14 Jul 2013

Ngabuburit

Ngabuburit

Marhaban ya Ramdhan ,Bulan Ramadhan datang lagi. Bulan penuh rahmat ampunan dan hidayah ini menjadi ajang untuk mengintrospeksi diri dan meningkatkan iman dan takwa. Namun disamping itu juga, sepertinya Ramadhan juga menjadi ajang untuk mencari perhatian, rezeki dan juga lain sebagainya selain amal. Dalam bulan puasa ramadhan kita tentu mestinya tidak asing dengan yang namanya ngabuburit.

Apa tu ngabuburit? Fenomena ngabuburit ini seolah menjadi kegiatan yang menjadi agenda wajib menjelang buka puasa. Kata "ngabuburit" sekarang sudah menjadi istilah semua orang untuk menunggu waktu saatnya berbuka puasa. Sebenarnya dari mana sih asal kata ngabuburit itu???

Kata ngabuburit adalah suatu istilah dari Bahasa Sunda yang umum dipakai pada saat menjelang berbuka puasa. Ngabuburit berasal dari kata burit, sebuah representasi waktu yang menunjukkan mulainya malam hari. Sambil menunggu waktu berbuka biasanya kita isi dengan kegiatan yang menarik (fun) hanya sekedar untuk menghabiskan waktu. Jadi Ngabuburit artinya mengisi waktu hingga burit tiba. Istilah ini sering digunakan pada bulan puasa sebagai trend dalam menanti waktu berbuka. Dalam masyarakat Sunda hal ini sudah membudaya dan menjadi istilah baku dalam kamus

Cara mengisi waktu ngabuburit

Meskipun ngabuburit saat ini menjadi hal umum dimasyarakat. Namun, tidak jarang diantara mereka "ngabuburit" dengan cara tidak tepat. Beberapa kegiatan ngabuburit yang biasa dilakukan dari kawula muda hingga yang tua. Mungkin tidak semua yang melakukan "ngabuburit" ini, namun kebanyakan anak muda sekarang menghabiskan sore mereka dengan cara mereka,diantaranya ada yang positif dan ada juga yang negatif. Apakah anda sering melakukan beberapa dari kegiatan ini?

Menonton Televisi acara favorit
Surfing Internet/Online
Maen game Playstation/Online
Hangout bareng temen-temen
Jalan jalan sore bareng sang pacar/temen
Rekreasi bersama keluarga/temen/pacar
Olahraga bareng kawan-kawan/rekan kerja
Mengaji/tadarusan
Tidur-tiduran
Baca komik/buku/majalah
Menyiapkan makanan berbuka
Ikut aktifitas sosial
Berenang bareng temen-temen
Dan lain sebagainya

Dampak Ngabuburit

Nah dari beberapa kegiatan diatas, kebanyakan ngabuburit itu negatifnya ketimbang positif. Kenapa? Contohnya saja para remaja menunggu waktu buka puasa dengan jalan-jalaatikan lebih saksama lagi terlihat aktivitas ngabuburit sering digunakan para remaja untuk berduaan dengan lawan jenisnya di tempat yang romantis dan agak sepi.

Sekilas memang tak ada yang salah dengan kegiatan ini, tapi jika diperhitungkan saat Ramadan sudah memasyarakat, terutama pada anak-anak muda perkotaan. Pada saat sore tiba mereka keluar rumah dengan berkendaraan motor berboncengan dengan pasangannya atau bergerombol dan mendatangi tempat-tempat ramai dengan alasan menunggu waktu buka puasa. Padahal bukan itu sebenarnya hakekat ngabuburit yang dijalani oleh masyarakat Sunda tempo dulu.

Ngabuburit pada sejarahnya adalah menghabiskan sore dengan bertadarus di Alquran, berzikir dan bersalawat kini berganti dengan cara menghabiskan sore dengan hal-hal yang menyenangkan, seperti menonton Tv, jalan-jalan atau sekedar olahraga sore atau juga bermain game online atau internetan. Alquran dan sunahnya sudah banyak dilupakan.

Beberapa dampak negatif yang bakal timbul hingga bisa menjadikan puasa menjadi sia-sia diantaranya kalau menonton Tv atau internetan, tayangannya bisa membuat nafsu (nafsu makan dan nafsu lainnya hehe), serta kalau main game online sering kesal dan akhirnya terucap kata-kata kotor yang tidak baik. Atau jalan-jalan yang awalnya cuma buat ngabisin sore, akhirnya jadi ajang cuci mata. Dan lain sebagainya.

Intinya, dalam agama islam ngabuburit tidak ada dan tidak wajib dilakukan. Nah bagaimana cara sobat menghabiskan sore sobat selama ramadhan tentu punya jawaban masing-masing, kalau saya sih dengan ngeblog / desain blog dan baca artikel artikel menarik yang inspiratif dan bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi saya. Kepengen gak baca al quran? wah saya sangat sangat rindu baca Al quran tapi entah kenapa godaan itu terlalu besar :(. Walau sampai sekarang pun keinginan untuk khatam Quran belum juga kesampaian. Selamat Berpuasa Mohon maaf lahir batin.

Foto : Getty Images Google

Tampilan terbaik menggunakan Google chrome dan Mozilla +5 layar 1280x854

17 comments:

  1. Hemmm Post perdana dibulan Ramadhan nih hehe

    ReplyDelete
  2. bahahahahahaa tau aja dampak ngabuburit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ya zin miris sama kegiatan Ngabuburit skarang :v

      Delete
  3. saya lebih cenderung tidur :v saja,hihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkowwokw sma kadang2 aq mending tidur siang kalau lagi bosen ngeblog

      Delete
  4. sy juga sih ngabuburit sambil online

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sama dong wkwkwk gak Ngabuburit bareng temen2 ?

      Delete
  5. kalo saya ngabuburitnya depan layar aja bang :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. depan layar apa nih? layar tancap kah??

      Delete
  6. Mending ngabuburit di Kopiah Putih aja bang.. :)

    ReplyDelete
  7. Kalo gw sih ngabuburit nonton tiga semprul tuh di sctv setiap jam setengah 5 sore,, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkkwkw bukannya elu slah satu personelnya?

      Delete
    2. nah ini nih yg setiap hari saya nonton, 3 semprul

      Delete
  8. Sering dengar istilah ngabuburit,tapi baru tahu kalo asalnya dari sunda :)
    Saya biasanya jam 5 sore dah stand by di Masjid, dengerin kajian langsung ditrusin dengan buka bersama... it's free dijamin halal :)

    ReplyDelete