30 Oct 2012

Zombie

zombie,halloween zombie,halloween

Zombie atau zombi adalah sebutan untuk mayat hidup dalam sistem kepercayaan Voodoo orang Kreol dan Afrika-Karibia.Menurut ajaran Voodoo, dukun ilmu hitam atau pendeta voodoo yang disebut Bokor bisa menghidupkan kembali manusia yang sudah mati. Zombi tidak memiliki kemauan sendiri sehingga selalu berada di bawah kendali sang majikan. "Zombi" juga merupakan nama untuk dewa ular voodoo yang bernama Damballah Wedo asal Nigeria-Kongo yang dekat dengan kata nzambi yang dalam bahasa Kongo berarti "dewa".

Di abad pertengahan orang percaya arwah orang meninggal bisa kembali ke bumi dan menghantui orang hidup. Menurut ensiklopedia Encyclopedia of Things that Never Were, mayat yang bangun dari kubur (terutama di Perancis) biasanya datang membunuh orang-orang untuk membalas dendam. Sewaktu malam tiba, di makam-makam berkeliaran zombi berbentuk kerangka manusia atau mayat yang sudah kurus dan lemah. Mitologi Norse (Skandinavia) mengenal makhluk bernama Draugr yang dipercaya sebagai mayat ksatria yang bangun dari kubur untuk menyerang orang yang masih hidup.

Dalam kebudayaan modern di Barat, buku yang pertama kali mengupas konsep zombi adalah The Magic Island karya W.B. Seabrook terbitan tahun 1929. Zombi sering muncul dalam film horor, acara televisi, permainan video, dan permainan peran (RPG).

Zombi biasanya digambarkan sebagai sosok mayat membusuk dengan kecerdasan rendah dan berjalan terseok-seok, namun punya selera makan daging manusia. Pada beberapa kasus, zombi lebih mengincar bagian otak manusia untuk disantap.

Sebelum tahun 1950-an, zombi biasanya digambarkan sebagai mayat tidak berotak yang dikendalikan majikan seperti boneka. Penggambaran zombi menurut budaya populer berubah pada tahun 1954 dengan terbitnya buku I Am Legend karya Richard Matheson.

Buku menceritakan kota Los Angeles yang diserbu makhluk penghisap darah akibat pandemi infeksi bakteri.

Satu-satunya orang yang selamat dari pandemi harus bertahan dari serangan orang-orang yang telah berubah menjadi makhluk penghisap darah.

Walaupun mirip cerita vampir, plot cerita seperti ini sering dijadikan dasar bagi film-film bertema zombi yang diproduksi di kemudian hari. Night of the Living Dead karya George A.Romero merupakan film pertama yang menggambarkan zombi secara modern.

Sedangkan dalam permainan, zombi lebih berkarakter lucu dengan mata yang melotot misalnya pada game Plants vs Zombies zombi tersebut memiliki dunia tersendiri bahkan memiliki peralatan canggih dan profesor yang cerdas walaupun ada sebagian game yang membuat zombi sangat menakutkan seperti god of war dan resident evil.

Plot cerita yang paling umum berkisar pada serbuan zombi yang tidak terkendali. Sekelompok orang yang selamat berusaha menghentikan penularan zombi.

Seperti layaknya kisah horor lain, cerita zombi tidak berakhir happy end dan selalu ada saja zombi yang masih tersisa. Asal-usul wabah zombi biasanya berupa kontaminasi radioaktif, bahan beracun yang membuat mati otak, ilmu hitam, voodoo, makhluk angkasa luar, infeksi virus dan berbagai macam sebab lain.

Dalam berbagai karya fiksi, zombi bisa menular ke orang sehat lewat gigitan atau cakaran zombi. Korban serangan zombi biasanya langsung tewas dan berubah menjadi zombi. Zombi bisa dibunuh dengan memotong bagian kepala atau menghancurkan otak zombi. Pada beberapa kasus, seluruh bagian tubuh zombi harus dihancurkan kalau tidak mau bagian tubuh zombi yang sudah putus bergerak-gerak terus.

Source:Wikipedia

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

25 comments:

  1. Pertamaxxx dulu ah !
    Hati2 Ada Zombie DI sekitar anda :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. di post ini juga ada jombie

      Delete
    2. @arif hahaha zombie jadi2an
      @ahmad hehe betul banyak malah wekekek

      Delete
    3. di gambar cuman ada banyak tangannya jombie

      Delete
    4. RAndy D'hotory <= Zombie Abadi..... :D *Pissss

      Delete
  2. Plant vs sombie permainan ku waktu KKN ha,,,hga,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama bang waktu KKN juga aq maen game itu,

      Delete
    2. Yops, abisnya seru gak seram kayak mujud dalam cerita-cerita Zombie he,,he,,

      Delete
  3. wiihhh ada zombie nih.... blogazine post serem2 banget dah.... sama sperti sobat ahmad rizal samsi posting
    Happy Halloween

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya pa? gak serem2 amat brow hehe ya dia post happy halloween tapi kita kan gak ngerayainnya wekeek

      Delete
    2. yaappppss bener banget bang... wahhh lau ngerayakan happy halloween berarti kita bukan Umat Rasulullah dong bang... heheh


      maaf bang... bisa berkunjung lagi nih... ane masih PKL....

      Delete
  4. aaaaaaak *tutupmata*

    ReplyDelete
  5. zombie..salah satu contoh budaya horror yang semakin eksist dalam peradaban masa kini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bang makin eksis aja padahal tuh budaya kuno hehe

      Delete
  6. sipakan senjata anda untuk melawan zombie

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha nih sobat mau siap2 jadi zombie hunterr, emang senjatanya apa brow? bambu runcing yaw?

      Delete
  7. lama gak nongol nih saya... saya kembali lagi untuk anda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke lama2 aja yah disini biar gak ketinggalan peacee wehehe

      Delete
  8. smg aja gk ada dlm dunia nyata.. *smile

    ReplyDelete
  9. waa.. zombie,btw di plant vs zombie dukun voodoonya mana ya..?? hehe..

    omong2 tentang zombie jadi inget ma filim hallowen pas mayatnya bangkit.. hrrr serem.. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. dukun voodoonya lagi bobok kali ya, hehe tapi kan itu cuma film :3

      Delete
  10. Ngerii nigh Zombienya,, tapi saya lebih suka liatin AAdminnya soalnya mirip Irwansyah.. LOL maaf klo OOT min..

    dari ulasan diaatas banyak yg beda pendapat yagh gan alias Kontraversi.. tp menurut saya sebagai Anak KW indonesia ngak pecaya ama gituan, klo sy maa lebih masuk akal ama Hantu Coko Cips alias Pocong Imut..

    ReplyDelete