1 Oct 2012

Halloween

Halloween

Bulan Oktober telah tiba, dan taukah kamu, setiap Bulan Oktober, bangsa Amerika dan dunia memperingati hari haloween. Nah, walau bukan budaya bangsa Indonesia, ternyata Haloween itu sudah menjadi tradisi bagi muda-mudi bangsa kita di era modern ini. Mirisnya, mereka tidak tau apa sih dibalik sejarah Haloween, yang nyata-nyata bukan budaya kita, seperti halnya Valentines day dan hari besar amerika lainnya.

Nah untuk itu, Yang penting share ingin mengajak sobat sekalian untuk mengetahui apa itu haloween dan seluk beluknya , yang dapat menjadi wawasan bagi kita tentang culture sehingga kita tidak ikut-ikutan tradisi bangsa lain dan makin cinta dengan Indonesia ini, serta, akidah dan moral kita tetap terjaga. Yuk ikutin beberapa faktanya berikut ini.

1. Haloween adalah perayaan tahun baru bangsa Celtic Kuno

Menurut buku CCU (Cross culture Understanding) yang pernah Yang Penting SHare pelajari di bangku kuliah, Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang bermigrasi ke Amerika Utara.

Dan jelaslah, Halloween bukan suatu perayaan agama-agama Kristiani mana pun.Sejarahnya, konsep perayaan Halloween datang dari festival api bangsa Celtic penyembah berhala yang dulu tinggal di wilayah kepulauan Inggris, Irlandia dan barat laut Perancis. Festival ini disebut “Samhain” (dibaca “sow-in”) dan dirayakan oleh bangsa Celtic di akhir musim panas. Menurut kepercayaan mereka, waktu itu adalah waktu yang terbaik untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman mereka yang sudah meninggal. Sedangkan kata “Halloween” diturunkan dari nama hari peringatan di Inggris yang selalu dirayakan pada tanggal 1 November : All Hallows (Semua yang Keramat) yang dikenal juga sebagai hari Hallowmas; dimana hari sebelumnya disebut juga All Hallows Eve.

2. Trick-or-treat selama Halloween berasal dari mengemis

Apa beda Trick or treat dengan peminta-minta?. Eng,Perbedannya hanya, yang satunya rendah banget, yang satunya lagi Ok. Beberapa kelompok menentang praktek ini dan menganggap bahwa hal itu tidak lebih dari tindakan buruk. Walaupun tidak ada dokumentasi jelas mengenai hal ini, tapi praktek yang mirip pernah dilakukan oleh para penduduk miskin di Inggris, dengan nama "Souling" dimana pada tanggal 1 November mereka mengemis makanan dari pintu ke pintu, dan sebagai imbalan atas makanan mereka akan mendoakan arwah anggota keluarga yang sudah meninggal. Wah gimana tuh sob? udah taukan makna dari trick or treat?.

3. Nyala lampu dalam labu Jack-o'-Lantern adalah dari iblis.

Menurut legenda, jika anda menyalakan lilin dan meletakkannya dalam labu yang sudah di bentuk menyeringai (Jack-O-Lantern), maka anda malah akan membuat rumah anda sebagai "gerbang" neraka. Stingy Jack, dalam legenda yang ada, diceritakan telah dua kali membodohi setan, dan bahkan menurut perjanjian, Setan tidak akan mengambil nyawanya pada saat kematiannya. Akirnya pada saat Jack mati, ia tidak betah di surga dan ingin masuk ke Neraka, tapi sesuai janji dari Setan, Jack ditolak di neraka.

Oleh karena itulah, Jack akhirnya harus berjalan dalam kegelapan dengan hanya ditemani lentera yang dibuatnya dari turnip (pada awalnya memang turnip, bukan labu) dan diisi dengan bara api neraka yang diterimanya dari setan

4. Dirayakan dengan Pesta Kostum dan permen apel

Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili." Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun.

5. Identik dengan Setan/iblis serta warna Oranye dan hitam

Nah, teman-teman, Hari Halloween itu identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat.Warna oranye dan hitam-hitam menghiasi setiap halaman dan rumah para warga yang merayakannya. Seperti perayaan lainnya, Halloween menjadi ladang bisnis bagi pengusaha kostum, permen serta dunia perfilman tema horror, seperti drakula, mummy, zombie, frankeinstein dan bahkan kostum superhero seperti Spiderman, Spawn dan lain sebagainya(pocong ama kuntilanak gak laku disana hehe). Tak ayal lagi, Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween setiap tahunnya.

Oke friends, semoga wawasan diatas dapat memperkaya ilmu kita tentang sejarah dan budaya. Memang Haloween bukan budaya kita, namun kita mesti tahu wawasannya agar kita tidak kepo terhadap sejarah dan budaya asing. Okee ???

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

23 comments:

  1. haha pocong ama kuntilanak gak laku disana.
    kasian kasian kasian

    ReplyDelete
    Replies
    1. kostumnya gak laku, kalah ama zombie ,drakula ama frankeinstein kali yah? ahaha

      Delete
  2. hahha.. disini laku banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laku apanya ? emang ya kalau di Indo mah haha

      Delete
  3. weww...kereenn =D wkekeke.Asik tuh haloween.main serem-sereman

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha jgn sering2 tar kebawa mimpi haha

      Delete
  4. oow.. begitu tho sejarahnya, baru tahu nieh..
    #nada pas perta kalai buka post ini menyeramkan hehe...
    pas banget sama theme post ini, keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi hehe, inilah uniknya budaya luar, tapi bukan berarti mesti kita ikuti hehe, seep , theme2 postmu lebih berkarakter dari punya q

      Delete
    2. menurut saya theme post mas randy tu malah lebih kreatif & lebih lengkap dibanding blog aq.
      theme" post q tu kekurangan ide.. hehe..

      Delete
  5. hahaha, ane ngakak di Trick-or-treat selama Halloween berasal dari mengemis, mau minta" aja pake dandan kaya gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa, disitu yg ngemis nya dapet permen trik or treat haha

      Delete
    2. haha lucu juga cara mereka :D

      Delete
    3. hahaa ya sob lucu banget :) tapi itulah budaya mereka

      Delete
  6. ha,,,ha,, kaget aku dengar suaranya mana laptop di colok di speaker, ha,,ha,, kacau neh postnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kaget ya bang? maaf2 ehehe lagi gak ada ide nih ,lagian juga pas bulan oktober

      Delete
  7. ane lebih takut sama orang tua ketimbang setan kwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiw takutnya dalam artian apa neh??

      Delete
    2. Masa gua berani ama orang tua, nanti kaya malin kundang dikutuk jadi batu, sukur2 dikutuk jadi orang ganteng hahaa....

      Delete
    3. ya elahh gua kira apaan --"

      Delete