok, mpok kenal kagak?wakwkwkw

      Delete
  16. wah keren mas randy :d hahaha tambah blogajinnya bikin meriah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksdnya tambah meriah?ahaha emang ini pesta kali yah?haha

      Delete
  17. Wah gw belum pernah denger nih nama.. jd tau nih.. :D

    ReplyDelete
  18. Siapa nih ??? hehehe


    Nyimak ah :D

    ReplyDelete