11 Apr 2013

ESP For Sumsel

PEMIMPIN YANG CERDAS "TALK LESS DO MORE"

eddy santana putra,calon gubernur sumsel

Siapa ESP ?

Jika sobat sekalian adalah orang Sumatera Selatan dimanapun berada,Tentu sudah tahu dong sekalian tokoh nomor 1 di Palembang yang membawa kota palembang meraih banyak piala adipura se-Indonesia ini?Wah belum tahu? Hemm, ESP itu singkatan gaul dari nama pak Ir.H.Eddy santana putra, M.T , bukan singkatan nama mata kuliah English for Specific Purpose hehe. Tokoh kelahiran Pangkal pinang 56 tahun silam ini adalah walikota Palembang termuda se-Indonesia loh. Nah, pada Pilkada tahun ini, ESP maju sebagai Balon (bakal calon ya bukan balon yang ada anginnya) Gubernur berpasangan dengan Wiwiet Tatung.

ESP tidak menjanjikan janji-janji yang muluk sebagaimana calon lainnya, Beliau berprinsip talk less–do more yang sudah dia buktikan dari kepemimpinannya ketika memimpin Kota Pempek Wong kito galo ini. Nah, penasaran kan apa saja sih keunggulan beliau? Yuk kita simak post ini sampai selesai.

Profil ESP

eddy santana putra, ESP for sumsel
  • Nama Lengkap : Ir.H. Eddy Santana Putra, MT
  • NIP : 110036555
  • TTL : Pangkal Pinang (Bangka), 20 Januari 1957
  • Alamat rumah : Jl. Tasik No 12A Palembang
  • Alamat kantor : Jl. Merdeka No.1 Palembang
  • Status : Menikah
  • Jabatan : Walikota Palembang
  • Agama : Islam

Prestasi ESP

  • Mengubah kawasan kumuh Ampera menjadi kawasan yang bersih.
  • Membawa palembang menjadi kota terbersih yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan se-Asia Tenggara dalam ajang ASEAN Environmentally Sustainable City Award (Maret 2012 , Phnom penh, Kamboja)
  • mampu menyediakan hampir 90 persen kebutuhan warga Palembang atas kebutuhan air bersih.
  • Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 5x berturut-turut sejak 2007-2011 (Adipura Award) Kota Palembang
  • Meraih prestasi Taman Kota Terbaik se-Indonesia, atas nama Kambang Iwak.
  • meraih empat penghargaan sekaligus yakni Piala Adiwiyata, Piala Adipura, Piala Terminal Terbaik Se-Indonesia, serta piala untuk Pasar Terbersih tingkat nasional (2012)

Sebelum mencalonkan diri menjadi salah satu calon Gubernur, Pak ESP ini sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya dalam memimpin, lihat saja, Kota Palembang tampil menjadi Kota Metropolitan dibawah naungan beliau. Salah satu keberhasilan pria yang Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan ini selama memimpin Palembang adalah menertibkan kawasan kumuh di sekitar Jembatan Ampera. Ia mengubah kawasan kumuh tersebut menjadi kawasan yang bersih. Bahkan, kini kawasan tersebut menjadi tujuan wisata bagi wisatawan dan masyarakat lokal yang ingin menghabiskan waktu menikmati Sungai Musi.

Pendidikan pun tak luput dari perhatiannya. Pria yang gemar memancing ini secara bertahap menerapkan kebijakan pendidikan dasar bagi anak-anak di Kota Palembang. Biaya sekolah digratiskan, guru-guru diberdayakan.

Di bawah naungan beliau sejak 2007, Piala adipura selalu berada di Kota Pempek tersebut hingga 2011. Begitu terpilih sebagai Walikota Palembang pada 2003, Eddy Santana Putra, akrab dipanggil ESP, segera melakukan gebrakan serta inovasi yang mencengangkan. Dengan penuh keberanian dan pertimbangan yang matang, ia merelokasi Pasar 16 ilir yang kumuh dan jorok. Bahkan di Tahun 2012 Kota Palembang meraih empat penghargaan sekaligus yakni Piala Adiwiyata, Piala Adipura, Piala Terminal Terbaik Se-Indonesia, serta piala untuk Pasar Terbersih tingkat nasional. Nah, gimana sob pendapatmu tentang pak ESP ini, pemimpin yang berkualitas bukan?

Keberhasilan lain alumni Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya ini adalah mampu menyediakan hampir 90 persen kebutuhan warga Palembang atas kebutuhan air bersih. ESP juga merupakan tokoh atau sosok di balik reklamasi kawasan Jakabaring Palembang pada saat Sumatera Selatan dipimpin Ramli Hasan Basri. Saat itu dia masih tercatat sebagai pegawai di Dinas Pekerjaan Umum Sumatera Selatan. Karena itulah, tak heran mantan Ketua KNPI Sumsel ini menjadi satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang menjadi keynote speaker saat berbicara di depan peserta Leadership Forum, Water for People : Transforming for Suistainability and Growth di Batam beberapa waktu lalu.

ESP juga memperhatikan tentang kemajuan olahraga dan juga anak muda. ESP juga sering mengadakan event pemuda seperti yang pernah diadakannya bersama anggota Kaskus sumsel beberapa waktu lalu.

Pernah denger pemberitaan banjir di palembang sekarang? hemm tidak lagi. Itu karena dalam penanganan banjir, Palembang di bawah pimpinan mantan Kepala Dinas PU Pengairan ini patut diacungi jempol. Beberapa tahun lalu, Palembang menjadi terkenal dan menghiasi berbagai berita di televisi dan surat kabar daerah maupun nasional gara-gara sering kebanjiran. Tak kurang dari 57 titik banjir tercatat saat itu, termasuk kawasan dan jalan-jalan utama. ESP pun segera tanggap. Karena semua sistem drainase di Palembang juga bermuara di sungai besar, Pemkot Palembang membuat satu drainase primer yang menampung air buangan dari seluruh kota sebelum bermuara ke sungai. Sekian tentang Eddy Santana Putra, calon gubernur Sumsel cerdas dan berkualitas.

Tentang Penulis

Seorang Blogger, mahasiswa, dan Teacher di ELC yang menyukai dunia desain yang mendukung Pak Eddy Santana Putra sebagai kandidat calon Gubernur sumsel Di periode berikutnya.

Seorang Mahasiswa Pasca-Sarjana, Teacher di ELC, Kaskuser yang gemar speech ini mendukung Pak Eddy Santana Putra sebagai kandidat calon Gubernur sumsel Di periode berikutnya.

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

7 comments:

  1. Semoga bener nih pilihannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn,., mohon dukungannya ya bro :) hehe

      Delete
    2. makasih ya zin, semoga blognya tambah maju aja hehe

      Delete
    3. jgn kayak blog ku ya, yg saat ini sy mundurkan sementara,

      Delete
  2. Anonymous4/15/2013

    siapa itu bleh?
    saya taunya edi mercury.. vokalisnya kuwin :D

    GUWEH

    ReplyDelete
  3. Asek, sayang gw gak di palembang lagi nih. Dapet royalti nih kyaknya,, huehue..

    ReplyDelete